Bacaterus / Jeruk / 10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Tubuh yang Lebih Sehat

10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Juli 2019

Jeruk nipis merupakan buah dari keluarga jeruk-jerukan yang keberadaanya cukup mudah ditemukan. Tanaman jeruk nipis biasanya ditanam oleh keluarga-keluarga di halaman rumah mereka dan mengambil buahnya untuk dibuat minuman yang menyegarkan, penyedap masakan, hingga obat alami untuk meredakan gejala batuk dan perawatan rambut.

Karena rasanya cukup masam, jeruk ini kurang cocok dikonsumsi secara langsung. Meskipun demikian, rasa masam tersebut ternyata menyimpan beberapa manfaat untuk kesehatan. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

perasan jeruk nipis

Berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam jeruk nipis (per 100 gram sajian). Data yang lebih lengkap dapat Anda lihat di sini.

  • Energi: 30 kkal
  • Karbohidrat: 10,5 gram
  • Gula: 1,7 gram
  • Serat makanan: 2,8 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Protein: 0,7 gram
  • Tiamin: 0,03 miligram
  • Riboflavin: 0,02 miligram
  • Niacin: 0,2 miligram
  • Asam Pantotenat: 0,217 miligram
  • Vitamin B6: 0,046 miligram
  • Folat (B9): 8 mikrogram
  • Vitamin C: 29,1 miligram
  • Kalsium: 33 miligram
  • Zat besi: 0,6 miligram
  • Magnesium: 6 miligram
  • Fosfor: 18 miligram
  • Kalium: 102 miligram
  • Sodium: 2 miligram
  • Air 88,3 gram

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Inilah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang perlu diketahui. Manfaat buah ini bisa didapatkan dengan cara meminum air jeruk nipis, mengoleskan jus jeruk nipis secara langsung pada kulit (untuk manfaat meremajakan kulit), atau cara-cara lain yang direkomendasikan.

1. Meremajakan Kulit

* sumber: pixabay.com

Sebagai buah yang kaya akan vitamin C, jeruk nipis sudah dikenal sejak lama karena manfaatnya untuk kesehatan kulit. Vitamin C sendiri diketahui memiliki efek positif dalam produksi kolagen, sebuah protein yang membantu mencegah kulit keriput dan rusak akibat terpapar sinar matahari dan polusi.

Selain diminum langsung, manfaat jeruk nipis yang ini bisa didapatkan dengan cara mengoleskan jus jeruk nipis langsung ke kulit. Kandungan asam sehatnya dapat membantu mengangkat sel-sel mati, sedangkan vitamin C-nya melindungi kulit dari infeksi serta membantu menyembuhkan ruam, jerawat, memar, dan lain-lain.

2. Mencegah Penyakit Jantung

* sumber: pixabay.com

Vitamin C sudah dikenal luas karena manfaatnya yang banyak bagi kesehatan, termasuk dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Vitamin ini terkandung dalam banyak jenis sayur dan buah seperti jeruk nipis. Selain itu, kalium dan magnesium dalam jeruk nipis juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat jeruk nipis untuk jantung yang lebih sehat juga didapatkan dari hesperidin yang terkandung di dalamnya. Senyawa itu diketahui membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Memperbaiki Pencernaan

* sumber: www.videoblocks.com

Jeruk nipis juga dapat menjadi obat alami untuk beberapa masalah pencernaan. Jeruk nipis diketahui mengandung senyawa yang membantu merangsang sekresi pencernaan di dalam perut. Selain itu, asam dalam buah ini juga dapat membantu air liur atau saliva memecah makanan untuk pencernaan yang lebih baik.

Manfaat jeruk nipis untuk sistem pencernaan ini bisa didapatkan dengan cara meminum air jeruk nipis. Jika Anda mengalami sembelit, sifat asam jeruk nipis dapat membantu membersihkan sistem pembuangan dan merangsang aktivitas usus.

Bahkan jika Anda sering mengalami mulas atau refluks asam, Anda disarankan untuk meminum segelas air hangat dengan 2 sendok teh jus jeruk nipis sekitar 30 menit sebelum makan. Hal ini dianggap dapat membantu mencegah gejala refluks.

4. Menurunkan Berat Badan

Menaikan Berat Badan

* sumber: satujam.com

Buah dari keluarga jeruk-jerukan termasuk jeruk nipis juga dikenal memiliki manfaat menurunkan berat badan. Hal itu karena asam sitrat dalam jeruk nipis dapat membantu meningkatkan metabolisme, yang pada akhirnya membakar lebih banyak kalori dalam tubuh dan menyimpan lebih sedikit lemak.

Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis yang ini, Anda dapat meminum air jeruk nipis setiap hari di waktu-waktu yang disarankan, seperti di pagi hari. Tidak hanya itu, Anda juga disarankan untuk melakukan berbagai aktivitas fisik agar proses menurunkan berat badan berjalan lancar dan maksimal.

5. Mengontrol Gula Darah

kadar gula darah

 

Jeruk nipis juga dikenal sebagai buah yang memiliki indeks glikemik rendah. Menurut Wikipedia, Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah.

Oleh karena itu, mengkonsumsi buah ini tidak akan menyebabkan lonjakan kadar glukosa yang signifikan atau tidak terduga yang merupakan risiko serius bagi pasien diabetes. Tingginya kadar serat larut dalam jeruk nipis juga membuatnya efektif dalam membantu mengatur penyerapan gula tubuh ke dalam aliran darah.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker

* sumber: depositphotos.com

Buah yang kaya antioksidan seperti jeruk nipis merupakan senjata alami untuk menangkal radikal bebas yang berkontribusi terhadap penyakit kanker.

Jeruk nipis diketahui mengandung sejumlah antioksidan, seperti flavonoid, flavon, triterpenoid, dan limonoid yang memiliki sifat melawan kanker yang kuat dan bahkan dapat menghentikan pertumbuhan berbagai sel kanker.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

* sumber: www.needpix.com

Seperti keluarga jeruk-jerukan pada umumnya, jeruk nipis juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi. Vitamin ini sudah dikenal sebagai antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Tubuh dengan asupan vitamin C yang cukup menjadi tidak mudah terserang penyakit serta mampu menangkal infeksi. Selain itu, vitamin C dalam buah jeruk nipis juga dapat membantu mengatasi batuk dan pilek.

8. Mencegah Batu Ginjal

Mengobati Batu Ginjal

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Menurut penelitian, asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis (baik segar atau dalam bentuk jus pekat) dapat membantu menghilangkan dan mencegah pembentukan batu ginjal dengan meningkatkan sitrat urin dan volume urin.

Batu ginjal sendiri merupakan suatu endapan keras yang terbentuk di dalam ginjal yang dapat membuat penderitanya kesakitan saat buang air kecil. Salah satu cara mencegah atau menyembuhkan penyakit ini yaitu dengan mengkonsumsi jeruk nipis.

9. Mengurangi Peradangan

* sumber: pixabay.com

Peradangan merupakan penyebab terjadinya masalah-masalah persendian, seperti radang sendi dan asam urat. Masalah-masalah kesehatan ini disebutkan dapat dikurangi dengan asupan vitamin C yang cukup. Dan salah satu makanan yang kaya akan vitamin C adalah jeruk nipis.

Oleh karena itu, meminum air jeruk nipis disebutkan dapat meredakan gejala radang sendi dan kondisi serupa yang menyebabkan nyeri sendi dan kekakuan. Jeruk nipis juga bisa mengurangi kadar asam urat di mana tingginya kadar asam urat dapat menyebabkan encok.

10. Mencegah Dehidrasi

* sumber: pxhere.com

Anda mungkin lebih suka meminum air berasa daripada air tawar. Menambahkan jus jeruk nipis ke dalam air minum dapat membuat Anda minum lebih banyak. Hasilnya tubuh Anda tetap terhidrasi karena menerima cukup cairan. Tidak hanya lebih terasa segar, seperti yang telah dibahas di atas, meminum air jeruk nipis juga membantu menyehatkan tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Kemungkinan masih ada manfaat lainnya yang belum disebutkan di sini. Jika Anda berencana memasukan jeruk nipis ke dalam diet harian, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar mengetahui secara tepat berapa jumlah asupan yang Anda butuhkan dan hal-hal penting lainnya seputar jeruk nipis.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar