Bacaterus / Manfaat Buah / Inilah 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Inilah 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Juni 2019

Buah naga adalah sejenis buah yang dikenal karena bentuknya yang eksotis. Buah ini dianggap membawa berkah bagi orang-orang Vietnam dan Tionghoa. Oleh karena itu, mereka selalu meletakkan buah naga di di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar hingga melahirkan istilah thang loy atau buah naga (Wikipedia). Istilah ini kemudian digunakan di berbagai tempat di dunia, seperti dragon fruit (Eropa) dan buah naga (Indonesia dan Malaysia).

Apa Itu Buah Naga?

Buah naga atau pitaya merupakan sejenis buah dari keluarga kaktus-kaktusan yang berasal dari daratan Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Meksiko selatan. Saat ini buah naga sudah dikenal dan dibudidayakan di banyak negara di dunia, seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, Taiwan, dan Filipina.

Karena bentuk dan warnanya yang unik, buah naga telah mendapatkan cukup popularitas di Indonesia. Selain dijual di supermarket-supermarket besar, buah naga juga bisa ditemui di toko-toko buah di pinggir jalan. Bahkan mudah untuk menemukan menu jus buah naga di banyak kedai jus.

Pulau Jawa merupakan basis utama pembudidayaan buah naga di Indonesia. Beberapa daerah penghasil buah naga di Pulau Jawa adalah Bandung, Kulon Progo, Malang, Banyuwangi, dan masih banyak lagi.

Jenis buah naga yang paling populer memiliki kulit berwarna merah cerah dengan sisik hijau serta daging berwarna putih dengan biji hitam. Rasanya sendiri disebut-sebut sebagai persilangan manis antara buah kiwi dan buah pir. Daging buah naga dapat dijadikan jus atau campuran salad untuk menghasilkan rasa yang lebih lezat dan kaya.

Nutrisi Buah Naga

Buah naga mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, dengan kandungan serat dan magnesium yang tergolong cukup tinggi . Berikut ini adalah jumlah nutrisi yang terdapat dalam 100 gram daging buah naga.

  • Kalori: 60
  • Protein: 1,2 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 13 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin C: 3% dari RDI
  • Besi: 4% dari RDI
  • Magnesium: 10% dari RDI

Selain berbagai nutrisi penting di atas, buah naga juga mengandung beberapa senyawa tanaman bermanfaat seperti polifenol, karoten, dan betacyanin.

Manfaat Buah Naga

Buah naga merupakan jenis buah yang kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan mengkonsumsi buah naga adalah meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan usus. Buah naga juga dapat membantu penurunan berat badan, mengendalikan diabetes, dan menurunkan kolesterol. Berikut adalah paparannya.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

* sumber: pixabay.com

Tingginya kadar vitamin C yang ditemukan dalam buah naga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga merangsang aktivitas antioksidan lainnya di dalam tubuh. Selain itu, tubuh juga jadi tidak mudah terkena infeksi karena vitamin C dan karotenoid dalam buah naga melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Menurut sebuah penelitian, daging dan kulit buah naga memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang tinggi yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas. Antioksidan ini juga berfungsi meningkatkan jumlah trombosit, sehingga bisa menjadi obat alami untuk penyakit demam berdarah dan membantu pemulihan yang lebih cepat.

2. Mengontrol Diabetes

Mencegah Diabetes

* sumber: theconversation.com

Mengkonsumsi buah naga secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 dan pra-diabetes. Penelitian ini membuktikan bahwa keseluruhan penderita diabetes menunjukkan penurunan kadar gula darah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi buah naga.

Karena buah naga kaya akan antioksidan, studi lain mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung, kanker, dan radang sendi. Beberapa antioksidan yang terdapat dalam buah naga antara lain seperti vitamin C, beta-karoten, likopen dan betalain.

3. Kaya Akan Serat

Menaikan Berat Badan

* sumber: satujam.com

Dalam satu sajian buah naga (227 gram) kira-kira terdapat 7 gram serat yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Kandungan seratnya yang tinggi tersebut dapat membantu meningkatkan pergerakan usus, melancarkan saluran pencernaan, merangsang gerakan peristaltik, dan mendorong pelepasan getah pencernaan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa selain bagus untuk pencernaan, serat juga dapat berperan dalam melindungi terhadap penyakit jantung, mengelola diabetes tipe 2 dan mempertahankan berat badan yang sehat. Sebagai info, asupan serat harian yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan adalah 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria.

4. Meningkatkan Kesehatan Usus

Bakteri di Usus

* sumber: nutritionreview.org

Mengkonsumsi buah naga dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di dalam usus, yang akhirnya akan meningkatkan kesehatan usus. Usus manusia sendiri adalah rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri. Banyak peneliti yang percaya bahwa kumpulan mikroorganisme ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Karena mengandung sejumlah prebiotik, buah naga dapat berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam usus. Prebiotik sendiri  adalah jenis serat khusus yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri sehat di dalam usus, seperti lactobacilli dan bifidobacteria. Oleh karena itu, mengonsumsi prebiotik secara teratur dapat mengurangi risiko terkena infeksi pada saluran pencernaan dan diare.

5. Kaya Akan Magnesium dan Vitamin B

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Magnesium adalah jenis mineral yang memiliki beberapa manfaat termasuk untuk meningkatkan kesehatan tulang dan kesehatan jantung. Salah satu jenis buah yang kaya akan mineral ini adalah buah naga, dengan 18% dari RDI dalam setiap sajiannya.

Di dalam tubuh manusia sendiri kira-kira terdapat 24 gram magnesium yang ambil bagian dalam ratusan reaksi kimia penting di dalam tubuh. Sebagai contoh, magnesium diperlukan untuk mengurai makanan menjadi energi, kontraksi otot, pembentukan tulang dan bahkan penciptaan DNA.

Selain vitamin C, buah naga juga diperkaya dengan berbagai vitamin B, seperti vitamin B1, B2, dan B3. Vitamin-vitamin ini dapat membantu meningkatkan banyak hal dalam tubuh mulai dari tekanan darah, kesehatan kulit, dan kadar kolesterol hingga fungsi tiroid, kadar hemoglobin yang berfluktuasi, dan metabolisme karbohidrat.

Cara Mengkonsumsi Buah Naga

Potong Bite Size cara mengupas buah naga

* sumber: pitahaya.info

Buah naga memiliki kulit buah yang cukup tebal sehingga perlu sedikit upaya untuk mengupasnya. Walaupun demikian, mengkonsumsi daging buah ini cukup sederhana. Sebelum siap menikmatinya, pilihlah buah naga yanh sudah matang sempurna (tidak terlalu muda maupun terlalu matang).

Buah naga yang masih mentah akan berwarna hijau. Untuk mendapatkan yang sudah matang, carilah buah naga yang berwarna merah cerah. Jika terdapat beberapa bintik itu masih dianggap normal, tetapi terlalu banyak bintik memar menandakan buah naga itu sudah terlalu matang. Daging buah naga yang matang sempurna pasti terasa lembut tetapi tidak lembek.

Berikut adalah cara mengkonsumsi buah naga segar:

  • Potong buah naga segar menjadi dua bagian.
  • Ambil daging buah dengan sendok, atau potong dadu dengan memotong garis vertikal dan horizontal tanpa memotong bagian kulitnya.
  • Gunakan sendok untuk mengambil potongan-potongan buahnya.
  • Nikmati buah naga secara langsung, ditambahkan ke dalam salad dam yogurt, atau membuatnya menjadi jus yang lezat.
  • Buah naga tersedia di toko-toko buah dengan harga yang terjangkau.

Nah, demikianlah beberapa manfaat buah naga yang berhasil kami rangkum. Jadi, apakah Anda mulai tertarik untuk mengonsumsinya? Atau punya informasi menarik lainnya mengenai buah naga? Kalau begitu, langsung bagikan dengan kami dan pembaca lain di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar