Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / 10 Manfaat Kangkung, Sayuran Gurih Favorit Masyarakat

10 Manfaat Kangkung, Sayuran Gurih Favorit Masyarakat

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Sayuran hijau identik memiliki rasa yang hambar dan cenderung pahit. Alhasil, banyak orang tidak menyukai sayuran hijau karena rasanya kurang pas di lidah. Namun, ternyata ada satu sayuran hijau yang rasanya tidak hambar dan justru terasa gurih. Sayuran tersebut adalah kangkung. Sayur murah meriah ini memang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Bahkan, harga satu ikat kangkung dinilai sangat murah sekali.

Kangkung mengandung Vitamin A dan C yang tinggi. Satu cangkir kangkung (sekitar 56 gram) dapat memenuhi 70 persen kebutuhan Vitamin A harian dan 51 persen kebutuhan Vitamin C harian Anda. Di balik kelezatannya, ternyata ada 10 manfaat kangkung yang membuat sayuran ini semakin pantas dijadikan sebagai sayuran terfavorit.

10 Manfaat Kangkung

1. Mencegah Anemia

Kangkung 1 Manfaat Kangkung

* sumber: lugualami.net

Anemia adalah kondisi di mana seseorang kekurangan sel darah merah. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya zat besi yang berfungsi untuk merangsang produksi sel darah merah di dalam tubuh. Akibatnya, seseorang yang menderita anemia akan mudah merasa pusing, lesu, sampai kehilangan kesadaran.

Manfaat kangkung yang akan kami bahas di sini adalah sebagai pencegah anemia secara alami. Kandungan zat besi yang terdapat di dalam kangkung cukup untuk membantu proses produksi sel darah merah sehingga menurunkan risiko anemia. Manfaat kangkung sebagai pencegah anemia ini juga bisa Anda peroleh dalam ubi jalar, kacang panjang, dan kacang merah.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Tumis Kangkung

Bukan hanya wortel yang termasuk jenis sayuran yang dapat memelihara kesehatan mata, kangkung juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata, lho. Sebagaimana yang kita ketahui, kandungan Vitamin A yang tinggi di dalam kangkung membuatnya berfungsi untuk melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi bakteri maupun virus.

Tak hanya itu saja, Vitamin A yang terdapat di dalam kangkung dapat meningkatkan produksi cairan mata agar mata tidak kering. Oleh karena itu, bagi Anda yang sering menatap layar komputer atau gadget lainnya sebaiknya Anda lebih sering mengonsumsi kangkung.

3. Meningkatkan Kualitas Otak

Meningkatkan Kualitas Otak

Sayuran kangkung ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas otak. Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan Vitamin B Kompleks dan Omega-3 di dalam kangkung. Kombinasi antara Vitamin B Kompleks dan Omega-3 ini dapat membuat kinerja otak jadi lebih baik.

Biasakan buah hati Anda untuk mengonsumsi kangkung sejak kecil. Pasalnya, kangkung dapat meningkatkan kecerdasan otak anak apabila mereka mengonsumsinya sejak dini.

4. Berperan Sebagai Anti-radang

Berperan Sebagai Anti-radang

Peradangan tidak harus terjadi di kulit atau bagian yang dapat terlihat oleh mata. Peradangan bisa terjadi di dalam tubuh, misalnya radang tulang atau radang sendi. Salah satu manfaat kangkung adalah berperan sebagai anti-radang alami.

Hal ini semakin dikuatkan dengan penelitian yang dimuat dalam Research Journal of Pharmaceutical, Biological and Chemical Sciences tahun 2010, di mana kangkung memang merupakan anti-radang alami yang cukup mujarab.

Di dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa kangkung dapat melawan peradangan yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis. Sekedar informasi, bakteri-bakteri ini merupakan penyebab penyakit MRSA, bintitan, dan gangguan pencernaan karena keracunan makanan.

5. Mencegah Sariawan dan Meningkatkan Imunitas

Mencegah Sariawan dan Meningkatkan Imunitas

Selain Vitamin A, kandungan vitamin lain yang terdapat di dalam kangkung adalah Vitamin C. Vitamin tersebut membuat kangkung dapat menjadi sumber asupan Vitamin C alami.

Kekurangan Vitamin C dapat menyebabkan sariawan. Nah, sariawan adalah sebuah gejala bahwa sistem imunitas (kekebalan tubuh) mulai menurun. Manfaat kangkung sebagai sumber Vitamin C alami ini dapat mencegah sariawan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh Anda agar tidak mudah sakit.

6. Mencegah Diabetes

Mencegah Diabetes

Bolehkah penderita diabetes mengonsumsi kangkung? Tentu saja boleh. Kangkung adalah sayuran yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Menurut penelitian yang dirangkum dalam Journal of Diabetes di tahun 2013, kangkung dapat menghasilkan antioksidan untuk menangkal oksidasi penyebab diabetes pada sel-sel ibu hamil maupun janin.

Tak sampai di situ saja, sayuran hijau ini juga menghasilkan zat-zat yang mampu menghambat penyerapan gula pada tubuh. Jadi, sayur kangkung sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes maupun Anda yang ingin mencegah risiko penyakit tersebut.

7. Melawan Kerusakan Hati

Melawan Kerusakan Hati

Manfaat kangkung yang paling hebat adalah fungsinya yang dapat melawan kerusakan hati alias penyakit liver. Klaim ini juga dibenarkan melalui penelitian yang terangkum dalam jurnal Molecules.

Menurut para peneliti, kangkung dapat melindungi organ hati dari kerusakan, luka, dan peradangan. Manfaar sayur kangkung yang satu ini didukung dengan sifat kangkung yang dapat merangsang produksi enzim untuk membersihkan hati (detoksifikasi) dari racun dan zat-zat sisa yang memicu risiko penyakit liver.

8. Mencegah Dehidrasi

Kangkung 2

Meskipun Anda tidak melakukan aktivitas berat yang banyak mengeluarkan keringat, Anda juga berpotensi untuk mengalami dehidrasi jika Anda tidak mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Konsumsi kangkung dapat mencegah dehidrasi karena di dalam sayuran ini terdapat kandungan mineral untuk mencegah dehidrasi.

Kandungan mineral di dalam kangkung, yakni kalium dan natrium, bertugas untuk menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektrolit di dalam tubuh. Kesimpulannya, konsumsi kangkung dapat mencegah dehidrasi, walaupun Anda tetap harus mengonsumsi air minum secukupnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

9. Mengatasi Sembelit

Sembelit

Buah dan sayur adalah “obat” terbaik bagi penderita sembelit. Akan tetapi, ada sayuran yang sangat ampuh untuk mencegah dan mengatasi sembelit, bahkan sayuran tersebut mendapat julukan sebagai “pencahar” alami bagi orang-orang yang mengalami sembelit. Nah, sayuran tersebut adalah kangkung.

Konsumsi sayuran ini dijamin akan membuat sistem pencernaan jadi lebih lancar. Masalah sembelit berhari-hari akan langsung teratasi jika Anda mengonsumsi sayuran kangkung ini. Namun, hindari konsumsi kangkung secara berlebihan agar Anda tidak mengalami diare.

10. Mengurangi Kolesterol

Mengurangi Kolesterol

Tak dapat dipungkiri bahwa masalah kesehatan yang kerap dialami oleh orang-orang yang tidak menjaga kualitas makanan yang ia konsumsi sehari-hari adalah kolesterol. Ketika kolesterol di dalam darah meningkat, risiko penyakit berbahaya pun bermunculan, mulai dari penyakit jantung sampai dengan stroke.

Kangkung adalah makanan terbaik untuk menurunkan kolesterol. Mengonsumsi kangkung bermanfaat sebagai penurun kolesterol alami ini disebabkan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol trigliserida, salah satu jenis lemak di dalam tubuh.

Walaupun kangkung adalah makanan penurun kolesterol alami, Anda tetap harus melakukan sejumlah usaha lainnya untuk mempercepat proses penurunan kolesterol, seperti membatasi makanan pemicu kolesterol dan olahraga secara teratur.

Setelah mengetahui manfaat kangkung di atas, Anda tentu jadi lebih bersemangat untuk mengonsumsi sayuran ini, bukan? Kangkung yang direbus tentu mengandung nutrisi dan vitamin yang lebih banyak ketimbang kangkung yang ditumis atau digoreng. Cara pengolahan kangkung juga menentukan seberapa banyak nutrisi yang Anda terima ketika mengkonsumsinya.

Bingung mencari cara mengolah kangkung? Cek artikel resep dan cara membuat cah kangkung dari Bacaterus ini agar Anda bisa menemukan cara yang tepat untuk mengolah sayuran ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment