Bacaterus / Kelapa / 10 Manfaat Kelapa Bakar untuk Tubuh, Dipercaya Menyehatkan!

10 Manfaat Kelapa Bakar untuk Tubuh, Dipercaya Menyehatkan!

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 April 2020

Meminum air kelapa muda saat udara panas, rasanya sangat menyejukkan. Manis khas air kelapa yang tidak terlalu kuat, ditambah asam dan sedikit rasa seperti soda, membuat minuman alami ini banyak memiliki penggemar. Lalu, bagaimana dengan kelapa bakar?

Air kelapa muda sendiri memiliki kandungan nutrisi cukup banyak. Anda bisa mendapatkan asupan kalsium, protein, vitamin C, lemak, zat besi, potasium dan fosfor saat mengonsumsinya.

Berkat kandungannya tersebut, terutama karena memiliki kalium berjumlah tinggi, air kelapa mudah diserap tubuh untuk menggantikan ion yang hilang. Mineral-mineral dalam air kelapa memang mempunyai manfaat yang baik dan alami sebagai minuman elektrolit.

Belakangan ini air kelapa muda tidak hanya disajikan segar. Beberapa pedagang ramai-ramai mulai menyuguhkan varian lain dari sajian air kelapa. Variasi lain yang dimaksud adalah kelapa bakar. Untuk menyuguhkan kelapa bakar, para pedagang tentu harus lebih dulu membakarnya.

Biasanya, buah kelapa muda yang utuh disimpan dalam tong atau wadah besar, lalu dipanaskan dengan api yang menyala selama kurang lebih 3 hingga 4 jam. Kelapa muda yang berwarna hijau itu pun berubah hingga menjadi coklat. Air kelapanya berubah menjadi bersuhu hangat. Begitu juga dengan daging pada buah kelapa.

Jika air kelapa yang biasa sangat menyegarkan dikonsumsi saat udara panas, air kelapa bakar lebih pas diminum saat udara sedang dingin. Hangatnya air kelapa terasa melindungi tubuh dari terpaan udara. Selain itu, apa saja kira-kira manfaat kelapa bakar untuk tubuh? Berikut ulasannya!

1. Meningkatkan Stamina

Kelapa Bakar

Kelapa bakar dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh jika rajin dikonsumsi. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kandungan air kelapa itu sendiri. Seperti potasium dan beberapa kandungan lain.

Setelah meminum air kelapa bakar, tubuh yang lelah terasa kembali segar. Mengonsumsinya dalam keadaan hangat-hangat, membuat keringat keluar dari tubuh. Itulah yang dipercaya membuat tubuh terasa lebih enteng.

2. Menyembuhkan Beberapa Penyakit

Menyembuhkan Beberapa Penyakit

* sumber: senisehat.com

Manfaat kelapa bakar selanjutnya yang banyak dipercaya oleh masyarakat adalah dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti maag, ginjal, dan darah manis. Untuk bantu menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut, air kelapa bakar biasa dicampur dengan beragam rempah.

Rempah-rempah yang digunakan sebagai campuran air kelapa bakar antara lain madu, kayu manis, jahe, kulit akar dari tanaman kumis kucing, sereh dan beberapa lainnya. Campuran rempah-rempah tersebut lah yang dipercaya semakin menambah khasiat dari air kelapa bakar.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

* sumber: www.thejakartapost.com

Manfaat kelapa bakar yang lain dan dipercaya oleh banyak orang adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang kelelahan dan lemah, cenderung mudah sakit. Tetapi dengan rajin mengonsumsi kelapa bakar, tubuh dipercaya dapat kembali bertenaga.

Hangatnya air kelapa bakar diserap oleh tubuh dan dapat meningkatkan daya tahanya. Anda yang merasa mudah sekali lelah dan merasa tidak enak badan, tidak ada salahnya untuk rutin meminum air kelapa bakar ini.

4. Mengatasi Batu Ginjal

Mengatasi Batu Ginjal

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Manfaat kelapa bakar selanjutnya yang juga dipercaya masyarakat adalah dapat membantu mengatasi batu ginjal. Seorang penderita batu ginjal pada saluran kemihnya akan merasakan nyeri pada pinggang.

Dengan rutin mengonsumsi air kelapa bakar, batu ginjal yang menjadi keluhan dipercayai dapat luruh atau hancur. Sehingga, secara alami dapat keluar dari tubuh dengan sendirinya. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

5. Bantu Mengatasi Diabetes

Bantu Mengatasi Diabetes

* sumber: www.diabetes.co.uk

Diabetes merupakan masalah kesehatan bagi cukup banyak masyarakat Indonesia. Pola hidup yang salah dan beberapa faktor lain menjadi penyebabnya. Apabila sudah terkena diabetes, tubuh tentu memerlukan perlakuan yang berbeda.

Selain rutin konsultasi ke dokter dan menjaga pola makan serta pola hidup menjadi lebih sehat, rajin mengonsumsi air kelapa bakar juga dipercaya dapat bantu mengatasi diabetes. Khusus bagi Anda penderita diabetes, konsumsi air kelapa bakar sebaiknya tanpa tambahan pemanis apa pun, terutama kental manis.

6. Mampu Bantu Mengatasi Masuk Angin

Mampu Bantu Mengatasi Masuk Angin

* sumber: www.sehatq.com

Masuk angin sepertinya merupakan masalah klasik bagi banyak masyarakat Indonesia. Saat masuk angin, Anda akan merasakan perut yang kembung, mual, kelelahan, demam dan pilek serta mudah sekali mengantuk.

Mengonsumsi air kelapa bakar dengan campuran rempah seperti jahe dan madu dipercaya dapat bantu meredakan masuk angin. Selain bantu meredakan masuk angin, air kelapa bakar ini juga dapat menghangatkan tubuh. Dengan mengonsumsinya Anda dapat dua khasiat sekaligus.

7. Dipercaya Dapat Mempercepat Kehamilan

Dipercaya Dapat Mempercepat Kehamilan

* sumber: www.dailysabah.com

Meski belum ada penjelasan dan pembuktian secara ilmiah, manfaat kelapa bakar lain yang dipercaya masyarakat adalah dapat membantu mempercepat kehamilan. Khasiat seperti ini tentu boleh dipercaya atau tidak. Hanya, Anda tetap disarankan untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan.

Agar mendapat penjelasan lebih ilmiah dan penanganan yang tepat, usaha mempercepat kehamilan tetap harus didampingi oleh ahlinya. Konsumsi air kelapa bakar bisa dihitung sebagai upaya menyehatkan dan menyegarkan badan untuk menyambut kehamilan.

8. Dipercaya Dapat Menambah Kejantanan pada Laki-laki

Dipercaya Dapat Menambah Kejantanan pada Laki-laki

* sumber: www.halodoc.com

Kepercayaan lain mengenai manfaat kelapa bakar menyebutkan bahwa minuman tersebut ternyata juga dapat bantu menambahkan kejantanan pada laki-laki. Untuk mendapatkan manfaat seperti itu Anda harus mengonsumsinya dengan campuran madu dan hati kambing yang ikut dibakar.

Anda boleh percaya lalu mencobanya sendiri. Namun, jika ragu, sebaiknya gunakan cara lain yang sudah terbukti ampuh dan efektif untuk meningkatkan kejantanan.

9. Melindungi Tubuh dari Virus

Melindungi Tubuh dari Virus

* sumber: www.bbc.com

Sebuah penelitian dari Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya Malang menyebutkan bahwa air kelapa bakar dapat membunuh berbagai virus, mematikan bakteri serta jamur. Dengan kemampuannya tersebut, air kelapa bakar cukup bisa diandalkan untuk menghalau berbagai penyakit terutama yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur.

10. Bantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Bantu Menurunkan Kadar Kolesterol

* sumber: www.health.harvard.edu

Hasil penelitian lain menyebutkan bahwa manfaat kelapa bakar lainnya adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada darah. Sehingga baik untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

Selain itu, rutin mengonsumsi air kelapa bakar juga dapat bantu mencegah tekanan darah tinggi, melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan jenis penyakit degenerative. Manfaat kelapa bakar yang menakjubkan ini tentu menjadi angin segar. Tidak ada salahnya untuk mencoba dan rutin mengonsumsinya.

Manfaat kelapa bakar yang dipercaya oleh banyak masyarakat, sejauh ini berhubungan dengan kesehatan. Selain bantu mengatasi beberapa permasalahan kesehatan di atas, kelapa bakar juga dipercaya mampu menambah vitalitas pada pria.

Walaupun sebagian besar belum dibuktikan secara ilmiah, rutin mengonsumsinya dipercaya dapat menjaga tubuh dari penyakit berat atau ringan yang dapat mengganggu kesehatan. Terlebih jika Anda meminumnya dengan tambahan rempah-rempah khas Indonesia yang sudah terbukti memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Sebut saja jahe, sereh, kapulaga, kayu manis dan madu.

Tidak ada ruginya untuk mulai rutin menyantap kelapa bakar, baik air atau daging buahnya. Harganya pun cenderung terjangkau. Anda cukup membayar satu porsi kelapa bakar dengan uang belasan ribu, atau bergantung bahan campuran yang digunakan. Tertarik untuk mencicipinya? Cek juga artikel manfaat air kelapa tua ini, yuk!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *