Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Inilah 10 Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 10 Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan Tubuh

Ditulis oleh

Kurma merupakan buah yang sangat populer di Indonesia walaupun bukan berasal dari tanah air. Biasanya kurma menjadi oleh-oleh wajib jika ada orang yang pergi haji, umrah, atau baru pulang dari Arab. Buah kurma juga biasanya jadi buah yang sangat dicari pada bulan puasa. Ada banyak sekali jenis kurma, seperti Ajwah, Deglet Noor, Amer Hajj, dan lain-lain. Tapi, ada satu jenis kurma yang cukup unik, yaitu kurma muda.

Kurma yang biasa kita konsumsi semuanya dalam keadaan matang. Beda dengan kurma muda, yaitu kurma yang belum masak. Kurma muda terkenal karena memiliki banyak khasiat, salah satunya yang paling populer adalah untuk kesuburan. Makanya kurma muda banyak dicari jika telah menikah tapi belum kunjung diberi keturunan.

Kadang kurma muda disebut juga sebagai Kurma Ruthob. Nah, kurma ruthob ini kondisinya masih setengah matang ketika dikonsumsi. Buah kurma muda ini tidak mengalami proses pengeringan dan proses-proses lainnya yang biasa dilalui oleh kurma pada umumnya. Sekarang, mari kita ketahui lebih dalam mengenai manfaat kurma muda, yuk!

10 Manfaat Kurma Muda

1. Menjaga Kesehatan Mata

Mencegah Kanker manfaat kurma muda

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui kalau kurma muda sangat baik untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dan antioksidan yang terkandung dalam kurma muda dalam jumlah besar, sehingga kurma muda jadi sangat baik untuk mata. Konsumsi kurma muda secara rutin supaya fungsi mata Anda selalu dalam kondisi prima.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Meningkatkan Daya Ingat

Siapa yang suka cepat lupa? Jika dibiarkan, bisa-bisa Anda jadi cepat pikun ketika sudah menginjak usia manula. Sebagai pencegahan, konsumsilah kurma muda.

Ya, manfaat kurma muda yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan daya ingat. Kurma muda mengandung kalium yang sangat tinggi, dan kalium adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh otak. Dengan rutin memakan kurma muda, kinerja otak Anda bisa jadi lebih maksimal.

3. Detoks Tubuh

Detoks Tubuh

Manfaat kurma muda yang ketiga adalah untuk detoks tubuh. Ahli kesehatan Islam menyarankan untuk mengonsumsi kurma muda dan kurma biasa dalam waktu yang bersamaan. Kurma muda teksturnya kering dan dingin, lalu kurma biasa lembab dan hangat. Perbedaan sifat kedua kurma ini dipercaya dapat menetralkan obat, makanan, dan racun yang ada di dalam tubuh.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak diidap oleh orang Indonesia. Mungkin dari pola makan orang Indonesia yang kurang baik, apalagi setelah lebaran di mana makanannya bersantan dan banyak karbohidratnya daripada serat dan protein.

Selain obat hipertensi, ternyata kurma muda bisa berguna juga untuk menurunkan darah tinggi, loh. Hal ini dikarenakan kurma muda mengandung kalium yang sangat tinggi. Kalium dapat menekan natrium (garam) berlebih yang biasanya dimiliki oleh pasien darah tinggi.

Lalu, kurma muda juga megnandung magnesium, yaitu mineral yang dapat menjaga pembuluh darah tetap lebar agar darah dapat mengalir tanpa hambatan. Anda cukup mengonsumsi 5 buah kurma muda dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan kalium dan magnesium harian.

5. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker

Selain hipertensi, kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Anda dapat mengurangi risiko kanker dengan mengonsumsi kurma muda. Manfaat kurma muda ini diperoleh dari kandungan vitamin A yang dapat melindungi Anda dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Telah dilakukan penelitian oleh dr. Arshad H Rahmani dari Qassim University, yang menghasilkan kesimpulan bahwa kurma memiliki sifat anti-kanker yang berfungsi untuk melawan perkembangan sel kanker. B

uah kurma juga mengandung senyawa beta D-glucan (zat antioksidan) yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa mempercepat pertumbuhan sel kanker. Studi ini telah diterbitkan di Journal of Clinical and Experimenta Medicine.

6. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Meningkatkan Kesuburan Wanita

Manfaat kurma muda yang selanjutnya adalah meningkatkan kesuburan wanita. Sudah bukan rahasia lagi kalau kurma muda bermanfaat untuk membantu wanita yang ingin cepat hamil.

Kurma muda mengandung zat hormon botosin yang berfungsi untuk merangsang gerak peristaltik di dalam pembuluh darah dan rahim wanita. Hal ini lah yang menyebabkan kurma muda dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita.

7. Mencegah Pendarahan Rahim

Mencegah Pendarahan Rahim

Selain dapat meningkatkan hormon supaya cepat hamil, manfaat kurma muda yang lainnya adalah dapat mencegah terjadinya pendarahan. Kurma muda mengandung zat hormon bitosin yang berfungsi untuk mencegah terjadinya masalah serius pada rahim seperti pendarahan.

8. Melancarkan Proses Kelahiran

Melancarkan Proses Kelahiran

Sudah dapat membantu meningkatkan hormon dan menjaga rahim, ternyata kurma muda berkhasiat juga untuk memperlancar proses kelahiran bayi! Kurma madu memiliki kandungan hormon oksitosin yang bermanfaat untuk membantu proses kontraksi otot polos dinding rahim.

9. Melancarkan ASI

Melancarkan ASI

Tidak berhenti di situ saja, kurma muda juga masih bisa bermanfaat untuk dedek bayi yang telah lahir. Ya, manfaat kurma muda yang selanjutnya adalah bagus untuk melancarkan air susu ibu. Jika biasanya orang Indonesia menggunakan daun katuk untuk melancarkan ASI, kini Anda bisa mengonsumsi kurma muda juga.

Kurma muda mengandung oksitosin yang dapat memperbanyak produksi ASI. Ingin buah hati mendapatkan air susu yang banyak dan berkualitas? Konsumsilah kurma muda sekarang juga!

10. Perawatan Kulit dan Rambut

Perawatan Kulit dan Rambut

Manfaat kurma muda yang terakhir adalah untuk kecantikan kulit dan juga rambut. Wanita Timur Tengah menjadikan kurma muda sebagai perawatan kecantikan mereka. Kurma muda mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, serta menghidrasi kulit dengan baik. Kurma juga berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok karena mengandung vitamin B.

Biasanya orang-orang menggunakan kurma muda yang telah dijadikan minyak atau sari untuk perawatan. Bukan kurma muda yang langsung dikonsumsi, ya.

Itulah sepuluh manfaat kurma muda yang telah Bacaterus rangkum untuk Anda. Kurma muda merupakan kurma yang masih fresh, makanya agak sulit dicari di Indonesia. Hal ini karena kurma muda hanya bisa bertahan beberapa hari setelah dipetik jika tidak dimasukkan ke lemari pendingin.

Sebagai solusinya, Anda bisa menitip langsung ke kerabat Anda yang mau pulang dari Arab. Atau, Anda bisa memesan pada penjual kurma atau penjual toko oleh-oleh haji, kalau Anda ingin membeli kurma muda. Selain dikonsumsi langsung, kurma muda bisa juga diolah menjadi serbuk yang bisa dilarutkan dengan air dan madu supaya rasanya jadi lebih enak. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment