Bacaterus / Kesehatan / 10 Manfaat Jadi Vegetarian, Hidup Sehat dengan Sayuran

10 Manfaat Jadi Vegetarian, Hidup Sehat dengan Sayuran

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 November 2018

Vegetarian adalah sebutan atau istilah bagi orang-orang yang hanya mengonsumsi tumbuh-tumbuhan dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan. Namun, mereka masih mungkin mengkonsumsi makanan olahan yang dihasilkan dari hewan, misalnya adalah keju. Menjadi vegetarian adalah salah satu pilihan hidup yang menyehatkan bagi tubuh manusia.

Penggunaan istilah vegetarian ternyata sudah ada sejak tahun 1838 di mana istilah ini berasal dari bahasa latin yaitu ‘vegetus’ yang berarti sehat dan segar. Awal mula kemunculannya yaitu di sebuah tempat belajar di kota London yang menerbitkan sebuah pamflet-pamflet mereka sendiri yang memiliki judul “The Healthian”. Hal itulah yang diperkirakan asal mula dari sebutan”vegetarian”

Vegetarian terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu Semi-vegetarian, Lacto-ovo-vegetarian, Lacto-vegetarian, Ovovegetarian, Pesco-vegetarian, dan Vegan. Banyak orang di seluruh dunia yang menjadi salah satu dari jenis vegetarian karena vegetarian sendiri memiliki manfaat yang sangat banyak. Kira-kira apa saja sih manfaat menjadi seorang vegetarian? Simak pembahasannya di bawah ini.

10 Manfaat Jadi Vegetarian

1. Lebih Sehat

* sumber: www.keluargaharmonis.net

Sayuran sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari karena mengandung banyak vitamin dan mineral serta serat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Vitamin dan mineral yang terkandung pada sayuran di antaranya vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, kalium, dan juga fosfor. Kandungan-kandungan ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi kita.

Karena sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi kehidupan manusia, maka seorang vegetarian memiliki potensi besar untuk menjadi orang yang lebih sehat daripada seorang non-vegetarian karena seorang vegetarian selalu mengonsumsi sayuran yang menyehatkan setiap harinya.

2. Panjang Umur

* sumber: duniafitnes.com

Seperti yang telah dikatakan bahwasannya sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral di dalamnya yang berguna bagi kesehatan, maka dengan mengonsumsi sayuran berpotensi menyehatkan dan memiliki peluang besar untuk berumur panjang. Hal ini pernah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Josh Hopskin University pada masyarakat Okinawa di Jepang yang terkenal karena memiliki usia rata-rata harapan hidup di dunia hingga kurang lebih 82 tahun.

Hasil penelitian mengatakan bahwa ternyata rahasia umur panjang salah satunya terletak pada apa yang kita konsumsi. Hasil penelitian membuktikan orang Okinawa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan gizi berupa karbohidrat kompleks serta rendah lemak seperti sayuran.

3. Awet Muda

* sumber: m.vemale.com

Menjadi vegetarian ternyata bisa menjadikan seseorang terlihat lebih awet muda lho. Hal ini dikarenakan beberapa makanan yang dikonsumsi mengandung beta-karoten seperti misalnya wortel yang memiliki manfaat mencegah penuaan. Selain wortel, tomat juga bermanfaat agar terlihat awet muda karena kandungan lycopenenya yang berfungsi mencerahkan kulit agar terlihat lebih sehat dan terawat.

Makanan lainnya adalah bayam. Bayam mengandung banyak vitamin dan mineral yang berfungsi menjaga sel-sel baru dan menjaga kesehatan serta kecerahan pada mata. Tak heran seorang vegetarian selalu terlihat lebih muda dan bugar karena selalu mengkonsumsi makanan yang memiiki manfaat yang baik untuk mencegah penuaan.

4. Terhindar dari Penyakit Jantung

Menjaga kesehatan jantung

* sumber: m.kaskus.co.id

Sebuah penelitian membandingkan risiko penyakit antara seorang vegetarian dan seorang pemakan daging. Ternyata, seorang vegetarian lebih berpotensi terhindar dari penyakit jantung karena mengonsumsi sayuran dengan teratur dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat dalam tubuh, lho.

Pola makanan yang berbasis nabati, seperti sayuran, juga bisa menstabilkan kadar gula dalam tubuh dan tekanan darah agar lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Makanan yang dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung di antaranya adalah biji-bijian, dan kacang-kacangan.

5. Menurunkan Berat Badan

* sumber: www.jlfitnutrition.com

Makanan berbasis nabati, seperti sayur, mengandung lebih sedikit kalori jika dibandingkan dengan makanan berbasis hewani seperti daging. Maka dari itu, dengan mengonsumsi makanan nabati dapat menurunkan berat badan.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan seorang ahli gizi asal Amerika yang berpendapat bahwa diet vegan atau diet dengan cara menjadi vegetarian adalah solusi tepat untuk menurunkan dan menjaga berat badan.

Selain itu, asupan serat tinggi dari buah dan sayuran menyebabkan seseorang lebih cepat merasa kenyang sehingga meminimalisir rasa ingin terus menerus makan. Diet vegan yang tinggi serat dan kaya akan gizi sangatlah bermanfaat karena bisa juga menurunkan risiko diabetes. Ingin tahu makanan yang bagus untuk diet? Cari tahu selengkapnya di artikel 10 Makanan untuk Diet ini, ya!

6. Menurunkan Risiko kanker

* sumber: www.alinea.id

Sayuran dan buah-buahan memiliki banyak kandungan gizi yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai macam risiko kanker. Salah satu kandungan gizi yang terkandung pada sayuran dan buah-buahan yaitu fitokimia kompleks yang memiliki manfaat sebagai pencegah kanker dengan cara melawan radikal bebas penyebab pembentukan sel-sel kanker dalam tubuh.

Penelitian juga menyebutkan bahwa wanita vegetarian yang telah memasuki masa menopause atau pemberhentian dalam menstruasi akan berkurang dari risiko kanker endometrium dan kanker payudara.

7. Terhindar dari Racun Hewani

* sumber: sayaajarkan.com

Manfaat selanjutnya yaitu para vegetarian akan terhindar dari berbagai racun yang terdapat pada hewan. Daging hewan ternyata dapat memproduksi steroid dan hormon stress yang kemudian dilepas pada aliran darahnya. Ketika dikonsumsi, ini akan berubah menjadi racun yang dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh manusia.

Selain itu, hewan juga biasanya disuntik hormon agar daging yang dihasilkan semakin banyak. Hormon tersebut bisa membentuk penyakit saat dikonsumsi manusia. Karena vegetarian tidak memakan makanan yang berbasis hewani seperti daging, maka para vegetarian lebih terhindar dari berbagai jenis racun hewani.

8. Mengurangi Konsumsi Junk Food

* sumber: softstopjunkfood1.blogspot.com

Makanan siap saji dapat digolongkan sebagai junk food (makanan rendah gizi) karena sangat berbahaya bagi kesehatan. Junk food biasanya memiliki kadar gula yang tinggi, kandungan Oxycholesterol yang menimbulkan penyakit jantung, pewarna yang menyebabkan asma dan masih banyak lagi dampak negatif dari junk food bagi kesehatan.

Hal ini bertolak belakang bagi para vegetarian yang mengonsumsi sayuran tinggi akan gizi sehingga mereka akan terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkan dari mengonsumsi junk food.

9. Penghapusan Racun

Pisahkan Sayuran dengan Buah-buahan

Mengeluarkan racun dalam tubuh adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghapus dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh atau yang biasa disebut detoksifikasi salah satunya yaitu makan dan minum yang sehat seperti mengkonsumsi sayuran.

Ada beberapa jenis sayuran yang ampuh dalam detoksifikasi misalnya adalah bayam dan kubis yang mengandung vitamin A dan E yang tinggi. Selain sayuran, mengkonsumsi buah-buahan pun dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Buah yang biasa digunakan adalah  buah pir dan pisang.

10. Peningkatan Energi

Penambah Energi

* sumber: cekqq.info

Makanan merupakan salah satu sumber energi utama manusia. Maka dari itu, memilah makanan yang sehat dan bergizi merupakan hal yang harus diperhatikan. Makanan peningkat energi adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti sayuran dan buah-buahan.

Semakin segar sayuran yang dikonsumsi, maka semakin tinggi kandungan nutrisi yang didapat oleh tubuh dari sayuran tersebut. Makanan yang bernutrisi tinggi sangat penting untuk mengembalikan serta meningkatkan energi tubuh yang terbuang karena beraktifitas. Maka dari itu, selalu konsumsi sayuran dan buah-buahan agar energi kita terus meningkat dan stabil.

Wah, ternyata menjadi seorang vegetarian sangatlah menyenangkan karena banyak sekali manfaat yang didapat oleh seorang vegetarian. Bagaimana, Apakah kamu juga tertarik untuk menjadi seorang vegetarian?

Semoga informasi di atas mengenai manfaat menjadi vegetarian dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah wawasan serta pengetahuan dan dapat menerapkan pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari-hari. Memang awalnya sulit menjadi vegetarian, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan, makanya cari tahu tips menjadi vegetarian di artikel 10 Tips untuk Menjadi Vegetarian ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya adalah seorang pelajar yang masih duduk di bangku SMK Negeri di Cianjur. Cita-cita utama saya adalah ingin membahagiakan orang tua,menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang, serta menjadi manusia yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik. Sementara cita-cita untuk karir saya sangatlah banyak. Bisa dibilang saya ingin menggeluti berbagai macam profesi seperti menjadi pengusaha, photografer, jurnalis, content creator, dan masih banyak lagi karena saya menyukai hal-hal yang baru. Hobi saya adalah travelling dan memotret.

Leave A Comment