Bacaterus / Manfaat Buah / 8 Manfaat Buah Apel yang Jarang Diketahui Banyak Orang

8 Manfaat Buah Apel yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Juni 2019

Pernah mendengar ungkapan “An apple a day a doctor away”? Kalimat sudah populer sejak lama untuk memberitahu orang-orang tentang manfaat buah apel. Ya, buah yang sangat populer dan mudah didapatkan ini mengandung segudang nutrisi dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh yang mengkonsumsinya.

Salah satu manfaat utama buah apel adalah dapat memperbaiki sistem pencernaan kita. Hal itu tak lain karena kadar serat larut yang terdapat di dalam buah apel cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah apel yang perlu diketahui.

Nutrisi Buah Apel

Apel

Berikut adalah nilai nutrisi untuk satu buah apel berukuran sedang dengan bagian kulit yang dapat dimakan (100 gram):

  • Kalori: 52
  • Air: 86%
  • Protein: 0,3 g
  • Karbohidrat: 13,8 g
  • Gula: 10,4 g
  • Serat: 2,4 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Vitamin C: 4.6 mg
  • Vitamin E: 0.18 mg
  • Kalsium: 6 mg
  • Magnesium: 5 mg
  • Kalium: 107 mg

Manfaat Buah Apel

Beruntunglah bagi Anda yang suka makan buah apel, karena buah tersebut mengandung banyak manfaat lho. Berikut adalah beberapa manfaat penting buah apel yang perlu diketahui.

1. Kaya Akan Nutrisi

* sumber: www.publicdomainpictures.net

Apel adalah salah satu buah yang terkenal kaya akan nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Menurut Basis Data Gizi Nasional Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), beberapa nutrisi dan mineral penting yang terkandung dalam buah apel antara lain seperti antioksidan, kalium, serat, vitamin C, dan beberapa vitamin B (niasin, vitamin B6).

Apel juga termasuk buah yang bebas lemak, natrium, dan kolesterol. Nutrisi penting lainnya yang terdapat dalam apel adalah kalsium, vitamin K, zat besi, tembaga, fosfor, dan magnesium. Selain itu, apel juga adalah buah yang padat energi dan kaya air, sehingga dengan mengkonsumsinya dapat membuat kita merasa kenyang menghilangkan dehidrasi.

2. Bagus Untuk Pencernaan

* sumber: www.needpix.com

Perut sering terserang diare, sembelit, atau gangguan perut lainnya? Cobalah mengkonsumsi buah apel secara teratur agar masalah-masalah pencernaan tadi bisa ditanggulangi dengan baik. Mengapa apel dinilai bagus untuk pencernaan?

Dr. Ferdous Gheyas dari Departemen Ilmu Hortikultura di North Carolina State University dalam penelitiannya menyebutkan bahwa apel adalah buah yang kaya akan serat larut. Mengkonsumsi serat secara teratur yang tersedia dalam buah apel dapat memastikan pergerakan usus halus dan pencegahan sembelit, diare, sindrom iritasi usus, dan gangguan perut lainnya.

Menurut Basis Data Gizi Nasional USDA, satu buah apel besar kira-kira menyediakan 20 persen dari asupan serat makanan harian yang direkomendasikan. Serat tidak hanya dapat memperbaiki pencernaan dan membantu kita kenyang lebih lama, tetapi serat juga mampu menstimulasi pelepasan getah lambung dan pencernaan untuk memastikan penyerapan nutrisi yang efisien.

3. Memiliki Efek Prebiotik

* sumber: pixabay.com

Apel juga disebut-sebut memiliki efek prebiotik yang bermanfaat bagi tubuh. Menurut Wikipedia, prebiotik adalah senyawa dalam makanan yang menginduksi pertumbuhan atau aktivitas mikroorganisme menguntungkan seperti bakteri dan jamur.

Mengapa bisa demikian? Di dalam buah apel terdapat sejenis serat yang bertindak seperti probiotik yang bernama pektin. Hal ini merupakan sumber makanan untuk bakteri baik yang hidup di dalam usus besar kita dan meningkatkan fungsi mereka.

Buah apel merangsang metabolisme dalam saluran pencernaan dan mengembangkan bakteri baik di dalam usus. Efek prebiotik ini mengarah pada peningkatan kesehatan dengan memaksimalkan penyerapan nutrisi dan menghilangkan bakteri dan racun yang berbahaya.

4. Bagus untuk Jantung

* sumber: pixabay.com

Selain berbagai nutrisi dan mineral yang sudah disebutkan di atas, buah apel juga mengandung fitonutrien dan flavonoid, seperti quercetin, epicatechin, phloridzin, dan senyawa polifenol lainnya yang memiliki efek antioksidan. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah apel juga dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Sifat antioksidan dari apel dapat mengurangi oksidasi lemak, yang disebut peroksidasi lipid. Hal ini juga menetralkan berbagai lemak yang ditemukan dalam pembuluh darah yang dapat memberikan tekanan berbahaya. Flavonoid quercetin misalnya, senyawa polifenol yang satu ini bisa mengurangi peradangan di dalam pembuluh darah, sementara epicatechin menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan & Kadar Kolesterol

* sumber: pixabay.com

Apel adalah buah dengan kandungan serat dan air yang tinggi yang membuatnya berisi. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah apel dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga mengurangi nafsu makan dan makan berlebihan. Jika kamu memerlukan asupan alami dan bergizi untuk mendukung proses menurunkan berat badan, apel bisa jadi salah satu jawaban terbaiknya.

Selain bermanfaat untuk proses pencernaan yang lebih baik, serat larut yang terdapat dalam apel juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal itu membuat apel sebagai mekanisme pertahanan yang kuat terhadap penyakit kardiovaskular (merujuk pada sejumlah kondisi, seperti penyakit jantung, serangan jantung, stroke, gagal jantung, dan lain-lain).

6. Mengontrol Diabetes

mencegah diabetes

Kontrol gula darah merupakan hal yang sangat penting bagi orang yang menderita diabetes. Senyawa polifenol yang terkandung dalam apel secara langsung dikaitkan dengan mengurangi penyerapan karbohidrat oleh tubuh.

Polifenol juga dapat menurunkan penyerapan glukosa di dalam saluran pencernaan dan merangsang pelepasan insulin dari pankreas, yang juga diperlukan untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Akhirnya, polifenol merangsang reseptor insulin pada sel-sel di seluruh tubuh yang mempercepat pembuangan gula dari aliran darah dan membawanya ke sel-sel tubuh untuk metabolisme dan fungsi organ yang tepat.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi satu buah apel sehari memiliki resiko 28% lebih rendah terkena penyakit diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi apel. Bahkan makan hanya beberapa apel per minggu juga memiliki efek perlindungan yang sama.

7. Meredakan Gejala Asma

* sumber: www.pexels.com

Beberapa penelitian telah menunjukkan kalau buah apel memiliki sifat anti-peradangan yang bagus dan mampu menjadi perawatan alami gejala asma. Flavonoid quercetin yang ada di kulit apel dapat membantu mengurangi peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Apel yang kaya antioksidan juga dapat membantu melindungi paru-paru kita dari kerusakan oksidatif. Dalam studi ini disebutkan bahwa dengan mengkonsumsi sekitar 15% dari apel besar setiap harinya mampu menurunkan risiko gejala asam hingga 10%.

8. Bagus untuk Kesehatan Tulang

untuk tulang

Senyawa-senyawa yang terkandung dalam apel seperti kaempferol, quercetin, dan myricetin disebutkan mampu mengurangi kondisi perangan, seperti radang sendi dan asam urat.

Para penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dan senyawa anti-inflamasi di dalam buah apel dapat membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Jadi, jika ada orang yang menderita penyakit rematik, mengkonsumsi buah apel bisa sangat bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan.

Cara Mengonsumsi Buah Apel

Apel

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah apel adalah di pagi hari. Pektin, salah satu senyawa dalam apel bisa sangat bermanfaat untuk memperbaiki masalah pencernaan serta membersihkan racun dan zar karsinogen di dalam tubuh.

Agar semua semua nutrisi dan mineralnya diserap dengan baik oleh tubuh, mengkonsumsi apel secara langsung (daging buah dan kulitnya) lebih direkomendasikan. Potongan buah apel dapat dicampur ke dalam salad agar lebih nikmat. Ingat, ya, untuk membersihkan buah apel terlebih dahulu sebelum dimakan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar