Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Buah Pepino untuk Tubuh yang Lebih Sehat

10 Manfaat Buah Pepino untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2019

Pepino yang bernama ilmiah solanum muricatum adalah tanaman berbuah manis yang berasal dari Amerika Selatan. Buah pepino disebutkan memiliki warna yang mirip dengan melon dengan rasa campuran antara melon dan mentimun. Oleh karena itu, buah ini juga kadang disebut dengan pepino melon atau pir melon.

Buah pepino terkenal karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah yang sangat bergizi ini juga sarat dengan antioksidan, memiliki sifat diuretik, hingga anti peradangan. Selain itu terdapat pula kandungan flavonoid dan fenol yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cukup mudah untuk menemukan buah pepino di tempat asalnya. Di Indonesia buah ini masih terbilang jarang karena belum banyak orang menanamnya. Meskipun demikian, cukup mudah untuk mendapatkan buah atau tanaman ini karena sudah dijual secara online.

Kandungan Nutrisi Buah Pepino

Dimakan Langsung cara makan buah pepino

* sumber: id.wikipedia.org

Buah eksotis ini tidak datang dengan tangan kosong, melainkan dengan berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks, protein, kalsium, zat besi, kalium dan tembaga yang penting untuk metabolisme tubuh manusia.

Cukup mudah mengkonsumsi buah pepino karena semua bagian buahnya dapat dimakan mirip tomat dan terong. Namun, jika kulitnya terlalu keras untuk dimakan, Anda dapat mengupas dan membuangnya. Anda dapat membaca artikel Bacaterus lain tentang berbagai macam cara memakan buah pepino yang tepat di sini.

Manfaat Buah Pepino

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pepino yang menarik untuk diketahui.

1. Penambah Energi Alami

* sumber: www.maxpixel.net

Buah pepino dikenal mengandung senyawa tertentu yang dapat membantu memecah glukosa dalam tubuh. Glukosa sendiri merupakan sumber tenaga yang tersimpan di dalam tubuh yang berasal dari makanan yang kita makan.

Jadi, alih-alih tersimpan sebagai lemak, glukosa akan secara optimal diubah menjadi energi dengan senyawa tersebut. Dengan kata lain, jika tubuh Anda sedang terasa lemah, cobalah untuk mengkonsumsi buah pepino agar energi di dalam tubuh terkumpul kembali.

2. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Pepino adalah buah dengan kandungan sodium yang sangat rendah atau bahkan tidak ada sekali. Di sini lain, buah ini mengandung sejumlah besar kalium yang sangat efektif untuk mengatur tekanan darah tinggi untuk mencegah kondisi seperti penyakit jantung, hipertensi dan bahkan stroke.

Kalium dapat membantu menyeimbangkan efek negatif garam, dan pada gilirannya membantu menurunkan tekanan darah. Semakin banyak kalium yang dimakan, semakin banyak pula sodium yang dikeluarkan melalui urin.

3. Mengurangi Kolesterol

Menurunkan Kolesterol

* sumber: Merawat%20Kulit%20dan%20Rambut

Kandungan serat larut yang tinggi pada buah pepino juga mampu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Serat larut tidak mempengaruhi kolesterol secara langsung, tetapi mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari tubuh.

Serat larut sendiri adalah senyawa yang tidak dapat dipecah tetapi memiliki fungsi yang menonjol dalam metabolisme tubuh dengan mengikat kolesterol LDL (jahat) untuk dikeluarkan dari tubuh dan membiarkan kolesterol HDL (baik) melakukan hal-hal baik pada tubuh.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

* sumber: pixabay.com

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepino juga sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kadar vitamin C-nya yang cukup tinggi dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan melindungi tubuh dari infeksi lebih lanjut.

Sebagai informasi, sifat antioksidan hadir dalam buah-buahan yang belum matang dan matang. Akan tetapi, buah yang sudah matang memiliki kandungan flavonoid dan fenol yang lebih tinggi, sehingga sifat antioksidannya lebih baik.

5. Membantu Proses Pencernaan

Memperbaiki Pencernaan

* sumber: www.videoblocks.com

Makanan yang kaya serat sering dikaitkan dengan proses pencernaan yang lebih baik. Seperti yang sudah disebutkan di atas, pepino adalah buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Oleh karena itu, pepino bisa menjadi obat alami yang sangat baik bagi mereka yang menderita masalah pencernaan.

Sementara seratnya bisa membantu meningkatkan pergerakan usus, vitamin C dalam buah pepino juga memungkinkan tubuh menyerap nutrisi dari makanan secara optimal sekaligus mencegah perut dari sembelit dan kondisi perut lainnya.

6. Menguatkan Tulang

Menyehatkan tulang dan gigi

* sumber: journal.20fit.co.id

Tulang yang sehat dan kuat sangat diperlukan untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Agar tulang kita demikian, kita memerlukan asupan vitamin K dan kalsium yang cukup di mana pepino merupakan salah satu sumber alaminya.

Vitamin K dalam tubuh berfungsi menjaga tulang agar kuat dan sehat, menjaga kalsium dalam tulang dan menghindarinya menumpuk di arteri. Ini berarti buah pepino juga bagus dikonsumsi oleh mereka yang sudah berusia lanjut agar kesehatan tulang bisa terjaga.

7. Mengatasi Rasa Sakit dan Nyeri

penyakit radang sendi

Buah pepino juga dikenal karena memiliki sifat anti inflamasi atau peradangan. Selain itu, pepino juga dipercaya dapat membantu meredakan rasa sakit dan nyeri di seluruh tubuh.

Bahkan buah pepino telah lama digunakan sebagai makanan tradisional untuk melawan peradangan oleh penduduk yang tinggal di tempat di mana buah ini ditanam.

8. Membantu Melawan Kanker

Kanker

* sumber: depositphotos.com

Kombinasi antara vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten adalah mengapa buah pepino merupakan sumber antioksidan. Seperti yang kita ketahui kalau antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas yang bisa menjadi akar kondisi tertentu seperti perkembangan sel kanker. Sebuah penelitian tentang manfaat pepino yang ini dapat dibaca di sini.

9. Mengatur Gula Darah

kadar gula darah

Kandungan serat yang tinggi dalam buah pepino juga sangat baik untuk membantu mengatur kadar gula darah dalam aliran darah. Oleh karena itu, pepino bisa menjadi makanan yang sangat baik bagi mereka yang telah didiagnosis menderita diabetes tipe tertentu.

Buah pepino memiliki efek anti-inflamasi, antiglikatif, dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi efek perkembangan diabetes. Selain itu, pepino juga dianggap ideal untuk pencegahan penyakit ginjal kronis. Penelitian mengenai manfaat pepino yang ini bisa dibaca di sini.

10. Meningkatkan Kesehatan Hati

Baik untuk Kesehatan Hati

* sumber: www.drberg.com

Hati merupakan inti dari banyak fungsi dalam tubuh. Hati yang sehat berdampak pada tubuh yang sehat. Oleh karena itu, meningkatkan kesehatan hati adalah cara yang tepat untuk meningkatkan energi, menyimbangkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Pepino adalah salah satu buah yang disebutkan dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan hati. Serat yang terkandung di dalam buah pepino mampu menghilangkan racun dari tubuh, membersihkan hati dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Nah, itulah beberapa manfaat buah pepino untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini sangat penting untuk diketahui jika suatu saat Anda ingin mencoba memakan buah ini sebagai bagian dari diet sehat harian.

Berkonsultasi pada dokter sebelum mengkonsumsi buah ini sangat diperlukan agar Anda mengetahui berapa asupan harian yang tepat untuk buah ini. Selain itu, buah pepino juga mungkin memiliki efek samping bagi orang-orang tertentu sehingga peran dokter dibutuhkan.

Buah atau tanaman pepino masih tergolong langka di Indonesia. Meskipun demikian, Anda masih dapat menemukannya dengan mudah secara online, seperti di Bukalapak. Dapatkan buah atau tanaman pepino dengan mudah di Bukalapak melalui link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar