Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Buah Belimbing untuk Tubuh yang Lebih Sehat

10 Manfaat Buah Belimbing untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Bagi kamu yang senang makan rujak buah, pasti sudah tidak asing lagi dengan buah belimbing. Salah satu buah tropis yang memiliki nama latin Carambola ini biasanya disebut sebagai buah bintang. Karena ketika buah ini dipotong secara horizontal, bentuknya akan seperti bintang. Rasanya yang asam dan juicy ini memiliki kadar air yang tinggi sekitar 90 persen.

Umumnya buah ini memiliki panjang sekitar 7-15 cm. Tampilannya sendiri berwarna kuning kehijauan sampai kuning cerah yang rasanya lebih segar dan tajam. Buah belimbing adalah buah rendah kalori yang kaya akan serat, vitamin A, B dan C, serta mineral seperti seng, fosfor, magnesium, natrium, zat besi, dan kalium.

Selain itu, belimbing juga memiliki jumlah antioksidan yang tinggi, seperti senyawa polifenol, quercetin, asam galat dan epicatechin. Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, buah eksotis yang satu ini memiliki banyak manfaat kesehatan sekaligus kecantikan untukmu.

1. Menghilangkan Peradangan

Peradangan otak

* sumber: pixabay.com

Buah belimbing banyak mengandung antioksidan dan flavonoid yang sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari peradangan, termasuk dari berbagai gangguan kulit seperti psoriasis dan dermatitis. Selain itu, buah belimbing juga mengandung vitamin C yang dapat membantu membuang racun dalam tubuh dan menjaganya agar tetap sehat.

Vitamin C tidak hanya bertindak sebagai antioksidan yang mengeluarkan racun, tetapi juga menghasilkan kolagen. Kolagen adalah komponen penting yang memperbaiki dan membentuk tulang, arteri, dan pembuluh darah. Nutrisi tersebut memainkan peran penting dalam penyembuhan tubuh dan menghilangkan kerusakan yang disebabkan pada tingkat sel dan jaringan.

2. Mendukung Sistem Pencernaan

Memperbaiki Pencernaan

* sumber: www.videoblocks.com

Pencernaan merupakan bagian penting untuk membantu tubuh dalam menyerap nutrisi dengan baik. Salah satu elemen kunci dalam pencernaan adalah serat. Serat diketahui dapat membantu merangsang pergerakan tinja melalui saluran pencernaan, menghilangkan gejala sembelit, kembung, kram dan diare.

Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dan ketersediaan mineral dan vitamin esensial lainnya. Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan dari belimbing karena buah ini memberikan tingkat serat makanan yang signifikan.

Belimbing mengandung jumlah serat larut yang baik. Serat larut menyerap banyak air dan melunakkan sebagian besar tinja. Kotoran yang lebih lunak mudah untuk melewati saluran pencernaan. Dengan begitu, pencernaan yang lebih baik dan pergerakan usus yang sehat melindungi saluran pencernaan dari stress dan infeksi.

Ini juga mengarah pada pembersihan teratur dari usus yang dapat membantu memerangi berbagai infeksi dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Mengobati Batuk

obat batuk

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di buah belimbing dapat mengobati batuk dan iritasi akibat batuk yang tidak kunjung berhenti. Nutrisi yang terkandung dalam buah ini juga dapat mengobati flu dengan baik.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam belimbing juga dipercaya berfungsi sebagai ekspektoran dan diuretik. Tetapi, seseorang yang mengalami demam tinggi harus menghindari belimbing.

4. Mengurangi Rasa Sakit

Sakit Kepala

* sumber: www.injurymap.com

Penyakit umum seperti migrain, sakit kepala, atau sakit punggung memang sangat menyebalkan. Tapi jangan khawatir, karena kamu dapat meringankan berbagai rasa sakit tersebut dengan mengkonsumsi buah belimbing.

Bahkan ahli gizi menyarankan untuk melakukan diet dengan buah yang kaya magnesium seperti belimbing. Itu karena buah ini tidak hanya mengobati sakit kepala atau sakit punggung saja, tetapi dapat melawan faktor atau penyebab nyeri otot dan nyeri sendi.

5. Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan

* sumber: blog.freshstartwithnadia.co.nz

Diet adalah bagian penting dalam urusan menurunkan berat badan. Selain berolahraga, ada beberapa faktor yang membuat makanan disebut ideal untuk dimasukkan dalam program penurunan berat badan, seperti rendah lemak, kadar air tinggi, komposisi yang mengandung mineral dan serat tinggi.

Nah, semua faktor tersebut tersedia dalam buah belimbing yang nikmat dijadikan sebagai camilan untuk diet ketat. Selain itu, buah belimbing juga kaya akan serat dan nutrisi lain yang dapat mempercepat metabolisme, yang dapat membantu usahamu untuk menurunkan berat badan ekstra.

Serat juga akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama, menurunkan kemungkinan makan berlebihan atau mengemil di antara waktu makan.

6. Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

* sumber: pixabay.com

Buah belimbing mengandung antioksidan, seperti quercetin, asam galat, dan flavonoid polifenol lainnya, yang dapat melawan efek stres oksidatif dan menetralisir radikal bebas sebelum dapat merusak kulit.

Hal ini termasuk mencegah atau meminimalkan munculnya keriput, sekaligus menjaga kulit tetap lembab dan bebas noda seiring bertambahnya usia. Selain itu, buah belimbing juga mengandung zinc yang membantu mengurangi kecenderungan jerawat. Ini sepenuhnya direkomendasikan untuk orang-orang dari segala usia karena memiliki efek antimikroba.

Kandungan vitamin C dalam belimbing mampu menjaga elastisitas dan kekencangan yang akan menambah kilau kulit dan kesehatannya. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa makan belimbing secara langsung atau menggunakannya pada kulit yang rawan jerawat atau kulit berminyak sebagai masker wajah.

7. Detoksifikasi Tubuh

Untuk Detoksifikasi Secara Alami

Karena salah satu nutrisi dalam buah belimbing dapat berfungsi sebagai diuretik, maka buah ini dapat merangsang buang air kecil, yang dapat membantu seseorang yang ingin melakukan detoksifikasi.

Jika produksi air kecil kamu meningkat, maka buah belimbing dapat membantu menurunkan jumlah racun serta lemak dan garam yang berlebih di dalam tubuh. Buah ini juga dipercaya dapat membantu membersihkan hati dan ginjal.

8. Meningkatkan Metabolisme

Meningkatkan metabolisme

* sumber: ibudanmama.com

Buah belimbing mengandung folat yang tinggi dan riboflavin yang membantu mengubah metabolisme kamu dengan cara yang positif, memastikan bahwa proses enzimatik dan hormonal berlangsung dengan lancar di seluruh tubuh.

Vitamin penting ini berperan dalam segala hal, mulai dari komunikasi sel saraf dan metabolisme energi hingga sirkulasi dan kontrol emosional.

9. Meningkatkan Produksi ASI

Susui Bayi Anda

Beberapa wanita yang baru pertama kali menjadi seorang ibu terkadang mengalami produksi susu dalam jumlah yang tidak memadai. Ketidakmampuan untuk memproduksi ASI dapat mempengaruhi wanita secara negatif. Hal itu terjadi karena ketidakseimbangan hormon.

Biasanya masalah tersebut dapat diatasi dengan pil hormon. Tetapi, banyak solusi alami yang dapat membantu meningkatkan dan mempertahankan jumlah susu yang tinggi, salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah belimbing.

Ibu menyusui bisa mengonsumsi segelas jus buah belimbing atau memakannya langsung. Selain itu, buah ini juga memiliki manfaat alami yang dapat mengurangi stres dan kecemasan terkait berkurangnya produksi ASI dan memelihara ikatan antara ibu dan bayi.

10. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Mencegah Anemia

* sumber: www.halodoc.com

Zat besi adalah zat yang membuat pigmen hemoglobin yang membuat darah kita berwarna merah. Tidak hanya itu, zat besi juga yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke semua bagian dan organ tubuh.

Orang yang kekurangan zat besi mudah terjangkit anemia. Gejala anemia umumnya meliputi pucat pada lidah, lingkaran hitam di bawah mata, sering mengantuk, sakit kepala, kelelahan dan pusing.

Bahkan dengan jumlah makanan kaya zat besi yang tinggi, belum cukup untuk mendapatkan semua manfaatnya. Hal itu karena zat besi membutuhkan vitamin C untuk penyerapan yang efektif.

Nah, buah belimbing memiliki vitamin C yang cukup melimpah. Dengan begitu, buah ini dapat memfasilitasi penyerapan zat besi, yang secara tidak langsung meningkatkan hemoglobin yang lebih baik dan mengurangi anemia.

Nah, itulah beberapa manfaat buah belimbing untuk kesehatan tubuh manusia. Selain dikonsumsi langsung, buah ini juga bisa dinikmati sebagai selai, dessert, salad buah segar atau hidangan gurih.

Belimbing tidak direkomendasikan bagi penderita penyakit ginjal, karena sebagian besar terkait dengan kadar karamboksin dan asam oksalat yang tinggi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *