Bacaterus / Jambu / 10 Manfaat Tersembunyi Jambu Mete yang Ternyata Ajaib

10 Manfaat Tersembunyi Jambu Mete yang Ternyata Ajaib

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 April 2020

Jambu mete, jambu mente atau jambu mede banyak tumbuh dan dibudidayakan di wilayah tropis seperti Indonesia, Sri Lanka, Nigeria hingga Kenya. Menariknya, bagian yang besar dan lunak pada jambu mete yang sering dianggap sebagai daging buah, sebenarnya adalah bukan buah dari jambu mete itu sendiri.

Bagian tersebut merupakan buah semu yang semula adalah bunga. Sementara buah dari tanaman jambu mete ini adalah biji yang terbungkus cangkang keras. Buah berbentuk biji yang dikenali sebagai kacang mete menjadi salah satu komoditas pangan yang menguntungkan.

Rasanya yang gurih, teksturnya yang renyah setelah diolah, kerap digunakan dalam berbagai hidangan. Sedangkan buah semu yang bertekstur empuk memiliki rasa yang cenderung asam dan sepat. Sehingga tidak begitu memiliki banyak peminat.

Walau begitu, hampir sebuah bagian tanaman jambu mete dipercaya memiliki manfaat; baik daun, batang, buah semu hingga buahnya. Kehebatan manfaat jambu mete bahkan sudah diakui oleh banyak negara. Sebuah penelitian mengatakan bahwa jambu mete bermanfaat baik untuk mengoptimalkan fungsi otak.

Beberapa kandungan pada bagian-bagian tanaman jambu mete, menjadi kunci dari pernyataan bahwa tanaman ini memiliki banyak khasiat. Misalnya pada daun jambu mete terdapat tannin galat, asam elegat, asam anakardiol, senyawa fenol, metal kardol. Sementara pada buah semunya terkandung lemak, vitamin A, B, C, besi, fosfor, kalsium, protein dan belerang.

Semua kandungan-kandungan tersebut tentu saja memiliki manfaat untuk tubuh. Entah sebagai obat tradisional atau nutrisi atau elemen yang baik untuk kesehatan. Penasaran dengan segudang manfaat jambu mete ini? Berikut ulasannya untuk kamu!

1. Bantu Mengontrol Tekanan pada Darah

Bantu Mengontrol Tekanan pada Darah

Jambu mete mengandung banyak vitamin, antioksidan serta mineral. Hal itulah yang dapat berperan membantu dalam menurunkan tekanan pada darah. Dengan jambu mete, tekanan darah dapat terkontrol menjadi lebih stabil.

Kamu yang memiliki keluhanan tekanan darah tinggi, ada baiknya memanfaatkan jambu mete. Sebab jika dibiarkan, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius seperti stroke, jantung dan lainnya.

2. Bantu Mencegah Anemia

Bantu Mencegah Anemia

Buah semu yang rasanya tidak enak di lidah itu, ternyata memiliki manfaat yang banyak. Kandungan zat besi di dalamnya memiliki peran untuk membentuk sel darah merah. Zat besi adalah mineral penting yang bagus dalam mencegah anemia.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi buah semu dari jambu mete ini sebanyak 100 gram. Konsumsi secara rutin agar manfaatnya dapat lebih terasa oleh tubuh.

3. Bantu Mengobati Asma

Bantu Mengobati Asma

Penyembuhan secara tradisional untuk mengobati asma, tidak terhitung lagi banyaknya. Mulai dari cara ekstrem hingga masuk akal. Jika kamu sudah mencoba berbagai cara untuk bantu menyembuhkan asma, tapi belum sembuh juga, mengapa tidak mencobanya dengan jambu mete?

Jambu mete memiliki banyak kandungan vitamin C. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh penderita asma. Di dalam tubuh penderita asma, jumlah vitamin C sangat sedikit, sehingga dengan mengonsumsinya secara teratur dapat membantu mengatasi masalah pernapasan.

4. Menyehatkan Mata

Menyehatkan Mata

Selama ini kita mengenal wortel sebagai bahan pangan yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Namun, ternyata, jambu mete juga punya manfaat yang sama. Kandungan vitamin A pada jambu monyet cukup banyak. Dalam 100 gram, terdapat 2.689 SI.

Jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin A harian seorang manusia dewasa. Mulai sekarang, jika mengalami keluhan pada mata, tidak ada salahnya untuk mulai mengonsumsi jambu mete setiap hari.

5. Menangkal Radikal Bebas

Menangkal Radikal Bebas

Kamu yang hobi mengonsumsi buah dan sayur, cenderung lebih terlindung dari radikal bebas. Pasalnya, kandungan nutrisi pada sayuran dan buah-buahan, termasuk jambu monyet memang merupakan penangkal terbaik dari segala macam racun.

Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan penyakit berdatangan pada tubuh. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jambu mete memiliki kekuatan yang dapat melindungi badan dari banyak ancaman.

6. Risiko Terkena Penyakit Jantung Menurun

Risiko Terkena Penyakit Jantung Menurun

Vitamin C pada jambu mete, dapat membantu mengatasi masalah kesehatan pada jantung. Dalam hal ini, Aterosklerosis merupakan keadaan arteri jantung yang menebal dapat bantu dilancarkan dengan rajin mengonsumsi buah-buahan atau sayuran bervitamin C.

Selain itu, kandungan magnesium pada jambu mete juga berperan dalam hal ini. Apabila dikonsumsi secara teratur, dapat meredakan stress, emosi yang berlebihan dan menenangkan saraf.

7. Bantu Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Bantu Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Jika tenggorokan sudah meradang, rasanya pasti tidak nyaman. Makan dan minum terasa sangat perih, akibatnya badan lemas karena kurang asupan makanan. Selain berobat ke dokter, ada cara lain yang dapat diandalkan untuk mengatasinya yaitu jambu mete.

Manfaat jambu mete selanjutnya adalah dapat bantu mengatasi radang tenggorokan. Kamu bisa memarut buah semu jambu mete sebanyak beberapa buah lalu peras airnya. Agar rasanya dapat lebih bisa diterima, boleh tambahkan madu dan sedikit air putih.

Konsumsi ramuan tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari. Cukup dua sendok setiap meminumnya. Minumlah secara rutin sampai radang terasa berkurang.

8. Bantu Mengobati Kencing Manis

Bantu Mengobati Kencing Manis

Untuk para penderita kencing manis, jambu mete juga sangat bermanfaat. Terutama pada bagian kulit buah semu jambu mete. Kulit buah semu jambu mete mengandung zat yang dipercaya dapat mengatasi kencing manis.

Kamu cukup merebus sekitar 15 gram kulit dari buah semu jambu monyet yang sudah dibersihkan dan dipotong. Rebus menggunakan tiga gelas air hingga menyusut menjadi satu gelas saja. Tunggu dingin sebelum disaring lalu diminum secara rutin setiap dua kali dalam sehari.

9. Bantu Menjaga Suhu Tubuh

Bantu Menjaga Suhu Tubuh

Manfaat jambu mete lainnya adalah membantu menjaga suhu tubuh. Kandungan yang berperan dalam hal ini adalah zat besi dalam jambu mete. Zat besi berperan membantu otak untuk menjaga suhu tubuh, mengelolanya hingga tetap stabil.

Jambu mete juga bermanfaat untuk mengelola agar tubuh terhidrasi sehingga fungsi organ tubuh dapat tetap berfungsi dan bertugas secara optimal. Cocok untuk kamu yang memiliki banyak kesibukan dan rentan terhadap dehidrasi.

10. Baik untuk Meringankan Masalah PMS

Baik untuk Meringankan Masalah PMS

PMS atau premenstrual syndrome sangat mengganggu bagi sebagian besar wanita. Meski dirasakan secara rutin setiap bulan, masalah ini tetap saja menyebabkan ketidaknyamanan. Nyeri pada perut dan sekujur badan serta masalah mood yang berantakan adalah hal-hal yang kerap dikeluhkan saat PMS.

Apabila kamu sangat bermasalah dengan hal tersebut, ada baiknya untuk mulai mengonsumsi buah ini. Jambu mete dengan kandungan kalsium cukup banyak dapat membantu meringankan masalah-masalah pada saat PMS, seperti kram, perubahan suasana hati hingga cemas berlebih.

Tidak banyak yang tahu bahwa manfaat jambu mete sangat banyak untuk kesehatan serta pengobatan tradisional. Meski buah semu pada tanaman ini memiliki rasa yang cukup aneh, ternyata ia memiliki banyak kebaikan. Begitu pun dengan biji atau buah sesungguhnya dari tanaman ini.

Bagaimana? Apakah mulai tertarik untuk memanfaatkannya? Abaikan rasa dan aromanya yang kurang sedap dan ingat-ingat saja khasiatnya. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *