Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Buah Salak Untuk Tubuh yang Lebih Sehat dan Kuat

10 Manfaat Buah Salak Untuk Tubuh yang Lebih Sehat dan Kuat

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2019

Apakah kamu suka salak? Buah yang memiliki kulit seperti sisik ular ini memiliki rasa yang manis dan asam serta mengandung air. Salak atau yang memiliki nama latin Salacca zalacca ini berasal dari Sumatera Selatan dan Jawa Barat. Buah eksotis asli Indonesia ini juga banyak dibudidayakan di daerah lain, seperti di Bali, Lombok, Timor, Maluku dan Sulawesi.

Umumnya kulit buah salak berwarna coklat hingga oranye-coklat atau kuning. Tahukah kamu? Buah salak mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, beta-karoten, vitamin-C, serat, zat besi, kalsium, fosfor dan karbohidrat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dalam buah ini, tak heran jika salak dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah salak yang bisa kamu dapatkan untuk tubuh yang lebih sehat.

1. Sebagai Obat Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

* sumber: www.health.com

Mungkin selama ini sebagian orang hanya berpikir bahwa wortel adalah salah satu makanan yang baik untuk mata. Namun, kamu bisa mendapatkan manfaat yang sama dari salak. Itu karena salah satu kandungan buah ini dianggap dapat bermanfaat sebagai obat kesehatan mata.

Beta-karoten adalah salah satu antioksidan yang ada di dalam buah salak, yang memiliki kaitan langsung dengan kesehatan penglihatan. Memiliki cukup beta-karoten dalam makanan dapat menurunkan risiko degenerasi makula dan memperlambat perkembangan katarak seiring bertambahnya usia.

Selain itu, buah salak juga dapat membantu mengatasi rabun jauh karena kandungan vitaminnya yang cukup bermanfaat untuk mengatasi masalah tersebut. Salak mengandung sekitar lima kali lebih banyak beta karoten daripada semangka dan mangga.

2. Membantu Meningkatkan Memori Otak

Meningkatkan Memori

* sumber: bigthink.com

Salak mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan otak. Buah ini mengandung kalium, betakaroten, dan pektin yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat meningkatkan kognisi dan meningkatkan daya ingat.

Bahkan buah salak disebut sebagai ‘buah memori’ karena jumlah potasium dan pektin yang tinggi. Selain itu, buah ini juga dipercaya dapat membantu menghilangkan stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif.

3. Baik untuk Pencernaan Perut

Melancarkan Pencernaan

Bagi kamu yang sering mengalami sembelit, salak dapat membantu mengatasinya. Itu karena buah ini kaya serat yang dapat membantu pencernaan kita. Selain itu, salak juga kaya vitamin yang membantu mengobati sakit perut, buang air besar tidak teratur, perut kembung, dan masalah lain yang berhubungan dengan gangguan pencernaan atau diare.

Bahkan, kulit salak mengandung senyawa yang bisa mengobati diare dengan cepat. Karena kaya akan nutrisi, salak memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

4. Membantu Program Diet

Mengontrol Berat Badan

* sumber: www.everydayhealth.com

Jika kamu ingin menjalani program diet dengan tetap makan enak, buah salak bisa kamu makan sebagai menu diet. Buah ini dapat membantu kamu mengatur berat badan karena mengandung banyak nutrisi. Terutama karena kandungan karbohidrat dan kalsium yang membantu menambah stamina saat berdiet.

Salak tidak hanya mengandung nutrisi, tetapi juga fitonutrien yang akan membantu mempercepat program dietmu. Untuk mengonsumsinya sebagai menu diet, kamu cukup makan buah ini di pagi hari. Rasanya yang asam manis dan enak sangat layak untuk dinikmati saat sedang diet.

5. Mengontrol Tingkat Gula Darah

kadar gula darah

Selain daging buahnya, kamu juga perlu mengkonsumsi kulit buah salak yang dibuat menjadi teh. Mungkin terdengar aneh, tetapi kulitnya tersebut mengandung pterostilben yang merupakan agen penurun glukosa darah yang membantu mengendalikan tingkat gula darah.

Selain itu, diketahui juga bahwa teh yang terbuat dari kulit buah salak membantu regenerasi sel di pankreas. Sebagai hasilnya, ini membantu mengendalikan diabetes. Kandungan seratnya yang tinggi membuat salak sangat baik untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh, yang penting bagi pasien diabetes.

Sebenarnya, ada banyak karbohidrat atau gula sederhana dalam buah ini, tetapi kandungan serat dalam buah ini melawan efek tersebut dan mencegah lonjakan gula darah, serta mengurangi ketegangan pada pancreas.

6. Baik untuk Kesehatan Wanita Hamil

Gangguan Kehamilan

Wanita hamil tentunya harus memilih makanan yang baik untuknya dan juga untuk sang janin. Jadi, makanan yang sehat harus menjadi prioritas. Salah satu buah yang bisa dikonsumsi oleh wanita hamil adalah salak. Buah ini disebut-sebut dapat mengurangi mual di pagi hari pada wanita yang hamil muda.

Selain itu, buah salak juga dapat mendukung pembentukan tulang janin pada wanita hamil. Itu karena kandungan kalsiumnya dibutuhkan oleh wanita hamil untuk membantu membentuk jaringan kerangka pada janin. Selain itu, rajin mengonsumsi salak dapat memberikan stamina agar tetap kuat dan sehat selama hamil.

7. Mempertahankan Stamina Tubuh

Meningkatkan Imunitas

* sumber: getkion.com

Buah salak mengandung kalium dan protein yang terkait dengan manfaat yang membantu meningkatkan stamina. Selain itu, kandungan nutrisi yang kaya vitamin dan mineral dalam buah ini sangat penting untuk membantu menjaga fungsi tubuh yang baik.

Kandungan antioksidannya juga dapat membantu tubuh memerangi kerusakan sel dan jaringan dan mencegahnya dari kerusakan karsinogenik yang berbahaya.

8. Mendorong Kesehatan Kardiovaskular

Kesehatan Jantung

* sumber: pixabay.com

Buah salak mengandung kalium yang tinggi yang mendorong kesehatan jantung. Selain itu, antioksidan dan mineral yang terkandung dalam buah salak benar-benar memberi kamu manfaat terbaik.

Salah satunya adalah kemampuan buah ini dalam membantu pengaturan air dalam tubuh. Maka, konsumsilah buah salak untuk memastikan kamu memiliki kehidupan yang baik dan sehat!

9. Mendorong Kesehatan Kulit

* sumber: pixabay.com

Buah eksotis yang satu ini juga memiliki manfaat untuk kulit, lho! Salak mengandung vitamin C yang dapat membantu produksi kolagen untuk elastisitas kulit di mana hal ini juga membantu mencegah tanda-tanda penuaan seperti kerutan. Oleh karena itu, vitamin C dalam buah ini berperan dalam menjaga kulit kamu lebih awet muda.

Buah salak adalah cara alami untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Antioksidan yang terkandung dalam buah ini dapat mencegah efek buruk dari radikal bebas yang akan berbahaya bagi kulit.

10. Meningkatkan Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

* sumber: odishasuntimes.com

Karena buah salak mengandung nutrisi yang padat, maka buah ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan nutrisi tinggi yang terdiri dari vitamin dan mineral penting membantu menjaga fungsi tubuh dengan baik.

Selain itu, buah salak juga membantu mencegah penyakit tertentu dan mencegah tubuh dari kerusakan berbahaya. Jadi, memilih buah salak sebagai makanan sehari-hari sangat baik untuk menjaga tubuhmu tetap sehat.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari buah salak. Karena kulit buah ini cukup keras, kamu harus hati-hati saat hendak mengupasnya. Menggunakan sarung tangan yang agak tipis bisa membantumu mengupas salak lebih cepat dan aman.

Sebagai informasi, daging dan biji salak bisa diolah menjadi makanan lain yang lezat, seperti manisan salak dan kolak biji salak.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *