Bacaterus / Jeruk / 8 Manfaat Jeruk Purut untuk Tubuh yang Lebih Sehat

8 Manfaat Jeruk Purut untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Juli 2019

Siapa di sini yang belum kenal dengan jeruk purut? Jika Anda sering membantu ibu menyiapkan makanan di dapur, Anda pasti sudah mengenal baik buah yang satu ini.

Jeruk purut adalah buah berukuran kecil yang sangat populer sebagai salah satu bumbu masakan di negara-negara Asia Tenggara (tempat asal jeruk purut) seperti, Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Selain itu, buah ini juga menghasilkan minyak esensial yang banyak digunakan dalam industri wewangian dan aromaterapi.

Selain buahnya, daun tanaman jeruk purut juga dapat dimanfaat untuk berbagai keperluan, khususnya memasak. Aromanya yang wangi dan menyegarkan dapat menambah cita rasa pada masakan. Juga, aroma amis pada daging ikan juga dapat dihilangkan dengan cara meneteskan jus jeruk purut di atasnya.

Selain manfaatnya yang banyak untuk masakan, jeruk purut juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ini membuatnya sering dijadikan obat alami untuk berbagai masalah kesehatan, seperti masalah pencernaan, peradangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kandungan Nutrisi Jeruk Purut

* sumber: pixabay.com

Meskipun ukurannya kecil, jeruk purut mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, jeruk purut juga memiliki sifat antibakteri, antiperadangan, dan antioksidan yang sangat berguna dalam melawan berbagai masalah kesehatan. Berikut adalah kandungan nutrisi jeruk purut per 67 gram sajian.

  • Energi: 20 kkal
  • Sodium: 1 miligram
  • Karbohidrat: 7 gram
  • Total serat makanan: 2 g
  • Gula: 1 g
  • Vitamin A: 9 mikrogram
  • Vitamin C: 28,8 miligram
  • Kalsium: 20 miligram
  • Zat besi: 0,36 miligram

Manfaat Jeruk Purut

Jeruk purut memiliki rasa yang kuat karena kaya akan kandungan alkaloid, citronellol, limonene, neroli, dan zat organik lain yang terkandung di dalamnya. Senyawa-senyawa yang menyajikan aroma dan rasa yang khas ini tidak hanya bermanfaat bagi makanan, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Minyak esensial dari daun dan daunnya itu sendiri biasanya digunakan untuk kesehatan kulit dan mengobati masalah peradangan. Selain itu, daunnya juga biasa dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat kesehatan tubuh lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat jeruk purut untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

1. Memelihara Sistem Pencernaan

Memperbaiki Pencernaan

* sumber: www.videoblocks.com

Manfaat jeruk purut yang pertama adalah membantu memelihara sistem pencernaan. Meskipun ukurannya kecil, buah ini ternyata membawa manfaat untuk kesehatan purut kita.

Di dalam jeruk purut tersimpan sejumlah komponen yang bersifat anti peradangan, tetapi juga menstimulasi sistem pencernaan. Oleh karena itu, jika Anda menderita sembelit atau gangguan pencernaan, Anda dapat meminum ramuan jeruk purut sebagai obat alami yang dapat membantu menghilangkan gejala-gejala tersebut dan membuat usus kembali ke jalur yang teratur.

Bahkan dengan mengkonsumsi jeruk purut juga disebutkan dapat mencegah beberapa masalah pencernaan yang lebih serius di masa yang akan datang, termasuk wasir dan tukak lambung.

2. Membantu Merawat Kulit

* sumber: pixabay.com

Setiap orang, terutama wanita, pastinya menginginkan kulit yang sehat dan terawat. Ternyata hal yang dapat membantu merawat kesehatan kulit sudah tersedia banyak di alam, termasuk salah satunya jeruk purut.

Jeruk purut mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, senyawa antioksidan juga memperlambat kerusakan sel dan meminimalkan munculnya tanda-tanda penuaan, bekas luka, dan jerawat.

3. Mengurangi Stres

* sumber: pixabay.com

Jeruk purut memiliki aroma yang kuat dan menyegarkan yang jika menghirupnya dapat membantu mengurangi stress. Bahkan hanya dengan menghirup daun jeruk purut saja, tubuh dan pikiran bisa menjadi lebih tenang.

Hal itu tak lain karena buah ini mengandung minyak esensial yang dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk mengurangi stress, kecemasan, hingga kelelahan akibat penyakit. Cara termudah untuk mendapatkan manfaat jeruk purut yang ini adalah dengan menanam tumbuhan jeruk purut di halaman rumah.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

* sumber: www.needpix.com

Sifat antibakteri dan antioksidan yang dimiliki oleh jeruk purut juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh jadi tidak mudah terkena penyakit maupun infeksi. Jadi, jeruk purut bisa menjadi obat alami untuk pertahanan tubuh yang lebih kuat.

5. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Gejala kanker mulut

Salah satu manfaat jeruk purut yang paling populer adalah dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut. Tidak hanya buahnya saja, tetapi kulit dan daunnya juga sering digunakan dalam perlindungan kesehatan mulut.

Anda dapat menggosokkan daun jeruk purut langsung ke gusi untuk membunuh bakteri-bakteri berbahaya yang dapat berkembang di dalam mulut. Selain itu, minyak esensialnya dapat dicampur dengan pasta gigi dan obat kumur organik untuk perawatan mulut dan gusi yang lebih kuat.

6. Mendetoksifikasi Darah

Memperbaiki sirkulasi darah

* sumber: segiempat.com

Minyak yang diproduksi dari jeruk purut dipercaya dapat menghilangkan patogen dalam darah. Hal ini berarti membantu hati dalam menghancurkan zat-zat berbahaya yang pada akhirnya akan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan manfaat seperti ini, minyak atsiri jeruk purut umumnya dicampur dengan beberapa ramuan lain. Campuran berbagai komponen yang mudah menguap ini membasmi dan mengeluarkan organisme asing / patogen dari darah. Selain itu, hal ini juga membantu sistem limfatik dan hati untuk menyaring zat beracun dan menjaga kesehatan.

7. Mengurangi Peradangan

* sumber: pixabay.com

Jeruk purut juga dipercaya dapat mengurangi berbagai kondisi peradangan, seperti radang sendi, edema, rematik, asam urat, dan lain-lain. Anda dapat mengoleskan ekstrak jus, daun atau jeruk purut secara topikal (diterapkan ke tempat tertentu pada atau di dalam tubuh) di bagian tubuh yang mengalami peradangan atau rasa sakit.

Anda juga dapat mengkonsumsi buah atau jus jeruk purut untuk mendapatkan efek yang sama. Selain itu, efek anti peradangan dari jeruk purut juga bermanfaat untuk mengobati sakit kepala dan migrain.

8. Merawat Rambut

cara menumbuhkan rambut botak bagian depan

* sumber: www.hairclub.com

Manfaat lain dari jeruk purut yang perlu diketahui adalah dapat membantu merawat rambut. Daun dan jus jeruk purut dipercaya mampu memperkuat folikel rambut (struktur kulit yang menjadi tempat rambut akan tumbuh) dan mencegah kebotakan.

Untuk mendapatkan manfaat seperti ini, Anda dapat mengaplikasikan ramuan jeruk purut ke kepala dan rambut Anda. Selain manfaat yang sudah disebutkan tadi, ramuan ini juga dapat mengontrol timbulnya ketombe dan meningkatkan volume serta kilau helai rambut. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih setelah proses ini selesai dilakukan.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang dimiliki oleh jeruk purut yang perlu diketahui. Jika Anda ingin memanfaat buah ini untuk kesehatan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu agar mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai cara penggunaannya.

Perlu dicatat juga bahwa minyak esensial yang diekstrak dari jeruk purut tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi langsung, karena dapat menyebabkan mual, muntah, pusing-pusing, sakit kepala ringan, dan efek samping tidak menyenangkan lainnya. Selalu campur minyak esensial dengan air atau zat cair lainnya.

Sekali lagi, Anda harus berkonsultasi dengan profesional medis sebelum memasukan jeruk purut ke dalam diet harian Anda. Hal ini sangat diperlukan agar Anda mendapatkan manfaatnya dengan tepat. Dapatkan banyak informasi lainnya mengenai jeruk-jeruk lainnya di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar