Bacaterus / Manfaat Buah / Inilah 6 Manfaat Buah Sirsak yang Bagus untuk Tubuh

Inilah 6 Manfaat Buah Sirsak yang Bagus untuk Tubuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Juni 2019

Sirsak atau graviola adalah sejenis buah tropis yang berasal dari daratan Amerika dan Karibia. Pohon sirsak juga tumbuh di Indonesia karena beriklim tropis. Buah ini dibawa ke tanah air kita oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda pada abad ke 19 (sebagai info, Belanda memiliki bekas tanah jajahan di benua Amerika, jadi masuk akal jika mereka yang mengenalkan buah ini ke Nusantara).

Buah sirsak memiliki tampilan yang mirip dengan durian (durian belanda adalah sebutan lain untuk buah ini). Kulitnya yang berwarna hijau dipenuhi dengan duri (tidak sekeras durian dan bisa digenggam dengan tangan), dengan daging berwarna putih dan biji berwarna hitam.

Rasanya yang masam dan menyegarkan membuat daging buah sirsak sering dijadikan bahan utama membuat jus dan es krim. Tidak hanya bermanfaat secara komersial, buah sirsak juga ternyata mengandung berbagai nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sirsak bagi kesehatan yang perlu diketahui.

Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/tgerus/

Dalam 100 gram daging buah sirsak kira-kira terkandung nutrisi dalam jumlah berikut ini:

  • Kalori: 66
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 16,8 gram
  • Serat: 3,3 gram
  • Vitamin C: 34% dari RDI
  • Kalium: 8% dari RDI
  • Magnesium: 5% dari RDI
  • Tiamin: 5% dari RDI

Sirsak juga mengandung sedikit niasin, riboflavin, folat, dan zat besi. Sebagai info, RDI (Reference Daily Intake) adalah tingkat asupan harian dari nutrisi yang dianggap cukup untuk memenuhi persyaratan 97-98% individu sehat di setiap demografi di Amerika Serikat. Sementara dikembangkan untuk populasi AS, telah diadopsi oleh negara lain, meskipun tidak secara universal (Wikipedia).

Manfaat Buah Sirsak

Suka makan buah sirsak? Ternyata sirsak ini sangat bagus untuk tubuh lho. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh kita.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

* sumber: pixabay.com

Banyak buah-buahan yang jika dikonsumsi dapat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh jadi tidak mudah terserang penyakit dan virus. Nah, salah satu jenis buah yang dikenal dapat memberikan manfaat seperti ini adalah sirsak.

Sirsak adalah buah yang kaya akan vitamin C. Mengkonsumsi buah dalam jumlah yang direkomendasikan dapat merangsang produksi sel darah putih, sedangkan konsentrasi antioksidan yang dimilikinya membantu menetralkan radikal bebas dan mencegah penyakit kronis.

Daging buah sirsak (bijinya tidak boleh dimakan ya) dapat dimakan secara langsung, ditambahkan ke dalam makanan lainnya, atau dibuat jus. Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi buah ini adalah di siang hari.

2. Bisa Mengurangi Peradangan

* sumber: pixabay.com

Apa itu peradangan? Peradangan adalah respon imun yang normal terhadap cedera. Akan tetapi, jika tubuh kita mengalami peradangan kronis, hal itu dapat memungkinkan timbulnya penyakit. Peradangan dapat diobati dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan sirsak.

Beberapa penelitian (meskipun dilakukan pada hewan) telah membuktikan sifat anti-peradangan yang dimiliki oleh buah sirsak. Jadi, jika sedang menderita nyeri sendi atau peradangan (seperti asam urat atau radang sendi), menggosokkan ramuan sirsak ke bagian yang sakit bisa menjadi cara yang bagus untuk meredakan gejala tersebut.

Senyawa anti-inflamasi yang ditemukan dalam sirsak dipercaya dapat mempercepat penyembuhan di area tubuh yang terkena peradangan, juga dapat meredakan rasa sakit dan meningkatkan fleksibilitas.

Catatan: Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengevaluasi sifat anti-peradangan dari buah ini (baca hasil penelitian lainnya di sini)

3. Mengontrol Parasit

* sumber: www.publicdomainfiles.com

Saat mendengar kata parasit, yang terbersit dalam benak kita pasti sesuatu yang tidak baik. Hal itu tidak keliru, karena parasit sendiri adalah organisme yang bersarang di dalam makhluk hidup lain tanpa memberikan manfaat padanya. Makhluk (termasuk manusia) yang terkena infeksi parasit bisa jatuh sakit karena makhluk ini melepaskan racun mereka di dalam tubuh.

Sirsak, dalam hal ini daun buahnya disebut-sebut memiliki sifat anti-parasit yang dapat mengobati infeksi yang disebabkan oleh parasit. Misalnya dengan menyeduh teh dari daun sirsak, usus kita bisa lebih bersih dan sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Manfaat sirsak seperti ini telah dikonfirmasi oleh sebuah penelitian yang bisa dibaca di sini.

4. Meredakan Gangguan Pernapasan

* sumber: www.publicdomainpictures.net

Sifat anti-peradangan yang dimiliki oleh sirsak juga dapat membantu meredakan gangguan pernapasan, seperti batuk, pilek, dan lain-lain. Karena sebagian hal itu juga berperan sebagai ekspektoran, sirsak dapat diandalkan dengan baik untuk menghilangkan dahak dan lendir, tempat di mana banyak patogen hidup. Dengan mengurangi peradangan rongga hidung dan saluran pernapasan, proses penyembuhan bisa jadi lebih cepat.

5. Meningkatkan Kesehatan Gastrointestinal

* sumber: www.needpix.com

Apa itu gastrointestinal? Dilansir dari situs Dokter Sehat, perdarahan saluran cerna atau gastrointestinal (GI) adalah perdarahan yang terjadi di bagian saluran cerna manapun. Saluran GI meliputi kerongkongan (esofagus), lambung, usus halus, usus besar (kolon), rektum, dan anus. Perdarahan GI sendiri bukanlah penyakit, tapi merupakan gejala dari sejumlah kondisi.

Bagaimana sirsak dapat meningkatkan kesehatan gastrointestinal? Dalam sirsak terkandung vitamin C dalam kadar yang tinggi. Hal itu membuat buah sirsak telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai obat alami untuk penyakit kudis dan disentri.

Jus buah sirsak juga bisa menjadi diuretik yang sangat efektif karena dapat membersihkan saluran pencernaan dan menghilangkan kelebihan racun dan garam dari tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi buah sirsak sistem pencernaan kita bisa lebih terjaga.

Catatan: Diuretik adalah obat yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh melalui urine (Alodokter).

6. Mengobati Insomnia

* sumber: pixabay.com

Pernah menderita insomnia atau sulit tidur? Gejala ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti depresi, kecemasan, penyakit, dan lain-lain. Penyakit insomnia dapat diobati dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan meminum teh sirsak (dibuat dari daun sirsak).

Teh sirsak telah digunakan sebagai obat penghilang stres selama berabad-abad. Memiliki khasiat anti-inflamasi dan menenangkan membuat teh sirsak sangat efektif untuk mengurangi gejala stress dan kecemasan yang berlebihan.

Hormon stres dalam tubuh dapat merusak dan mengacaukan siklus metabolisme alami tubuh kita, yang akhirnya dapat mengakibatkan gejala insomnia. Oleh karena itu, meminum teh sirsak bisa menjadi cara yang baik untuk menanggulangi masalah itu. Baca manfaat lain dari teh sirsak di situs ini agar informasi yang didapatkan lebih lengkap dan akurat.

Itulah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh kita. Di samping lima manfaat di atas, buah sirsak juga disebut-sebut memiliki manfaat lain sebagai pencegah kanker (beberapa menyebutkan dapat membunuh sel kanker). Akan tetapi, karena hal ini masih diperdebatkan oleh para ahli, kami tidak mencantumkan informasi lengkapnya di sini.

Beberapa penelitian mengenai manfaat sirsak untuk kanker ini menunjukkan hasil yang bertentangan satu sama lain, sehingga telah menjadi sorotan Pusat Perawatan Kanker Amerika (Cancer Treatment Centers of America atau CTCA).

Dalam situsnya CTCA bahkan menyebut kalau para ahli memperingatkan agar tidak menggunakan sirsak untuk melawan kanker. Hal itu karena penelitian yang menunjukkan sirsak dapat melawan kanker tidak dilakukan pada manusia, sehingga tidak ada bukti keamanan atau kemanjurannya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar