Bacaterus / Manfaat Buah / 6 Manfaat Buah Kersen untuk Tubuh yang Lebih Sehat

6 Manfaat Buah Kersen untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Agustus 2019

Siapa yang belum pernah melihat atau mencoba buah kersen? Buah manis yang berukuran kecil mirip ceri ini bukan tergolong buah yang populer di Indonesia, sehingga masih banyak orang yang belum mengenalnya. Akan tetapi, buah yang kulitnya berwarna merah cerah biasanya populer di kalangan para siswa karena mereka sering bermain-main di bawah pohon kersen yang tumbuh di sembarang tempat.

Pohon yang bernama ilmiah muntingia calabura ini disebutkan berasal dari daratan tropis Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Saat ini pohon kersen sudah menyebar ke berbagai kawasan tropis lain di dunia, terutama Asia Tenggara. Pohon kersen dicirikan dengan cabang-cabang mendatar dan ranting-ranting berambut halus bercampur dengan rambut kelenjar.

Setiap negara yang ditumbuhi pohon kersen memiliki sebutan lokal masing-masing untuk pohon atau buah ini, seperti kersen dan talok (Indonesia), kerekup Siam, ceri kampung, dan ceri Melayu (Malaysia), trứng cá (Vietnam), takhop farang (Thailand), sarkarai pala maram dan seeni pala maram (India), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Terdapat beberapa nama internasional untuk buah kersen, tapi yang cukup banyak digunakan adalah kerson fruit. Meskipun secara internasional juga kurang begitu populer, buah kersen ternyata mengandung banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Tidak hanya buahnya saja, daun dan bunga pohon kersen juga memiliki kegunaannya masing-masing.

Kandungan Nutrisi Buah Kersen

* sumber: www.peakpx.com

Buah kersen merupakan sumber makanan bagi beberapa hewan seperti burung dan kelelawar pemakan buah. Karena rasanya yang manis dengan tekstur yang lezat dan berair, buah kersen juga sering dikonsumsi manusia, terutama anak-anak yang sering bermain-main di bawah pohonnya.

Meskipun ukuran buah ini cukup kecil, kersen ternyata mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan. Kersen memiliki kadar serat dan vitamin C yang tinggi. Terdapat pula kandungan vitamin B, protein, beberapa mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi serta senyawa organik lainnya seperti flavonoid dan fenolik.

Manfaat Buah Kersen

Suka makan buah kersen? Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kersen yang bagus untuk kesehatan.

1. Bagus untuk Pencernaan

Memperbaiki Pencernaan

* sumber: www.videoblocks.com

Kersen adalah buah yang kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan. Mengkonsumsi buah ini dipercaya mampu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit.

Karena ukurannya yang kecil, Anda mungkin perlu memakan buah kersen dalam takaran tertentu yang dirasa cukup. Anda juga dapat membuat minuman bunga kersen (bisa direbus hingga dua kali) untuk menenangkan sakit perut dan gangguan pencernaan.

2. Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala bisa terjadi karena penyempitan pembuluh darah. Buah kersen juga dapat menjadi solusi yang sangat baik dan alami untuk menghilangkan sakit kepala. Hal itu karena buah kersen dapat membantu melemaskan pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir dengan normal kembali dan distribusi oksigen menjadi lancar.

3. Mengandung Agen Antibakteri

Karena mengandung agen antibakteri, buah kersen dapat digunakan untuk mengobati diare. Cara mencegah diare menggunakan buah kersen cukup sederhana. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung sementara daunnya bisa digunakan untuk menyembuhkan ruam pada kulit yang disebabkan oleh bakteri.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

* sumber: www.needpix.com

Kersen juga termasuk buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan yang kuat yang dapat menjadi semacam sistem pertahanan agar tubuh tidak mudah terkena penyakit atau infeksi.

Selain itu, vitamin C juga sangat penting untuk produksi kolagen untuk kulit yang sehat dan lebih muda. Hal ini juga dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi untuk meningkatkan produksi sel darah merah untuk mencegah anemia.

Adanya vitamin A, beta-karoten, dan flavonoid dalam buah kersen juga menjadikan buah ini sebagai sumber antioksidan yang sangat baik.

5. Meredakan Encok

* sumber: pxhere.com

Encok adalah bentuk radang sendi yang menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan asam urat di dalam sistem tubuh. Gejala ini biasa terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan tertentu dan meminum terlalu sedikit air.

Disebutkan bahwa buah kersen telah digunakan secara tradisional sejak lama untuk mengobati encok. Buah ini merupakan pereda rasa sakit alami yang disebabkan oleh asam urat.

6. Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Mencegah Diabetes

Orang yang telah didiagnosis menderita diabetes tipe tertentu harus menghindari semua makanan manis termasuk buah-buahan tertentu. Akan tetapi, dalam hal ini buah kerson adalah pengecualian. Mengapa demikian?

Hal itu karena buah kersen dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Bahkan buah kersen digunakan secara teratur di negara-negara dengan tingkat diabetes yang tinggi sebagai media pencegahan alami terhadap penyakit tersebut.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan buah kersen yang dapat kami sampaikan. Mungkin masih banyak manfaat lainnya (termasuk manfaat daun dan bunga kersen) yang belum disebutkan di sini. Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, Anda dapat bertanya kepada praktisi kesehatan yang profesional di bidangnya.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Kersen

* sumber: commons.wikimedia.org

Meskipun sudah disebutkan memiliki banyak manfaat kesehatan, beberapa orang mungkin tidak toleran dengan buah kersen sehingga dapat menyebabkan efek samping jika mengkonsumsinya. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memasukan buah kersen ke dalam diet harian untuk tujuan kesehatan.

  • Sebelum Anda mengkonsumsi buah ini, harap diingat bahwa reaksi alergi dapat terjadi pada mereka yang tidak toleran terhadap beberapa varietas beri.
  • Selain itu, meskipun beberapa orang telah membuktikan bahwa buah kersen mungkin bermanfaat untuk mengatasi beberapa kondisi kesehatan tertentu, Anda sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter yang ahli di bidangnya sebelum siap memasukkan buah ini ke dalam diet harian Anda.
  • Konsultasi dengan ahlinya sangat penting dilakukan agar Anda mendapatkan informasi yang akurat mengenai penggunaan buah kersen yang tepat.
  • Buah kersen yang akan dikonsumsi dianjurkan untuk dicuci terlebih dahulu hingga bersih.
  • Karena dikenal sebagai buah liar, kersen sangat jarang dijual di pasaran.
  • Saat ini kemungkinan sudah terdapat beberapa produk atau suplemen yang diklaim dibuat dari buah kersen. Berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi produk ini sangat disarankan agar Anda mendapat langkah-langkah penggunaan yang tepat.

Itulah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum memasukan buah ini ke dalam diet harian Anda. Meskipun belum terdengar kabar ada orang yang mengalami efek samping setelah memakan buah kersen, hal-hal di atas tetap penting untuk diperhatikan.

Mendapatkan produk atau suplemen buah kersen akan cukup sulit jika dilakukan secara offline (mencari ke toko-toko obat secara langsung). Oleh karena itu, kami menyarankan untuk membelinya secara online melalui toko-toko terpercaya.

Sebagai tambahan, selalu hati-hati setiap kali Anda membeli produk suplemen atau obat-obatan secara online. Belilah di toko-toko yang reputasinya baik (ulasan dari para pembelinya bagus dan hal-hal lain yang mendukung). Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari produk palsu yang bisa sangat merugikan. Cari tahu manfaat buah-buahan lainnya di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar