Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Ciplukan, Buah Berukuran Kecil yang Kaya Manfaat

10 Manfaat Ciplukan, Buah Berukuran Kecil yang Kaya Manfaat

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Maret 2019

Si kecil sejuta manfaat” merupakan julukan yang cocok diberikan pada buah yang bernama ciplukan ini. Mengapa demikian? Karena buah ciplukan atau ceplukan ini merupakan buah yang memiliki ukuran mini yaitu sebesar buah ceri saja. buah ciplukan memiliki perbedaan sebutan di masing-masing daerah seperti misalnya disebut cecenet atau cecendet di daerah Sunda.

Buah ciplukan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan buah-buahan lain pada umumnya. Ciplukan memiliki kelopak bunga yang berfungsi melindungi buah yang ada didalamnya, sehingga menjadi keunikan tersendiri bagi buah kecil ini. Pada umumnya, buah ciplukan memiliki rasa asam hingga manis yang khas, namun terdapat juga beberapa buah yang memiliki rasa hambar.

Pohon buah cipukan biasanya tumbuh di daerah tropis dan menyatu dengan tanaman-tanaman lain seperti rumput atau semak-semak. Tanaman ini merupakan tanaman liar sehingga mudah dijumpai terutama di pedesaan karena biasanya tumbuh di daerah sawah dan perkebunan. Tanaman tersebut bisa tumbuh hingga mencapai 1 meter.

Meskipun memiliki ukuran yang sangat mini, namun buah ini digemari oleh banyak orang terutama anak-anak khususnya masyarakat pedesaan. Bukan hanya disukai soal rasanya saja, tetapi juga manfaat yang terdapat pada buah ini menjadi salah satu sebab utama orang-orang mengonsumsi buah ciplukan. Mau tahu apa saja manfaat dari ciplukan ini? Yuk, baca informasi dari Bacaterus ini!

10 Manfaat Ciplukan

1. Obat Asma Alami

Obat Asma

* sumber: www.1health.id

Manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah ciplukan yang pertama adalah mampu mengobati asma. Buah yang memiliki ukuran mini ini, memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh serta dipercaya dapat menjadi obat bagi para penderita penyakit asma.

Bukan hanya buahnya, bahkan daun dari pohon ciplukan ini dapat digunakan juga sebagai obat penyembuh asma dengan cara meremasnya hingga mengeluarkan air lalu oleskan di bagian dada.

2. Mengobati Penyakit Paru-paru

Ciplukan

* sumber: breakingnews.co.id

Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah ciplukan atau ceplukan bermanfaat dalam mengobati berbagai penyakit pada paru-paru seperti TBC dan bronkitis. Tak heran jika saat ini buah ciplukan banyak dicari untuk dijadikan obat hingga harganya melambung tinggi mencapai 500 ribu/kg.

Cara mengonsumsinya cukup mudah yaitu tinggal mengambil seluruh bagian dari ciplukan dimulai dari buah, batang, hingga akar lalu mencucinya hingga bersih dan kemudian direbus hingga mendidih. Setelah itu tiriskan selama beberapa saat lalu minum ketika sudah dingin. Minumlah secara rutin yaitu tiga kali dalam sehari.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Mengontrol Tekanan Darah

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Selanjutnya buah ciplukan juga bermanfaat sebagai pengontrol darah. Sangat cocok untukmu yang sering kali merasa pusing dan lemas. Kemungkinan gejala tersebut merupakan gejala yang ditimbulkan dari rendahnya tekanan darah sehingga buah ini sangat disarankan untuk kamu konsumsi secara rutin.

Bukan hanya bermanfaat untuk penderita anemia saja, bahkan bagi kamu yang memiliki keluhan darah tinggi atau hipertensi juga sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi buah ciplukan karena buah ini tak hanya menurunkan tekanan darah tetapi juga membantu menstabilkan darahmu.

4. Bersifat Anti Kanker

Buah Ciplukan

* sumber: gudang-program20.blogspot.com

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini menjadi hal yang sangat ditakuti oleh orang banyak karena tergolong pada penyakit ganas yang telah memakan banyak korban jiwa. Salah satu kanker yang paling ditakuti adalah kanker payudara yang biasanya terjadi pada wanita.

Namun jangan khawatir akan hal itu, karena kamu bisa mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker pada tubuh dengan cara yang cukup sederhana yaitu mengonsumsi ciplukan. Buah ciplukan memiliki senyawa fisalin dan withanolide yang berfungsi sebagai anti kanker dan dapat mencegah terhadap pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

5. Memulihkan Pasien Diabetes

Memulihkan Pasien Diabetes

* sumber: www.hospitalsanfernando.com

Kencing manis atau yang disebut juga diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah pada tubuh. Diabetes sendiri memiliki beberapa jenis yang tentu saja sangat berbahaya jika tidak segera mendapat tindakan medis atau pengobatan alternatif lain.

Saat ini penyakit diabetes bukan hanya menyerang orang dengan usia yang sudah lanjut saja, tetapi juga menyerang orang-orang yang masih berusia produktif atau masih muda. Untuk itu marilah kita tingkatkan kesadaran kita dalam menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang berbagai penyakit termasuk diabetes.

Salah satu cara pencegahan agar terhindar dari penyakit diabetes yaitu mengonsumsi buah ciplukan karena buah ini memiliki kemampuan meminimalisir serta melakukan kontrol terhadap kadar gula darah dalam tubuh.

6. Mendetoks Racun dalam Tubuh

Ciplukan Kuning

Bukan hanya menyembuhkan berbagai penyakit saja, bahkan seluruh bagian dari tanaman ciplukan ini bermanfaat sebagai detoksifikasi atau pembersihan racun-racun berbahaya dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai racun jahat yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Caranya sangat sederhana yaitu hanya dengan mengonsumsi tanaman ini secara rutin baik itu akarnya yang direbus atau buahnya yang dimakan secara Cuma-Cuma. Akan tetapi, perlu diingat bahwa mengonsumsi ciplukan ini tidak disarankan berbarengan dengan kopi karena dapat menyebabkan efek samping.

7. Menurunkan Kolesterol Jahat

Menurunkan Kolesterol Jahat

* sumber: chriswoollamshealthwatch.com

Kolesterol dalam tubuh terbagi menjadi 2, yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Kolesterol jahat merupakan kolesterol berbahaya yang bisa menyebabkan berbagai gejala seperti kesemutan, pembengkakan di beberapa area tertentu pada tubuh, serta pusing. Selain itu, lemak jahat juga menimbulkan penyakit berbahaya seperti stroke.

Selain stroke, penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian lain yang ditimbulkan oleh tingginya kolesterol jahat pada tubuh yaitu serangan jantung. untuk menghindari beberapa keluhan tersebut, kamu bisa memanfaatkan ciplukan sebagai alternatif alaminya.

Caranya yaitu dengan mengonsumsi beberapa lembar daun ciplukan dengan rutin ditambah dengan buahnya yang kaya akan manfaat agar khasiatnya dapat terasa secara maksimal.

8. Mengatasi Masalah Kulit

Mengatasi Masalah Kulit

Berbagai masalah kulit menjadi masalah besar yang dikeluhkan oleh sebagian orang. beberapa diantaranya yaitu masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri seperti borok, panu, dan kurap. Tentu saja masalah tersebut sangat mengganggu para penderitanya dalam melakukan aktivitas karena dapat menurunkan rasa percaya diri.

Tapi jangan khawatir, karena ciplukan dapat menjadi solusi dari berbagai masalah kulit yang dikeluhkan. Caranya yaitu dengan menghaluskan beberapa lembar daun ciplukan lalu mengoleskannya secara merata pada area kulit yang bermasalah. Tunggu hingga menyerap lalu bilas menggunakan air bersih.

Upaya tersebut telah dilakukan banyak orang karena daun ciplukan dikenal memiliki kandungan anti-inflamasi yang berguna dalam mengatasi masalah kulit.

9. Meredakan Demam

Meredakan Demam

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Perubahan cuaca yang ekstrim membuat tubuh lebih rentan terkena berbagai penyakit seperti flu dan demam terutama anak-anak. Demam sendiri merupakan penyakit yang tergolong ringan namun harus segera mendapatkan tindak lanjut agar tidak memperparah keadaan.

Salah satu cara meredakan demam dengan memanfaatkan bahan alami yaitu mengonsumsi buah ciplukan. Konsumsi buahnya secara rutin diiringi dengan meminum air rebusan daun ciplukan itu sendiri untuk mendapatkan proses penyembuhan yang lebih cepat.

10. Mencegah Penuaan Dini

Buah buah Ciplukan

* sumber: www.suratkabar.id

Selain bermanfaat bagi kesehatan untuk menangkal berbagai penyakit, ciplukan juga ternyata bermanfaat bagi kecantikan. Meskipun berukuran sangat kecil, buah ciplukan ini sangat kaya akan kandungan serat, vitamin C, serta antioksidan yang dapat membentuk kolagen.

Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kecantikan yaitu dapat mencegah penuaan dini serta pengeriputan kulit. Selain itu, dengan mengonsumsi buah ciplukan, kamu juga bisa mendapatkan kulit yang lebih putih, sehat, juga terawat.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa kita temukan dari buah ciplukan. Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat bagi kesehatan serta kecantikan, ternyata hampir seluruh bagiannya memiliki manfaat tersendiri yang sangat luar biasa dimulai dari akar, batang, hingga daun sehingga tak heran jika buah ini banyak diminati oleh sebagian besar orang.

Setelah membaca dan mengetahui manfaat dari ciplukan sebagaimana yang telah kami paparkan di atas, kita semua menjadi lebih sadar terhadap kesehatan yang harus selalu dijaga. Cara menjaga kesehatan pun tak perlu harus membayar mahal, cukup dengan memanfaatkan sesuatu yang mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti buah ciplukan.

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel khasiat buah pare bagi kesehatan ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar