Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Buah Bit, Buah Merah Tinggi Vitamin dan Nutrisi

10 Manfaat Buah Bit, Buah Merah Tinggi Vitamin dan Nutrisi

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juli 2019

Bit sejatinya bukan termasuk buah-buahan, melainkan tergolong umbi-umbian. Hanya saja, di Indonesia masyarakat sudah mengenalnya dengan nama “buah bit”. Umbi yang memiliki daging berwarna merah ini bisa diolah menjadi makanan, tetapi bisa juga dinikmati dengan cara dibuat jus.

Di antara jenis buah atau umbi, bit merah memang tidak terlalu populer. Namun, kali ini Anda bisa mempertimbangkan untuk mulai mengonsumsi buah bit. Pasalnya, buah bit mengandung sejumlah nutrisi, vitamin, dan antioksidan.

Apa saja sih manfaat buah bit untuk kesehatan? Yuk, simak ulasan lengkap dari Bacaterus berikut ini!

1. Sumber Antioksidan

Manfaat Buah Bit

* sumber: www.healthline.com

Tubuh memerlukan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Tak hanya itu saja, antioksidan juga berperan penting untuk mencegah stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel baik di dalam tubuh. Di samping itu, sudah menjadi rahasia umum jika antioksidan dikenal sebagai senyawa yang dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, sampai dengan diabetes.

Buah bit adalah tanaman yang mampu menjadi sumber antioksidan untuk tubuh Anda. Di dalam buah bit juga terdapat fitonutrien yang efektif menghambat pertumbuhan sel kanker atau penyakit lain di dalam tubuh manusia.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah

* sumber: www.drwhitaker.com

Kita semua tahu bahwa tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat berdampak pada sejumlah penyakit kardiovaskular, di antaranya adalah penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Buah bit adalah ‘sarana’ terbaik untuk menjaga tekanan darah, khususnya bagi Anda yang memang memiliki riwayat hipertensi.

Bit mengandung nitrat, sejenis zat yang bila dikonsumsi akan diubah oleh tubuh menjadi nitrit oksida yang berperan penting dalam menurunkan darah. Jus buah bit terbukti dapat mengurangi tekanan darah walaupun hanya sedikit. Jika ingin mengurangi tekanan darah lebih banyak, Anda harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi dan membiasakan diri berolahraga.

3. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

* sumber: www.popsugar.com

Kelebihan berat badan bukan hanya sekadar mengurangi estetika penampilan saja, tetapi juga berpotensi meningkatkan berbagai risiko penyakit. Selain diet, Anda pun harus mengonsumsi makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan, seperti buah bit salah satunya.

Di dalam 100 gram buah bit terdapat sekitar 2,8 gram serat. Selain itu, sifat bit merah sebagai detoks alami terbukti mampu mendetoks lemak berlebih di dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi buah bit untuk diet ini dalam bentuk jus. Namun, hindari penambahan gula atau pemanis apapun agar berat badan Anda tidak semakin meningkat.

4. Mencegah Kepikunan

Mencegah Kepikunan

* sumber: conciergecaregiving.com

Kepikunan adalah suatu kondisi di mana seseorang jadi kesulitan mengingat sesuatu atau banyak hal. Umumnya pikun hanya akan dialami oleh orang-orang lanjut usia saja, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa orang yang berada dalam usia produktif juga mengalami kepikunan.

Jika Anda ingin terhindar dari kepikunan, mulailah mengonsumsi jus buah bit secara teratur. Pasalnya, nitrit yang terdapat dalam buah bit sangat efektif melancarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke otak yang memiliki peranan penting untuk daya ingat.

5. Bersifat Anti-Radang

Bit Merah

* sumber: www.ft.com

Peradangan di dalam maupun luar tubuh merupakan bentuk respon ketahanan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap asing, entah itu benda maupun virus. Akan tetapi, jika peradangan berlangsung lama dan dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin jika terjadi kerusakan pembuluh darah atau organ tubuh lainnya.

Bit dapat berperan sebagai anti-radang alami untuk meredakan berbagai jenis peradangan pada tubuh. Sembari mengonsumsi obat-obatan anti-radang lainnya, konsumsi juga buah bit untuk mempercepat pemulihan. Umbi yang satu ini juga berfungsi untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh peradangan.

6. Menyehatkan Saluran Cerna

Menyehatkan Saluran Cerna

* sumber: www.well.org

Masalah pencernaan bisa dialami oleh siapapun. Tak hanya sembelit saja, masalah pencernaan juga meliputi wasir, radang usus, sampai dengan GERD. Nah, buah bit adalah makanan alami yang tepat untuk menyehatkan saluran cerna dan menghindari Anda dari beragam masalah pencernaan.

Kandungan serat yang tinggi di dalam buah bit terbukti dapat melancarkan buang air besar dan mengurangi risiko sembelit. Tak sampai di situ, buah bit juga dapat meredakan beragam masalah pada saluran cerna, antara lain seperti mual, muntah, dan nyeri di perut. Anda cukup membuat jus buah bit, lalu tambahkan satu sendok teh air lemon atau jeruk nipis. Percayalah masalah pencernaan akan hilang seketika.

7. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janinnya

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janinnya

* sumber: www.nordicnaturals.com

Ketika hamil, para wanita harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi. Mereka harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi aman untuk kesehatan janin, lebih baik lagi jika mengandung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan janin.

Bagi wanita hamil yang ingin memelihara kesehatannya sejak dini, buah bit adalah pilihan makanan yang tepat. Bit mengandung folat, zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Folat mampu mengurangi risiko cacat tabung saraf pada janin dan menurunkan risiko bayi lahir prematur.

Untuk wanita hamil, konsumsi buah bit ini dalam bentuk jus. Hindari penambahan es batu atau pemanis ke dalam jus buah bit yang akan dikonsumsi, ya!

8. Meningkatkan Stamina

Meningkatkan Stamina

Pernahkah Anda melihat para atlet yang tak kenal lelah dalam berlatih? Untuk memperkuat tubuh, para atlet harus mengonsumsi makanan yang dapat menambah stamina. Nah, salah satu makanan para atlet yang dipercaya dapat mendongkrak stamina adalah buah bit merah.

Nitrat yang terdapat pada bit berfungsi mengurangi pembakaran oksigen ketika para atlet melakukan latihan fisik. Alhasil, rasa capek para atlet akan berkurang meskipun mereka berlatih dengan sangat keras.

Bila Anda ingin meningkatkan stamina, hindari konsumsi suplemen yang belum tentu efektif meningkatkan stamina. Konsumsi saja buah bit karena penelitian menunjukkan bahwa bit mampu meningkatkan stamina secara alami hingga 2,8 persen.

9. Menjaga Kesehatan Saraf dan Otot

Menjaga Kesehatan Saraf dan Otot

* sumber: bangkeles.com

Anda pasti pernah mengalami kram di bagian tubuh tertentu atau nyeri otot, kan? Aktivitas sehari-hari terkadang memang dapat menyebabkan tubuh terasa pegal, nyeri, maupun kram. Selain pijat atau mengonsumsi parasetamol, Anda bisa mengurangi rasa sakit akibat saraf dan otot dengan mengonsumsi buah bit.

Bit kaya akan kandungan kalium, jenis mineral yang dapat meningkatkan kinerja otot dan saraf. Sembari mengonsumsi buah bit, Anda pun harus beristirahat untuk memulihkan kembali kekuatan otot dan saraf.

10. Mencegah Anemia

Buah Bit Merah

* sumber: chicagohealthonline.com

Warna merah pada daging buah bit sering dikaitkan dengan manfaatnya untuk mencegah anemia. Namun, apakah benar bit bisa mencegah anemia? Jawabannya adalah benar.

Sebagai umbi yang kaya akan kandungan zat besi, bit terbukti dapat meregenerasi sel darah merah. Bahkan, zat besi ini mampu menyuplai oksigen untuk memelihara kesehatan sel darah merah. Di samping itu, bit turut mengandung Vitamin C yang mengoptimalkan penyerapan zat besi.

Sudah tahu manfaat buah bit, bukan? Tunggu apalagi, segera konsumsi buah bit untuk memperoleh semua manfaatnya di atas. Anda juga perlu membaca artikel cara mengolah buah bit ini agar bisa mengonsumsi buah bit dengan cara yang lebih baik.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *