Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Buah Tin, Si Buah Surga yang Menakjubkan

10 Manfaat Buah Tin, Si Buah Surga yang Menakjubkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Apakah kamu pernah makan buah tin? Buah tin atau disebut buah ara ini tumbuh di pohon ficus yang merupakan anggota keluarga mulberry. Buah ini unik karena mereka memiliki lubang, yang disebut “mata” yang membantu buah berkembang.

Mayoritas buah tin dikeringkan, baik oleh paparan sinar matahari atau melalui proses buatan, menciptakan buah kering yang manis dan bergizi yang dapat dinikmati sepanjang tahun. Ada beberapa jenis buah tin, yang semuanya sangat bervariasi dalam warna dan tekstur. Rasanya manisnya alami dan dahulu sering digunakan sebagai pemanis

Buah tin dapat dikonsumsi dengan dikupas atau tidak, tergantung pada ketebalan kulit serta selera pribadi. Karena bagian dalam buah tin yang sudah matang agak lunak dan lengket sehingga sulit untuk dipotong.

Buah tin memiliki kandungan serat yang tinggi serta banyak vitamin dan mineral vital seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, kalsium, klorin, zat besi, mangan, fosfor, kalium dan natrium. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat kamu rasakan dengan menambahkan buah tin ke dalam makanan sehari-hari.

1. Mengatasi Insomnia

Mengatasi Insomnia

* sumber: steemit.com

Diet yang seimbang sangat penting untuk tidur yang baik. Terutama jika memasukkan buah tin ke dalam dietmu untuk meningkatkan kualitas tidur. Buah tin mengandung asam amino triptofan yang membantu tubuh membuat melatonin, yang menginduksi tidur. Buah tin juga mengandung asam lemak omega-3 yang membuat  tidur kamu lebih baik.

Kehadiran triptofan pada buah tin membantu dalam mensintesis vitamin B3 dalam tubuh, yang mengatasi insomnia. Kekurangan vitamin B3 dalam tubuh akan membuat kamu tidak stabil dan gelisah, yang dapat merusak tidurmu.

Buah tin juga adalah sumber magnesium. Kekurangan magnesium dalam tubuh menyebabkan stres dan lekas marah, yang menyebabkan insomnia.

2. Cara Enak untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Enak untuk Menurunkan Berat Badan

* sumber: www.popsugar.com

Buah tin adalah sumber serat makanan yang baik. Makanan berserat dan kaya akan serat  memiliki efek positif pada manajemen berat badan. Dalam sebuah penelitian, wanita yang meningkatkan asupan serat dengan suplemen secara signifikan mengurangi asupan energi, namun tingkat rasa lapar dan kenyang tidak berubah.

Buah tin ini, seperti makanan berserat tinggi lainnya, dapat membantu dalam program manajemen berat badan. Namun, jumlah kalori tinggi yang ada di buah tin juga dapat menyebabkan penambahan berat badan. Beberapa buah tin cukup untuk mendapatkan jumlah nutrisi yang disarankan, jadi jangan berlebihan.

Buah tin dalam bentuk bar snack adalah pilihan lain untuk nutrisi saat bepergian yang direkomendasikan untuk orang dewasa dan anak-anak.

3. Memiliki Sifat Penurun Insulin

Memiliki Sifat Penurun Insulin

* sumber: www.nasionalisme.co

Kamu mungkin tidak berpikir tentang daun dari pohon buah tin sebagai salah satu bagian yang dapat dimakan. Daun buah tin telah berulang kali terbukti memiliki sifat antidiabetik dan sebenarnya dapat mengurangi jumlah insulin yang dibutuhkan oleh penderita diabetes yang membutuhkan suntikan insulin.

Dalam satu penelitian, ekstrak cair yang terbuat dari daun buah tin hanya ditambahkan ke sarapan pokok untuk penyakit diabetes tergantung insulin untuk menghasilkan efek penurun insulin ini.

4. Bagus untuk Kesehatan Kulit

Bagus untuk Kesehatan Kulit

* sumber: www.essentialayur.com

Buah tin juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kita. Tetapi sebaiknya gunakan ekstrak buah tin untuk mengaplikasikannya ke kulit. Buah ini memiliki sumber air yang baik yang menjadikannya agen penghidrasi yang luar biasa.

Menerapkan buah tin alami atau ekstrak tin pada kulit tidak hanya menjaga kulit tetap terhidrasi, tetapi juga memainkan peran penting dalam mengencangkan pori-pori kulit secara efektif. Selain itu, buah tin juga merupakan sumber vitamin A dan beta-karoten yang baik yang menyediakan sifat eksfoliasi.

Jangan gunakan buah tin di kulit kamu jika alergi terhadap lateks! Buah tin tumbuk juga dapat mencegah kerutan di wajah dan membuat kulit lebih halus dan terasa kenyal. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dapat menyeimbangkan kesehatan kulit. Jika kamu merasa kulit menjadi lebih baik ketika makan lebih banyak buah tin, maka konsumsilah terus secara rutin.

5. Bagus untuk Kesehatan Rambut

Bagus untuk Kesehatan Rambut

* sumber: sandradownie.com

Buah tin adalah bahan populer pada sampo, kondisioner, dan masker rambut. Buah ini dipercaya dapat memperkuat dan melembapkan rambut, serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sebuah studi terpercaya mengulas nutrisi wanita dengan rambut rontok saat menopause. Studi menunjukkan bahwa beberapa nutrisi yang ditemukan pada buah tin membantu menjaga kesehatan rambut karena kandungan zinc, selenium, magnesium, kalsium, Vitamin B dan vitamin C.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Buah tin segar dan buah tin kering mengandung kalium dalam jumlah besar, yang sangat penting untuk kelancaran fungsi otot dan saraf, menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh, dan mengatur detak jantung dan keseimbangan air. Buah tin adalah makanan sehat yang ideal untuk dimakan jika kamu memiliki tekanan darah tinggi.

Kamu dapat menambahkan buah tin dalam salad atau mengonsumsinya langsung. Kamu juga bisa menambahkan buah tin yang dipotong ke granola dan oatmeal. Mengonsumsi buah tin setiap hari menyeimbangkan tekanan darah dan melindungi terhadap penyakit tekanan darah tinggi.

Selain itu, serat dalam buah tin juga menurunkan risiko tekanan darah tinggi sedangkan kandungan kalium buah tin membantu mempertahankannya. Selain potasium, omega-3 dan omega-6 dalam buah tin juga membantu menjaga tekanan darah.

7. Mencegah Kanker Payudara

Mencegah Kanker Payudara

* sumber: www.thehealthy.com

Buah tin adalah buah yang mengandung jumlah serat tertinggi. Dan ditemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi lebih banyak serat makanan selama masa remaja dan dewasa awal memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami kanker payudara.

Asupan tinggi serat dikaitkan dengan 16% risiko kanker payudara keseluruhan lebih rendah dan risiko kanker payudara 24% lebih rendah sebelum timbulnya menopause. Ekstrak buah tin dan buah tin kering juga diketahui mengandung unsur-unsur yang membantu mencegah kanker payudara pascamenopause.

8. Meningkatkan Stamina Seksual

Meningkatkan Stamina Seksual

* sumber: www.herworld.com

Buah tin dianggap sebagai kesuburan dan suplemen seksual yang hebat. Karena buah ini kaya akan kalsium, zat besi, kalium, dan zinc. Selain itu buah tin juga kaya akan magnesium, mineral yang dibutuhkan untuk menghasilkan hormon seks, androgen dan estrogen.

Tidak hanya itu, buah tin juga membantu dengan berbagai jenis disfungsi seksual seperti sterilitas, disfungsi ereksi, dan nafsu seksual. Buah ini juga menghasilkan asam amino yang bertanggung jawab untuk meningkatkan produksi oksida nitrat, yang memperluas pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk organ seksual.

Untuk mengonsumsinya rendam buah tin dalam susu selama semalaman. Kemudian maka pada hari berikutnya untuk meningkatkan kemampuan seksualmu.

9. Mengurangi Sakit Tenggorokan

Mengurangi Sakit Tenggorokan

* sumber: www.healthline.com

Bagi kamu yang sedang mengalami sakit tenggorokan, kamu bisa membuat jus buah tin sebagai solusinya. Kandungan lendir atau getah pada buah tin dapat menyembuhkan sakit tenggorokan kamu. Selain itu, buah tin adalah obat alami untuk radang amandel yang membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi yang disebabkan karena kondisi tersebut.

Selain itu kamu juga bisa membuat pasta buah tin dengan air hangat dan oleskan di tenggorokan kamu. Ini akan mengurangi rasa sakit dan menenangkan tenggorokan.

10. Mengobati Ambeien

Mengobati Ambeien

* sumber: www.everydayhealth.com

Jika kamu sedang menderita ambeien, obat rumahan yang populer adalah buah tin. Karena buah tin mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu meringankan ambeien. Kandungan serat yang tinggi ada di kulit buah tin, maka dari itu pastikan kamu mengonsumsi daging dan kulitnya. Buah tin segar maupun buah tin kering dapat menyembuhkan dan mencegah ambeien.

Jika kamu ingin mengonsumsi buah tin kering, masukkan ke dalam air selama semalaman, dan makan buah dan  airnya di pagi hari. Ini memiliki efek pencahar dan membantu mengurangi tekanan pada anus, sehingga membantu mengurangi ambeien atau  wasir.

Itulah beberapa manfaat buah tin yang bisa kamu dapatkan. Tetapi sebaiknya jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan bagi yang akan melakukan operasi. Karena dapat menyebabkan pendarahan pada saluran pencernaan. Jika kamu tahu manfaat lainnya tentang buah tin, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Kunjungi juga artikel cara makan buah tin berikut ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar