Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Ini Dia 10 Manfaat Cocor Bebek untuk Kesehatan Tubuh

Ini Dia 10 Manfaat Cocor Bebek untuk Kesehatan Tubuh

Ditulis oleh

Cocor bebek merupakan tumbuhan sekulen yang berasal dari Madagaskar. Meskipun berasal dari negeri nun jauh di sana, cocor bebek dapat tumbuh subur di Indonesia. Bahkan, tanaman yang satu ini sering menghiasi teras atau halaman rumah masyarakat di Indonesia.

Namun, tahukah Anda bahwa cocor bebek bukan sekedar tanaman biasa untuk menghiasi rumah? Ada sejumlah manfaat cocor bebek untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui orang. Bacaterus akan mengulas satu persatu mengenai manfaat cocor bebek bagi kesehatan. Yuk, cari tahu manfaat tumbuhan yang satu ini!

10 Manfaat Cocor Bebek untuk Kesehatan

1. Mengurangi pembengkakan amandel

Mengurangi pembengkakan amandel Manfaat Cocor Bebek

* sumber: hellosehat.com

Setiap orang berisiko mengalami pembengkakan kelenjar tonsilitis alias amandel. Kondisi seperti ini membuat tenggorokan terasa tidak nyaman ketika meneguk minuman atau menelan makanan. Apalagi pembengkakan amandel ini juga disertai dengan gejala lain, seperti sakit kepala, demam, dan meriang.

Jika sudah seperti ini sebaiknya kurangi gejala pembengkakan amandel ini dengan cocor bebek. Caranya adalah haluskan beberapa lembar cocor bebek di dalam blender. Setelah itu, peras cocor bebek yang sudah dihaluskan itu untuk diambil airnya. Kemudian, campurkan sari daun cocor bebek dengan segelas air hangat dan minumlah sampai habis.

2. Meredakan sakit kepala

Meredakan sakit kepala

Daun cocor bebek sangat aman untuk dikonsumsi langsung tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Mengunyah cocor bebek yang masih segar ternyata bisa meredakan sakit kepala yang tak tertahankan, lho. Pasalnya, tumbuhan ini mengandung asam malat, asam formiat, magnesium, glucoside, dan kalsium yang dapat meredakan sakit kepala.

Apabila Anda masih belum terbiasa mengunyah daun cocor bebek secara langsung, rebus saja daun cocor bebek tersebut di air mendidih. Anda bisa meminum air rebusan cocor bebek tersebut dan memakan daun yang sudah direbus tadi sebagai lalapan.

3. Melancarkan pencernaan

Melancarkan sistem pencernaan

Punya masalah pada pencernaan, seperti sembelit? Manfaat cocor bebek ternyata tidak hanya sekedar untuk meredakan sakit kepala dan mengurangi pembengkakan amandel saja, lho. Sama seperti manfaat nanas muda, tumbuhan ini juga dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga perut pun terasa lebih lega. Kandungan serat dan air yang tinggi di dalam cocor bebek membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

Pertama, jemur beberapa lembar daun cocor bebek sampai kering. Tumbuk daun yang sudah mengering sehingga menjadi seperti bubuk kopi. Selanjutnya, larutkan bubuk tersebut dengan air panas. Minumlah air seduhan cocor bebek yang sudah dikeringkan tadi setiap pagi. Dijamin, Anda akan terbebas dari masalah sembelit.

4. Mengurangi frekuensi muntah

Mengatasi Mual dan Muntah

Perut yang mual dapat menyebabkan seseorang muntah-muntah. Jika dibiarkan seperti ini, tubuh orang yang muntah-muntah akan mengalami dehidrasi hebat dan ia diharuskan untuk bed rest selama beberapa waktu ke depan.

Nah, untuk mengurangi frekuensi muntah, sebaiknya minumlah sari daun cocor bebek karena bahan alami tersebut dapat mengurangi frekuensi muntah. Rebus beberapa lembar daun cocor bebek, lalu tambahkan dengan sedikit gula merah agar rasanya lebih manis. Tunggu sampai airnya benar-benar hangat baru Anda dapat meminumnya.

5. Menghilangkan jerawat dan bekasnya

Jerawat di wajah memang dapat mengurangi rasa percaya diri kita. Ketika jerawat tersebut memerah dan semakin besar, kita akan berusaha mencari cara untuk menutupi tampilan jerawat tersebut. Tak perlu pusing mencari cara untuk menyamarkan jerawat atau bekasnya.

Manfaat cocor bebek yang satu ini berkaitan dengan cara menghilangkan jerawat. Cocor bebek mengandung anti-bakteri dan anti-inflamasi untuk membasmi bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangannya.

Lumatkan daun cocor bebek hingga halus, lalu campur dengan air mawar secukupnya. Jika tidak ada air mawar, Anda bisa menggunakan air biasa. Usapkan campuran air dan cocor bebek tadi ke wajah, lalu diamkan selama beberapa jam sebelum Anda membilas wajah dengan air hangat. Penggunaan secara teratur dapat mengurangi bekas jerawat maupun jerawat kemerahan yang mengganggu penampilan Anda.

6. Antiseptik menyembuhkan luka

Antiseptik menyembuhkan luka

Mengingat daun cocor bebek mengandung anti-inflamasi dan anti-bakteri alami, maka daun ini dapat menjadi antiseptik untuk mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, anti-bakteri di dalam cocor bebek dapat mencegah iritasi akibat luka.

Cara menggunakan cocor bebek sebagai antiseptik penyembuh luka adalah cuci beberapa lembar daun cocor bebek hingga bersih. Kemudian, haluskan daun dengan cara ditumbuk. Setelah itu, campurkan dengan sedikit air.

Tempelkan pasta daun cocor bebek tadi ke luka yang masih baru lalu biarkan selama beberapa jam. Manfaat dari pasta cocor bebek ini adalah membunuh kuman pada luka dan mempercepat proses penyembuhannya.

7. Meringankan penyakit lambung

Jagalah kesehatan lambung

Punya permasalahan pada lambung yang disertai dengan gejala seperti mual, muntah, kembung, dan begah? Itu tandanya asam lambung Anda sangat tinggi. Anda harus segera mencari cara untuk menetralkan asam lambung agar gejalanya tidak semakin mengganggu.

Cobalah untuk menghaluskan beberapa lembar daun cocor bebek, lalu ambil airnya saja dengan cara disaring. Air daun cocor bebek ini bisa langsung diminum dengan air hangat dan madu murni. Rasa tidak nyaman di perut akan hilang secara bertahap setelah minum air daun cocor bebek.

8. Suplemen alami untuk tulang

Memperkuat tulang

Siapa sangka jika manfaat cocor bebek yang berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang? Daun dari tumbuhan hias ini ternyata mengandung magnesium dan kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Jadi, daun cocor bebek ini dapat menjadi suplemen alami untuk tulang Anda.

Untuk membuat cocor bebek sebagai suplemen alami tulang, buatlah jus dari daun cocor bebek dan minum satu gelas setiap hari. Jika tidak ingin meminumnya sebagai jus, rebus saja daun cocor bebek dan makan sebagai lalapan bersama lauk.

9. Meringankan gejala asma

Meringankan gejala asma

Jangan panik ketika melihat orang terdekat mengalami gejala asma. Anda bisa memanfaatkan daun cocor bebek sebagai obat pereda gejala asma. Bahkan, meskipun obat alami, cocor bebek dapat meredakan gejala asma lebih cepat dan tanpa efek samping.

Sebagai pertolongan pertama bagi penderita asma, rebus saja beberapa helai daun cocor bebek. Kemudian, minum air rebusan daun cocor bebek ini untuk mengatasi sesak nafas karena asma.

10. Menyembuhkan wasir

Manfaat Cocor Bebek

* sumber: www.aryanto.id

Wasir memang sangat menyiksa. Meskipun tidak menyebabkan kematian, wasir alias ambeien dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Sudah mencoba berbagai macam cara untuk mengatasi wasir tapi tak ada satu pun yang berhasil?

Cobalah menyembuhkan wasir dengan daun cocor bebek. Daun yang satu ini bersifat dingin dan anti-inflamasinya dapat mengempiskan wasir secara perlahan-lahan. Penderita wasir dapat mengonsumsi daun cocor bebek ini sebagai lalapan.

Sudah tahu tentang 10 manfaat cocor bebek, bukan? Tak ada salahnya Anda mencoba tanaman ini sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti yang kami sebutkan di atas. Daun cocor bebek tidak menyebabkan efek samping sehingga aman dikonsumsi kapan saja. Selain itu, penggunaan cocor bebek sebagai obat alami juga dapat menghemat pengeluaran Anda.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment