Bacaterus / Kopi / 7 Manfaat Kopi Hijau Bagi Tubuh Beserta Efek Sampingnya

7 Manfaat Kopi Hijau Bagi Tubuh Beserta Efek Sampingnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Januari 2019

Apakah Anda merasa asing dengan kopi hijau? Ya, kopi hijau memang tidak terlalu banyak di konsumsi orang-orang. Biasanya orang mengonsumsi kopi hitam sehari-harinya. Kopi hijau adalah biji kopi yang belum dipanggang. Karena proses pemanggangan biji kopi dapat mengurangi jumlah asam klorogenat, sehingga biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji kopi yang dipanggang.

Asam klorogenat ini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan. Kopi hijau menjadi populer untuk menurunkan berat badan setelah ditampilkan pada acara Dr. Oz pada 2012. Dalam acara itu disebutkan bahwa biji kopi jenis ini dapat membakar lemak dengan cepat tanpa olahraga tambahan. Berikut 7 manfaat kopi hijau bagi tubuh yang telah dirangkum Bacaterus untuk Anda:

Menurunkan Berat Badan

Kopi hijau mengandung asam klorogenat, kafein, dan tanin. Asam klorogenat yang terdapat pada biji kopi yang belum dipanggang dapat dicerna dan diserap oleh manusia sama seperti yang terdapat pada ekstraknya.

Asam klorogenat mengaktifkan dan meningkatkan pemrosesan asam lemak di hati, sehingga dapat membantu menghancurkan lemak usus dan menghambat penyerapan lemak ke aliran darah.

Kafein adalah anti-oksidan kuat yang alami. Kafein menguatkan dinding pembuluh darah dan melindungi tubuh melawan radikal bebas dengan mempercepat proses peremajaan kulit. Zat Tanin ini meningkatkan fungsi saluran percernaan sehingga cairan berlebih dapat dibuang dan tubuh dibersihkan dengan cara alami. Berkat tanin juga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah

Selain berfungsi untuk menurunkan berat badan, asam klorogenat pada kopi hijau juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi perhari menunjukkan penurunan tekanan darah.

Selama ini belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien penelitian tersebut, sehingga minuman ini dapat disebut sebagai cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Mood dan Kinerja Kognitif

Meningkatkan Mood dan Kinerja Kognitif

Kafein yang terdapat dalam kopi hijau memiliki efek yang positif pada suasana hati dan juga pada aktivitas otak Anda. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada bulan Februari 2008 oleh Nutrition Bulletin, beberapa studi telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif.

Peneliti menemukan bahwa asupan optimal kopi hijau adalah antara 38-400 mg per hari atau sekitar ⅓ cangkir untuk 4 cangkir kopi seduh. Jadi, selain dapat bekerja bagus untuk bagian dalam tubuh Anda, manfaat kopi hijau bagi tubuh berpengaruh juga pada peningkatan mood Anda.

Untuk Detoksifikasi Secara Alami

Untuk Detoksifikasi Secara Alami

Manfaat kopi hijau bagi tubuh yang selanjutnya adalah sebagai pendetoks secara alami. Kandungan yang terdapat pada kopi hijau akan membersihkan racun yang terdapat pada organ hati. Bahkan kopi hijau bisa membantu membersihkan lemak yang tidak diperlukan oleh tubuh, kolesterol jahat, dan masih banyak lagi. Kopi hijau sangat bermanfaat dalam membantu meningkatkan fungsi organ dalam tubuh Anda.

Merupakan Antioksidan

Biji kopi mengandung beberapa zat antioksidan, sehingga dapat mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Fungsi pencegahan ini membuat Anda lebih sehat dengan mengurangi jumlah kerusakan sel-sel tubuh Anda.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada bulan Juli 2004 dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, antioksidan asam klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mencegah perkembangan sel kanker juga, loh!

Meningkatkan Metabolisme

Proses metabolisme adalah pertukaran zat atau organisme dengan lingkungannya. Dengan kandungan klorogenat yang terdapat pada green coffee (kopi hijau), yang nantinya akan diproduksi tubuh menjadi zat antioksidan, mampu membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga khasiat yang terdapat dari kopi hijau ini juga tidak kalah dengan sajian kopi lain.

Membantu Melembabkan Kulit

Membantu Melembabkan Kulit

Manfaat kopi hijau bagi tubuh yang terakhir adalah membantu melembabkan kulit. Kandungan asam lemak dan ester yang terdapat pada kopi hijau ini bisa bermanfaat untuk memelihara  sekaligus melembabkan kulit.

Kedua kandungan tersebut mencakup Arachidonic Asam, Asam oleat, dan Asam linoleat, yang semuanya itu memang baik untuk menjaga kulit agar tidak mudah kendur dan cepat kering. Sehingga mengkonsumsi kopi hijau sangat baik untuk melembabkan kulit.

Efek Samping Mengonsumsi Kopi Hijau

manfaat kopi hijau bagi tubuh

Walaupun kopi hijau memiliki banyak manfaat, tetap saja setiap hal di dunia ini memiliki efek samping, begitu pula dengan kopi hijau. Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

Kopi hijau masih relatif aman ketika diminum dengan dosis yang tepat, yaitu maksimal 480 mg per hari. Ekstrak kopi hijau dalam kapsul juga aman dikonsumsi, maksimal 200 mg selama 5 kali sehari. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena kopi hijau juga mengandung kafein mirip seperti kopi biasa. Oleh karena itu, kopi hijau juga menyebabkan efek samping terkait dengan kafein yang mirip dengan kopi.

Kafein dapat menyebabkan insomnia, gugup dan gelisah, sakit perut, mual dan muntah, meningkatnya detak jantung dan pernapasan, serta masih ada beberapa efek samping lainnya. Selain itu, mengonsumsi kopi hijau memerlukan kewaspadaan dan peringatan khusus jika Anda menderita penyakit atau kondisi tertentu karena diperkirakan akan memperburuk kondisi tersebut, seperti pada penderita:

  • Tingkat homosistein yang tinggi
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan perdarahan
  • Diabetes
  • Diare
  • Glaukoma
  • Kolesterol tinggi
  • Sindrom iritasi usus
  • Osteoporosis
  • Ibu hamil
  • Penderita jantung
  • Maag

Seperti kopi lainnya, kopi hijau juga tak baik jika diminum berlebihan.  Hasil tiap individu akan berbeda-beda, tergantung dari berbagai faktor termasuk metabolisme tubuh.  Jika ingin mencoba minuman kopi hijau untuk pertama kalinya, sebaiknya pastikan untuk makan terlebih dahulu. Nanti setelah terbiasa dengan rasanya, kopi hijau bisa dikonsumsi sebelum makan.

Tambahkan gula rendah kalori atau madu sebagai pemanis, karena rasa kopi hijau ini agak mirip seperti jamu. Atau jika tidak ingin repot, Anda bisa mengonsumi kopi hijau extract dalam bentuk kapsul. Pilihlah produk kopi hijau organik yang bersertifikat halal dan dan sudah terdaftar di badan pengawas obat dan makanan (BPOM).

Semoga 7 manfaat kopi hijau bagi tubuh beserta efek sampingnya ini bermanfaat untuk Anda. Apakah Anda pernah mengonsumsi kopi hijau? Bagaimana pengaruhnya untuk tubuh Anda? Silakan share di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “7 Manfaat Kopi Hijau Bagi Tubuh Beserta Efek Sampingnya”

Tinggalkan komentar