Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Buah Mengkudu untuk Tubuh yang Lebih Sehat

10 Manfaat Buah Mengkudu untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2019

Ada yang belum kenal dengan mengkudu? Dengan nama ilmiah morinda citrifolia, mengkudu adalah sejenis buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia pohon mengkudu cukup mudah ditemukan di beberapa daerah dengan nama lokalnya masing-masing.

Oleh masyarakat Sunda buah ini disebut dengan cangkudu, kemudu atau kudu di Jawa, kodhuk di Madura, tibah di Bali, dan noni di Betawi. Noni merupakan nama buah mengkudu yang lebih internasional karena digunakan juga oleh masyarakat Kepulauan Hawaii di Samudera Pasifik.

Buah mengkudu dicirikan dengan warna hijau dan totol-totol hitam saat masih muda dan warna putih dengan bintik-bintik hitam saat sudah tua. Karena aromanya cukup kuat, banyak orang mungkin tidak suka mengkonsumsi buah ini secara langsung.

Kandungan Nutrisi Mengkudu

Buah mengkudu

* sumber: www.cultureindo.com

Di beberapa negara mengkudu lebih populer dibuat jus. Bahkan kita dapat dengan mudah menemukan jus mengkudu atau noni yang dijual komersial di toko-toko online. Sepertinya bukan rasa yang dicari orang dari buah ini, tetapi khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Selain jus, buah mengkudu juga populer dijadikan suplemen kesehatan dalam bentuk kapsul.

Mengkudu diketahui mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral penting, yang tersedia baik pada buah maupun daunnya. Selain itu, mengkudu juga memiliki zat-zat lain yang berguna bagi tubuh, seperti terpenoid untuk membantu proses pemulihan sel-sel tubuh, scolopetin sebagai senyawa anti peradangan, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi mengkudu yang terdapat dalam 100 ml jus buah mengkudu.

  • Kalori: 47 kalori
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Protein: kurang dari 1 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Gula: 8 gram
  • Vitamin C: 33% dari Tingkat Asupan Harian/Reference Daily Intake (RDI)
  • Biotin: 17% dari RDI
  • Folat: 6% dari RDI
  • Magnesium: 4% dari RDI
  • Kalium: 3% dari RDI
  • Kalsium: 3% dari RDI
  • Vitamin E: 3% dari RDI

Seperti kebanyakan jus buah, jus mengkudu juga mengandung karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak. Kadar vitamin C-nya yang tinggi sangat penting untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Selain itu, biotin dan folat-nya juga berperan membantu mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh.

Manfaat Buah Mengkudu

Karena mengandung sejumlah nutrisi, buah mengkudu pastinya memiliki beberapa manfaat penting untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat buah mengkudu yang sudah diproses dalam bentuk jus (lebih mudah didapat dan umum secara komersial).

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

* sumber: pixabay.com

Jus buah mengkudu disebut-sebut mengandung polisakarida yang mampu memerangi infeksi dan penyakit lainnya. Komponen yang bermanfaat ini merangsang aktivitas sel darah putih yang memainkan peran penting dalam mengerahkan efek perlindungan seperti itu.

Dalam jus mengkudu terdapat pula senyawa scopoletin yang memiliki sifat anti-bakteri, antimutagenik, anti-inflamasi, antijamur, dan anti-histamin yang secara signifikan berkontribusi untuk mempertahankan mekanisme pertahanan kekebalan tubuh.

Jadi, agar tubuh tidak mudah terserang penyakit, mengkonsumsi jus mengkudu bisa menjadi cara alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Mempercepat Penyembuhan

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Jus buah mengkudu juga terkenal efektif dalam mempercepat penyembuhan luka. Hal ini tentu saja sudah diungkapkan dalam sebuah penelitian yang mengevaluasi sifat penyembuhan luka jus mengkudu yang bisa dibaca di sini.

Selain itu, manfaat lain dari mengkudu yang dapat membantu mengurangi kadar gula dalam tubuh juga bisa bisa dihubungkan dengan proses penyembuhan luka yang dipercepat.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

* sumber: pixabay.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jus mengkudu mengandung antrakuinon, sebuah unsur kimia pelindung yang memberikan efek stimulasi kolagen dan mencegah pembentukan keriput pada kulit. Oleh karena itu, mengkudu bisa dijadikan obat alami untuk kecantikan dan perawatan kulit.

Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi dari mengkudu juga bekerja pada tingkat sel dan berguna dalam menyembuhkan berbagai gangguan kulit termasuk jerawat, luka bakar, reaksi kulit alergi, dan gatal-gatal.

4. Meredakan Nyeri Artritis / Radang Sendi

penyakit radang sendi

Jus mengkudu dipercaya memiliki sifat analgesik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi kerusakan sendi yang berimplikasi pada kondisi nyeri artritis yang menyakitkan.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kemanjuran jus mengkudu dalam meredakan masalah kesehatan yang ini setara dengan beberapa obat analgesik yang tersedia secara komersial.

5. Meredakan Gejala Encok

* sumber: pxhere.com

Jus mengkudu juga dianggap mampu memperpanjang efek terapeutiknya dalam menyembuhkan asam urat. Menurut Wikipedia, efek terapeutik mengacu pada respons setelah pengobatan dalam bentuk apa pun, yang hasilnya dinilai bermanfaat atau menguntungkan.

Oleh karena itu, minuman menyehatkan ini juga efektif dalam meredakan gejala encok yang disebabkan oleh menumpuknya konsentrasi asam urat dalam darah.

6. Meredakan Kelelahan

* sumber: www.maxpixel.net

Jus mengkudu telah digunakan sejak lama sebagai obat alami untuk meredakan kelelahan akibat kondisi tubuh yang lemah. Banyak penelitian yang telah menunjukkan kalau jus mengkudu dapat membantu meningkatkan energi dan kinerja fisik tubuh secara keseluruhan. Pada akhirnya, jus mengkudu mampu meningkatkan kualitas hidup yang meminumnya.

7. Meningkatkan Kinerja Memori

Meningkatkan Memori

* sumber: bigthink.com

Mempunyai masalah ingatan? Cobalah mengkonsumsi jus mengkudu karena minuman berkhasiat ini dipercaya dapat meningkatkan kinerja memori atau ingatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi jus mengkudu, aliran darah ke otak akan terdorong sehingga membantu meningkatkan fungsi ingatan.

8. Melindungi Kesehatan Jantung

* sumber: pixabay.com

Jus mengkudu juga telah terbukti bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Illinois di Rockford, Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa minum jus mengkudu membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (jahat), kadar kolesterol total, homosistein, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dalam tubuh.

9. Mengurangi Kejang Otot

Otot Kaku dan Nyeri

Penelitian juga telah mengungkapkan kalau jus mengkudu memiliki sifat antispasmodik yang dapat membantu menekan kejang otot dan meredam rasa sakit dan ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh gejala tersebut.

Definisi dari antipasmodik sendiri adalah obat yang meredakan, mencegah, atau menurunkan gejala kejang atau spasme otot, terutama otot polos seperti yang terdapat di dinding usus. Oleh karena itu, mengonsumi jus mengkudu secara alami membantu menciptakan efek relaksasi pada otot.

10. Mengandung Antioksidan yang Tinggi

* sumber: www.thebluediamondgallery.com

Jus mengkudu juga dikenal karena mengandung antioksidan yang tinggi. Sebagaimana diketahui kalau antioksidan ini dapat mencegah kerusakan sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Beta karoten, iridoid, dan vitamin C dan E merupakan contoh antioksidan utama dalam jus mengkudu. Sebagai informasi, tubuh membutuhkan keseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas agar kesehatannya tetap optimal.

Nah, itulah beberapa manfaat jus mengkudu bagi kesehatan tubuh. Mungkin masih banyak manfaat lainnya yang belum disebutkan di sini. Berkonsultasi pada dokter sebelum mengkonsumsi jus atau buah mengkudu sangat diperlukan agar bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas dan rinci mengenai manfaat dan efek sampingnya.

Jika Anda sudah siap mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dari jus buah mengkudu, Anda dapat membeli produk tersebut dengan mudah di Bukalapak. Di sana tersedia berbagai merk jus noni dengan harga yang bervariasi. Klik di sini untuk membeli jus buah mengkudu yang Anda inginkan.

Ingin coba mengonsumsi buah mengkudu? Kalau begitu, Anda juga perlu tahu cara mengolahnya dan kami sudah membahas hal tersebut di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar