Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Buah Rambutan untuk Tubuh yang Lebih Sehat

10 Manfaat Buah Rambutan untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 November 2019

Mungkin kamu salah satu penggemar buah eksotis seperti rambutan. Buah asli Indonesia ini merupakan buah favorit yang populer di banyak negara Asia. Bahkan rambutan kini sudah memenuhi keranjang berbagai toko dan supermarket, baik dalam bentuk buah alami maupun dalam kemasan kaleng.

Buah yang berwarna merah dan memiliki banyak rambut ini sangat baik untukmu. Satu buah rambutan kecil dapat memberikan banyak nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, protein, karbohidrat, dan serat. Selain itu, rambutan segar juga mengandung sejumlah mineral, salah satunya adalah kalsium.

Jadi, dengan beberapa kandungan tersebut, buah ini dapat memberi banyak manfaat kesehatan untuk tubuhmu. Mari kita lihat beberapa manfaat kesehatan rambutan yang akan kamu dapatkan jika mengkonsumsinya.

1. Membantu Melawan Infeksi

Infeksi Saluran Pernafasan

Kekebalan tubuh sangat penting bagi kehidupan kita, karena berfungsi melindungi tubuh dari penyakit berbahaya yang dapat menyerang kapan saja. Dengan imunitas yang meningkat, kita tidak perlu khawatir tertular penyakit yang mungkin datang dari orang lain. Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan memakan buah rambutan.

Buah rambutan dapat berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Itu karena buah ini kaya akan vitamin C, yang dapat mendorong produksi sel darah putih yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi.

Karena jika kamu terlalu sedikit mendapatkan vitamin C, maka dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kamu lebih rentan terhadap infeksi.

2. Menurunkan Berat Badan

Menaikan Berat Badan

* sumber: satujam.com

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, kamu bisa mengandalkan buah rambutan untuk membantu program dietmu supaya sukses. Dengan hanya olahraga atau latihan yang tepat dan rajin, program diet tidak akan berhasil tanpa makanan pendukung, salah satunya adalah rambutan.

Rambutan memiliki banyak hal baik untuk orang yang sedang diet, seperti serat dan juga kalori. Jadi, kamu tidak perlu selalu bergantung pada salad dan sayuran. Cobalah makan rambutan atau rambutan kalengan. Ada sangat sedikit kalori dalam 100 gram porsi rambutan.

Selain dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, buah rambutan juga membantu mengatur proses pencernaan dan mengoptimalkan pencernaan nutrisi. Hasilnya lebih sedikit karbohidrat yang diubah menjadi lemak, yang selanjutnya meningkatkan upaya penurunan berat badan.

3. Baik untuk Ibu Hamil

Kehamilan

Menjadi ibu hamil memang sangat menantang. Rasa mual di pagi hari, sembelit, dan hal-hal menjengkelkan lainnya akan dialami ibu hamil hampir setiap hari. Untuk membantu mencegah atau mengurangi kemungkinan hal-hal itu, ibu hamil bisa mendapatkan manfaat yang bagus dari rambutan.

Rambutan dapat memberikan kekebalan tinggi, untuk ibu hamil dan sang bayi. Plus, jumlah vitaminnya yang tinggi sangat baik untuk metabolisme. Hanya dengan rambutan yang murah dan segar, para ibu hamil bisa mendapatkan nutrisi terbaik untuk kebutuhan sehari-hari. Mengkonsumsinya juga sangat mudah, hanya dengan memakan daging buahnya secara langsung.

4. Mencegah Anemia

Obat Anemia Alami

Mungkin bagi wanita yang sudah haid tidak terlalu aneh dengan anemia. Meskipun anemia tidak berbahaya, tetapi kadang hal itu akan membuat hari jadi lebih melelahkan dan membosankan. Anemia membuat para wanita merasa lebih lemah dan lelah karena kehilangan banyak eritrosit. Jika tidak dirawat dengan cukup baik, kamu bisa jatuh sakit selama berhari-hari.

Untuk mencegah anemia, kamu bisa memakan rambutan. Hal itu karena buah rambutan mengandung zat besi yang dapat membantu pembentukan hemoglobin. Pada akhirnya, tubuh yang mendapatkan cukup zat besi dapat terhindar dari anemia, karena hemoglobin terus diproduksi.

5. Baik untuk Pencernaan

Melancarkan Pencernaan

Serat dalam rambutan dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Ini dapat membantu pencernaan dan juga membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Selain itu, sifat anti-bakterinya juga dapat membantu membunuh parasit usus, sehingga dapat mengobati diare juga.

Rambutan dapat membantu merangsang gerakan peristaltik dan menjernihkan segala tanda atau gejala sembelit. Selain itu, buah ini juga dapat membantu mengikis kelebihan kolesterol dari tubuh dan meningkatkan efisiensi nutrisi yang dimasukkan ke dalam tubuh.

6. Meningkatkan Kualitas Sperma

Sperma

* sumber: pixabay.com

Asupan vitamin C sangat penting untuk produksi sperma yang sehat. Hal itu bisa kamu dapatkan dari buah rambutan yang mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi. Jadi, buah rambutan secara tidak langsung dapat membantu pria mengatasi masalah ketidaksuburan.

Sebagai informasi, vitamin C yang rendah pada tubuh seorang pria dapat mengakibatkan kemampuan terbatas dalam reproduksi. Oleh karena itu, pria membutuhkan vitamin C yang cukup agar (dalam banyak kasus) dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma mereka.

7. Menyembuhkan Penyakit Kecil

Mencegah Sariawan dan Meningkatkan Imunitas

Karena kandungan vitamin C yang tinggi, buah rambutan dipercaya dapat menyembuhkan sejumlah penyakit kecil yang diakibatkan oleh kecilnya asupan vitamin C, seperti sariawan dan penyakit bibir kering. Di samping itu, rambutan juga dapat membantu mengobati penyakit lainnya, seperti sakit tenggorokan misalnya.

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut

Mengatasi Ketombe Rambut (Copy)

Rambutan memiliki sifat anti-bakteri yang dapat mengatasi ketombe dan masalah kulit kepala lainnya seperti gatal. Selain itu, vitamin C dalam buah ini juga dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala. Rambutan juga mengandung tembaga yang membantu mengobati kerontokan rambut, mengintensifkan warna rambut dan mencegah uban sebelum waktunya.

Rambutan juga mengandung protein, yang bisa memperkuat akar rambut. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan manfaat rambutan yang satu ini adalah dengan mengoleskan jus rambutan ke rambut dan diamkan selama 15 menit sebelum keramas seperti biasa.

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

* sumber: pixabay.com

Bagi para wanita di luar sana, buah-buahan sudah terkenal mampu merawat kulit mereka. Salah satu di antaranya adalah rambutan yang memiliki banyak nutrisi baik di dalamnya, termasuk protein baik yang dapat membantu meremajakan kulit (menghilangkan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru).

10. Membersihkan Ginjal

Mencegah Kerusakan Ginjal

* sumber: parade.com

Manfaat hebat lainnya dari buah menakjubkan yang satu ini adalah membantu menghilangkan limbah dari ginjal kita. Hal ini dilakukan dengan bantuan fosfor yang terkandung dalam rambutan. Fosfor juga penting untuk pengembangan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan dan sel-sel tubuh.

Detoksifikasi adalah cara membersihkan ginjal supaya “sampah” yang tertinggal di dalam ginjal, yang tidak sepenuhnya dibersihkan dalam aktivitas pembersihan, dapat dibersihkan oleh rambutan. Hal itu karena fosfor dapat membantu menetralkan racun yang terperangkap di dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa yang bisa kamu dapatkan dari buah rambutan. Selain terjangkau dan lezat, rambutan juga ternyata memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita.

Rambutan, seperti kebanyakan buah lainnya akan mudah busuk jika disimpan terlalu lama di suhu ruang. Nah, agar rambutan dan buah-buahan lainnya yang kamu beli tidak mudah busuk atau rusak, kamu bisa menerapkan metode menyimpan buah ala Bacaterus di artikel ini: Inilah 5 Cara Menyimpan Buah Tanpa Kulkas dengan Mudah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *