Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Buah Nangka untuk Tubuh yang Lebih Sehat

10 Manfaat Buah Nangka untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 November 2019

Nangka adalah jenis buah tropis yang telah dikonsumsi selama berabad-abad di Thailand, Indonesia, Sri Lanka, dan India. Selain dikonsumsi langsung, buah ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam resep, mulai dari hidangan untuk sarapan, sayur hingga makanan penutup yang manis.

Secara alami daging buah ini memiliki tekstur yang lembut seperti halnya daging. Selain itu, buah eksotis ini juga mampu menyerap rasa dari makanan dan rempah-rempah yang dimasak, yang membuatnya banyak dipilih untuk hidangan vegetarian yang lezat.

Buah nangka memiliki rasa manis yang mirip dengan kombinasi buah-buahan, seperti apel, nanas, mangga, dan pisang. Sama seperti buah-buahan lainnya, buah nangka mengandung banyak nutrisi seperti rendah kalori, bebas lemak alami, natrium, vitamin A, vitamin C, kalium dan tinggi serat.

Dibalik kepopulerannya untuk berbagai hidangan, buah nangka ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja? Yuk, langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Mengurangi Tekanan Darah

Mengurangi Tekanan Darah

* sumber: www.iflscience.com

Jumlah kalium yang tepat memastikan pengaturan natrium yang seimbang dalam tubuh kita. Jika tidak, maka hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada arteri dan jantung. Kalium juga berkoordinasi dan menjaga fungsi otot termasuk otot-otot jantung. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki fungsi sistem tubuh yang sempurna.

Nah, dalam buah nangka terkandung kalium dalam jumlah yang tinggi yang dapat membantu sistem peredaran darah tubuh kita. Kalium menurunkan tekanan darah dengan menangkal efek natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.

2. Sebagai Obat Penangkal Kanker

Mencegah Kanker Payudara

* sumber: www.thehealthy.com

Buah nangka diketahui mengandung flavonoid, antioksidan dan fitonutrien yang tinggi. Kandungan antioksidan dalam buah ini mampu membuang racun yang diakibatkan oleh radikal bebas. Sebagai informasi, jika racun tersebut tidak dikeluarkan oleh tubuh, maka dapat menyebabkan penyakit kanker.

Dilansir CNN Indonesia, buah nangka disebutkan berkhasiat untuk menangkal kanker. Hal itu karena di dalam buah nangka terkandung sejumlah zat fitokimia seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Selain menangkal, buah nangka juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita kanker.

3. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Memperbaiki Pencernaan

* sumber: www.videoblocks.com

Buah nangka berkontribusi dalam meningkatkan sistem pencernaan ketika kita memakannya secara teratur. Buah nangka mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, sehingga tidak menyebabkan sakit perut. Bahkan jika dimakan dalam jumlah besar dapat meningkatkan pergerakan usus. Nangka juga melindungi usus dengan mengeluarkan bahan kimia karsinogenik dari usus besar.

Karena buah nangka kaya akan dua jenis serat, yaitu serat larut dan tidak larut, maka sangat penting untuk mengkonsumsi buah ini sebagai makanan sehari-hari. Serat larut berfungsi untuk menghasilkan energi, sedangkan serat tidak larut dapat membantu memperlancar buang air besar untuk memudahkan pergerakan usus.

4. Mendukung Kesehatan Tulang

Menyehatkan tulang dan gigi

* sumber: journal.20fit.co.id

Buah nangka juga bermanfaat sebagai suplemen kalsium yang baik untuk tulang yang sehat. Maka dari itu, mengkonsumsi buah nangka sangat dianjurkan. Selain kalsium, buah ini juga mengandung vitamin C dan magnesium yang selanjutnya membantu penyerapan kalsium.

Karena buah nangka mengandung banyak kalsium yang bermanfaat untuk mendukung kekuatan tulang, maka kamu dapat terhindar dari sejumlah gejala penyakit tulang, seperti osteopororis atau radang sendi. Hal tersebut dapat kamu atasi dengan mengkonsumsi buah nangka secara rutin.

5. Meningkatkan Sistem Imun

* sumber: www.needpix.com

Buah nangka mengandung sejumlah besar vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya lebih kuat ketika melawan infeksi.

Jika kamu memakan satu porsi buah nangka seberat 100 gram, kamu bisa mendapatkan dorongan energi untuk mendukung kegiatan kamu sehari-hari. Selain itu, buah nangka juga mengandung gula yang mudah dicerna dan sangat baik untuk tubuh.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

* sumber: www.health.com

Buah nangka mengandung vitamin A dalam bentuk beta-karoten yang tinggi, sehingga buah ini memberikan manfaat yang baik untuk mata. Vitamin tersebut berfungsi membebaskan mata dari infeksi, virus, serta radikal bebas.

Selain itu, buah nangka juga dapat melindungi mata dari gelombang cahaya yang berbahaya seperti sinar UV. Oleh karena itu, jika kamu ingin meningkatkan kesehatan mata dan terhindar dari risiko penyakit katarak dan degenerasi retina, mengkonsumsi buah nangka sangat dianjurkan.

7. Mencegah Penyakit Asma

* sumber: www.pexels.com

Bagi kamu yang memiliki penyakit asma, buah nangka bisa membantu kamu mengatasinya. Selain itu, buah nangka juga bermanfaat untuk mengendalikan serangan asma.

Biasanya asma datang karena dipicu oleh polusi udara yang buruk. Nah, buah nangka dapat membantu mengendalikan gejala asma dengan cara membuang radikal bebas yang berada di dalam tubuh.

8. Mempercantik Kulit

* sumber: pixabay.com

Buah ini menyediakan beberapa nutrisi dan antioksidan, seperti vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Pada akhirnya, kulit kamu jadi terlihat lebih cantik dan sehat.

Selain itu, buah nangka juga kaya akan vitamin A yang dianggap sebagai komponen anti-penuaan aktif untuk kulit yang lebih bercahaya. Hal ini dapat membantu melindungi kulit yang rusak yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan mencegah keriput.

9. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Mengurangi Kolesterol

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji nangka dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Kolesterol jahat adalah endapan lunak yang dapat menempel pada dinding bagian dalam arteri.

Saat endapan ini menumpuk, kolesterol jahat tersebut dapat membatasi aliran darah yang dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko serangan jantung. Kolesterol baik membantu menghilangkan kolesterol jahat dari pembuluh darah dan mengirimkannya kembali ke hati.

Selain itu, ada juga studi yang meneliti efek dari berbagai diet biji nangka pada kadar kolesterol dari tikus. Tikus yang mengkonsumsi banyak biji nangka mengalami peningkatan kadar kolesterol baik dan penurunan kadar kolesterol buruk, dibandingkan dengan tikus yang mengkonsumsi biji nangka lebih sedikit.

10. Membantu Menyembuhkan Luka

Mengobati Luka Luar

* sumber: www.tokoaryanto.com

Buah nangka adalah sumber vitamin C yang bagus, serta mengandung antioksidan tinggi yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, vitamin C juga dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat kolagen. Kolagen sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan jaringan ikat.

Kolagen juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Karena buah nangka mengandung zat anti-inflamasi dan anti-bakteri, nangka dapat membantu meningkatkan proses penyembuhan luka. Para peneliti juga menunjukkan bahwa ekstrak dari daun buah nangka dapat meningkatkan penyembuhan luka.

Buah nangka sangat baik untuk kamu karena berbagai alasan. Buah ini mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari sejumlah penyakit berbahaya.

Kamu dapat dengan mudah memasukkan nangka ke dalam diet harian, baik memakannya secara langsung atau dibuat menjadi hidangan lain yang sehat. Jika kamu seorang vegetarian, nangka adalah alternatif yang baik sebagai pengganti daging.

Karena nangka mengeluarkan getah, kamu mungkin cukup repot ketika hendak memotong dan mengolahnya. Jika sudah terlanjur terkena getah nangka, kamu bisa membaca artikel Bacaterus mengenai Cara Menghilangkan Getah Nangka yang Cepat dan Mudah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *