Bacaterus / Cokelat / Selain Enak, Ini 10 Manfaat Cokelat yang Juga Wajib Diketahui

Bacaterus / Cokelat / Selain Enak, Ini 10 Manfaat Cokelat yang Juga Wajib Diketahui

Selain Enak, Ini 10 Manfaat Cokelat yang Juga Wajib Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 April 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 April 2019

Seperti yang kita ketahui bahwasannya cokelat memiliki kandungan gizi yang tinggi dan bermanfaat bagi manusia baik untuk kecantikan hingga kesehatan tubuh. Tak heran, cokelat ini sering kita temui sebagai salah satu bahan kecantikan seperti misalnya masker wajah dan masker rambut karena kandungannya yang baik dan bisa dijadikan sebagai media mempercantik diri.

Selain bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit, cokelat juga memiliki kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh, lho. Bahkan beberapa penyakit diyakini dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi cokelat. Penasaran kan apa saja sih manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak ulasan dari Bacaterus berikut ini!

1. Mencegah Radikal Bebas

Cokelat

Cokelat terkenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi dan bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Mengingat aktivitas manusia yang padat dan tak bisa dipungkiri untuk terkena banyak radikal bebas dari kegiatan sehari-hari. Kegiatan yang tak kita sadari sebagai sumber radikal bebas diantaranya adalah polusi kendaraan bermotor.

Selain itu, bisa jadi makanan dan minuman yang kita konsumsi ternyata membawa radikal bebas yang tak sengaja ikut kita telan. Radikal bebas yang tak terkendali dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti hipertensi, stroke, hingga kanker.

Maka dari itu, antioksidan pada cokelat dipercaya dapat melawan radikal bebas dalam tubuh kita sehingga kita lebih berpotensi terhindar dari berbagai penyakit akibat radikal bebas dan memperoleh kehidupan yang lebih sehat.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker

* sumber: depositphotos.com

Kanker merupakan penyakit yang tak asing lagi bagi kita karena penyakit ini sudah semakin banyak menyerang orang-orang disekitar. Penyakit kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang paling dihindari serta harus selalu melakukan pencegahan.

Penyakit ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya adalah makanan yang kita konsumsi. Berbagai obat penyembuhan kanker sudah semakin banyak diciptakan guna mengurangi angka penderita penyakit tersebut.

Selain obat-obatan kimia yang memiliki efek samping berbahaya bagi organ tubuh lainnya seperti ginjal, ternyata cokelat juga dapat dijadikan obat penangkal sel kanker karena mampu menyembuhkan peradangan yang disebabkan oleh kanker itu sendiri.

Akan tetapi, istilah mengatakan “lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Itu artinya lebih baik kita mencegah datangnya suatu penyakit dari pada menunggu penyakit tersebut menyerang tubuh kita terlebih dahulu seperti halnya pencegahan terhadap kanker.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

* sumber: www.pennmedicine.org

Bagi kamu para penderita hipertensi atau darah tinggi, tak ada salahnya kamu melakukan penyembuhan dengan mengkonsumsi cokelat. Cokelat ini mengandung senyawa yang berfungsi menenangkan saraf-saraf yang tegang sehingga berpotensi untuk menurunkan tekanan darah.

Selain menurunkan, senyawa ini dapat menjaga tekanan darahmu agar tetap stabil. Cokelat dapat membuat seseorang yang merasa tegang menjadi lebih tenang dan rileks sehingga tekanan darah dapat dikontrol dengan baik.

4. Meredakan Stress

Meredakan Stress

* sumber: www.thermofisher.com

Tuntutan pekerjaan dan berbagai aktivitas lainnya dapat membuat suasana hati menjadi berantakan, stress, lelah berlebih, bahkan hingga depresi. Tentu saja semua orang tak ingin mengalami kondisi seperti itu. Selain jalan-jalan dan refreshing, ternyata mengkonsumsi cokelat juga dapat menjadi solusi bagi orang yang mengalami kondisi tersebut.

Kandungan pada cokelat dipercaya dapat membuat tubuh menjadi rileks sehingga suasana hati atau mood akan membaik. Kandungan-kandungan tersebut diantaranya adalah molekul psikoaktif yang bermanfaat sebagai anti depresi. Kandungan serotonin yang terdapat pada cokelat juga dapat membantu kita dalam mengontrol emosi, lho.

5. Mencegah Kerusakan Gigi

Mencegah Kerusakan Gigi

* sumber: www.myplanodental.com

Cokelat dipercaya sebagian orang sebagai salah satu penyebab kerusakan pada gigi. Pernyataan tersebut merupakan pernyataan yang tidak tepat karena malah sebaliknya, cokelat memiliki manfaat sebagai pencegah bakteri penyebab rusaknya gigi karena cokelat ini mengandung zat bernama theobromine yang bermanfaat untuk gigi.

Sakit gigi ini tidak disebabkan oleh cokelatnya melainkan gula yang terkontaminasi dengan olahan cokelat tersebut. Kandungan pada cokelat ini mampu mengusir streptokokus mutans atau bakteri penyebab kerusakan pada gigi dan rongga mulut. Setelah mengetahui penyebab kerusakan gigi bukanlah cokelat, masih ragu untuk mengkonsumsinya?

6. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Mengurangi Risiko Serangan Jantung

* sumber: wallpaperstream.com

Cokelat bisa menghindari kita dari potensi serangan jantung asalkan dikonsumsi secukupnya tanpa berlebihan. Kandungan flavanol dalam cokelat ternyata dapat menghindari kita dari potensi terkena serangan jantung karena flavanol ini dapat melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

Suatu riset menyebutkan bahwa orang yang teratur mengkonsumsi cokelat dapat terhindar dari potensi terkena serangan jantung sebesar 50% karena kandungan cokelat ini dapat melakukan pembekuan trombosit dengan lambat. Sangat berbanding terbalik dengan salah satu sebab serangan jantung dimana trombosit membeku dengan cepat.

7. Meredakan Diare

Meredakan Diare

* sumber: www.premierhealth.com

Diare merupakan penyakit yang menyerang organ pencernaan yang biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti sakit perut berlebihan, mual, dan perut kembung. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang ikut tertelan dalam makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Selain daun jambu biji yang dikenal ampuh sebagai obat penyembuhannya, ternyata dengan mengkonsumsi cokelat juga mampu meredakan penyakit diare karena kandungan flavonoid pada cokelat bermanfaat sebagai pengikat protein yang tentu saja sangat membantu dalam proses penyembuhan penyakit diare tersebut.

8. Meningkatkan Sistem Kerja Otak

Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Otak merupakan suatu organ yang memiliki peranan penting bagi manusia yang harus dijaga fungsinya. Salah satu fungsi otak yaitu fungsi kognitif yang bisa mengalami penurunan fungsi tentu saja sangat dikhawatirkan terjadi terutama bagi para lansia dan orang-orang yang bekerja dengan penuh tekanan sehingga otak merasa kelelahan.

Dengan mengkonsumsi cokelat dipercaya dapat meningkatkan fungsi kognitif pada otak sehingga sistem kerja pada otak akan selalu stabil. Dengan otak yang berfungsi baik, maka dapat menunjang pekerjaan yang biasa kita lakukan sehari-hari agar lebih baik lagi.

Selain itu, kandungan flavonoid cokelat dapat mempertajam daya ingat serta kemampuan untuk berpikir secara masuk akal. Kandungan flavonoid ini juga bermanfaat melancarkan peredaran darah menuju otak.

9. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Beberapa rumor mengatakan bahwa cokelat dapat menambah bobot badan karena kandungan lemak di dalamnya. Rumor tersebut berkebalikan dengan hasil riset yang dilakukan oleh University of Copenhagen yang membuktikan bahwa cokelat dapat menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi cokelat seseorang akan merasa cepat kenyang dan lebih tahan lapar sehingga cokelat ini sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan diet sehat. Jadi, tidak ada salahnya kita mengkonsumsi cokelat sebagai cemilan asal tidak berlebihan.

10. Baik untuk Ibu Hamil

Baik untuk Ibu Hamil

* sumber: www.momjunction.com

Mengkonsumsi cokelat sangat baik bagi semua kalangan termasuk ibu hamil. Semua ini karena kandungan zat theobromine pada cokelat dapat menghindari dari potensi pre-eklampsia yaitu potensi bayi lahir secara prematur. Selain itu cokelat yang dikonsumsi dengan jumlah yang cukup dapat memberikan kesan rileks pada ibu hamil dan janinnya.

Manfaat lain yang dapat dirasakan ibu hamil dari mengkonsumsi cokelat yaitu dapat meningkatkan respon bayi dalam kandungan menjadi lebih rileks. Semua ini dikarenakan kandungan phenythylamin pada cokelat yang dikonsumsi sang ibu yang juga menjadi nutrisi bagi bayinya.

Wah, selain bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit, ternyata banyak sekali ya manfaat lain yang bisa kita rasakan dari mengkonsumsi olahan buah kakao ini. Bahkan penyakit mematikan seperti kanker dan serangan jantung juga dapat dicegah serta diobati dengan cara mengkonsumsi cokelat secara teratur dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan.

Setelah mengetahui manfaat cokelat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh dan obat berbagai penyakit sebagaimana yang telah kami paparkan di atas, maka jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi cokelat secara rutin dan teratur.

[sharethis-inline-buttons]
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar