Bacaterus / Jambu / Inilah 8 Manfaat Jambu Biji yang Menarik untuk Diketahui

Inilah 8 Manfaat Jambu Biji yang Menarik untuk Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Agustus 2019

Siapa di sini yang belum pernah mencoba jambu biji? Salah satu buah yang kaya manfaat ini sering menjadi penghias masa kecil seseorang. Itu karena pohon jambu biji sering ditemukan tumbuh secara alami di kebun-kebun hingga halaman rumah. Nah, di tempat itulah beberapa memori masa kecil yang indah sering terjadi.

Pohon jambu biji yang tumbuh di halaman rumah biasanya suka dijadikan pohon keluarga yang dicintai. Pohon ini dapat tumbuh kuat sepanjang musim tanpa perlu perawatan khusus. Saat musim panen tiba, buah jambu biji yang manis sering disantap sama-sama dengan keluarga dan teman atau dibagikan ke tetangga.

Meskipun secara komersial kurang diperhitungkan, jambu biji tidak boleh dianggap remeh. Buah ini kaya akan nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Bahkan daun jambu biji dipercaya mampu menyembuhkan penyakit diare (penulis pernah membuktikannya loh). Dan masih banyak lagi manfaat jambu biji yang belum diketahui oleh banyak orang.

Karena hal ini sangat penting, di bawah ini Bacaterus akan membahas sekelumit mengenai beberapa manfaat jambu biji.

1. Bagus untuk Kesehatan Jantung

* sumber: pixabay.com

Jambu biji adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak vitamin dan kadar antioksidan yang tinggi. Kedua hal ini dipercaya mampu membantu melindungi jantung kita dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, tingginya kadar kalium dan serat larut dalam jambu biji juga dianggap berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan jantung.

Jambu biji juga dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung. Sebaliknya, buah ini malah meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Mempertajam Penglihatan

* sumber: www.health.mil

Orang tua kita sering menyarankan untuk mengkonsumsi sayuran wortel agar penglihatan kita menjadi bagus. Itu memang benar karena kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel dianggap bagus untuk kesehatan mata yang pada akhirnya dapat memperbaiki kualitas penglihatan.

Nah, vitamin A juga ternyata dimiliki oleh buah jambu biji loh. Selain dapat membantu mempertajam penglihatan, mengkonsumsi jambu biji juga dapat memperlambat timbulnya katarak dan degenerasi makula. Meskipun vitamin A-nya tidak sekaya wortel, buah ini tetap merupakan sumber nutrisi yang sangat baik bagi tubuh.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

* sumber: pixabay.com

Jambu biji juga bisa menjadi teman baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Dengan hanya 37 kalori dalam satu buah dan 12% dari asupan serat harian yang direkomendasikan, jambu biji dapat diandalkan dengan baik dalam proses menurunkan berat badan.

Itu artinya dengan mengkonsumsi satu buah jambu biji saja perut kita jadi cepat kenyang sehingga tidak perlu banyak mengkonsumsi makanan berkalori tinggi. Vitamin dan mineral yang banyak terkandung di dalam jambu biji juga merupakan sumber nutrisi yang sangat penting bagi tubuh.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

* sumber: pixabay.com

Jambu merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C tertinggi, bahkan jumlahnya dipercaya 4 kali lebih banyak dibandingkan jumlah vitamin C pada jeruk. Sudah tahu manfaat dari vitamin C ini?

Kadar vitamin C yang rendah dalam tubuh bisa membuat kita mudah terkena infeksi dan penyakit. Oleh karena itu, tubuh kita memerlukan asupan vitamin C yang cukup agar kekebalannya meningkat. Dan salah satu sumber terbaik vitamin C dari produk alami adalah jambu biji. Mudah lelah dan letih? Cobalah konsumsi jambu biji secara teratur.

5. Menurunkan Risiko Kanker

* sumber: pixabay.com

Menurut seorang praktisi kesehatan yang bernama Dr. Manoj K. Ahuja, lycopene, quercetin, vitamin C dan polifenol lainnya yang bertindak sebagai antioksidan kuat yang menetralkan radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh dipercaya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa buah jambu biji telah terbukti berhasil secara luas dalam mengurangi risiko kanker prostat dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker payudara karena kaya akan likopen. Jadi, buah jambu biji ini ternyata membawa manfaat yang sangat besar bagi yang mengkonsumsinya.

6. Bagus untuk Kulit

* sumber: pixabay.com

Selain bagus untuk kesehatan tubuh bagian dalam, buah jambu biji juga disebut-sebut bagus untuk kesehatan tubuh bagian luar, yaitu kulit. Alasannya adalah karena berbagai macam vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam jambu biji ternyata sangat baik untuk kulit kita.

Antioksidan jambu biji dapat melindungi kulit dari kerusakan, memperlambat proses penuaan, dan membantu mencegah keriput. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak daun jambu biji efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Oleh karena itu, jika kulit kita berjerawat, kita dapat mencoba treatment alami dengan daun jambu biji (langsung diaplikasikan pada kulit, kemungkinan perlu ditumbuk terlebih dahulu). Jambu biji juga dapat membantu kulit kita terlihat bercahaya dan segar. Berikut adalah tipsnya.

  • Buat scrub dari daging jambu biji dan kuning telur dengan cara ditumbuk.
  • Oleskan scrub pada wajah secara merata.
  • Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Treatment ini dapat dilakukan satu atau dua kali dalam seminggu. Scrub alami dari jambu biji dan kuning telur dapat menghilangkan sel-sel mati dari kulit dan mencerahkan warna kulit. Jambu biji juga merupakan sumber Vitamin K, yang membantu menghilangkan perubahan warna kulit, lingkaran hitam, kemerahan dan iritasi yang disebabkan oleh jerawat.

7. Meringankan Stress

* sumber: pixabay.com

Suka stress setelah seharian bekerja yang melelahkan? Coba saja makan jambu biji. Kandungan magnesium dalam jambu biji dapat membantu mengendurkan otot dan saraf tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah ini setelah melakukan aktivitas kerja yang menguras banyak energi mampu melawan stres dan memberi sistem tubuh dorongan energi yang baik.

8. Melawan Batuk dan Pilek

* sumber: www.publicdomainpictures.net

Kandungan vitamin C dan zat besi yang tinggi pada jambu biji terbukti bersifat preventif terhadap infeksi flu dan virus. Mengkonsumsi jus jambu biji mentah dan belum matang atau rebusan daun jambu biji sangat membantu meredakan gejala batuk dan pilek karena dapat menghilangkan lendir dan mensterilkan saluran pernapasan, tenggorokan, dan paru-paru.

Nah, itulah beberapa manfaat jambu biji yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Karena sangat kaya akan nutrisi dan mineral, jambu biji juga mungkin masih memiliki banyak manfaat lainnya yang belum disebutkan di sini. Bahkan daun jambu biji pun terbukti ampuh mengobati beberapa masalah kesehatan.

Jambu biji adalah buah yang lezat. Dagingnya terasa manis, kaya serat, dan tentu saja mudah didapat. Umumnya jambu biji memiliki dua varian utama, yaitu jambu biji merah dan jambu biji putih. Harga sekilo jambu biji bisa lebih murah dari sekilo buah jeruk. Meskipun demikian, manfaat jambu biji tak kalah bagus dari buah jeruk dan buah-buah populer lainnya.

Tertarik dengan jambu biji? Kamu bisa membeli buahnya secara langsung di pasar atau menanam pohonnya sendiri dengan mudah. Jika ingin mencoba menanam jambu biji di halaman rumah atau kebun, beli dulu bibitnya di marketplace pilihan kami, yaitu Bukalapak. Klik di sini untuk mendapatkan berbagai bibit jambu biji dengan mudah dan terjangkau.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar