Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / Inilah 4 Manfaat dari Ratu Rayap yang Dipercaya Masyarakat

Inilah 4 Manfaat dari Ratu Rayap yang Dipercaya Masyarakat

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 November 2018

Rayap adalah salah satu jenis serangga yang kerap dianggap sebagai hama pengganggu karena sering merusak kayu. Rayap yang memiliki nama ilmiah Isoptera ini memiliki peran tersendiri ketika mereka tumbuh menjadi rayap ‘dewasa’.

Para rayap dapat memilih peran yang terdiri dari rayap pekerja, rayap prajurit, hingga rayap reproduksi. Tentu, tugas dari masing-masing rayap ini berbeda. Untuk rayap pekerja, mereka akan membangun sarang, merawat larva rayap lain, dan mencari makanan.

Sedangkan untuk rayap prajurit, tugas mereka adalah menjaga koloni agar aman dari serangan musuh mereka, yakni semut. Ada hal unik dari rayap prajurit, mereka tidak dapat memakan makanannya sendiri karena punya ukuran rahang yang kecil. Untuk tetap bertahan hidup, para rayap prajurit mengandalkan makanan hasil muntahan dari rayap pekerja.

Satu lagi, ada rayap reproduksi yang biasanya menjadi ratu dan raja rayap. Tugas utamanya sudah jelas, yakni bertelur. Nah, ratu rayap yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk bertelur, melahirkan para rayap yang dianggap pengganggu, ternyata dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, lho.

Kali ini, Bacaterus akan membagikan informasi mengenai manfaat sang ratu rayap untuk kesehatan yang diyakini oleh sebagian masyarakat, khususnya di Indonesia. Ingin tahu manfaat apa saja dari ratu rayap bagi manusia? Simak langsung saja pembahasannya di bawah ini, ya.

Manfaat Ratu Rayap

1. Sebagai Sumber Protein

manfaat ratu rayap protein-eggs (Copy)

* sumber: tennesseesoccerclub.org

Ratu rayap mengandung banyak protein yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Protein sendiri bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, membantu pembentukan tulang, darah, dan kulit sampai membantu proses pertumbuhan.

Tidak heran, sebagian masyarakat dari berbagai daerah di Nusantara sering mengonsumsi ratu rayap karena dipercaya menjadi salah satu sumber protein selain daging, telur, maupun sumber protein lain yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

2. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

CHOL (Copy)

* sumber: familydoctor.org

Selain sebagai sumber protein, ratu rayap juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol sendiri sebenarnya merupakan senyawa yang menurut alodokter, dapat membantu memproduksi sel sehat, hormon, dan vitamin D.

Nah, jika kadar dari kolesterol ini tinggi, baik disebabkan karena faktor keturunan atau mengonsumsi makanan yang dapat memicu naiknya kadar kolesterol, tentu dapat memperburuk kondisi kesehatan seseorang bahkan bisa menyebabkan serangan jantung.

3. Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

shutterstock_571889917 (Copy)

* sumber: www.insidephilanthropy.com

Manfaat lain dari ratu rayap adalah untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Ya, di Indonesia, ratu rayap juga dipercaya dapat membantu para penderita diabetes agar gula darahnya tetap terkontrol dengan baik. Diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit yang tak dapat disembuhkan namun dapat diatasi dengan berbagai cara, salah satunya adalah mengontrol kadar gula tadi. Diabetes umumnya disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan dan pola makan seseorang.

4. Mengatasi Hipertensi

hipertensi_20170627_205908 (Copy)

* sumber: style.tribunnews.com

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah seseorang meningkat dengan signifikan. Hipertensi biasanya menyebabkan jantung bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hipertensi dapat memicu berbagai penyakit, salah satunya adalah stroke.

Penyebab dari hipertensi sendiri beragam, mulai dari faktor genetika, stres, obesitas, kurangnya olahraga, merokok, dan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Berbagai macam sayur dan buah dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi alias hipertensi ini, salah satu di antaranya adalah buah belimbing. Tapi tahu nggak sih, kalau masyarakat juga meyakini bahwa mengonsumsi ratu rayap dapat membantu mengatasi hipertensi lho.

Fakta Tentang Rayap

termitequeen (Copy)

* sumber: phys.org

Selain dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, rayap juga memiliki beberapa fakta unik. Nah, untuk mengetahuinya, simak langsung saja pembahasan tentang beberapa fakta dari rayap berikut ini.

1. Umur Ratu Rayap

Seekor ratu rayap dapat bertahan hidup selama puluhan tahun, tepatnya 25 hingga 50 tahun. Hampir sama kayak umur manusia,ya? Nah, seperti yang sudah dijelaskan di atas, sang ratu terus bereproduksi untuk kelangsungan koloni hingga akhir masa hidupnya. Menurut orkin, seekor ratu rayap dapat secara aktif memproduksi telur-telur rayap setidaknya selama sepuluh tahun.

2. Ratu Rayap Dapat Terbang

Seperti yang dituturkan oleh toughtco, seekor ratu rayap yang baru saja mulai bereproduksi dapat terbang dengan menggunakan sayap mereka. Biasanya, para ratu atau raja rayap melakukan ini untuk mencari ‘jodoh’. Setelah bertemu ‘jodoh’, sang raja dan ratu rayap akan mencari sebuah tempat baru untuk mulai bereproduksi dan membangun koloni mereka sendiri. Jika sudah menemukan ‘rumah’, keduanya akan melepas sayap dan tinggal di dalam ‘rumah’ tersebut.

3. Bertelur Dalam Jumlah Banyak

Menurut plunketts, seekor ratu rayap dapat bertelur setidaknya sebanyak 15 sampai 20 butir telur per menit, dengan total sekitar 40.000 butir telur rayap dalam satu hari. Bisa dibayangkan, jika dalam satu hari saja sang ratu dapat memproduksi puluhan ribu telur, maka dalam satu tahun, ratu rayap dapat memproduksi hingga belasan juta butir telur rayap.

Dan jika seekor ratu rayap hidup selama lima puluh tahun, kamu bisa simpulkan sendiri berapa banyak telur yang diproduksi sang ratu selama masa reproduksinya berlangsung.

4. Rayap Suka Tempat Gelap

Yep, rayap menyukai tempat yang lembab dan minim cahaya, karena makhluk hidup satu ini tidak memiliki kekuatan untuk bertahan di tempat yang terpapar banyak cahaya. Meski begitu, para rayap tetap harus hidup dengan suhu udara yang hangat. Makanya, rayap sering tinggal di dalam kekayuan atau tanah.

5. Hidup Sejak Ratusan Tahun Lalu

Menurut toughtco, rayap sudah hidup di bumi selama hampir 130 tahun. Rayap juga merupakan keturunan serangga yang juga nenek moyang dari kecoa yang hidup 300 tahun lalu atau lebih tepatnya pada periode kapur. Periode tersebut adalah periode waktu geologis yang berlangsung sekitar 70 milyar tahun setelah berakhirnya periode Jurassic atau saat para dinosaurus masih hidup di planet bumi.

6. Makanan Ratu Rayap

Seperti julukannya, yakni ratu, maka pemimpin dan ‘ibu’ dari seluruh rayap dalam koloni tidaklah mencari makan sendiri. Jika rayap pada umumnya pergi mencari makan sampai keluar teritori, sang ratu hanya menunggu suplai dari para rayap ini. Rayap biasanya memakan selulosa dari kayu, kertas, rumput, kulit tanaman, sampai sabut kelapa.

Nah, hasil tangkapan dari para rayap ini akan dibawa dan diberikan pada sang ratu. Seperti yang sudah dijelaskan di muka, tugas seekor ratu rayap hanyalah bertelur dan makan selama hidupnya. Jadi, rayap-rayap pekerjalah yang bertugas mengumpulkan makanan.

7. Rayap Tidak Tidur

Bisa dibilang, rayap adalah salah satu hewan paling sibuk yang pernah ada. Ratu mereka sibuk bereproduksi, sementara rayap pekerja sibuk mencari suplai makanan baik untuk diri mereka sendiri, untuk para prajurit, maupun untuk ratu. Rayap-rayap ini hampir tidak pernah memiliki waktu untuk tidur karena ‘kegiatan’ mereka.

Nah, itulah pembahasan mengenai manfaat ratu rayap serta beberapa fakta mengenai rayap yang harus kamu ketahui. Oh, ya, meski ratu rayap memang dipercaya mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia, namun belum ada penelitian secara medis yang membuktikan bahwa hewan satu ini memang mujarab untuk dijadikan obat dari berbagai penyakit yang disebutkan di atas.

Namun, jika kamu ingin mencoba sendiri sebagai alternatif dari pengobatan, tentu boleh-boleh saja. Tapi ada baiknya, konsultasi dengan dokter atau ahli penyakit tersebut dijadikan pilihan utama selama masih belum ada bukti kuat yang beredar. Namun, jika Anda sudah sangat terganggu dengan kehadiran rayap, maka Anda bisa mengatasinya dengan Cara Mengusir Rayap di Rumah ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment