Bacaterus / Jambu / Inilah 9 Manfaat Jambu Kristal, si Jambu Biji tanpa Biji

Inilah 9 Manfaat Jambu Kristal, si Jambu Biji tanpa Biji

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Agustus 2019

Jambu kristal merupakan varietas jambu biji turunan dari varietas jambu biji daging putih. Jambu biji terkenal karena bijinya yang sangat banyak. Sehingga, jambu biji tergolong sangat sulit dikonsumsi karena harus memisahkan bijinya dari daging buahnya.

Namun, jika kamu mengonsumsi jambu kristal maka kamu tidak akan kesulitan lagi untuk memisahkan bijinya. Pasalnya, biji jambu kristal tidak sebanyak jambu biji pada umumnya.

Walaupun secara penampakan jambu kristal mirip dengan jambu biji, tapi daging jambu kristal lebih tebal karena bijinya sangat sedikit. Ini menjadikan jambu kristal juga dikenal sebagai “jambu biji tanpa biji”.

Tekstur dari jambu kristal ini juga lebih crunchy dibanding jambu biji. Cara mengonsumsi jambu kristal pun terhitung mudah karena kamu bisa langsung memakannya begitu saja, dijadikan jus, sop buah, maupun rujak buah.

Jambu kristal juga mengandung segudang kandungan gizi dan nutrisi yang berguna untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, karbohidrat, potassium dan masih banyak lagi. Lumayan banyak juga kan kandungan dari “jambu biji tanpa biji” yang satu ini? Penasaran apa saja manfaat dari buah satu ini? Yuk, langsung saja simak penjelasan beberapa manfaat dari jambu kristal di bawah ini!

1. Sumber Antioksidan

Sumber Antioksidan

Jambu kristal mengandung antioksidan yang dapat menangkal berbagai penyakit. Seperti yang sudah sering kita dengar bahwa antioksidan sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

Radikal bebas diketahui seringkali menjadi pemicu berbagai penyakit, seperti kanker dan penyakit kronis lain. Agar terhindar dari radikal bebas maka kamu bisa konsumsi buah yang mengandung antioksidan, seperti jambu kristal ini.

Selain dapat memicu berbagai penyakit, radikal bebas juga tidak baik untuk kulit karena dapat menyebabkan penuaan dini. Jadi, buat kamu yang mau kulit tetap awet muda dan sehat, kamu bisa konsumsi jambu kristal ini.

2. Melembabkan kulit

Bagus untuk Kesehatan Kulit

* sumber: spa-escape.ca

Kulit kering dan bersisik tentunya sangat mengganggu karena membuat kulit tampak tidak sehat. Tapi, tahukah kamu bahwa salah satu penyebab kulit kering adalah kekurangan vitamin E? Seperti yang kita ketahui, vitamin E berguna untuk tetap menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.

Selain kamu dapat menutrisi kulit dengan vitamin E dari luar, kamu juga harus tetap menjaga asupan vitamin E dari dalam. Salah satu cara untuk menjaga vitamin E dari dalam adalah konsumsi jambu kristal. Kenapa? Karena, jambu kristal juga mengandung vitamin E dan vitamin E yang terkandung dalam jambu kristal juga terbilang cukup tinggi.

Selain menjaga kelembapan kulit, vitamin E juga dapat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit kamu loh. Jadi, buat kamu yang mau kulit sehat, jangan lupa konsumsi jambu kristal, ya!

3. Baik untuk Kesehatan Mata

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mata Kelilipan

* sumber: www.braito.co.id

Tidak hanya mengandung antioksidan tapi jambu kristal juga mengandung vitamin A yang dikenal sangat baik untuk kesehatan mata loh. Vitamin A dapat mengobati berbagai permasalahan mata, seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris dan katarak.

Jadi, buat kamu yang ingin menjaga kesehatan mata maka bisa konsumsi jambu kristal ini. Pasalnya, kandungan vitamin A yang terdapat dalam jambu kristal bisa dibilang cukup tinggi!

Tapi, selain mengandalkan jambu biji kristal, kamu juga mungkin butuh vitamin khusus untuk menjaga kesehatan mata. Nah, kalau bingung mencari vitamin yang bagus untuk mata, silakan cari rekomendasinya di artikel Merk Vitamin Mata yang Bagus ini.

4. Mengobati Sariawan

Mengobati Sariawan

Selain vitamin A dan E, jambu kristal juga mengandung vitamin C yang dapat meredakan sariawan secara alami. Vitamin C baik untuk sariawan karena vitamin C bertindak sebagai antioksidan dan dapat mempercepat penyembuhan luka.

Jadi, jika kamu sedang sariawan boleh nih konsumsi jambu kristal secara teratur dan sariawan kamu akan sembuh secara perlahan. Tertarik untuk mencobanya?

5. Bermanfaat untuk Kesehatan Pencernaan

Menjaga Kesehatan Pencernaan

* sumber: foodrevolution.org

Kandungan bermanfaat lain yang ada jambu kristal adalah serat. Serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Karena dengan konsumsi serat yang cukup maka pencernaan akan lancar. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan.

Tidak perlu khawatir dengan rasa jambu kristalnya, karena jambu kristal ini punya rasa yang enak. Bahkan, jambu kristal ini bisa dibilang cukup mengenyangkan. Jadi, buah ini juga cocok untuk kamu yang sedang diet! Bye masalah sembelit dan lemak!

6. Mencegah Infeksi Virus dan Bakteri

Mencegah Infeksi Virus dan Bakteri

Berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada jambu kristal juga dapat berperan sebagai anti infeksi, anti bakteri, dan anti peradangan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jambu kristal mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat bagus untuk mengobati peradangan.

Maka dari itu, ia juga mampu untuk mencegah adanya infeksi virus dan bakteri. Sehingga, tubuh kamu menjadi lebih sehat terbebas dari virus dan bakteri.

7. Mencegah Anemia

Mencegah Anemia

* sumber: homeremedies9.com

Punya masalah anemia? Kalau begitu cobalah untuk mengonsumsi jambu kristal, ya! Pasalnya, jambu kristal juga sangat berguna buat kamu yang anemia sebagai penambah darah alami. Ini terjadi karena jambu kristal mengandung zat besi yang sangat diperlukan untuk pembentukan darah merah.

Jika zat besi terpenuhi maka gejala anemia, seperti mudah lelah dan tidak fokus dalam beraktivitas, akan terhindari. Jadi, supaya tetap fokus setiap hari maka kamu bisa konsumsi jambu kristal ini sebagai camilan. Camilan enak, sehat, dan mengenyangkan!

8. Baik untuk Kesehatan Tulang

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium yang dikenal baik untuk kesehatan tulang biasanya lebih sering kita jumpai dalam produk seperti susu. Namun, tahukah kamu bahwa di dalam jambu kristal juga mengandung kalsium loh!

Kandungan kalsium dalam jambu kristal pun diyakini cukup tinggi. Buat kamu yang ingin tetap menjaga kesehatan tulang namun tidak terlalu suka susu maka bisa menjadikan jambu kristal sebagai pengganti konsumsi susu.

9. Cocok untuk Diet

Membantu Diet Menurunkan Berat Badan

* sumber: www.health.com

Selain berbagai manfaat kesehatan yang sudah disebutkan diatas, jambu kristal juga bisa kamu jadikan makanan diet loh. Tingginya kandungan karbohidrat dan potassium dalam jambu kristal ini dapat menghalau rasa lapar.

Selain bisa dijadikan makanan penunda lapar, kandungan serat dan protein dalam jambu kristal ini juga akan membuat kamu kenyang lebih lama. Hal tersebut dapat menekan keinginan untuk memakan makanan lain.

Itulah 9 manfaat dari jambu kristal yang sudah Bacaterus rangkum buat kamu. Selain enak, ternyata buah favorit banyak orang ini mengandung banyak manfaat. Bukan hanya bagus untuk pencernaan, buah ini juga bisa membuat tulang menjadi lebih kuat! Hayo, apakah kamu masih menolak untuk makan jambu kristal?

Nah, bukan hanya jambu kristal yang punya banyak manfaat baik untuk tubuh. Pasalnya, ada buah lainnya yang bisa dijadikan superfood dengan sejuta manfaat, salah satunya adalah pepaya. Ingin tahu manfaat dari buah pepaya? Yuk, langsung simak ulasannya di 10 Manfaat Buah Pepaya ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar