Bacaterus / Ikan / Suka Makan Ikan? Ini Manfaat Ikan Bawal Untuk Kesehatan

Suka Makan Ikan? Ini Manfaat Ikan Bawal Untuk Kesehatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Januari 2020

Sebagai manusia, kita membutuhkan asupan makanan. Nutrisi di dalam makanan itu yang membuat badan kita sehat dan bisa beraktivitas. Sumber makanan bagi manusia bisa berasal dari tumbuh-tumbuhan, bisa juga berasal dari hewan. Masing-masing bukan hanya membuat kenyang tapi juga mempunyai manfaat berbeda.

Salah satu makanan yang digemari banyak orang adalah ikan. Bahkan mungkin kamu pernah mendengar slogan yang bilang kalau kita harus makan ikan supaya pintar. Memang ada jenis ikan yang tergolong mahal, tapi banyak juga jenis ikan yang terjangkau.

Ikan bawal

Salah satunya adalah ikan bawal. Banyak orang yang membudidayakan ikan bawal karena masyarakat senang mengonsumsinya. Ikan bawal bisa dibuat menjadi berbagai resep makanan, seperti ikan bawal bakar, ikan bawal goreng asam manis, ikan bawal crispy atau dijadikan gulai ikan bawal.

Bukan hanya enak tapi ikan bawal sebagai sumber protein hewani punya banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Yuk, kita bahas lebih lanjut.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Ikan memiliki kandungan protein hewani baik yang bisa berguna dalam mendukung pertumbuhan di segala usia. Baik ikan laut maupun ikan tawar mempunyai kandungan yang sama-sama bisa meningkatkan kecerdasan otak. Ikan bawal yang hidup di air tawar menjadi salah satunya. Kandungan omega-3 lah yang membuat kecerdasan otak meningkat.

Selain kandungan omega-3, ikan bawal juga mempunyai kandungan protein dan vitamin yang membantu kecerdasan otak. Orang Jepang dianggap mempunyai kecerdasan di atas rata-rata karena mereka gemar menyantap ikan. Namun cara memasak ikannya perlu diperhatikan juga, salah-salah malah bisa membuat zat yang kontraproduktif pada tubuh.

Mencegah Penyakit Kolesterol

Mencegah Penyakit Kolesterol

Penyakit kolesterol merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup. Tingkat kolesterol dalam darah melewati kadar normal dan akhirnya mempengaruhi kesehatan. Kolesterol sebetulnya dibutuhkan oleh tubuh tapi kalau jumlahnya berlebihan maka bisa mengendap dan menyebabkan aliran darah terhambat.

Ikan bawal mempunyai kandungan lemak tak jenuh, minyak ikan dan kolesterol yang bersifat baik. Kandungan itu dapat menghambat lemak jahat dalam tubuh sehingga jumlah kadar kolesterol dalam tubuh tetap terjaga.

Menstabilkan Tekanan Darah

Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah merupakan ukuran kekuatan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Naik dan turunnya tekanan darah bergantung pada gaya hidup kita. Indikatornya adalah aktivitas fisik, kondisi emosional dan makanan yang kita konsumsi.

Kesalahan menjalani gaya hidup bisa memicu darah tinggi atau hipertensi dan juga darah rendah atau hipotensi. Ikan bawal mempunyai kandungan zat besi yang membuat tekanan darah dalam keadaan yang stabil.

Kurangnya zat besi dapat mengakibatkan anemia. Ketika anemia terjadi akan berpengaruh pada tekanan darah yang ujungnya jantung nggak bisa memompa darah dengan baik. Selain zat besi, ikan bawal juga mengandung omega-3 yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Mengurangi Risiko Stroke

Mengurangi Risiko Stroke

Stroke terjadi karena pasokan darah yang menuju otak terganggu sehingga jaringan otak kekurangan oksigen dan nutrisi. Stoke bisa muncul karena gaya hidup yang nggak sehat seperti berat badan yang berlebihan, tubuh yang kurang aktif bergerak, konsumsi alkohol berlebihan dan konsumsi obat-obatan terlarang.

Stoke merupakan penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otak. Untuk mengurangi risiko stroke maka kita bisa mengonsumsi ikan bawal. Semakin banyak mengonsumsi ikan maka risiko terkena stroke pun akan semakin menurun.

Omega-3 yang terkandung dalam ikan bawal bersama vitamin D dan selenium menjadi kandungan yang bisa menurunkan risiko terkena stroke. American Heart Association menyarankan agar kita makan ikan minimal dua kali dalam seminggu.

Mencegah Peradangan Otak

Mencegah Peradangan Otak

Peradangan otak terjadi karena adanya peradangan pada jaringan otak yang dapat mengganggu fungsi saraf. Radang otak bisa terjadi akibat infeksi virus, bakteri atau jamur. Peradangan otak sering terjadi pada anak-anak dan lansia karena sistem kekebalan tubuh mereka yang lemah. Penyakit ini merupakan penyakit serius yang dapat mengancam nyawa.

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan bawal sangat berpengaruh dalam mengembangkan struktur otak sehingga dapat mencegah peradangan otak. Omega-3 yang sangat penting itu nggak bisa diproduksi dengan sendiri oleh tubuh. Jadi harus didapat dengan makanan dan suplemen. Ikan bawal adalah salah satu yang memilikinya.

Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini

Siapa yang rela kalau kulit tubuhnya mengalami penuaan dini? Kondisi itu akan membuat kita terlihat lebih tua daripada usia yang sebenarnya. Beberapa penyebab penuaan dini adalah gaya hidup nggak sehat seperti terpapar sinar matahari secara langsung, merokok, konsumsi alkohol berlebihan dan kurang tidur.

Ikan bawal mempunyai kandungan vitamin A, B1 dan E yang dapat mencegah penuaan dini. Vitamin A mengandung kandungan antioksidan, vitamin B dapat meningkatkan kelembaban pada kulit sementara vitamin E dapat membantu memperbaiki kulit yang kering. Jadi untuk mencegah penuaan dini kita punya resep yang lengkap, yaitu krim dan memakan ikan bawal secara teratur.

Mencegah Diabetes

Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang timbul ketika kadar gula darah meningkat melebihi batas normal. Diabetes muncul karena faktor biologis, berat badan berlebih (obesitas) dan jarang berolahraga. Dari penelitian tahun 2018, penderita diabetes di Indonesia bisa mencapai angka 30 juta di tahun 2020 dikarenakan pola hidup. Mengerikan bukan?

Untuk mencegah diabetes bisa dilakukan dengan makan ikan bawal. Ikan bawal memliki lemak sehat yang bersifat baik sehingga dapat menjaga kadar gula dalam darah. Selain itu kandungan omega-3 pada ikan bawal yang mempunyai manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan yang bisa menggantikan fungsi suplemen.

Mencegah Osteoporosis

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang terjadi pada tulang karena menurunnya kepadatan tulang. Penyebab utamanya adalah pertambahan usia. Ketika usia masih muda, proses regenerasi tulang berlangsung relatif lebih cepat. Dengan bertambahnya usia, proses regenerasi itu akan semakin melambat dan mengakibatkan tulang melemah dan rentan menjadi retak.

Ikan bawal mempunyai kandungan kalsium dan fosfor. Keduanya mempunyai peran penting dalam membentuk tulang. Dengan tulang yang kuat maka risiko terkena osteoporosis akan menurun. Selain olahraga dan memakan suplemen, kita bisa mencegah osteoporosis dengan mengonsumsi ikan bawal.

Program Diet

Program Diet

Siapa yang nggak mau memiliki tubuh sehat dan penampilan menarik dengan tubuh proporsional? Sekarang ini untuk mendapatkan tubuh proporsional orang-orang giat melakukan olahraga, tapi olahraga saja nggak cukup. Kalau nggak didukung dengan pola hidup yang tepat maka pembentukan tubuh akan terhambat.

Untuk mengimbangi olahraga, orang-orang akan melakukan diet untuk mengatur kalori yang masuk dan keluar dalam tubuh. Bagi yang ingin menjaga berat tubuh dengan melakukan diet maka bisa melakukannya dengan mengonsumsi ikan bawal. Kandungan kalori yang tinggi dalam ikan bawal bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang sedang diet.

Apakah manfaat ikan bawal yang tertulis di atas sudah cukup membuatmu tertarik untuk mencoba ikan bawal? Atau mungkin kamu sudah rutin makan ikan bawal? Ikan bawal bisa dimasak dengan cara yang beragam.

Kalau mau beli pun biasanya nggak sulit untuk ditemukan. Punya resep sendiri? Atau mungkin informasi lain seputar manfaat ikan bawal? Yuk bagikan di kolom komentar!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *