Bacaterus / Manfaat Buah / Yuk, Makan Buah Delima dan Dapatkan 10 Manfaat Sehatnya

Bacaterus / Manfaat Buah / Yuk, Makan Buah Delima dan Dapatkan 10 Manfaat Sehatnya

Yuk, Makan Buah Delima dan Dapatkan 10 Manfaat Sehatnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Maret 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Maret 2019

Pohon delima biasanya ditanam untuk mempercantik pekarangan rumah. Namun karena buah yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi lagi baik untuk kesehatan, tak sedikit orang yang menanam pohon delima hanya untuk memburu buahnya.

Saat ini untuk menemukan delima kamu perlu mencarinya ke supermarket karena keberadaan tanaman ini mulai langka meskipun terdapat beberapa daerah yang masih banyak terdapat pohon delima ini. Karena kelangkaannya, tak heran jika kamu menemukan delima dengan harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, buah delima juga sudah dikenal dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan seperti misalnya sirup dan pasta. Selain lezat, buah ini ternyata memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan. Yuk, simak manfaat delima yang sudah dirangkum Bacaterus!

10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

1. Pencegah Kanker

Manfaat Buah Delima

* sumber: www.myjewishlearning.com

Buah delima merupakan buah yang tinggi akan kandungan antioksidan. Antioksidan ini merupakan suatu kandungan yang berperan aktif melawan kanker. Antioksidan dapat memperlambat perkembangan penyakit mematikan ini bahkan membunuh sel-sel kanker yang ada dalam tubuh terutama kanker kulit.

ekstrak delima membantu menutrisi kulit dan melindunginya dari paparan sinar UVA dan UVB yang mana sinar tersebut merupakan salah satu penyebab datangnya kanker kulit. Bukan hanya kanker kulit saja, bahkan penelitian menyebutkan bahwa buah delima juga bisa memperlambat penyebaran sel kanker prostat yang biasanya menyerang pria.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Melancarkan Sistem Pencernaan

* sumber: www.quickanddirtytips.com

Untuk memperoleh hidup yang sehat dan seimbang, maka kita harus mengatur pola makan dan memilih makanan yang sehat penuh serat. Salah satunya bisa kamu lakukan dengan cara mengkonsumsi buah delima. Dengan mengkonsumsi sebuah delima dalam satu hari ternyata dapat memenuhi 45 persen asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Serat tinggi pada buah delima bermanfaat meredakan peradangan pada usus serta pencegahan berbagai penyakit pencernaan seperti kolitis, crohn, dan berbagai penyakit pencernaan lainnya. dengan mengkonsumsi delima secara rutin, maka sistem pencernaan dalam memproses makanan akan semakin lancar dan sehat.

3. Menghambat Penuaan Dini

Menghambat Penuaan Dini

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Bagi kamu yang ingin tetap tampil cantik dan awet muda, tak perlu lagi melakukan perawatan yang serba mahal karena delima dapat mewujudkan keinginanmu. Antioksidan pada delima dipercaya berperan aktif dalam mencegah penuaan serta keriput pada kulit. Antioksidan ini dapat meregenerasi kulit dan melebur sel kulit mati.

Caranya sangatlah mudah kamu tinggal mencampurkan serbuk kulit delima pada air atau madu secukupnya, lalu oleskan pada permukaan kulit secara merata. Perawatan alami ini dapat menghasilkan kulit yang cerah serta bersinar jika dilakukan secara rutin.

Selain keriput dan penuaan, berbagai masalah yang sering terjadi pada kulit seperti jerawat dan bruntusan dapat disembuhkan dengan melakukan perawatan alami ini, lho.

4. Menurunkan Risiko Alzheimer

Mencegah Alzheimer

* sumber: getmedurgentcare.com

Penyakit alzheimer merupakan penyakit yang menyerang pada fungsi otak dan menghancurkan memori di dalamnya. Penyakit ini berkembang secara progresif atau perlahan-lahan yang biasanya ditandai dengan gejala sering lupa terhadap nama benda, tempat, atau mengingat suatu momen yang pernah dilakukan.

Beberapa cara menyembuhkan penyakit ini dapat dilakukan seperti misalnya terapi. Selain terapi, mengkonsumsi buah delima juga ternyata dapat menyembuhkan penyakit ini. Antioksidan tinggi pada delima berfungsi memperlambat perkembangan penyakit alzheimer dan memperbaiki fungsi otak agar bekerja normal sebagaimana fungsinya.

5. Menjaga Kesehatan Wajah

Menjaga Kesehatan Wajah

* sumber: www.lavieaesthetics.com.sg

Wajah yang cantik adalah wajah yang sehat dan dirawat sebaik mungkin. Tentu saja kita semua menginginkan wajah yang sehat dan terawat, bukan? Salah satu cara untuk merawat wajah agar tetap sehat yaitu menggunakan khasiat dari delima.

Caranya bisa dilakukan dengan sederhana yaitu membuat masker dari kulit buahnya dan kemudian aplikasikan pada permukaan kulit wajah secara merata. Kandungan antioksidan pada delima bermanfaat meremajakan kulit dan menutrisinya agar semakin sehat dan tetap cantik.

Selain kulitnya, biji delima juga bermanfaat membersihkan kotoran yang menyumbat pada pori-pori wajah yang tentu saja bisa menyebabkan peradangan dan menyebabkan munculnya jerawat.

6. Meredakan Radang Tenggorokan

Meredakan Radang Tenggorokan

* sumber: urgentcaresouthaven.com

Radang tenggorokan menjadi salah satu penyakit yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Penyakit ini biasanya ditandai dengan sakit di area tenggorokan yang menyebabkan sulitnya menelan makanan terutama makanan bertekstur keras. Jika tidak dilakukan tindak lanjut, radang tenggorokan ini bisa menyebabkan batuk, flu, hingga panas dingin.

Maka dari itu jika gejala radang tenggorokan mulai kamu rasakan, segera lakukan tindakan agar tidak memperparah keadaan dengan cara konsultasi pada dokter terdekat. Selain itu, mengkonsumsi buah delima juga dapat meredakan peradangan yang terjadi pada tenggorokan.

Caranya terbilang mudah yaitu dengan mencampurkan serbuk kulit buah pada air secukupnya lalu gunakan untuk berkumur selama beberapa detik. Hal tersebut dipercaya dapat meredakan infeksi yang disebabkan oleh radang tenggorokan. Selain dengan cara berkumur, cara lain juga dapat dilakukan yaitu dengan mengolah buah delima menjadi jus.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Kulit buah delima memang kaya akan manfaat. Manfaat lain yang bisa kamu temukan pada kulit buah delima yaitu dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kulit delima mengandung anti-bakteri dan zat anti-radang yang berfungsi menjaga kesehatan tulang.

Sebuah studi mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi kulit delima dapat mencegah osteoporosis. Caranya dengan melarutkan bubuk kulit delima pada air lalu meminumnya secara rutin. Selain tulang, gigi juga akan semakin sehat dan kuat hanya dengan menggunakan bubuk kulit delima ini sebagai obat oles.

Bau mulut juga dapat teratasi dengan menggunakan bubuk kulit buah delima ini sebagai obat kumur karena anti-bakteri yang terkandung pada kulit delima dapat membunuh bakteri membandel yang terdapat di area mulut.

8. Menutrisi Rambut

Menutrisi Rambut

* sumber: buyhatke.com

Rambut rontok dan bercabang, rambut kering, dan ketombe merupakan salah satu hal yang sering dikeluhkan. Hal ini terjadi karena kurangnya nutrisi yang diterima oleh rambut. Jangan khawatir, karena kamu bisa melakukan perawatan rambut dan mencegah berbagai kerusakannya hanya dengan delima.

Delima ini mengandung vitamin, selenium, zinc, zat besi, magnesium, dan tinggi akan kandungan antioksidan. Kandungan-kandungan tersebut bermanfaat menutrisi kulit kepala dan baik bagi pertumbuhan rambut. Selain itu, jamur yang seringkali tumbuh di kepala yang menyebabkan ketombe juga dapat diatasi oleh kandungan selenium pada delima.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan pada delima sangatlah tinggi bahkan tiga kali lipat jika dibandingkan dengan kandungan antioksidan pada teh hijau dan anggur merah. Kandungan ini bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi delima secara rutin dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh dan meminimalisir radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh. Delima juga bermanfaat menurunkan risiko terbentuknya plak dalam arteri dan menjaga kesehatan jantung.

10. Menurunkan Hipertensi

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

* sumber: www.pennmedicine.org

Tekanan darah tinggi atau yang sering disebut hipertensi juga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi buah berbentuk bulat ini. Kandungan potasium tinggi pada buah delima bermanfaat mengurangi enzim yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Potasium pada delima ini ternyata dua kali lipat daripada buah pisang, lho.

Itulah beberapa khasiat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah delima. Bukan hanya untuk kesehatan saja, bahkan buah delima ini juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan.  Tak hanya isi buahnya saja yang bisa dikonsumsi, akan tetapi kulit buahnya pun dapat digunakan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Yuk, konsumsi buah delima secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya yang sangat menakjubkan. Selain delima, ada sejumlah jenis buah lainnya yang sehat dan nikmat diolah menjadi jus. Kunjungi artikel resep jus buah ini untuk menemukan rekomendasi buah-buahan sehat lainnya.

[sharethis-inline-buttons]
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar