Bacaterus / Manfaat Buah / 9 Manfaat Menakjubkan dari Buah Pir Hijau untuk Kesehatan

9 Manfaat Menakjubkan dari Buah Pir Hijau untuk Kesehatan

9 Manfaat Menakjubkan dari Buah Pir Hijau untuk Kesehatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2019

Siapa yang tak kenal buah pir. Buah yang memiliki ragam bentuk dan warna ini terkenal enak dan segar karena memiliki kandungan air yang banyak. Buah pir juga ternyata menyimpan khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan kita. Apa sajakah itu? Ikuti ulasan Bacaterus tentang manfaat buah pir ini, yuk.

Asal Usul Buah Pir

Asal Usul Buah Pir
*

Pir adalah buah pomaceous, yaitu jenis buah yang masih satu keluarga buah pome, seperti apel. Buah pir memiliki rasa yang lezat dan manis dan dagingnya mengandung banyak air. Pohon pir memiliki banyak jenis tetapi pohon pir yang buahnya bisa dikonsumsi manusia jumlahnya tidak banyak.  Beberapa jenis pir hanya digunakan sebagai pohon hias dan semak belukar.

Buah pir berasal dari Cina dan tumbuh di Eropa, Afrika Utara, dan Asia. Terdapat bukti bahwa buah pir sudah dikonsumsi sejak dari masa prasejarah. Dalam literatur bangsa Celtic, sejarah Romawi, dan pengetahuan Cina, buah Pir telah menjadi bagian dari banyak menu makanan selama ribuan tahun. Pohon pir tumbuh dengan baik di iklim sedang dan sejuk.

Kandungan Nutrisi Buah Pir

Kandungan Nutrisi Buah Pir
*

Berdasarkan Database Nutrisi Nasional USDA atau United States Department of Agriculture, dalam satu buah pir dengan berat sekitar 178 gram (g) terkandung:

  • 101 kalori
  • 27 g karbohidrat, termasuk 17 g gula dan 6 g
  • 1 g protein
  • 0 g lemak

Mengkonsumsi satu buah pir ukuran sedang memberikan 12 persen kebutuhan vitamin C harian, serta 10 persen vitamin K, 6 persen kalium dan zat besi, kalsium, riboflavin, magnesium, vitamin B-6, dan folat dalam jumlah yang lebih kecil.

Buah pir, terutama yang berkulit merah, juga mengandung flavonol, karotenoid, dan anthocyanin. Pir dan apel diketahui sebagai sumber utama flavonol dalam makanan menurut Baltimore Longitudinal Study of Aging.

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran jenis apapun bermanfaat untuk mengurangi risiko beberapa penyakit. Buah pir selain bagus untuk diet juga mengandung banyak nutrisi yang memberikan manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa dari manfaat yang terkandung dalam buah pir untuk kesehatan kita.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
*

Untuk bisa memiliki kekebalan tubuh yang baik diperlukan asupan nutrisi yang cukup. Salah satu nutrisi yang penting membangun sistem kekebalan tubuh adalah vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif yang menargetkan radikal bebas yang merusak sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin C mendorong aksi sel darah putih dan membuat potensi terkena flu biasa atau kondisi lain yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh yang tertekan menjadi lebih kecil. Buah pir juga mengandung banyak senyawa anti-inflamasi yang dapat mengurangi kerusakan pada sel-sel sistem kekebalan tubuh dan membuat orang lebih tahan terhadap berbagai jenis penyakit menular.

2. Memperbaiki Pencernaan

Memperbaiki Pencernaan
*

Buah pir sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Sebagian besar serat yang terkandung dalam buah pir adalah polisakarida yang tidak larut, yang artinya berfungsi sebagai zat pengental di usus. Serat ini mengumpulkan makanan dan membuat makanan lebih mudah untuk melewati usus.

Serat juga mengatur aliran kotoran dan mengurangi kemungkinan sembelit, diare, dan BAB cair. Serat pir yang memiliki sifat berpori membantunya menempel agen penyebab kanker, melepaskan radikal di usus besar dan menjaga organ dari efek kerusakan.

3. Baik untuk Kadar Gula Darah

Menurunkan Kadar Gula Darah
*

Buah pir mengandung serat sehingga memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah. Buah pir juga memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah, dua hal yang konsumsinya dikurangi oleh penderita diabetes.

Kandungan mineral dan vitamin dalam buah pir, seperti zat besi, kalsium, kalium dan magnesium, dan vitamin C, E, K, beta-karoten, folat, lutein, kolin dan retinol adalah semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh baik penderita diabetes maupun orang sehat lainnya.

4. Mencegah Kanker

https://www.videoblocks.com/video/human-digestive-system-with-annotated-organs-hias_px7giwcn55hd
*

Manfaat buah pir yang juga sangat penting adalah melindungi kita dari berbagai jenis kanker. Serat dalam pir dapat mengikat dan membantu menghilangkan bahan kimia penyebab kanker di usus besar, selain juga mengikat kolesterol, sehingga mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

Menurut beberapa penelitian mengonsumsi buah-buahan kaya serat seperti pir dapat mengurangi risiko kanker hingga 34 persen pada wanita pasca-menopause.

5. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan
*

Beberapa orang memiliki keluhan tentang berbagai buah. Salah satu keluhan tersebut adalah kandungan kalori, terutama berasal dari gula alami. Namun kabar baiknya, buah pir adalah salah satu buah dengan kandungan kalori terendah. Buah pir rata-rata memiliki lebih dari 100 kalori, yang merupakan 5% dari kalori harian yang diperbolehkan oleh diet sehat.

Namun, buah pir memberikan suplemen nutrisi yang sangat besar, dan seratnya membuat orang memakan pir akan merasa kenyang. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite. Karena itu, orang yang mencoba menurunkan berat badan disarankan untuk beralih ke pir untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Mencegah Cacat Lahir

Mencegah Cacat Lahir
*

Pir mengandung folat yang merupakan komponen nutrisi penting lainnya. Asam folat telah berkorelasi positif dengan pengurangan cacat tabung saraf pada bayi baru lahir. Jadi bagi ibu-ibu mengonsumsi buah-buahan kaya folat seperti buah pir dapat melindungi kesehatan dan kebahagiaan bayi.

Itu adalah alasan utama mengapa wanita hamil dianjurkan untuk memantau kadar asam folat mereka, agar bayi mereka terhindar dari kecacatan.

7. Mencegah Penyakit Kardiovaskular dan Kolesterol

Mencegah Penyakit Kardiovaskular dan Kolesterol
*

Kadar kolesterol dapat diturunkan dengan meningkankat asupan serat. Sebuah tinjauan terhadap 67 percobaan terkontrol terpisah menemukan bahwa bahkan peningkatan asupan serat 10 gram per hari yang sederhana pun dapat mengurangi LDL (low-density lipoprotein atau kolesterol “jahat”) dan kolesterol total.

Sebuah studi terbaru memperlihatkan fakta bahwa serat makanan kemungkinan memiliki peran dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan, dan kemungkinan memiliki potensi untuk mengurangi risiko kondisi terkait peradangan seperti penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan juga obesitas.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Baik untuk Tulang dan Sendi
*

Kandungan mineral yang tinggi dalam pir adalah kalsium, magnesium, fosfor, mangan, dan tembaga. Kandungan ini mengurangi kehilangan mineral tulang dan kondisi yang melemahkan seperti osteoporosis dan kelemahan tubuh yang umum terjadi karena kurangnya dukungan dari tulang.

Selain itu, kandungan vitamin K dalam buah pir adalah kofaktor yang sangat jarang tetapi penting untuk kesehatan tulang yang lebih baik. Kekurangan vitamin K adalah kondisi yang sangat umum terjadi pada orang dewasa, terutama karena mereka tidak menyadari pentingnya vitamin ini. Dengan mengkonsumsi pir secara teratur membantu menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, buah pir juga memastikan pembekuan darah normal. Kandungan sedikit kalsium dalam pir juga membantu menambah asupan harian dari sumber lain.

9. Perawatan Kulit dan Rambut

Perawatan Kulit dan Rambut
*

Vitamin A merupakan salah satu vitamin paling serbaguna dalam tubuh manusia. Buah pir memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan juga komponen-komponen selanjutnya, antara lain lutein dan zeaxanthin.

Buah pir dapat mengurangi efek penuaan pada kulit contohnya keriput dan bintik-bintik penuaan dengan bertindak sebagai antioksidan, dan juga dengan berperan dalam sejumlah reaksi enzimatik dan fungsi organ. Selain itu, buah pir juga dapat mengurangi kemungkinan kerontokan rambut, degenerasi makula, katarak, dan berbagai kondisi lain yang terkait dengan proses penuaan.

Menakjubkan bukan manfaat dari buah pir? Baca juga artikel manfaat buah pir kuning jika kamu juga ingin mencoba varietas pir yang satu ini.

[sharethis-inline-buttons]

Tinggalkan komentar