Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Buah Kersen yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Buah Kersen yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Maret 2020

Buah yang memiliki nama latin Muntingia Calabura ini sepertinya sudah tidak asing lagi namanya. Ya, buah kersen di Indonesia sering dijumpai tumbuh di mana saja karena pohon ini gampang tumbuh.

Buah ini sebenarnya termasuk ke dalam buah berry. Di Indonesia buah ini dikenal juga dengan nama buah ceri-nya Indonesia. Siapa sangka buah yang tak begitu diperhitungkan berwarna merah cerah serta berukuran kecil ini memiliki banyak memiliki manfaat untuk kesehatan.

Buah kersen yang tumbuh di wilayah tropis juga subtropis, khususnya di Asia juga Amerika Latin sering digunakan sebagai obat. Apa sajakah manfaat buah kersen untuk kesehatan? Cari tahu jawabannya di artikel berikut ini.

1. Pengobatan Dingin dan Flu

Pengobatan Dingin dan Flu

Buah Kersen atau Aratiles mengandung vitamin C. Selain itu, sekitar 7 sendok makan buah bisa menghasilkan 150 miligram vitamin C. Kersen bisa memberi tubuh pertahanan alami melawan flu biasa dan pilek. Pertahanan alami yang kayak Vitamin C dapat mempersingkat durasi penyakit.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2013 disebutkan vitamin mengurangi periode pilek dengan margin yang baik untuk orang dewasa juga anak-anak. Umumnya pilek terjadi selama sekitar 7 hari. Jika mengkonsumsi vitamin C secara teratur efek penyakit bisa berkurang satu hari.

Tak hanya sebagai obat untuk flu dan pilek, buah kersen juga memiliki manfaat lainnya yang bagus untuk tubuh. Berdasarkan penelitian lain disebutkan bahwa buah kersen yang kaya akan vitamin C dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh.

2. Bekerja sebagai Multi-Vitamin

Bekerja sebagai Multi-Vitamin

Buah kersen tak hanya membantu tubuh dengan 24 antioksidan, tapi kersen juga memiliki semua manfaat multi-vitamin yang luar biasa. Ternyata kersen juga kaya akan serat. Tak hanya itu, kersen juga mempunyai jumlah protein karbohidrat, kalsium, dan fosfor yang seimbang.

Selain makronutrien, buah Kersen juga memiliki kandungan B-Vitamin, vitamin C, dan zat besi. Semua vitamin ini mempunyai manfaat kesehatan yang serius dan penting yang bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang.

3. Diabetes

Diabetes

Meskipun buah yang termasuk ke dalam buah berry ini rasanya manis, tapi buah kersen mempunyai kemampuan untuk menurunkan gula darah pada orang penderita diabetes. Mengkonsumsi buah Kersen secara teratur bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dan mungkin menurunkan dosis injeksi.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 dan diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, para peneliti melakukan es toleransi glukosa oral (OGTT), metode yang membantu mendiagnosis diabetes, untuk menyelidiki efek 500 miligram ekstrak buah Kersen.

Penelitian tersebut dilakukan pada tikus yang menderita diabetes. Para peneliti tersebut menemukan pra-perawatan menggunakan ekstrak 500mg ini menyebabkan penurunan peningkatan kadar gula darah dalam satu jam yang signifikan. Ini berarti kersen dapat membantu mengendalikan diabetes.

4. Memiliki Potensi Anti Kanker

Memiliki Potensi Anti Kanker

Manfaat buah kersen itu tak hanya dari buahnya saja. Dari daun hingga buah, kersen memiliki manfaat yang luar biasa. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa faktanya daun pohon kersen mempunyai sifat yang bertindak untuk mencegah dan mengurangi pertumbuhan tumor kanker.

Namun saat itu masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi potensi anti kanker yang terkandung dalam buah kersen. Sampai akhirnya dikonfirmasikan bahwa daun kersen bisa mencegah kanker.

Maka tak perlu heran jika buah kersen sudah tersedia sejak zaman dahulu dan sudah digunakan oleh negara-negara tersebut dalam jumlah besar secara teratur. Jadi jangan ragu untuk memanfaatkan buah dan daun kersen bagi kesehatan.

5. Properti Anti-Bakteri dan Anti-Peradangan

Properti Anti-Bakteri dan Anti-Peradangan

Kersen yang rasanya mirip seperti ceri asam ini mempunyai komponen anti-bakteri, sehingga buah ini bisa menjadi sumber agen antibakteri yang baik. Walaupun tubuh juga memiliki komponen sendiri yang bisa melawan bakteri, tapi tubuh juga membutuhkan bantuan untuk menghindari atau melawan bakteri.

Buah kersen juga bisa menjadi zat antiinflamasi alami yang bisa membantu mengurangi radang sendi dan pembengkakan dalam tubuh. Kamu bisa membuat teh dari buah kersen. Tehnya bisa membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

6. Menjadikan Jantung Sehat

Menjadikan Jantung Sehat

Seperti telah disebutkan sebelumnya, pohon kersen tak hanya bisa dimanfaatkan buahnya tapi juga daunnya. Daunnya juga bagus untuk kesehatan. Populer di kalangan pencinta teh, teh berasal dari daun pohon buah-buahan bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Teh dari daun-daunan tersebut dapat meningkatkan aliran darah melalui sifat asam nitrat yang dikandungnya yang mempunyai kemampuan untuk merilekskan pembuluh darah. Jadi, efek tersebut dapat melindungi jantung dan bisa membantu mencegah penebalan serta pengerasan dinding arteri.

Penelitian tahun 2009 menyimpulkan bahwa ekstrak daun buah Kersen terbukti bisa memberikan pertahanan pada serum juga jaringan jantung. Studi yang sama menyimpulkan bahwa ekstrak daun menurunkan aktivitas biomarker sel yang memiliki efek buruk pada jantung, serta kadar asam urat.

7. Membantu Mengobati Infeksi Lambung

Membantu Mengobati Infeksi Lambung

Tak hanya untuk jantung, buah kersen juga memiliki manfaat untuk lambung. Efek buah Kersen pada aktivitas gastro sebanding dengan efek omeprazole, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati heartbun, yaitu sensasi panas dan perih saat sakit maag serta penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Penelitian tahun 2012 yang diterbitkan pada jurnal Clinical & Experimental Pharmacology menemukan bahwa tikus yang diberi pra-perlakuan dengan ekstrak buah kersen (250 mg dan 500 mg) sebelum pemberian etanol absolut, terbukti mengurangi area pembentukan tukak lambung.

8. Mencegah Infeksi

Mencegah Infeksi

Buah kersen mengandung sifat antibakteri alami yang bisa memerangi bakteri berbahaya. Kersen juga mempunyai sifat antibiotik, menjadikannya sumber agen antibakteri yang kuat. Jadi, buah kersen selain bisa melawan bakteri dan virus, buah ini juga dapat memerangi infeksi Staph.

Seperti yang diketahui, infeksi Staph disebabkan oleh bakteri yang disebut Staphylococcus, yang merupakan jenis kuman yang umumnya ditemukan pada kulit, atau bahkan hidung. Seringkali, bakteri ini menyebabkan infeksi kulit yang minor.

9. Menjadi Pain Blocker

Menjadi Pain Blocker

Teh buah kersen juga baik dalam memblokir reseptor rasa sakit serta menghilangkan rasa sakit. Ini sangat hebat! Komponen-komponen teh buah kersen menghalangi pesan-pesan rangsangan rasa sakit supaya tidak dikirim sehingga kamu tak merasa kesakitan.

Selain itu, daun Kersen yang dibuat menjadi teh sangat bagus untuk mengurangi rasa sakit karena daun-daun itu dapat memblokir reseptor rasa sakit. Daun tersebut adalah agen antinociceptive yang baik mirip dengan opiat.

10. Membantu Fungsi Otak

Membantu Fungsi Otak

Jangan anggap sepele buah kersen. Karena selain buah kersen memiliki manfaat kesehatan anti-inflamasi dan anti-diabetes, buah ini juga bermanfaat juga untuk otak. Buah kersen mengandung banyak flavonoid, yang membantu dalam pengembangan dan fungsi otak yang tepat.

Flavonoid juga bisa membantu perkembangan otak dengan meningkatkan fungsi otak, menjadikan buah ini  pilihan yang bagus untuk orang-orang dengan masalah kognitif. Buah kersen juga bermanfaat untuk orang yang menderita gangguan kognitif selain sangat membantu meredakan penyakit umum.

Terbukti ternyata buah kersen yang sering diabaikan atau dipandang sebelah mata tersebut memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah kersen yang sering dijadikan mainan oleh anak-anak dan banyak tumbuh di mana saja tersebut mengandung zat yang baik untuk jantung, kekebalan tubuh bahkan hingga pencegahan kanker.

Apakah kamu pernah mengkonsumsi buah kersen? Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya untuk kamu! Jangan lupa untuk tuliskan pendapat kamu di kolom komentar bawah ini ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *