Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Buah Pepaya untuk Tubuh yang Lebih Sehat

10 Manfaat Buah Pepaya untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juli 2019

Pepaya adalah salah satu jenis buah yang paling umum ditemukan di pasar. Buah ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan daging berwarna oranye yang tebal. Satu buah pepaya bisa dinikmati oleh beberapa orang.

Indonesia merupakan tempat yang tepat untuk budidaya pohon pepaya. Hal itu tak lain karena pepaya adalah buah tropis yang diyakini berasal dari daratan Meksiko Selatan dan Amerika Tengah.

Ada banyak jenis pepaya yang dibudidayakan di Indonesia. Salah satu yang paling populer adalah pepaya california yang dagingnya lezat dan manis, tapi berukuran lebih kecil dibanding pepaya pada umumnya.

Pepaya mengandung sejumlah nutrisi, mineral, dan antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kandungan nutrisi dan beberapa manfaat buah pepaya akan kami paparkan di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah pepaya per 100 gram sajian (mentah). Selengkapnya bisa dilihat di sini.

  • Karbohidrat: 10.82 gram
  • Lemak: 0,26 gram
  • Protein: 0,47 gram
  • Vitamin A: 47 mikrogram
  • Tiamin (B1): 0,023 miligram
  • Riboflavin (B2): 0,027 miligram
  • Niacin (B3): 0,357 miligram
  • Asam Pantotenat (B5): 0,191 miligram
  • Folat (B9): 38 mikrogram
  • Vitamin C: 62 miligram
  • Vitamin E: 0,3 miligram
  • Vitamin K: 2,6 mikrogram
  • Kalsium: 20 miligram
  • Zat besi: 0,25 miligram
  • Magnesium: 21 miligram
  • Mangan: 0,04 miligram
  • Fosfor: 10 miligram
  • Kalium: 182 miligram
  • Sodium: 8 miligram
  • Seng: 0,08 miligram
  • Air: 88 gram
  • Likopen: 1828 mikrogram

Manfaat Buah Pepaya

Berikut adalah beberapa manfaat penting buah pepaya untuk kesehatan. Yuk, cek manfaat-manfaatnya buat Anda:

1. Memiliki Efek Antioksidan Yang Kuat

* sumber: www.thebluediamondgallery.com

Pepaya dikenal sebagai buah yang memiliki efek antioksidan yang kuat yang dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko beberapa penyakit. Masalah-masalah kesehatan ini disebabkan oleh radikal bebas yang merupakan molekul reaktif yang diciptakan selama metabolisme tubuh.

Antioksidan, termasuk karotenoid yang ditemukan dalam buah pepaya disebutkan dapat menetralkan radikal bebas. Selain itu, likopen dalam pepaya juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan kelebihan zat besi, yang dikenal menghasilkan radikal bebas.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

* sumber: www.needpix.com

Ingin tubuh yang kuat dan tidak mudah sakit? Mengkonsumsi buah pepaya bisa menjadi solusi yang bagus buat Anda. Seperti halnya buah-buah lain yang kaya vitamin C, pepaya juga tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Dengan imunitas yang kuat, tubuh kita jadi tidak mudah terserang penyakit serta infeksi. Dalam satu buah pepaya bisa terkandung lebih dari 200% kebutuhan vitamin C harian, membuatnya bagus untuk sistem kekebalan tubuh.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menaikan Berat Badan

* sumber: satujam.com

Mengalami kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya? Solusinya Anda harus segera melakukan diet sehat, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya serat dan rendah kalori seperti pepaya.

Kandungan serat yang tinggi pada pepaya dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak perlu banyak mengkonsumsi banyak makanan berkalori tinggi. Selain itu, pepaya juga dapat memperlancar proses buang air besar yang pada akhirnya mempermudah proses penurunan berat badan.

4. Menurunkan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol

* sumber: Merawat%20Kulit%20dan%20Rambut

Tahukah Anda kalau terlalu banyak penumpukan kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa penyakit jantung, seperti serangan jantung dan hipertensi? Tidak ingin hal ini terjadi, kan? Maka dari itu sangat penting untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh kita.

Salah satu cara sehat menurunkan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi buah yang kaya serat, vitamin C, dan antioksidan seperti pepaya. Nutrisi-nutrisi ini dapat mencegah penumpukan atau endapan kolesterol pada dinding-dinding arteri sehingga kita dapat terhindar dari penyakit yang disebabkannya.

5. Bagus untuk Kesehatan Mata

* sumber: www.health.mil

Para orangtua sering menyarankan anak mereka untuk mengkonsumsi wortel agar mata menjadi sehat dan penglihatan tajam. Hal itu memang tidak sepenuhnya keliru karena wortel mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata secara umum.

Manfaat serupa juga dimiliki oleh buah pepaya yang kaya akan vitamin A. Secara umum, pepaya dapat melindungi mata kita dari pengembangan katarak, glaukoma, dan penyakit mata kronis lainnya.

6. Memperbaiki Pencernaan

Memperbaiki Pencernaan

* sumber: www.videoblocks.com

Buah pepaya dikenal memiliki enzim pencernaan yang disebut dengan papain. Enzim ini diketahui dapat membuat protein lebih mudah dicerna. Bersama dengan serat yang banyak terkandung dalam pepaya, kedua hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Masyarakat yang tinggal di daerah tropis umumnya menganggap pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala-gejala lain dari sindrom iritasi usus besar. Jadi, jika Anda memiliki masalah dengan pencernaan, mengkonsumsi pepaya bisa menjadi solusi yang tepat dan lezat.

7. Melindungi Kulit dari Kerusakan

* sumber: pixabay.com

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, pepaya juga dapat membantu kulit terlihat lebih kencang dan awet muda. Pepaya merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin E dan antioksidan seperti beta-karoten yang membantu mencegah kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Perlu diketahui bahwa aktivitas radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh diyakini sebagai penyebab terjadinya banyak kerutan, kendur dan kerusakan pada kulit lainnya yang terjadi seiring bertambahnya usia. Selain itu, vitamin C dan likopen dalam pepaya juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan ini.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung

* sumber: pixabay.com

Selain bagus untuk kulit, vitamin C dan likopen dalam pepaya juga diyakini dapat membantu mencegah penyakit jantung. Oleh karena itu, mengkonsumsi cukup pepaya dalam diet harian dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Selain dapat melindungi jantung, antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol HDL (baik). Oleh karena itu, tambahkan buah pepaya ke dalam diet harian Anda untuk jantung yang lebih sehat.

9. Mencegah Kanker

Kanker

* sumber: depositphotos.com

 

Pepaya merupakan sumber antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid yang kaya yang mencegah sel-sel tubuh mengalami kerusakan akibat radikal bebas. Singkatnya pepaya dapat bekerja dengan mengurangi radikal bebas yang berkontribusi terhadap penyakit kanker.

Bahkan beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi pepaya dengan pengurangan risiko kanker usus besar dan prostat. Selain itu, pepaya juga mungkin bermanfaat bagi mereka yang sedang dirawat karena menderita kanker.

10. Membantu Melawan Peradangan

* sumber: pixabay.com

Peradangan kronis merupakan sumber dari banyak penyakit. Dua hal yang dapat mendorong proses peradangan adalah makanan dan gaya hidup yang tidak sehat. Agar hal ini dapat dilawan dan ditekan, kita perlu mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran yang kaya antioksidan termasuk di dalamnya buah pepaya.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan buah pepaya yang perlu diketahui. Kemungkinan masih ada manfaat lainnya yang belum disebutkan di sini. Anda dapat berkonsultasi pada dokter untuk informasi yang lebih lengkap mengenai diet sehat buah pepaya.

Buah pepaya sangat mudah ditemukan di toko-toko buah dengan harga yang terjangkau. Pepaya yang banyak dijual oleh pedagang buah-buahan umumnya adalah pepaya california. Selain ukurannya yang tergolong ‘pas’, jenis pepaya ini juga memiliki daging buah yang lebih lezat dan terasa manis.

Sebagai informasi tambahan, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil pepaya terbesar di dunia, bersama dengan India, Brazil, Meksiko, dan Nigeria.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar