Bacaterus / Jahe / Sudah Tahu 10 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh Ini?

Sudah Tahu 10 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh Ini?

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Januari 2019

Jahe merupakan rempah berbentuk timpang yang mudah ditemukan di pasar tradisional untuk dijadikan bumbu masak, jamu, dan minuman kesehatan lainnya. Kandungan didalamnya baik untuk kesehatan tubuh yaitu berupa minyak Atsiri yang salah satu khasiatnya adalah memberi kehangatan pada tubuh saat cuaca dingin atau saat sedang sakit.

Jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu sebagai anti inflamasi, detoksifikasi dan baik untuk kesehatan pencernaan. Jahe memiliki varietas seperti:

  • Jahe Gajah

Disebut jahe gajah karena bentuk rimpangnya yang besar. Rasa yang dihasilkan tidak terlalu pedas layaknya jahe jenis lain. Daging jahe berwarna kuning hingga putih.

  • Jahe Kuning

Jahe kuning merupakan jenis jahe yang lebih sering dijadikan bumbu masakan. Hasil masakan yang diberi bumbu jahe akan memberikan aroma dan rasa yang cukup tajam. Ukuran rimpangnya lebih kecil dibanding jahe gajah dan memiliki warna kuning.

  • Jahe Merah

Jahe jenis ini menyimpan kandungan minyak atsiri paling banyak dibanding jenis lain, karena rasanya yang pedas dari jahe merah banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu dan obat. Rimpang berukuran paling kecil dengan balutan kulit berwarna merah serta menyimpan serat yang lebih banyak dibanding jahe gajah maupun jahe kuning.

10 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Dengan menambahkan minuman jahe panas untuk diet, akan membuat rasa kenyang lebih lama, mengontrol nafsu makan, dapat meningkatkan efek thermal tubuh, memperkuat fungsi metabolisme, sebagai detoksifikasi dan meningkatkan proses pembakaran lemak. Efek thermal adalah, kemampuan tubuh untuk membakar lemak dan mengolahnya menjadi energi.

Efek thermal ini penting, karena semakin banyak energi yang digunakan untuk memproses makanan, maka akan semakin banyak kalori yang terbakar. Dengan mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan efek thermal, Anda sama saja dengan melakukan olahraga selama dua jam.

2. Mengatasi Mual dan Muntah

Mengatasi Mual dan Muntah

Dengan minum wedang jahe hangat sebelum bepergian jauh dapat mencegah mual dan muntah selama perjalanan. Para ibu hamil terkadang mengalami mual pagi atau istilah populernya morning sickness. Untuk mengurangi rasa mual tersebut Anda bisa minum wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual sesuai dosis yang dianjurkan untuk jangka waktu yang singkat.

Jahe merah pun dapat mengurangi keparahan dan lamanya waktu mual pada pasien kanker setelah kemoterapi. Wedang jahe merah juga bisa dijadikan pertolongan pertama bagi Anda yang mengalami demam karena masuk angin. Ambil jahe merah seukuran ibu jari, dimemarkan.

Rebus dengan menggunakan 2 gelas air dan beri sedikit gula aren. Didihkan sekitar 1/4 jam lalu saring. Minum ramuan ini dalam keadaan hangat. Atau ambil jahe merah seukuran ibu jari, cuci lalu memarkan kemudian seduh dengan segelas air. Beri sedikit asam jawa dan gula batu. Aduk dan saring, kemudian minum ramuan ini sekaligus.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan Pencernaan

Gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan seperti kram dan rasa sakit yang timbul menjelang haid dapat ditepis dengan minum air jahe secara rutin. Jahe merah juga bisa mengatasi keracunan makanan, sembelit, mengatasi perut kembung, sebagai obat pencahar dan menyehatkan perut.

Untuk mengatasi masalah pencernaan seperti susah buang air besar, jahe merah dapat membantu melancarkan buang air besar. Jahe merah mengandung senyawa yang bisa menghangatkan perut sehingga bisa meredakan sakit pencernaan. Anda bisa menggunakan jahe merah yang sudah diparut kemudian ditempelkan pada bagian perut.

Atau Anda bisa mengambil rimpang jahe ukuran seibu jari di cuci dan diiris-iris, kemudian rebus dengan segelas air. Tunggu sampai agak dingin. Minum air rebusan tadi sekaligus. Secara perlahan jahe merah akan membuat efek hangat untuk perut dan menghilangkan semua keluhan pada perut.

4. Mengobati Alergi dan Gatal

Gejala umum yang disebabkan oleh alergi adalah gatal-gatal, ruam, hidung meler, mengi, bersin, dan gatal pada mata. Alergi jangan dibiarkan dan harus segera diobati karena jika tidak bisa berpotensi memicu kondisi serius yang disebut anafilaksis yaitu akan mengalami kesulitan menelan, sesak napas, pusing, dan peradangan pada bibir, lidah, tenggorokan, serta saluran pencernaan.

Bahkan terkadang anafilaksis dapat menyebabkan hilangnya kesadaran. Jahe adalah merupakan antihistamin dan dekongestan alami. Setengah sendok teh jahe bubuk  bisa dilarutkan kedalam teh lalu tambahkan madu untuk mengobati dan mencegah alergi. Ambil jahe seukuran ibu jari diparut dan diperas. Parut juga sebuah lobak. Campurkan parutan lobak dengan air perasan jahe dan tambahkan sedikit air hangat.

Tempelkan pada bagian yang terkena eksim atau alergi. Jahe merah juga bisa untuk mengobati panu. Caranya tumbuk 2 ruas jahe dengan segenggam daun turi yang sudah dicuci terlebih dahulu. Balurkan ramuan tersebut pada kulit yang berpanu. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk gatal karena gigitan serangga Anda bisa mencuci jahe kemudian usapkan pada bagian yang gatal.

5. Menjaga Kondisi Jantung

Jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah. Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Tubuh yang menyimpan banyak kolesterol atau lemak dalam darah dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Jahe dapat menurunkan kadar kolesterol, serta membantu mencegah pembekuan darah yang akan mengurangi risiko penyakit jajantung. Kalium yang tinggi dalam jahe sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, mengurangi resiko darah tinggi, stroke dan infeksi saluran kemih.

6. Mengobati Sakit Kepala Ringan

sakit kepala

Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat meringankan sakit kepala akibat migrain, karena kemampuannya untuk menghentikan prostaglandin (penyebab rasa sakit dan peradangan pada pembuluh darah). Dalam kasus sakit kepala ringan, buat pasta encer yang dibuat dari bubuk jahe. Ambil sekitar setengah sendok teh bubuk jahe lalu tambahkan air dan terapkan pada dahi.

Sifat anti–inflamasi jahe bisa didapat dengan cara minum teh jahe hangat, yaitu untuk memblokir rasa sakit dan pusing serta perasaan mual saat terjadi serangan sakit kepala ringan. Ambil jahe seukuran ibu jari dicuci, dibakar, lalu dimemarkan. Seduh dengan segelas air dan beri sedikit gula aren. Minum airnya sekaligus.

7. Mencegah Kanker

Jahe memiliki senyawa yang berefek anti-angiogenik yang kuat sehingga efektif dalam mencegah dan mengobati kanker. Seperti kanker ovarium, kanker prostat dan kanker kolorektal (usus besar). Jahe tidak beracun, tidak menyebabkan efek samping, dan tidak dapat memicu resistensi obat. Sehingga lebih efektif dari terapi kemoterapi konvensional. Kandungan didalam jahe juga tidak akan mempengaruhi sel-sel yang sehat.

8. Mengobati Penyakit Rematik, Nyeri Punggung dan Nyeri Pinggang

backpain

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa ekstrak jahe dapat mengurangi produksi beberapa zat kimia seperti leukotrien yang menyebabkan peradangan sendi. Caranya dengan membakar dua rimpang jahe di atas api panas atau bara. Setelah itu tumbuk sampai halus, terakhir Anda aplikasikan pada bagian tubuh yang terkena rematik, nyeri punggung atau nyeri pinggang. Lakukan secara rutin sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Supaya tubuh menjadi kebal dari serangan penyakit, caranya dengan meningkatkan sistem dalam tubuh yang sering disebut imun atau imunitas. Jika antiobodi (imun) dalam tubuh kuat, maka bakteri yang mungkin menyerang dapat ditangkal. Untuk menambah sistem ketahanan tubuh Anda bisa minum wedang jahe secara teratur, manfaat jahe yang satu ini terbantu dengan sifat sebagai antioksidan.

10. Meredakan Flu dan Batuk

Flu

Jahe Merah mampu meredakan radang tenggorokan dan lendir yang tertahan saat flu dan batuk menyerang. Untuk mengonsumsinya cukup campurkan 5 gram bubuk jahe merah, lalu tambahkan sedikit gula Aren dan seduh dengan air panas.

Kemampuan jahe untuk melakukan berbagai tindakan medis secara alami tadi tentu tidak lepas dari peran zat yang terkandung di dalamnya. Semakin banyak kandungan gizi dalam tanaman rimpang ini, tentu semakin banyak pula manfaat jahe untuk manusia. Demikian manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar