Bacaterus / Es Krim / 10 Manfaat Menakjubkan yang Bisa Diperoleh dari Es Krim

10 Manfaat Menakjubkan yang Bisa Diperoleh dari Es Krim

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 September 2019

Siapa sih yang tak kenal es krim? Makanan yang memiliki tekstur lembut dan rasanya yang manis ini menjadi salah satu makanan yang paling disukai orang di seluruh dunia. Es krim sendiri merupakan makanan yang awalnya berbentuk cairan kemudian dibekukan menjadi makanan padat dengan tekstur yang smooth.

Es krim bisa kita temukan hampir di seluruh penjuru dunia dengan beragam variasi berbeda entah itu soal rasa, warna, bentuk, ukuran, hingga harganya yang juga variatif. Es krim sendiri terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tempatnya mulai dari es krim cone hingga es krim bucket yang tentu saja semuanya merupakan jenis es krim dengan cita rasa yang lezat lagi menyegarkan.

Selain manis yang lezat dan menyegarkan, ternyata es krim juga berdampak baik terhadap tubuh, lho! Ya, mengonsumsi es krim dalam takaran yang pas dan tidak berlebihan dapat bermanfaat bagi kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dari mengonsumsi es krim? Bacaterus bakal memberikan informasinya untuk kalian, nih!

1. Memperbaiki Mood

Memperbaiki Mood

* sumber: newsthump.com

Tekanan pekerjaan hingga faktor pikiran sering kali membuat suasana hati kita menjadi lebih takut dan gelisah sehingga timbullah rasa stres dan depresi pada diri kita. Tentu saja semua orang tak ingin mengalami hal tersebut karena berdampak buruk pada hal yang lainnya seperti sulit tidur dan berkurangnya nafsu makan.

Jika gejala tersebut sudah mulai kamu rasakan, maka cara yang tepat untuk memperbaikinya adalah dengan mengonsumsi es krim. Es krim mengandung Thrombonin, yaitu suatu hormon yang merangsang kebahagiaan sehingga dinilai dapat mengurangi serta meredakan stres dan depresi.

2. Memperkuat Tulang

Memperkuat Tulang

* sumber: www.irishtimes.com

Salah satu bahan pembuatan es krim adalah susu. Susu sendiri merupakan minuman yang kaya akan kalsium sehingga tak heran mengapa es krim bermanfaat terhadap kesehatan tulang. Kalsium yang terdapat pada es krim bermanfaat merawat tulang agar lebih sehat dan kuat.

Dengan tulang yang sehat dan kuat, tentu saja berbagai jenis penyakit yang dapat mengganggu keutuhan tulang akan diminimalisir. Salah satu penyakit yang sering menyerang tulang adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Maka dari itu kamu bisa mencegah rusaknya tulang dengan cara mengonsumsi es krim secukupmya!

3. Meningkatkan Libido

Meningkatkan Libido

* sumber: www.videoblocks.com

Es krim merupakan makanan tinggi akan fosfor yang mana fosfor ini bermanfaat sebagai asupan oksigen bagi jaringan pada tubuh. Selain itu, fosfor pada es krim ini akan mempertahankan kadar testosteron sehingga bermanfaat dalam meningkatkan libido serta gairah seksual.

Kandungan fosfornya yang tinggi ini juga bermanfaat menjaga keutuhan pH atau asam basa di dalam tubuh yang mana pH ini juga merupakan senyawa yang berhubungan dengan sistem reproduksi yang wajib kita jaga dan selalu kita perhatikan.

pH yang terlalu tinggi pada tubuh berakibat menurunkan gairah seksual pada seseorang sehingga pH ini harus senantiasa kita jaga agar tetap seimbang yang salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan tinggi akan fosfor seperti es krim.

4. Meningkatkan Sistem Imunitas

Meningkatkan Sistem Imunitas

* sumber: northfieldymca.org

Pada es krim, terdapat sebuah kandungan bernama laktoferin dan sitokin yang mana kedua kandungan ini bermanfaat sebagai anti virus bagi tubuh sehingga dapat membantu tubuhmu dalam memerangi berbagai virus yang dapat menyebabkan penyakit seperti influenza.

Tak hanya itu saja, es krim merupakan makanan yang mengalami fermentasi yang mana makanan fermentasi merupakan makanan yang bermanfaat meningkatkan kesehatan pernafasan serta pencernaan. Jika pernafasan dan pencernaanmu sehat, tentu saja sistem kekebalan tubuhmu akan meningkat.

5. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Menurunkan Risiko Kanker Payudara

* sumber: www.parents.com

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang wajib kita perangi sedini mungkin dengan cara melakukan pencegahan sebelum terlambat. Jenis kanker sendiri beragam tergantung dimana sel kanker itu tumbuh. Salah satu jenis kanker yang paling mematikan adalah kanker payudara.

Penyebab dari kanker payudara sendiri salah satunya adalah kurangnya asupan kalsium pada tubuh. Maka dari itu, untuk menghindari risiko berbahaya dari tumbuhnya sel kanker payudara ini, asupan kalsium pada tubuh harus kita penuhi tentunya dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium seperti susu dan es krim.

Kebutuhan kalsium yang terpenuhi ini akan menurunkan risiko terhadap tumbuhnya sel kanker payudara sehingga kita akan lebih sehat karena memiliki risiko yang rendah terhadap penyakit mematikan yaitu kanker.

6. Sumber Energi

Sumber Energi

* sumber: www.seriouseats.com

Energi adalah hal yang harus kita miliki dan harus kita jaga keutuhannya agar kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari secara optimal. Cara mendapatkan serta menjaga keutuhan energi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yang salah satunya adalah memakan makanan bergizi seperti es krim.

Ya, es krim memiliki kandungan gizi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Diantara kandungannya tersebut adalah kalsium, protein, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Kandungan gizi yang baik tersebut merupakan sumber energi bagi tubuh agar kita dapat beraktivitas dengan normal secara optimal.

7. Memperkuat Gigi dan Gusi

Memperkuat Gigi dan Gusi

* sumber: www.glamour.com

Selain bermanfaat memperkuat tulang dan melindunginya dari berbagai penyakit berbahaya pada tulang, kandungan kalsium yang terdapat pada es krim juga bermanfaat bagi kesehatan gigi dan gusi. Kalsium pada es krim ini akan melindungi serta memperkuat kondisi gigi dan gusimu.

Bukan hanya itu, kalsiumnya yang tinggi juga berpotensi mencegah berbagai kerusakan yang terjadi pada gigi seperti gigi berlubang yang sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas. Maka dari itu, hindarilah kerusakan gigi sebelum terlambat dengan cara mengonsumsi makanan tinggi kalsium seperti es krim secukupnya.

8. Melancarkan Peredaran Darah

Melancarkan Peredaran Darah

* sumber: news.stanford.edu

Tak hanya protein dan kalsium yang terkandung dalam es krim, beberapa jenis vitamin juga terkandung pada makanan yang bertekstur lembut ini. Salah satu vitamin yang terkandung di dalamnya adalah Vitamin K yang baik bagi peredaran darah dalam tubuh.

Vitamin K pada es krim dapat melancarkan peredaran darah yang tersumbat sehingga darah akan kembali diedarkan secara normal. Peredaran darah yang lancar dan normal inilah yang dapat menjadikan tubuh lebih sehat serta terhindar dari beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan hipertensi.

9. Mencegah Infertilitas

Mencegah Infertilitas

* sumber: www.stocksy.com

Infertilitas atau gejala kemandulan merupakan hal yang tidak diinginkan oleh semua orang. Maka dari itu, kita harus menghindari hal tersebut dengan melakukan kontrol pada dokter atau mengonsumsi makanan sehat yang tinggi kalsium seperti es krim.

The Human Reproduction, jurnal Harvard yang sudah diterbitkan menyarankan untuk mengonsumsi es krim sebagai salah satu alternatif pencegah kemandulan. Hal ini didasarkan pada penelitian yang telah dilakukan pada 18.000 wanita usia 24 hingga 42 tahun.

Penelitian menyebutkan wanita yang memakan es krim dua kali atau lebih dalam seminggu memiliki 38% lebih rendah terhadap risiko kemandulan jika dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi es krim kurang dari sekali dalam seminggu.

10. Memperbaiki Fungsi Otak

Memperbaiki Fungsi Otak

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Otak merupakan salah satu organ terpenting dalam diri manusia dimana otak berperan sebagai penyeimbang gerak dan koordinasi seluruh kegiatan yang dilakukan oleh tubuh. Menjadi bagian terpenting dalam tubuh, otak merupakan organ yang harus selalu kita perhatikan kesehatannya.

Jangan biarkan otak bekerja terlalu lama sehingga berpotensi mengurangi kinerja otak dan menyebabkan kondisi otak yang lelah dan stres. Untuk menghindari hal tersebut otak perlu diberi waktu untuk beristirahat dan melakukan relaksasi. Salah satu cara relaksasi otak terbaik adalah dengan memakan es krim.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa es krim merupakan makanan yang mengandung hormon Thrombonin, hormon yang dapat memicu kebahagiaan. Hal ini dinilai dapat merelaksasi otak yang sedang lelah agar lebih santai dan bahagia.

Dengan kondisi otak yang baik maka kinerja otak dalam berpikir dan melakukan aktivitas sehari-hari dapat berjalan secara optimal dan memperoleh hasil yang maksimal.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan di Universitas Kyorin, Tokyo yang menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi es krim di pagi hari memiliki tingkat waspada yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang minum air dingin di pagi hari.

Itu dia beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari es krim. Ternyata, manfaat dari es krim sungguh tak terduga, ya! Akan tetapi tahukah kamu es krim yang baik itu seperti apa? Ya, es krim yang baik merupakan es krim yang memiliki kandungan gizi tinggi serta memiliki kandungan lemak yang rendah.

Informasi kandungan gizi pada es krim dapat kamu temukan pada kemasan es krim itu sendiri karena setiap merek es krim memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda. Jika kamu kebingungan dalam menentukan manakah es krim yang baik dan berkualitas bagus? Maka kamu bisa melihatnya dari wujud es krim tersebut.

Es krim yang bagus merupakan es krim yang memiliki tekstur lembut dan padat karena pada dasarnya es krim terbuat dari 3 bahan utama yaitu susu, lemak, dan udara. Jika suatu produk es krim sangat mudah mencair, maka dapat dipastikan es krim tersebut memiliki kandungan udara yang terlalu banyak alias berkualitas rendah.

Semoga informasi mengenai manfaat es krim sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan serta pengetahuan. Tak hanya itu, semoga informasi di atas juga menjadi salah satu peluang bagi kita untuk memperoleh kesehatan yang prima dengan langkah yang sederhana yaitu dengan mengonsumsi es krim.

Buat kamu yang sudah membeli es krim, baca artikel cara menyimpan es krim berikut agar es krim tersebut tidak cepat meleleh.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar