Bacaterus / Manfaat Buah / Inilah Berbagai Manfaat Jeruk Lemon untuk Tubuh & Kesehatan

Inilah Berbagai Manfaat Jeruk Lemon untuk Tubuh & Kesehatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juni 2019

Lemon termasuk jenis jeruk yang sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti kesehatan dan kebersihan. Cara termudah mengkonsumsi buah lemon adalah dengan mencampur jus lemon dengan air, lalu meminumnya. Dengan cara ini kandungan nutrisi buah lemon tetap akan diserap oleh tubuh kita dengan baik.

Sedangkan untuk kebersihan, buah lemon cukup efektif mengangkat lemak yang menempel pada alat-alat makan. Sebagian sabun cuci piring masa kini dibuat dengan ekstrak lemon untuk hasil yang bersih dan menyegarkan. Lalu apa saja manfaat lengkap buah lemon? Di bawah ini adalah jawabannya.

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Buah lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa keuntungan utama mengkonsumsi buah yang menyegarkan ini.

1. Meningkatkan Hidrasi

Air Lemon

Hidrasi adalah lawan kata dari dehidrasi yang artinya kebutuhan cairan tubuhmu terpenuhi. Air adalah sumber utama kehidupan dan merupakan minuman terbaik untuk hidrasi. Umumnya kita hanya mengkonsumsi air putih atau air mineral agar terhindar dari dehidrasi dan disarankan untuk minum sebanyak 8 gelas sehari.

Bagi sebagian orang hal itu mudah dilakukan, tetapi bagi sebagian lainnya mungkin cukup sulit karena tidak semua orang sanggup minum air tawar sebanyak itu dalam sehari.

Bagaimana untuk menyiasatinya? Minuman dengan perasa umumnya sangat disukai dan orang-orang bisa meminum hal itu dalam jumlah yang banyak. Nah, selain tetap menyehatkan dan menyegarkan, menambahkan lemon pada air minum akan meningkatkan rasa air sehingga kamu dapat minum lebih banyak.

2. Sumber Vitamin C yang Baik

* sumber: pixabay.com

Lemon yang termasuk keluarga jeruk-jerukan pastinya sangat kaya akan vitamin C, antioksidan utama yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. Vitamin C disebutkan dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, dan menurunkan tekanan darah.

Meskipun lemon tidak berada di urutan teratas dalam daftar buah jeruk yang kaya vitamin C, buah ini masih merupakan sumber yang baik. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), jus sebuah lemon menyajikan sekitar 18,6 miligram vitamin C. Sedangkan jumlah harian yang disarankan untuk orang dewasa adalah 65 hingga 90 miligram.

3. Mendukung Penurunan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

* sumber: www.foxnews.com

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon secara signifikan mengurangi kenaikan berat badan pada tikus yang makan berlebihan untuk memicu obesitas (kelebihan berat badan). Dalam studi ini, senyawa antioksidan juga mampu mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin, dua faktor utama dalam pengembangan diabetes tipe 2.

Sementara hasil yang sama memang masih perlu dibuktikan pada manusia. Akan tetapi, mungkin kita sering mendengar dari orang lain kalau lemon bisa digunakan untuk menurunkan berat badan dan sebagian dari kita mencoba membuktikannya. Apakah hal ini karena kita hanya minum lebih banyak air dan merasa kenyang atau karena jus lemon itu sendiri masih belum tidak jelas. Apakah di sini sudah ada yang pernah mencoba diet dengan buah lemon?

4. Memperbaiki Kualitas Kulit

* sumber: pixabay.com

Vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan pada kulit, kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan akibat terpapar sinar matahari. Bagaimana air dapat memperbaiki kulit memang masih diperdebatkan, tetapi satu hal yang pasti, jika kulit kita kehilangan kelembaban, maka kulit akan menjadi kering dan cenderung keriput.

Oleh karena itu kita disarankan untuk minum air secukupnya. Agar kebutuhan nutrisi kita juga terpenuhi dengan baik, maka mengkonsumsi buah lemon yang mengandung banyak manfaat merupakan salah satu langkah yang bagus.

5. Membantu Melancarkan Pencernaan

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/hey__paul/

Beberapa orang minum air lemon sebagai pencahar pagi setiap hari untuk membantu mencegah sembelit. Minum air lemon hangat atau panas ketika kamu bangun dapat membantu sistem pencernaan bergerak.

Pengobatan ayurvedic mengatakan bahwa rasa asam lemon dapat membantu menstimulasi kemampuan pencernaan. Dalam pengobatan ayurveda, kemampuan pencernaan atau “agni” yang kuat memungkinkan kita untuk mencerna makanan lebih mudah dan membantu mencegah penumpukan racun dalam tubuh.

6. Menyegarkan Nafas & Mencegah Batu Ginjal

* sumber: pixabay.com

Jus lemon dipercaya mampu menghilangkan bau bawang pada tangan. Hal yang sama mungkin berlaku untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh makan makanan dengan bau yang kuat seperti bawang putih, bawang merah, atau ikan. Minum air lemon setelah mengkonsumsi makanan-makanan dapat membantu nafas kembali segar.

Selain itu, asam sitrat yang terkandung dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal. Asam sitrat ini sifatnya melindungi. Semakin banyak asam sitrat dalam urin, semakin terlindungi diri kita terhadap pembentukan batu ginjal baru.

Manfaat Lemon untuk Rumah Tangga

Selain untuk kesehatan tubuh, ternyata buah lemon juga memiliki manfaat lainnya yang berkaitan dengan permasalahan rumah tangga.

1. Menghilangkan Karat pada Peralatan Makan Metal

* sumber: www.maxpixel.net

Salah satu manfaat buah lemon dalam masalah rumah tangga adalah dapat menghilangkan noda karat pada peralatan makan metal. Zat asam yang tinggi pada lemon mampu merontokan banyak noda termasuk karat. Bagaimana cara melakukannya?

Pertama peras beberapa buah lemon ke dalam wadah kecil atau wadah yang mampu memuat peralatan makan yang ingin dihilangkan karatnya. Agar perasan airnya banyak, kamu bisa memanaskan lemon terlebih dahulu menggunakan microwave selama 20 detik.

Setelah jus lemon terkumpul dalam wadah, selanjutnya rendam peralatan makan berkarat di dalam larutan tersebut. Pastikan semuanya terendam dengan sempurna dan biarkan selama beberapa menit, lalu angkat dan bersihkan. Zat asam lemon mampu melunturkan karat sehingga lebih mudah untuk digosok.

2. Menghilangkan Bau Bawang di Tangan dan Bau Karpet

* sumber: www.pexels.com

Kadar asam yang tinggi pada buah lemon dianggap mampu menghilangkan bau bawang di tangan. Untuk melakukannya kamu hanya perlu memeras lemon atau membuat potongan-potongan kecil buah tersebut lalu menggosokannya pada tangan. Setelah selesai bilas tangan dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk atau kain.

Lemon juga adalah senjata yang cukup ampuh untuk menghilangkan bau karpet. Untuk menggunakannya sebagai pembersih karpet, kamu hanya perlu mencampur jus lemon segar dengan sedikit air hangat dalam sebuah botol semprot atau wadah terbuka. Sediakan handuk atau kain kering yang bersih sebelum proses dimulai.

Selanjutnya semprot atau oleskan larutan ke area karpet yang berbau dan gosok area karpet tersebut menggunakan handuk atau kain kering yang telah disiapkan. Setelah itu bilas karpet yang dibersihkan dengan air sabun dan biarkan mengering.

Itulah beberapa manfaat utama buah lemon yang perlu kamu ketahui. Meskipun ukuran buah ini kecil, tetapi manfaatnya begitu besar hingga mencapai banyak sendi kehidupan. Cari tahu manfaat-manfaat buah lemon lainnya di sini.

Buah lemon bisa kamu beli dengan mudah di toko-toko buah, di pasar, dan di supermarket. Saat ini juga sudah banyak minuman dari ekstrak lemon yang dijual di pasaran. Produk-produk tersebut bisa kamu dapatkan secara online di Bukalapak melalui link ini. Yuk, segera dapatkan manfaat buah lemon ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar