Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / 10 Manfaat Durian yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh Manusia

10 Manfaat Durian yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Durian bukan hanya sekedar buah untuk cemilan saja. Buah yang satu ini ternyata juga memiliki sejumlah manfaat untuk kita, lho. Sayangnya, tidak semua orang menyadari manfaat durian untuk kesehatan. Mereka menganggap buah-buahan lain, seperti pisang, jeruk, dan apel lebih kaya manfaat ketimbang durian.

Kalau Anda penggemar durian, Anda harus mengetahui sejumlah manfaat durian bagi kesehatan. Dengan mengetahui manfaatnya, Anda pun tahu bahwa kebiasaan mengonsumsi durian selama ini tidak sia-sia. Yuk, langsung saja simak rangkuman Bacaterus mengenai manfaat buah durian.

10 Manfaat Durian bagi Tubuh

1. Sumber Antioksidan Tinggi

Makan Durian Manfaat Durian

Tidak semua buah mampu menyediakan antioksidan yang tinggi, tetapi durian bisa. Salah satu manfaat buah durian yang perlu Anda ketahui adalah sebagai sumber antioksidan yang tinggi. Sebagaimana yang kita ketahui, antioksidan berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan radikal bebas.

Mengonsumsi buah dengan antioksidan yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Sekedar informasi, radikal bebas muncul dari dalam tubuh ketika Anda merokok atau tubuh menguraikan makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, makanan dengan antioksidan tinggi ini sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang muncul dari tubuh Anda sendiri.

2. Melancarkan Pencernaan

Ambil Durian

Walaupun memiliki tekstur yang lembut, durian adalah buah yang kaya serat. Terdapat 3,8 gram serat yang terkandung dalam buah durian. Adapun jenis serat yang ada pada durian adalah serat larut dan serat tidak larut. Kedua jenis serat ini memiliki peran penting untuk melancarkan sistem pencernaan.

Bagi Anda yang punya masalah sembelit, konsumsi durian dapat membantu melancarkan pencernaan Anda. Kalau pun Anda tidak memiliki masalah sembelit, serat larut di dalam durian ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga Anda pun terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular.

3. Memelihara Kesehatan Kulit

Memelihara Kesehatan Kulit

Tahukah Anda bahwa durian termasuk buah yang mengandung Vitamin C yang tinggi? Karena kandungan Vitamin C yang tinggi inilah, durian dapat memelihara kesehatan kulit Anda. Vitamin C adalah sumber utama untuk menghasilkan kolagen alami dalam tubuh. Itulah sebabnya mengapa Vitamin C berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Tak cukup sampai di situ, beberapa jenis senyawa alami yang terkandung di dalam durian juga berperan untuk menjaga kelembaban kulit. Jadi, kalau Anda mempunyai jenis kulit yang kering, Anda boleh mencoba mengonsumsi durian untuk memiliki kulit yang lebih lembab alami.

4. Mencegah Anemia

Mencegah Anemia

Manfaat buah durian yang lainnya adalah untuk mencegah anemia. Sebagai informasi, anemia tidak hanya disebabkan oleh kondisi tubuh yang kekurangan zat besi. Akan tetapi, kekurangan folat juga dapat menyebabkan anemia atau yang dikenal dengan nama anemia pernisiosa.

Durian menyediakan 22% folat untuk memenuhi asupan folat dalam tubuh. Pada nantinya, folat ini akan membantu produksi sel darah merah. Oleh karena itu, penderita anemia sangat disarankan untuk mengonsumsi durian agar tidak kekurangan sel darah merah.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi

 

Penderita hipertensi pasti lebih hati-hati dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Bahkan, tidak semua buah benar-benar aman untuk penderita hipertensi. Namun, durian tergolong buah-buahan yang aman bagi penderita hipertensi. Buah yang satu ini justru sangat direkomendasikan untuk penderita hipertensi karena kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah.

Kandungan kalium di dalamnya membuat durian menjadi buah yang ideal untuk mengontrol tekanan darah. Jadi, orang yang memiliki riwayat hipertensi tidak perlu ragu untuk mengonsumsi durian. Buah ini akan membantu menurunkan tekanan darah Anda secara alami.

6. Menurunkan Risiko Depresi

Menurunkan Risiko Depresi

Bukan hanya berguna untuk kesehatan fisik saja, tetapi durian juga memberikan manfaat untuk kesehatan psikologis Anda, lho. Manfaat buah durian yang akan kita bahas kali ini adalah kemampuannya untuk menurunkan risiko depresi.

Hal tersebut tidak lepas dari kandungan Vitamin B6 yang terdapat di dalam durian. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang depresi cenderung kekurangan Vitamin B6. Padahal, Vitamin B6 bertugas untuk memproduksi serotonin, zat neurotransmitter yang berperan penting untuk memengaruhi suasana hati. Yuk, segera buktikan sendiri jika menyantap durian memang bisa benar-benar membuat Anda jadi lebih bahagia.

7. Meningkatkan Nafsu Makan

Meningkatkan Nafsu Makan

Masalah nafsu makan biasa dialami oleh anak-anak. Jika Anda ingin meningkatkan nafsu makan anak secara alami (tanpa konsumsi vitamin, dsb.), maka mulailah memberikan durian kepada buah hati Anda. Durian adalah buah yang dapat meningkatkan nafsu makan secara alami.

Kombinasi antara Vitamin B dan Thiamin yang terdapat di dalam durian inilah yang dapat mendorong nafsu makan. Sementara itu, Vitamin B juga menghasilkan asam klorida dalam perut untuk membantu proses pencernaan makanan. Durian adalah “vitamin” alami untuk menambah nafsu makan anak maupun dewasa. Rasa durian yang legit sudah pasti akan disukai oleh anak-anak.

8. Meringakan Migrain

Meringakan Migrain

Ketika seseorang terserang migrain, aktivitas sehari-hari pun jadi terganggu. Apabila Anda salah seorang yang kerap kali terserang migrain, Anda perlu mengonsumsi durian secara teratur. Manfaat buah durian yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang adalah untuk meredakan sakit migrain.

Bagaimana bisa durian meringankan migrain? Hal ini disebabkan karena adanya kandungan Riboflavin di dalam durian. Riboflavin adalah Vitamin B2 yang dapat meringankan migrain. Sangat disarankan bagi penderita migrain untuk mengonsumsi durian yang manis dengan aroma yang tidak terlalu menyengat agar gejala migrainnya tidak bertambah buruk.

9. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Potasium adalah salah satu nutrisi yang disediakan oleh buah durian. Potasium merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi. Nutrisi inilah yang menjaga kepadatan tulang dan gigi agar tidak rapuh atau keropos.

Tak hanya potasium, durian juga menyediakan fosfor yang juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tulang. Seperti yang kita ketahui, fosfor juga tak kalah penting dari kalsium karena kalsium tidak dapat mengolah pembentukan tulang dan gigi tanpa kombinasi dengan fosfor.

10. Meningkatkan Fungsi Tiroid

Meningkatkan Fungsi Tiroid

Kelenjar tiroid merupakan kelenjar kecil di bagian leher yang berguna untuk membantu segala macam proses di dalam tubuh. Namun, ada beberapa orang yang memiliki permasalahan pada fungsi kelenjar tiroid. Nah, manfaat buah durian yang akan kita bahas berikut ini berhubungan dengan tiroid. Ya, durian adalah buah yang dapat meningkatkan fungsi tiroid.

Buah ini mengandung zat tembaga yang berperan untuk metabolisme tiroid, terutama pada produksi hormon dan penyerapan. Tentu saja buah ini sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki permasalahan gangguan fungsi tiroid.

10 manfaat durian ini bisa membuat kita tidak menyesal telah menyukai buah tersebut. Selain menawarkan rasa yang enak dan unik, durian ternyata dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh maupun psikis. Namun, konsumsi durian dengan porsi yang secukupnya agar tidak menimbulkan masalah pencernaan seperti diare.

Setelah mengetahui sejumlah manfaat dari buah durian, baca juga artikel cara memilih durian yang matang dan enak agar Anda mendapatkan buah durian yang manis dan berkualitas ketika membelinya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment