Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / 10 Manfaat Kelapa Kopyor Bagi Kesehatan dan Kecantikan

10 Manfaat Kelapa Kopyor Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Kelapa kopyor merupakan sebuah kelainan genetik buah kelapa. Sejatinya, kelapa kopyor ini tumbuh di pohon yang sama dengan kelapa biasa. Hanya saja, kelapa kopyor ini memiliki ciri daging buah yang terlepas dari tempurungnya dan jumlah air di dalamnya juga sedikit. Jika diperhatikan lebih seksama, aroma kelapa kopyor juga berbeda dengan kelapa pada umumnya.

Dibandingkan dengan kelapa biasa, kelapa kopyor lebih disukai karena rasanya yang lebih segar. Bahkan, di pasaran kelapa kopyor dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding kelapa biasa. Selain lebih segar, ternyata ada 10 manfaat kelapa kopyor yang membuat buah tersebut jadi buah yang bernilai lebih mahal. Berikut adalah ulasan dari Bacaterus mengenai manfaat kelapa kopyor bagi kesehatan dan juga kecantikan.

10 Manfaat Kelapa Kopyor

1. Mengatasi Dehidrasi

Manfaat Kelapa Kopyor

Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh manusia mengalami kekurangan asupan cairan. Kondisi ini tidak bisa disepelekan begitu saja karena dapat berakibat fatal. Apabila Anda atau orang di sekitar Anda mengalami dehidrasi, cobalah untuk mengonsumsi kelapa kopyor.

Manfaat kelapa kopyor sebagai isotonik alami ini akan mempercepat proses hidrasi tubuh sehingga dehidrasi yang akut dapat teratasi. Untuk membuat kelapa kopyor sebagai minuman anti-dehidrasi, Anda bisa mencampurkan air kelapa dan daging buahnya dengan sedikit gula untuk menambah energi.

2. Membantu Pemulihan Demam Berdarah

Minum Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor tidak menyembuhkan demam berdarah, tetapi buah yang satu ini mampu mempercepat proses pemulihan pasien demam berdarah. Dengan kata lain, pasien demam berdarah harus tetap menjalani pengobatan medis agar dapat sembuh dari penyakit tersebut.

Sementara itu, kelapa kopyor memiliki efek alami untuk meningkatkan sel darah merah alias trombosit. Bisa dikatakan bahwa kelapa kopyor merupakan booster alami untuk meningkatkan trombosit sehingga pemulihan dari demam berdarah dapat berjalan lebih cepat.

3. Detoksifikasi Alami

Kelapa Kopyor

Sudah menjadi rahasia umum jika air kelapa memang diklaim sebagai detoksifikasi alami untuk menetralisir racun dan sisa pembuangan makanan di dalam tubuh. Pun begitu dengan kelapa kopyor, buah yang satu ini dapat menjadi detoks alami untuk membuang zat-zat kimia beracun di dalam tubuh.

Tak hanya untuk detoksifikasi saja, orang yang mengalami keracunan makanan pun bisa dipulihkan dengan pengobatan medis dan konsumsi kelapa kopyor. Air kelapa kopyor akan membersihkan organ pencernaan Anda dari zat-zat beracun yang dihasilkan oleh makanan yang Anda konsumsi.

4. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kelapa kopyor tidak hanya untuk kesehatan, tetapi bisa juga untuk kecantikan. Salah satu manfaatnya adalah untuk kecantikan adalah mencegah penuaan dini. Hal tersebut disebabkan karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalam kelapa kopyor bekerja menghambat penuaan sel-sel pada kulit Anda.

Bila Anda ingin terlihat awet muda, lakukan perawatan kulit wajah dan tubuh secara teratur. Imbangi juga dengan konsumsi makanan yang dapat mencegah penuaan dini, seperti kelapa kopyor. Dengan kata lain, kelapa kopyor bisa menjadi vitamin alami untuk menjaga keremajaan kulit Anda.

5. Meredakan Gatal-gatal

Meredakan Gatal-gatal

Tak hanya memberikan manfaat saat diminum, ternyata kelapa kopyor juga bisa menjadi obat luar untuk menyembuhkan gatal-gatal. Penyebab gatal-gatal bisa bermacam-macam, ada yang karena alergi, iritasi, sampai dengan terkena serangga. Apapun penyebabnya, cobalah untuk meredakan gatal-gatal tersebut dengan air kelapa kopyor.

Cara membuat obat gatal dari kelapa kopyor adalah rendam segenggam beras ke dalam air kelapa kopyor yang masih berada di dalam tempurung selama 5-7 jam. Kemudian, giling beras sampai halus atau menjadi tepung beras. Oleskan bubuk beras yang sudah digiling ke bagian tubuh yang terasa gatal. Obat alami ini dapat meredakan gatal secara optimal dalam waktu 3-4 hari. Namun, hindari menggunakan obat alami ini pada bagian tubuh yang sensitif.

6. Meningkatkan Vitalitas Pria

Meningkatkan Vitalitas Pria

Air kelapa kopyor bisa menjadi minuman penambah stamina alami. Akan tetapi, buah yang satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ramuan untuk meningkatkan vitalitas pria. Kombinasikan kelapa kopyor ini dengan madu dan susu untuk membuat ramuan vitalitas pria alami. Satu buah kelapa kopyor (diambil airnya saja), dicampur dengan setengah gelas susu sapi murni dan satu sendok makan madu.

Resep ramuan alami untuk meningkatkan vitalitas pria ini merupakan ramuan Madura. Konon, minuman alami ini dapat meningkatkan vitalitas pria ketika berhubungan intim. Nah, berminat untuk mencobanya? Selain enak dan segar, ramuan ini juga cukup mengenyangkan, lho.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Tahukah Anda bahwa kelapa kopyor memiliki kandungan magnesium dan kalsium yang tinggi? Itulah sebabnya banyak yang mengklaim bahwa manfaatnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Pasalnya, magnesium dan kalsium adalah dua mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi.

Mulailah membiasakan diri untuk mengonsumsi air dan daging buah kelapa kopyor agar kebutuhan mineral tulang Anda terpenuhi. Konsumsi kelapa kopyor sejak dini dapat menurunkan risiko osteoporosis dan permasalahan tulang lainnya.

8. Membuat Tubuh Jadi Lebih Sehat

Makan Kelapa Kopyor

Sebagaimana yang sudah kami sebutkan sebelumnya, kelapa kopyor adalah buah yang mengandung antioksidan tinggi. Tentu saja antioksidan ini memiliki banyak peranan dalam tubuh kita, salah satunya mencegah infeksi bakteri atau virus penyakit, serta menangkal radikal bebas.

Apabila tubuh Anda memperoleh asupan antioksidan yang mencukupi, maka tubuh Anda jadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. Antioksidan juga memiliki peran penting untuk mencegah risiko penyakit jantung dan kanker. Jadi, daripada minum vitamin yang belum tentu jelas khasiatnya, coba saja minum vitamin yang lebih alami ini.

9. Meredakan Luka Bakar

Meredakan Luka Bakar

Apa yang Anda lakukan ketika terkena luka bakar? Apakah Anda buru-buru mengoleskan bagian yang terluka dengan pasta gigi? Coba cara yang lebih ampuh dengan menggunakan kelapa kopyor. Manfaat dari kelapa kopyor sebagai obat alami untuk meredakan luka bakar ini terbilang cukup ampuh.

Daging buah kelapa kopyor dicampur dengan kunyit dan air kapur sirih. Kemudian, haluskan bahan-bahan tersebut hingga menjadi pasta yang cukup kental. Setelah itu, oleskan pasta kelapa kopyor ini ke bagian tubuh yang terkena luka bakar.

10. Membantu Usaha Diet Sehat

Kelapa Kopyor Asli

Masukkan kelapa kopyor pada daftar makanan yang wajib Anda konsumsi ketika diet. Buah yang satu ini memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat rendah sehingga aman untuk dikonsumsi saat diet.

Tak hanya sampai di situ, kelapa kopyor akan membantu proses metabolisme tubuh sehingga usaha Anda dalam menurunkan berat badan jadi lebih cepat. Kelapa kopyor juga akan memberikan asupan cairan yang hilang saat Anda sedang melakukan diet ketat.

Dengan mengetahui 10 manfaat kelapa kopyor ini, apakah Anda tertarik untuk turut mengonsumsi buah yang satu ini? Selain kelapa kopyor, air kelapa hijau juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Cobalah membaca artikel manfaat konsumsi air kelapa hijau ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment