Bacaterus / Manfaat Buah / Mengenal 10 Manfaat Buah Matoa, Si Eksotis Asal Papua

Mengenal 10 Manfaat Buah Matoa, Si Eksotis Asal Papua

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Apakah kamu pernah mendengar tentang buah matoa? Buah yang satu ini memang cukup asing di telinga kita karena buah matoa bukanlah buah biasa yang banyak dijual di pasaran.

Buah matoa bukan sekedar buah eksotis dari tanah Papua, tetapi matoa juga menjadi salah satu permata dari pulau yang kaya tersebut. Papua terkenal dari keindahan alamnya dan koleksi flora dan faunanya, termasuk matoa berada di urutan teratas.

Buah Matoa memiliki nama ilmiah Pometia Pinnata dari keluarga buah leci dan maple. Rasa buah matoa seperti campuran rambutan, leci dan buah lengkeng, dengan tekstur juicy dan sangat manis.

Buah ini dapat dipetik saat masih hijau, setelah mereka mencapai ukuran yang ideal, atau ketika merah dan matang dengan bintik sedikit. Daging buah di dalamnya berwarna putih bening seperti leci atau manggis. Buah ini mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin E, mineral, kalsium, dan glukosa yang memiliki pengaruh luar biasa untuk tubuh kita.

Bagi kamu yang penasaran dengan beragam manfaat buah matoa, yuk simak apa saja yang bisa dilakukan buah ini untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Membantu Meminimalkan Risiko Kanker

Membantu Meminimalkan Risiko Kanker (Copy)

Penyakit kanker terjadi ketika radikal bebas masuk ke dalam tubuhmu. Untuk mengatasi kanker, tubuh memerlukan antioksidan karena antioksidan adalah masalah nyata bagi radikal bebas karena akan melawan dan mencegah perkembangan sel kanker.

Selain mengandung vitamin E, buah matoa juga memiliki kandungan antioksidan yang ditemukan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker yang berasal dari karsinogen atau zat yang memicu kanker. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah matoa akan membantu mengaktifkan antioksidan ini, yang pada gilirannya akan membantu mengurangi risiko seseorang terkena kanker.

2. Meringankan Stres

Meringankan Stres (Copy)

Bagi kamu yang memiliki kegiatan sehari-hari yang padat, maka bisa memicu stres yang sangat tinggi. Jangan abaikan stres yang kamu rasakan. kamu bisa menghilangkan penyakit ini dengan mengonsumsi buah matoa secara teratur setiap hari.

Buah matoa bisa menjadi camilan sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari karena kaya akan vitamin E yang bermanfaat untuk meringankan stres. Karena buah matoa mengandung zat yang bisa digunakan sebagai obat penenang.

Setiap kali kamu merasa stres atau pusing, terkadang sebagian orang memiliki nafsu makan yang meningkat untuk melampiaskannya. Nah, dengan ngemil buah matoa tidak akan menyebabkan penambahan berat badan, tetapi justru akan menghilangkan stres secara efektif.

3. Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita (Copy)

Jika kamu memiliki masalah dengan kesuburan, menjadikan buah matoa sebagai makanan harian bisa menjadi solusi alami yang untuk meningkatkan kesuburan. Selain itu, buah jenis ini cukup aman untuk dikonsumsi oleh pria dan wanita.

Buah matoa mengandung vitamin E yang merupakan antioksidan kuat dan penting untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan kesuburan. Bagi wanita, vitamin E mengandung antibodi yang dapat melindungi sel telur dan meningkatkan kesuburan hingga 20 hingga 30 persen.

Selain itu dapat mencegah pecahnya selaput selama kehamilan. Sedangkan untuk pria, vitamin E dapat meningkatkan kualitas dan motilitas sperma pada pria.

4. Menyembuhkan Disentri

Menyembuhkan Disentri (Copy)

Disentri adalah penyakit diare parah yang dimana feses akan keluar bersama darah. Nah, untuk mengobati orang yang terkena disentri, bisa memanfaatkan daun buah matoa untuk obatnya. Penduduk Papua sejak lama telah menggunakan rendaman daun buah matoa untuk menyembuhkan penyakit disentri.

Jika kamu ingin beralih ke obat alami, daun buah matoa bisa menjadi solusi yang tepat untuk penyakit ini.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Copy)

Bagi kamu yang senang berolahraga tentunya kamu membutuhkan daya tahan untuk meningkatkan produktivitas kerja. kamu juga perlu mengembangkan daya tahan tubuh terkait dengan stamina. Meningkatkan daya tahan tubuh bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi buah matoa.

Karena buah ini mengandung senyawa gula yang berfungsi sebagai penambah energi yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Vitamin C juga akan bertindak untuk menangkal radikal bebas. Jika daya tahan meningkat, maka tubuh kamu akan terlindung dari serangan virus dan penyakit.

6. Baik untuk Kesehatan Jantung

Baik untuk Kesehatan Jantung (Copy)

Menjaga kesehatan jantung adalah salah satu hal penting untuk menjalani hidup yang sehat. Jika selama ini kamu merasa melakukan diet yang kurang sehat, kamu bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi buah matoa. Karena kandungan vitamin C dalam buah matoa bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Vitamin C juga akan membantu meningkatkan aliran darah. Selain vitamin C, kandungan Vitamin E juga bagus untuk jantung karena dapat  menjaga sel-sel jantung yang sehat dan mencegah degenerasi sel-sel dan meningkatkan pembuluh darah dan arteri yang sehat.

7. Solusi Mendapatkan Kulit Sehat

Solusi Mendapatkan Kulit Sehat (Copy)

Karena buah matoa mengandung vitamin E, tentunya buah ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Seperti yang sudah kita ketahu bahwa beberapa produk kosmetik kerap mengandung vitamin E. Jika ingin yang lebih alami, kamu bisa mengonsumsi buah matoa secara teratur.

Kandungan vitamin E dalam buah matoa juga memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan kelembaban. Selain itu buah ini juga kulit juga dapat membuat kulit lebih halus. Bersama dengan beberapa senyawa fitokimia yang terkandung dalam buah matoa, vitamin E mampu meningkatkan regenerasi sel kulit.

Vitamin C dalam buah matoa juga berkontribusi dalam produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit kamu. Tidak hanya itu, kandungan antioksidannya juga akan mendorong regenerasi sel kulit yang optimal untuk membuat kamu terlihat lebih muda.

8. Mencegah Hipertensi

Mencegah Hipertensi (Copy)

Tekanan darah yang tinggi dalam tubuh akan membuat seseorang menderita hipertensi. Untuk mengendalikannya, kamu bisa mencoba mengonsumsi buah matoa. Karena buah ini sangat bermanfaat bagi kamu yang sering mengalami tekanan darah tidak stabil. Tekanan darah juga akan lebih terkontrol dan seimbang dengan makan buah matoa.

9. Menghilangkan Racun di Dalam Tubuh

Menghilangkan Racun di Dalam Tubuh (Copy)

Racun adalah salah satu zat yang sulit di cegah karena bisa hadir dari mana saja termasuk dari lingkungan dan makanan. Setelah racun masuk di dalam tubuh, sisa racun akan dikeluarkan dari tubuh. Untuk membantu mengeluarkan racun, kamu bisa mengonsumsi buah matoa. Karena buah ini mampu menghilangkan racun yang masuk ke dalam tubuhmu.

10. Mencegah Munculnya Jerawat

Mencegah Munculnya Jerawat (Copy)

Jika kamu memiliki masalah kulit wajah yang berjerawat atau khawatir dengan munculnya jerawat, kamu bisa mengatasinya dengan buah matoa. Kandungan vitamin E dan vitamin C dalam buah ini dapat membantu mencegah jewarat muncul di wajahmu.

Selain itu beberapa senyawa antimikroba dalam buah ini juga bisa mencegah munculnya jerawat. Seperti diketahui bahwa jerawat disebabkan oleh bakteri yang ada di kulit wajah. Sebaiknya, konsumsi buah matoa untuk mengurangi jerawat secara perlahan sampai wajah menjadi bersih.

Buah matoa sangat populer karena mudah ditemukan dan secara alami tersebar di sekitar lingkungan di luar Papua. Tetapi buah ini agak sulit ditemukan dan cukup mahal. Namun, dengan semua manfaat kesehatan dari buah buah eksotis ini sangat layak untuk dikonsumsi.

Jika kamu ingin berbagi mengenai manfaat lain dari buah matoa, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar