Bacaterus / Manfaat Tanaman / Terkenal dengan Mistisnya, Inilah 7 Manfaat Bunga Kantil

Terkenal dengan Mistisnya, Inilah 7 Manfaat Bunga Kantil

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Oktober 2019

Bunga cempaka putih merupakan wujud kasih sayang dan cinta secara universal. Tahukah kamu bahwa bunga kantil merupakan nama lain dari bunga cempaka putih? Magnolia alba atau Michelia alba, yakni Cempaka putih, memang lebih dikenal dengan sebutan kantil. Tanaman hias dengan bunga berwarna putih ini memiliki bau yang harum.

Memiliki keindahan dan nilai filosofis yang luhur dalam budaya Jawa, bunga kantil sering digunakan sebagai bagian dari sesaji dan maknanya luas dimana bunga ini digunakan dalam ritual. Terkenal dengan cerita mistisnya, siapa sangka bunga kantil dapat pula dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Contohnya saja sebagai minyak atsiri, parfum, kosmetik, dan obat.

Kandungan senyawa penting dalam organ tanaman cempaka juga tengah dijadikan objek penelitan lho. Kandungan sejumlah senyawa aktif seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina memiliki peran menjaga kesehatan sekaligus mengobati masalah kesehatan. Yuk, cari bersama apa manfaat sebenarnya yang bisa didapat dari bunga kantil. Siapa tahu kamu tertarik mencobanya.

1. Detoksifikasi

Detoksifikasi (Copy)

Secara fisiologi, detoksifikasi merupakan sebuah lintasan  metabolisme yang bertujuan mengurangi kadar racun di dalam tubuh, dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi, dan eksresi molekul toksin.

Kamu mungkin tidak sadar jika tubuhmu sudah banyak mendapat racun dari makanan, terutama jika makanan yang dikonsumsi tidak seimbang, misalnya saja junkfood. Tubuh sebenarnya secara alami melakukan detoksifikasi setiap hari, tentunya agar yang menumpuk dalam tubuh dapat dibuang.

Walaupun begitu, kadang tubuh bisa kewalahan untuk membilas racun-racun tersebut, yang berakibat tubuh jadi mudah lelah dan rentan terserang penyakit. Bunga kantil dikenal dapat merangsang limfatik dan membantu hati berfungsi dengan baik dan membantu membilas atau membuang racun.

Senyawa alkaloid dalam bunga cempaka juga memiliki sifat diuretik atau mempermudah urinasi, sehingga urin yang dikeluarkan membawa racun-racun dari dalam tubuh. Kantil juga membantu mencegah penumpukan lemak di sekitar hati. Penumpukan lemak seperti ini adalah salah satu penyebab utama gagal hati karena beberapa alasan.

2. Sebagai Antispasmodik

Sebagai Antispasmodik (Copy)

Komponen volatil dalam bunga kantil diketahui sangat mampu membuat rileks, terutama ketika itu menyangkut ketegangan otot. Antispasmodik merupakan golongan obat yang memiliki sifat sebagai relaksan otot polos atau obat untuk spasm otot.

Spasm adalah kontraksi, keram otot yang terjadi secara tiba-tiba dan tanpa sadar. Seringkali disebut sebagai kram otot, biasanya berlangsung dalam hitungan menit dan hilang dengan sendirinya, tetapi dapat juga berlangsung lebih lama. Penderita biasanya akan merasa sangat nyeri.

Bunga dan kulit bunga kantil mengandung senyawa yang mudah menguap, dan senyawa tersebut dianggap sebagai zat penenang. Minyak dari bunga kantil ini dapat membantu dengan cepat, serta menyeimbangkan emosi dan meningkatkan suasana hati.

Efektif menghilangkan rasa sakit terutama untuk wanita yang mengalami kram menstruasi. Menggunakan minyak esensial membantu mengurangi ketidaknyamanan yang dialami ketika kram menstruasi atau ketidaknyamanan lainnya.

3. Membantu Masalah Pernapasan

Membantu masalah pernapasan (Copy)

Minyak esensial dari bunga kantil secara alami dapat merangsang hormon kortikosteroid dalam tubuh, yang dapat membantu meringankan kondisi seperti asma. Minyak ini menggunakan senyawa antiinflamasi dan antispamodiknya agar mengurangi tekanan di paru-paru dan mencegah bronkitis, batuk berlebihan, hingga asma.

Kortikosteroid yang terdapat secara alami dalam senyawa minyak bunga kantil lah yang membantu mengobati bahkan penyakit yang membandel, misalnya saja sangat sulit mengobati asma karena pasien perlu menggunakan inhaler yang mengandung kortikosteroid.

4. Obat Penenang Alami

Obat Penenang Alami (Copy)

Minyak magnolia memiliki kualitas anxiolytictertentu yang secara langsung dapat berdampak pada sistem saraf pusat. Anxiolytic disebut juga antipanic atau anticemas adalah obat atau intervensi lain yang menghambat kecemasan.

Secara kimiawi, minyak esensial bunga kantil ini dapat mengurangi kecemasan dan stres dengan menurunkan pelepasan hormon kortisol.

Sehingga dapat bertindak sebagai obat obat penenang alami yang membuat rileks. Karena sifatnya yang menenangkan, bunga kantil ini juga memiliki kemampuan untuk mengatur siklus tidur, sehingga tidur yang kamu dapatkan bisa lebih nyenyak.

5. Regenerasi

Regenerasi (Copy)

Seperti yang dibahas diawal, bunga kantil dapat berfungsi sebagai detoksifikasi. Namun, bukan hanya detoksifikasi, bunga kantil juga dapat bermanfaat sebagai agen regenerasi. Karena kualitas detoksifikasi dan regenerasinya, kantil dapat memperbarui epidermis kamu.

Dengan cara memicu regenerasi sel dan aliran darah, minyak ini dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan bercahaya. Dalam kosmetik yang dibuat menjadi tonik, bunga kantil ini bergizi baik untuk kulit. Digunakan sebagai pelembab, mereka dapat menutrisi kulit dan bertindak sebagai elemen ideal untuk menghaluskan garis-garis halus dan kerutan.

6. Sebagai Ekspektoran

Sebagai Ekspektoran (Copy)

Secara medis, daun, batang, bunga kantil mengandung alkaloid mikelarbina dan liriodenina, keduanya memiliki khasiat yang baik sebagai ekspektoran atau batuk berdahak. Cempaka putih ini memiliki sifat yang khas, yaitu manis, pedas serta menghangatkan. Karena sifat-sifat tersebut kantil dapat berkhasiat sebagai ekspektoran.

Sudah menjadi resep turun-temurun mengkonsumsi rebusan bunga kantil yang dikeringkan untuk meredakan batuk berdahak tersebut. Selain bunga kantil, kamu bisa juga menambahkan jahe kedalam rebusan lho.

7. Membantu Mengatasi Vertigo

Membantu Mengatasi Vertigo (Copy)

Vertigo adalah kondisi yang mebuat penderitanya mengalami pusing, dimana penderita akan merasa dirinya atau sekelilingnya berputar. Vertigo memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda tergantung pada penderitanya.

Bunga kantil diketahui dapat mengatasi vertigo, dengan cara dikonsumsi buunganya yang telah dikeringkan. Di Bali, bunga kering ini direbus dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit, barulah diminum air rebusannya. Kelopak bunga kering yang digunakan juga biasanya hanya 5 kuntum bunga.

Pemanfaatan bunga cempaka atau kantil ini telah memasyarakat secara luas baik itu dalam bentuk bunga segar, minyak atsiri, hingga bunga yang dikeringkan. Bagian bunga tanaman ini memang banyak sekali kandungan minyak atsiri yang bisa dimanfaatkan, minyak atsiri yang terkandung tersebut termasuk cheraniol, linalol, methyleugenol, eugenol isoeugenol.

Sayangnya, minyak atsiri ini tidak dianjurkan dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui. Di Indonesia tanaman cempaka memiliki banyak ragam fenotif, seperti yang tampak pada organ vegetatif dan organ generatifnya. Ragam aksesi cempaka ini umumnya dinamai sesuai dengan ciri yang namapak pada organnya, semisal warna bunganya.

Beberapa manfaat diatas membuktikan, bahwa tanaman cempaka sudah populer digunakan untuk pemanfaatan tradisional baik secara medis maupun adat kepercayaan. Jadi, apa kamu tertarik mencoba konsumsi bunga kantil ini? Ternyata bunga kantil bukan bunga yang seram atau berbau mistis kan?

Buat kamu yang punya info lain soal bunga harum ini, silahkan tulis dikolom komentar, agar bisa dibagi bersama. Semoga artikel ini bisa memberi ilmu baru buat kamu yang suka penasaran ya, jangan lupa juga untuk baca artikel lainnya dari Bacaterus.com yang pastinya bermanfaat!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar