Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat dari Buah Cherry, Si Mungil yang Mengesankan

10 Manfaat dari Buah Cherry, Si Mungil yang Mengesankan

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Oktober 2019

Apakah kamu menyukai buah cherry? Buah mungil yang umumnya berbentuk bulat hati ini biasanya kita temukan sebagai hiasan kue tart atau minuman jus. Selain rasanya yang enak, buah cherry juga sangat baik untuk kamu.

Buah mungil yang umumnya berwarna merah ini mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk kita. Ada banyak alasan lain mengapa buah cherry harus dimasukkan dalam daftar belanja kamu. Intip apa saja manfaat tersembunyi dari buah cherry yang telah dirangkum oleh Bacaterus ini, yuk!

1. Mempercepat Pemulihan Setelah Olahraga

Mempercepat Pemulihan Setelah Olahraga

* sumber: www.shorelinefruit.com

Telah banyak penelitian bertahun-tahun tentang buah cherry yang memainkan peran dalam pemulihan setelah berolahraga. Penelitian dari Journal of International Society of Sports Nutrition menemukan bahwa minum jus asam cherry selama tujuh hari sebelum dan selama lari dapat meminimalkan nyeri otot pasca lari.

Studi lainnya menemukan bahwa jus cherry dapat membantu pemulihan dan fungsi otot setelah latihan yang berat. Karena buah cherry mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang mendukung pemulihan otot setelah latihan keras.

2. Mengurangi Peradangan

Mengurangi Peradangan

* sumber: www.nutritionaloutlook.com

Peradangan secara luas dianggap sebagai salah satu ancaman utama bagi kesehatan kamu. Karena dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyakit kronis. Kandungan antioksidan seperti vitamin C dan E serta karotenoid dan polifenol dalam buah cherry dapat membantu menghilangkan radikal bebas yang merusak.

Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu menetralkan peradangan dalam tubuh. Tidak hanya itu, faktanya diet makanan yang kaya akan polifenol dapat melindungi kamu dari banyak kondisi kronis termasuk penyakit jantung, diabetes, penurunan mental, dan kanker tertentu.

3. Mengurangi Tekanan Darah

Mengurangi Tekanan Darah

* sumber: www.iflscience.com

Buah cherry mengandung jumlah kalium yang baik sehingga membantu menghilangkan kandungan natrium berlebih dari tubuh dan menyeimbangkan jumlah keduanya. Itu berarti secara otomatis membantu menjaga tingkat tekanan darah.

Dalam ulasan pada 29 studi tentang manfaat cherry, peneliti menemukan bahwa buah cherry menurunkan kadar HbA1c pada mereka yang menderita diabetes tipe 2. Selain itu, kandungan polifenol yang tinggi pada buah cherry juga membuatnya membantu mengurangi tekanan darah.

4. Meningkatkan Memori Otak

Meningkatkan Memori Otak

* sumber: www.dailytelegraph.com.au

Buah cherry mengandung antosianin yang baik yang dapat membantu meningkatkan daya ingat otak. Selain itu, antosianin juga dapat mencegah penyakit alzheimer atau penyakit kehilangan memori. Polifenol juga membantu kita memproses informasi baru secara efektif dan meningkatkan komunikasi antara otak kita dan seluruh tubuh.

Selain itu, buah cherry juga adalah sumber makanan serotonin yang merupakan hormon untuk mengatur suasana hati dan kecemasan.

5. Menurunkan Risiko Asam Urat

Menurunkan Risiko Asam Urat

* sumber: www.dailytelegraph.com.au

Terdapat beberapa penelitian tentang efek minum jus cherry terhadap asam urat. Satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi buah cherry dan jus cherry selama dua hari dikaitkan dengan serangan asam urat yang lebih rendah.

Sedangkan penelitian lain menyatakan bahwa mengonsumsi jus cherry setidaknya empat bulan dapat membantu mengurangi serangan asam urat akut.

6. Anti Penuaan

Anti Penuaan

* sumber: skinoasis.com.sg

Buah cherry diberkahi dengan tingkat anti-oksidan tertinggi dibandingkan buah-buahan lainnya. Sehingga buah ini membantu memperlambat proses penuaan dengan melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh yang membuat kulit terlihat lebih tua. Karena jika radikal bebas tidak dilawan akan membuat kulit terlihat kusam.

Selain itu buah cherry juga dapat membantu menghilangkan bintik-bintik hitam dari kulit yang dapat muncul akibat sinar matahari. Untuk menghilangkan penuaan, kamu hanya perlu menghaluskan beberapa buah cherry dan campur dengan sejumput kunyit serta satu sendok teh madu. Oleskan pasta tersebut ke wajah dan diamkan selama 10 – 15 menit. Lalu bilas sampai bersih.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur

* sumber: www.ultimatesleepguide.com

Fakta mengesankan lainnya dari buah cherry adalah dapat membantu kamu memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Buah cherry mengandung melatonin yaitu hormon yang dikeluarkan tubuh di malam hari yang membantu kamu tertidur. Penelitian dari European Journal of Nutrition menemukan bahwa jus cherry bermanfaat dalam meningkatkan kualitas tidur dan durasi tidur.

Yang berarti bermanfaat bagi orang yang memiliki gangguan tidur atau sulit tidur. Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang minum jus cherry pada pagi hari dan  sebelum tidur dapat menghemat sekitar 17 menit waktu bangun.

Karena tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan secara keseluruhan. Jika kamu tidur nyenyak, pada akhirnya akan menghasilkan kulit yang cerah dan bercahaya.

8. Membantu Merawat Kesehatan Rambut

Membantu Merawat Kesehatan Rambut

* sumber: glamstr.com

Tidak hanya baik untuk tubuh dan kulit kamu, buah cherry juga baik untuk kesehatan rambut. Beberapa vitamin yang ada dalam buah cherry mampu memberikan nutrisi pada rambut. Mulai dari vitamin A yang sangat penting untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap terhidrasi.

Vitamin B membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh termasuk kulit kepala, yang menghasilkan regenerasi sel yang memicu pertumbuhan rambut. Vitamin C yang membantu memperkuat folikel rambut dan mencegah kerusakan akar rambut. Dan vitamin E yang membantu mempertahankan kelembaban rambut dan kulit kepala.

9. Membantu Mengontrol Berat Badan yang Sehat

Membantu Mengontrol Berat Badan yang Sehat

* sumber: www.newsnation.in

Jika kamu berencana mengurangi berat badan, kamu bisa menambahkan buah cherry ke dalam diet harian. Buah cherry memiliki kalori yang rendah, satu cangkir buah cherry segar memiliki kurang dari 100 kalori dan tiga gram serat. Selain itu buah ini juga memiliki kadar air sedang yang mengeluarkan racun dari tubuhmu.

Makan lebih banyak buah berserat adalah cara yang baik untuk menurunkan berat badan. Untuk menikmati buah cherry sebagai menu diet, kamu bisa menikmatinya sebagai camilan manis atau menambahkan cherry kering ke dalam makanan panggang untuk menghasilkan rasa manis alami. Atau kamu juga bisa menambahkan jus cherry ke dalam mocktail yang segar.

10. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

* sumber: www.besthealthmag.ca

Kandungan serat dalam buah cherry membantu menurunkan risiko kanker usus besar. Pertambahan berat badan yang berlebihan adalah salah satu faktor risiko kanker yang dapat meningkatkan risiko tujuh kanker. Sebuah penelitian dari Michigan State University menguji buah cherry pada tikus dan sel kanker usus besar manusia.

Tikus yang melakukan diet cherry, anthocyanin, atau sianida menghasilkan tumor yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan tikus yang diberi makan diet kontrol. Dalam studi kedua, diet yang sama untuk tikus dan diet untuk manusia menunjukkan bahwa anthocyanin dan sianida asam dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Buah cherry telah terbukti memiliki banyak manfaat bukan? Jadi, jangan sampai kamu melewatkan beragam manfaat dari buah cherry. Jika kamu tidak memiliki kondisi medis apa pun, kamu dapat menambahkan setengah cangkir cherry dalam makanan atau camilan setiap hari. Terlebih lagi, buah cherry yang memiliki rasa asam manis ini dapat kamu variasikan dalam beragam resep makanan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar