Bacaterus / Jambu / 11 Manfaat Kesehatan Jambu Biji Merah yang Luar Biasa

11 Manfaat Kesehatan Jambu Biji Merah yang Luar Biasa

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Jambu biji merupakan buah yang rasanya manis dan lezat. Buah ini dibudidayakan di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia. Secara ilmiah, buah musiman ini dikenal dengan nama Guajava psidium dan memiliki bentuk bulat atau seperti pir.

Jambu biji memiliki kulit berwarna hijau muda, kuning atau marun ketika sudah matang. Dagingnya sendiri berwarna putih atau merah marun, tergantung jenisnya. Biji buah ini berukuran kecil dan keras serta diselimuti dengan daging buahnya yang lembut dan manis.

Jambu biji diyakini berasal di Meksiko atau Amerika Tengah. Sekarang buah ini sangat populer di negara-negara Asia dan juga banyak tersedia di negara-negara Amerika, terutama setelah manfaat kesehatannya terungkap.

Terdapat beberapa jenis jambu biji, di antaranya jambu apel, jambu stroberi, jambu biji ceri kuning juga jambu apel merah. Kebanyakan jambu biji dimakan mentah, bisa ketika sudah matang atau setengah matang. Selain itu, jambu biji juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus, selai, dan jeli.

Seperti yang telah disebutkan di atas, jambu biji memiliki beberapa warna daging, salah satunya yang berwarna merah. Nah, yang akan kita bahas manfaatnya sekarang ini adalah jenis jambu biji dengan daging berwarna merah. Apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

* sumber: www.needpix.com

Jambu biji memiliki banyak kandungan vitamin C. Bahkan, jumlah vitamin C yang terdapat dalam jambu biji merah lebih banyak daripada jeruk dalam ukuran yang sama.

Ratusan penelitian sudah menunjukkan bagaimana vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan patogen penyebab penyakit. Jadi, jika kamu terkena pilek atau batuk terus-menerus misalnya, kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, termasuk jambu biji.

Jangan khawatir akan kelebihan vitamin C dalam buah. Vitamin C larut dalam air dan kelebihannya tidak disimpan dalam tubuh, melainkan akan keluar melalui urin.

Penelitian lain juga menunjukkan temuan yang menyatakan bahwa vitamin C juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, sehingga dapat membantu mencegah datangnya penyakit serius seperti kanker, radang sendi, dan penyakit jantung.  Pastikan untuk mengkonsumsi buah jambu biji merah yang sudah matang karena kandungan vitamin C-nya lebih tinggi.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Menurunkan Risiko Kanker Payudara

* sumber: www.parents.com

Alasan mengapa jambu biji merah bermanfaat dalam pengobatan dan pencegahan kanker adalah karena kandungan likopen, quercetin, dan vitamin C dalam buah tersebut. Komponen-komponen inilah yang membantu menetralisir radikal bebas yang merusak tubuh, yang bisa menyebabkan kanker.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Nutrition and Cancer Journal pada tahun 2010, ekstrak jambu biji disebutkan bisa mengurangi ukuran tumor prostat. Sementara ekstrak jambu biji yang dikonsumsi secara teratur bisa menurunkan kemunculan kanker prostat pada pria.

Mengkonsumsi jambu biji secara teratur juga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker kulit, perut, payudara, paru-paru, mulut dan kanker usus besar.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan

Karena jambu biji merupakan sumber serat makanan yang sangat baik, buah ini dapat menjaga kesehatan pencernaan. Satu buah jambu biji dapat memberi 12% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) serat. Beberapa sumber mengatakan bahwa daun buah itu juga baik untuk pengobatan mual dan muntah.

4. Mengatur Kadar Gula Darah

kadar gula darah

Serat merupakan unsur penting untuk menurunkan kadar gula darah. Diabetes gestasional sering terjadi selama kehamilan terutama pada minggu ke-24. Mengkonsumsi jambu biji dapat mengontrol kadar gula darah sehingga dapat meminimalkan terjadinya diabetes gestasional. Kandungan serat dalam jambu biji memastikan kadar gula diatur.

5. Meningkatkan Penampilan Kulit

* sumber: pixabay.com

Jambu biji dapat membantu meningkatkan kembali cahaya dan kesegaran kulit. Caranya yaitu dengan menggunakan jambu biji sebagai lulur. Cukup tumbuk daging jambu biji dengan kuning telur kemudian oleskan di wajah. Setelah 20 menit bilas dengan air hangat.

Ketika menggunakannya sekali atau dua kali seminggu, lulur ini dapat menghilangkan sel-sel mati dari kulit dan menjadikan warna kulit lebih terang. Jambu biji juga adalah sumber vitamin K, yang dapat membantu menghilangkan perubahan warna kulit, kemerahan, lingkaran hitam dan iritasi karena jerawat.

6. Menghilangkan Diare dan Disentri

Sakit perut dan diare

* sumber: doktersehat.com

Jambu biji mempunyai sifat yang dianggap bisa membantu melawan beberapa gangguan pencernaan, seperti disentri dan diare. Baik mengunyah daunnya atau memakan buah mentahnya, kualitas astringent menambah zat pada usus besar yang kendur dan mengurangi gejala diare.

Astringent ini bersifat alkali dan memiliki sifat antibakteri dan disinfektan, sehingga zat ini membantu melawan disentri. Caranya yaitu dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan mengeluarkan lendir ekstra dari usus.

Selain itu, nutrisi lain seperti karotenoid, vitamin C, dan kalium dapat memperkuat sistem pencernaan dan di saat yang bersamaan mendisinfeksi sistem tersebut. Untuk alasan yang sama yang telah dijelaskan di atas, buah ini juga bermanfaat dalam kasus gastroenteritis.

7. Membantu Meringankan Batuk dan Pilek

obat batuk

Jambu biji merupakan salah satu buah yang sangat kaya vitamin C dan zat besi di antara buah-buahan yang lain. Keduanya merupakan nutrisi yang efektif untuk mencegah atau mengurangi masuk angin dan infeksi virus. Di beberapa wilayah di India, buah jambu biji yang matang dipanggang dan digunakan sebagai obat untuk penyakit pilek, batuk, dan kongesti yang parah.

Jambu biji mentah dan belum matang yang dijus atau daunnya yang direbus, dapat membantu meredakan batuk dan pilek dengan mengurangi lendir, mensterilkan saluran pernapasan, tenggorokan, dan paru-paru serta menghambat aktivitas mikroba dengan sifat astringentnya.

8. Meningkatkan Penglihatan

Mempertajam Penglihatan

* sumber: www.health.mil

Jambu biji juga memiliki tingkat kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A menjaga kornea tetap sehat dan jernih serta melindungi sel-sel di mata. Perlu diketahui kalau kekurangan vitamin A dapat menimbulkan masalah umum yang dikenal dengan nama rabun senja.

Selain vitamin A, kandungan vitamin C dalam jambu biji juga meningkatkan kapiler yang sehat dan mempertahankan berfungsinya sel-sel retina. Mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat membantu meningkatkan penglihatan.

Jambu biji juga dapat membantu memperlambat perkembangan katarak dan degenerasi makula yang merupakan dua masalah penglihatan umum yang terjadi seiring bertambahnya usia. Jadi, jangan lupa untuk mengkonsumsi jambu biji dalam menu diet.

9. Melindungi Hati

Baik untuk Kesehatan Hati

* sumber: www.drberg.com

Jika ingin menjaga jantung dan usus agar tetap sehat, jangan lupa untuk mengkonsumsi jambu biji karena jambu biji merupakan sumber makanan yang kaya serat.

Serat dapat menurunkan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Bahkan kadar kalium yang tinggi dalam jambu biji sangat membantu karena kalium menurunkan tekanan darah.

10. Mengatur Kesehatan Tiroid

Meningkatkan Fungsi Tiroid

Jambu biji merupakan sumber tembaga yang baik, yang penting bagi kesehatan tiroid. Tiroid merupakan salah satu kelenjar terpenting dalam tubuh yang berfungsi mengatur hormon dan fungsi sistem organ. Tembaga membantu mengontrol produksi dan penyerapan hormon, yang secara tidak langsung mengatur fungsi tiroid.

Jambu biji juga mempunyai kandungan kalium dan sifat anti-inflamasi yang kuat. Keduanya dapat membantu meningkatkan fungsi tiroid. Sebagai pencegahan untuk masalah terkait tiroid, mulailah mengonsumsi buah jambu biji atau minum teh daun jambu biji.

11. Membantu Penurunan Berat Badan

Mengontrol Berat Badan

* sumber: www.everydayhealth.com

Jika memiliki masalah dengan kelebihan berat badan dan ingin menguranginya, konsumsilah jambu biji. Tanpa mengurangi asupan vitamin, protein, dan serat, jambu biji dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengatur metabolisme.

Ini merupakan solusi yang menguntungkan. Jambu biji juga bisa menjadi camilan yang sangat mengenyangkan dan memuaskan nafsu makan dengan sangat mudah.

Jambu biji, khususnya jambu biji mentah, memiliki kandungan gula yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jeruk, apel, anggur juga buah-buahan lainnya. Jadi, kalau ingin berat badan turun, ganti camilan yang bisa merusak diet dengan jambu biji.

Itulah manfaat jambu biji merah untuk tubuh yang lebih sehat. Dapatkan juga informasi mengenai manfaat dan khasiat jambu biji kristal dan jambu air.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *