Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Buah Melon, Buah yang Sering Dijadikan Jus

10 Manfaat Buah Melon, Buah yang Sering Dijadikan Jus

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Juli 2019

Adakah di sini yang tidak pernah makan buah melon? Jika ada yang belum pernah menyantap melon, tentu saja hal ini sangat disayangkan mengingat melon adalah buah yang manis, segar, dan kaya manfaat. Buah ini sering diolah menjadi jus segar. Selain itu, melon juga selalu masuk dalam menu buah potong yang disajikan saat pesta.

Kenikmatan buah melon ini sangat sebanding dengan manfaat yang ditawarkan. Buah yang dagingnya berwarna hijau muda atau jingga ini menawarkan beragam manfaat untuk siapapun yang rutin mengonsumsinya. Tak perlu berlama-lama lagi, Bacaterus akan membahas mengenai manfaat buah melon untuk Anda.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Melon Potong

* sumber: www.healthline.com

Setiap orang pasti ingin memiliki organ tubuh yang sehat, termasuk dalam hal jantung. Penyakit jantung sendiri merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Jadi, sangat wajar jika Anda ingin terhindar dari penyakit tersebut.

Melon memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Yang pertama, kandungan serat yang tinggi pada melon dapat menurunkan kolesterol yang memang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung. Kemudian, melon juga mengandung kalium yang cukup tinggi untuk melancarkan tekanan darah sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi.

Kalium dalam melon ini berperan sebagai vasolidator untuk mengurangi tekanan darah. Ketika tekanan darah lebih stabil, Anda tidak hanya terhindar dari risiko penyakit jantung, tetapi juga stroke.

2. Bersifat Sebagai Anti-Aging

Bersifat Sebagai Anti-Aging

* sumber: www.lookshairandbeauty.com.au

Bukan hanya sebagai makanan yang memberikan manfaat untuk kesehatan, ternyata melon juga bermanfaat untuk kecantikan. Melon dapat beperan sebagai anti-aging jika Anda meletakkan irisan tipis buah melon di kulit wajah sebagai masker. Vitamin A, B, dan C pada buah melon lah yang bersifat sebagai anti-aging alami.

Tak hanya untuk pemakaian luar, mengonsumsi melon juga mampu mengencangkan kulit atau mempercepat proses penyembuhan luka. Pasalnya, buah melon mengandung kolagen yang berfungsi menjaga struktur sel dan jaringan ikat di dalam kulit.

3. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

* sumber: www.malenanutricion.com

Anda pasti tahu bahwa melon termasuk sebagai buah yang berair. Meskipun kandungan air di dalam melon tidak setinggi semangka, tapi melon diklaim dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kandungan air dan elektrolit di dalam melon akan mengurangi risiko dehidrasi, terutama setelah Anda melakukan aktivitas yang menguras keringat.

Untuk memperoleh manfaat melon yang dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh, konsumsi melon segar setiap habis melakukan aktivitas yang menguras tenaga. Namun meskipun melon adalah buah yang tinggi kandungan air, Anda tetap harus minum air dalam porsi yang cukup untuk menghidrasi tubuh agar tidak mudah lelah.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

* sumber: ai-med.io

Siapa bilang hanya jeruk yang merupakan buah dengan kandungan Vitamin C yang tinggi? Melon juga termasuk dalam buah yang kaya Vitamin C, lho. Satu cangkir melon bahkan bisa memenuhi kebutuhan Vitamin C harian Anda. Jadi, ketika Anda sudah mengonsumsi satu cangkir melon, Anda tidak perlu lagi meminum suplemen Vitamin C tambahan.

Sebagaimana yang kita ketahui, Vitamin C sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, apabila sistem kekebalan tubuh meningkat, risiko penyakit pun jadi semakin berkurang. Tubuh jadi lebih sehat dan bugar bila kebutuhan Vitamin C harian telah terpenuhi.

5. Memelihara Kesehatan Mata

Memelihara Kesehatan Mata

* sumber: www.moneycontrol.com

Selama ini, wortel dianggap sebagai satu-satunya makanan yang direkomendasikan untuk memelihara kesehatan mata. Akan tetapi, melon juga bisa menjadi buah yang baik untuk kesehatan mata, lho. Lantas, bagaimana melon bisa dinilai sebagai buah yang efektif menjaga kesehatan mata?

Di dalam melon terdapat dua jenis antioksidan, yakni lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis antioksidan ini bekerja untuk menyehatkan mata dan membuat Anda kembali melihat dengan jelas. Dengan rutin mengonsumsi melon Anda akan terhindar dari risiko mata buram atau kemampuan melihat yang kian menurun akibat faktor usia.

6. Melancarkan Saluran Pencernaan

Buah Melon

* sumber: www.videoblocks.com

Sembelit adalah masalah yang mungkin dialami oleh banyak orang. Kesulitan untuk buang air besar ini lama-lama akan terasa menyiksa. Perut jadi terasa begah ketika Anda mengalami sembelit. Namun, kini Anda tak perlu khawatir karena konsumsi melon dapat membantu atasi sembelit secara efektif.

Kandungan serat di dalam melon sangat membantu melancarkan saluran pencernaan. Apalagi melon termasuk buah yang rendah kalori sehingga Anda yang sedang menjalankan diet pun bisa mengonsumsi melon.

7. Mencegah Insomnia

Mencegah Insomnia

* sumber: inspirasipagi.id

Apakah Anda sering mengalami insomnia? Gangguan kesulitan tidur ini tentu saja dapat mempengaruhi produktivitas seseorang. Oleh karena itu, penderita insomnia harus segera mencari cara untuk mengatasi masalahnya ini. Namun, tahukah Anda jika makan melon bisa menjadi ‘obat’ yang efektif untuk mencegah dan mengatasi insomnia?

Melon mengandung Vitamin B6 yang dapat merangsang saraf serotonin, neurotransmitter untuk mengatur mood dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Bukan hanya untuk mencegah insomnia saja, Vitamin B6 dalam melon juga sangat membantu meredakan stres.

8. Makanan yang Sehat Bagi Wanita Hamil

Makanan yang Sehat Bagi Wanita Hamil

* sumber: www.dailymail.co.uk

Sudah menjadi rahasia umum jika wanita hamil harus banyak mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Melon juga sangat direkomendasikan untuk masuk ke dalam menu makanan wanita hamil. Mengapa? Karena melon mengandung asam folat, vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Asam folat berfungsi untuk memproduksi dan memelihara sel-sel baru. Boleh dibilang bahwa asam folat ini dapat mencegah gangguan pada janin. Buat calon ibu, mari masukkan melon dalam menu makanan Anda sehari-hari!

9. Mencegah Rambut Rontok

Mencegah Rambut Rontok

* sumber: www.vejthani.com

Anda mungkin tidak percaya bahwa pencegahan rambut rontok bisa dilakukan mulai dari memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Ya, konsumsi melon ternyata dapat mencegah kerontokan rambut, lho. Yang dimaksud di sini bukan menggantikan peran produk perawatan rambut rontok, tetapi sebagai nutrisi tambahan untuk mempercepat penghentian kerontokan rambut.

Sebagai buah yang kaya kandungan Vitamin B, tentu saja melon dapat memenuhi asupan Vitamin B yang dibutuhkan untuk mengatasi kerontokan rambut. Jenis vitamin B pada melon adalah asam folat dan inositol. Keduanya juga bisa menjadi booster untuk mempercepat pertumbuhan rambut-rambut baru.

10. Menjamin Kesehatan Tulang

Melon

* sumber: www.thehealthsite.com

Apa langkah yang sudah Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang? Olahraga, mengonsumsi susu kesehatan tulang, atau hal-hal lainnya? Apapun usaha Anda dalam menjaga kesehatan tulang, pertahankan saja. Namun, alangkah lebih baik jika Anda turut mengonsumsi makanan-makanan yang memang bagus untuk menjamin kesehatan tulang, salah satunya adalah buah melon.

Melon adalah makanan sehat yang menyediakan berbagai nutrisi penting yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang, seperti magnesium, folat, dan Vitamin K. Ketiga kandungan ini adalah komponen utama untuk menjamin kesehatan tulang kini dan nanti.

Wah, ternyata melon bukan sekadar buah pencuci mulut, ya! Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari konsumsi melon. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk mengonsumsi buah ini, apalagi melon juga sangat enak diolah menjadi minuman jus.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar