Bacaterus / Ikan Tuna / Inilah 10 Manfaat Ikan Tuna yang Baik untuk Kesehatan

Inilah 10 Manfaat Ikan Tuna yang Baik untuk Kesehatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2019

Sudah menjadi rahasia umum jika ikan tuna adalah jenis ikan yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Ya, ikan tuna bisa dimakan mentah menjadi sashimi ala Jepang, dijadikan topping pizza ala Italia, sampai dengan menjadi lauk untuk nasi goreng atau nasi bakar. Kelezatan ikan tuna memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Namun, tahukah Anda bahwa ikan yang sejenis dengan ikan tongkol ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan? Bila Anda belum mengetahuinya, simak ulasan seputar manfaat ikan tuna berikut ini. Bacaterus sudah merangkumnya secara lengkap khusus untuk Anda.

10 Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan

1. Sumber protein yang baik

Manfaat Ikan Tuna

Jika Anda sedang melakukan diet sehat, maka Anda tidak bisa memperoleh sumber protein dari daging merah atau sejumlah makanan berlemak lainnya. Nah, manfaat ikan tuna yang paling terkenal dan paling banyak dimanfaatkan oleh pelaku diet adalah sebagai sumber protein.

Ikan tuna adalah makanan tinggi protein yang dapat menjaga otot-otot tubuh agar tetap kuat. Oleh karena itu, banyak pria maupun wanita yang ingin membentuk otot tubuh mengonsumsi ikan tuna. Boleh dibilang bahwa ikan tuna adalah sumber protein hewani terbaik selain ikan salmon.

2. Menurunkan hipertensi

Tuna Sashimi

Punya tekanan darah tinggi? Kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Yuk, makan ikan tuna untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan tuna ternyata dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah normal, konsumsi ikan tuna juga dapat menstabilkan tekanan darah, lho. Namun, hindari penggunaan garam terlalu banyak saat mengolah ikan tuna agar tekanan darah Anda bisa turun secara cepat.

3. Mencegah obesitas

Mencegah obesitas

Setiap orang tentu ingin memiliki berat badan yang ideal. Namun, gaya hidup yang tidak sehat serta kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji bisa membuat berat badan melebihi batas normal. Kondisi tersebut dikenal dengan nama obesitas. Konsumsi ikan tuna ternyata dapat mencegah obesitas.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Kandungan omega-3 di dalam ikan tuna dapat merangsang produksi hormon leptin, hormon yang mengatur metabolisme tubuh sehingga dapat mengatur kestabilan berat badan. Ikan tuna adalah makanan lemak baik dan kalori yang rendah, sehingga makanan ini cocok sekali dimasukkan dalam menu makanan diet Anda sehari-hari.

4. Menurunkan kadar trigliserida

Menurunkan kadar trigliserida

* sumber: trigliserida.azkaherbal.com

Trigiliserida yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan sejumlah penyakit lainnya. Kadar trigiliserida di dalam darah menunjukkan jumlah lemak yang akan diproses. Tentu saja hal ini dapat mengakibatkan sejumlah penyakit kardiovaskular.

Bila Anda ingin terhindari dari risiko penyakit mematikan tersebut, mulailah mengonsumsi dua porsi ikan tuna setiap minggu. Ya, manfaat ikan tuna adalah menurunkan trigliserida. Tak hanya menurunkan trigliserida saja, tuna juga dapat mengurangi kadar kolesterol buruk (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

5. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Mencegah penyakit jantung dan stroke

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, makan ikan tuna dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Ikan tuna memiliki kemampuan untuk meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL).

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ikan tuna sebanyak 1-4 porsi setiap minggu memiliki risiko stroke iskemik 27 persen lebih rendah bila dibandingkan dengan orang yang tidak makan ikan tuna sama sekali. Ini tentu saja merupakan kabar baik bagi kita semua karena ada makanan hewani yang boleh dikonsumsi tanpa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Membersihkan pembuluh darah arteri dan vena

Membersihkan pembuluh darah arteri dan vena

* sumber: www.deherba.com

Tahukah Anda bahwa makanan yang kita konsumsi sehari-hari dapat mempengaruhi kualitas darah? Nah, setiap saat pembuluh darah seperti terowongan yang dilalui darah untuk bisa mencapai ke seluruh organ tubuh. Pembuluh darah sangat mudah kotor dan mengalami kerusakan.

Asam lemak omega-3 yang terdapat di dalam tuna bisa membersihkan plak lemak dan akumulasi kotoran yang menumpuk di dalam pembuluh darah. Seperti yang kita ketahui, penyumbatan pembuluh darah arteri dan vena dapat berimbas pada penyakit jantung dan stroke. Jadi, tak ada salahnya bila sesekali Anda mengonsumsi tuna untuk membersihkan pembuluh darah.

7. Berperan sebagai anti-radang

obat tradisional radang tenggorokan

Selama ini, untuk menyembuhkan peradangan Anda dapat mengonsumi obat anti-inflamasi. Akan tetapi, konsumsi obat anti-inflamasi dalam jangka panjang dapat menyebabkan tukak lambung (GERD). Untuk menghindari risiko tukak lambung, sebaiknya beralihlah ke makanan yang dapat berperan sebagai anti-infamasi, misalnya seperti ikan tuna.

Ikan tuna dapat meredakan peradangan tanpa disertai dengan efek samping yang mengkhawatirkan. Baik radang kulit, radang gigi, dan radang gusi dapat diredakan dengan mengonsumsi ikan tuna.

8. Meredakan stres dan depresi

Mengatasi stres

Manfaat ikan tuna yang satu ini cukup mengejutkan. Tidak ada yang menyangka bahwa stres dan depresi bisa diredakan dengan makanan. Ya, ikan tuna ternyata dapat meredakan stres dan depresi yang mungkin Anda sendiri sudah tidak tahu lagi bagaimana cara untuk mengatasinya.

Kandungan DHA, EPA, dan Vitamin C pada ikan tunai diklaim dapat menyegarkan otak. Selain itu, tuna juga merupakan makanan yang rendah kolesterol, sehingga cukup aman dimakan dengan porsi yang agak banyak. Namun, usaha mengonsumsi ikan tuna untuk meredakan stres dan depresi ini juga harus diimbangi dengan kemauan diri sendiri untuk bisa menekan stres yang dirasakan.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bagaimana bisa makanan laut seperti ikan tuna dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar Anda tidak mudah sakit? Tentu saja bisa karena beberapa suplemen daya tahan tubuh justru memanfaatkan minyak ikan untuk meningkatkan imunitas.

Dengan kata lain, konsumsi ikan tuna secara teratur dengan porsi yang cukup juga dapat memberi asupan asam lemak omega-3 yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan imunitas. Akan tetapi, tentu saja usaha ini dibarengi dengan menganut gaya hidup yang lebih sehat dan mengurangi makanan berlemak dan berkalori tinggi.

10. Menjaga kesehatan mata

istirahatkan mata

Bagi Anda yang memiliki profesi yang menuntut Anda untuk melihat layar komputer setiap hari, Anda harus mulai memperhatikan kesehatan mata Anda. Ikan tuna adalah makanan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki mata sehat untuk jangka waktu yang lemak.

Asam lemak omega-3 yang terdapat di dalam tuna dapat menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu saja, asam lemak omega-3 juga diklaim dapat mengurangi sejumlah gangguan pada mata, seperti mata kering atau berkurangnya kualitas penglihatan seiring bertambahnya usia.

Untuk memperoleh semua manfaat ikan tuna di atas, Anda harus mulai mempertimbangkan untuk mengonsumsi ikan tuna. Namun, perlu Anda ketahui bahwa segala sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Makanlah tuna dengan porsi secukupnya, jangan terlalu berlebihan.

Imbangi juga dengan olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Bila ingin mencari rekomendasi suplemen omega-3 yang bagus, Anda dapat membaca artikel berikut ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar