Bacaterus / Anggur / 10 Manfaat Buah Anggur Hitam untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

10 Manfaat Buah Anggur Hitam untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Apakah kamu salah satu pecinta buah anggur? Sejak dahulu, buah anggur sudah dibudidayakan di kawasan Timur Tengah, lho! Kini anggur sudah bisa ditemukan dengan mudah di banyak tempat di seluruh dunia.

Tanaman merambat ini memiliki beberapa jenis, mulai dari anggur merah, anggur hijau dan anggur hitam. Nah, salah satu jenis anggur paling mudah ditemukan di pasaran adalah anggur hitam.

Anggur hitam sangat populer di Indonesia. Rasanya lebih manis dan segar serta kandungan air di dalam anggur hitam lebih tinggi dibanding anggur lainnya. Buah yang dikategorikan dalam spesies beri ini kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

Anggur hitam kaya akan vitamin, seperti A, C, E, B6, dan B1. Anggur juga mengandung kalsium, kalium, mangan, seng, selenium, dan gula alami dalam dekstrosa dan glukosa. Inilah beberapa manfaat buah anggur hitam yang bisa kamu dapatkan.

1. Mengurangi Risiko Kanker

Mencegah Kanker Payudara

* sumber: www.thehealthy.com

Anggur hitam memiliki sifat antimutagenik dan antioksidan yang sangat efektif untuk mengurangi risiko kanker. Selain itu, buah anggur hitam juga mengandung senyawa resveratrol yang merupakan sumber antioksidan yang dapat menghancurkan dan menghentikan sumber energi sel kanker.

Salah satu kanker yang dapat dicegah dengan mengonsumsi anggur hitam secara rutin adalah kanker payudara. Bahkan penelitian yang dilakukan di University of Colorado Cancer Center menemukan bahwa resveratrol dapat membantu mencegah kanker kepala dan leher.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Mempertajam Penglihatan

* sumber: www.health.mil

Anggur hitam mengandung banyak vitamin A yang merupakan vitamin paling penting untuk kesehatan mata. Selain itu, anggur hitam juga mengandung banyak antioksidan yang dapat mengurangi risiko masalah penglihatan. Antioksidan dalam buah anggur hitam juga berfungsi melawan radikal bebas dan membuat lensa mata lebih tahan terhadap penuaan.

Tidak hanya itu, anggur hitam juga mengandung zeaxanthin yang merupakan karotenoid yang ada di retina mata. Karotenoid membuat anggur hitam baik untuk kesehatan mata. Sebaiknya makan anggur hitam secara teratur supaya kamu mendapatkan perlindungan yang cukup untuk mata, dengan mencegah kerusakan oksidatif pada retina yang dapat menyebabkan kebutaan.

3. Membantu Mengontrol Diabetes

Mencegah Diabetes

* sumber: theconversation.com

Anggur hitam mengandung sejumlah pterostilbene dan resveratrol. Keduanya merupakan suatu senyawa yang dapat meningkatkan sekresi insulin dan sensitivitas insulin dalam tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi anggur hitam dapat membantu mengatur kadar gula darah secara alami dan mengendalikan lonjakan mendadak pada pengidap diabetes.

Hasilnya anggur hitam efektif dalam mencegah dan mengendalikan diabetes. Tidak hanya itu, anggur hitam juga memiliki indeks glikemik rata-rata. Kandungan resveratrol dalam anggur hitam juga meningkatkan fungsi dan mencegah hilangnya sel beta pankreas, yaitu sel yang membuat insulin, hormon yang mengontrol kadar glukosa.

4. Melindungi Jantung

Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan nitrat oksida dalam buah anggur hitam memiliki manfaat yang baik untuk melindungi jantung. Itu karena nitrat oksida dapat membantu aliran darah menjadi lebih lancar. Aliran darah yang lancar akan membuat kamu terhindar dari endapan darah yang mengarah ke serangan jantung.

Selain itu, kandungan resveratrol dan polifenol memiliki efek yang baik pada tubuh, termasuk dalam pemeliharaan kesehatan jantung yang baik. Dipercayai bahwa antioksidan khusus ini dapat mencegah penumpukan kolesterol teroksidasi dan mencegah serangan jantung dan stroke.

Bahkan, anggur hitam juga mengandung flavonoid dan asam fenolik yang semuanya dapat mengurangi mortalitas kardiovaskular. Senyawa ini juga memiliki efek anti-platelet yang mencegah penggumpalan trombosit sehingga mencegah stroke atau serangan jantung.

5. Membuat Rambut Berkilau

Merangsang Pertumbuhan Rambut

* sumber: buyhatke.com

Kandungan antioksidan dan nutrisi lain seperti vitamin E, membuat anggur hitam bermanfaat untuk kesehatan rambut. Kandungan nutrisi tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah, terutama di kulit kepala dan memberikan nutrisi ke folikel rambut. Ini bisa menghentikan kerontokan rambut yang berlebihan dan tumbuhnya uban.

Mengonsumsi anggur hitam juga dapat memperkuat akar rambut dan membuat rambut lembut dan berkilau. Kamu dapat menggunakan minyak biji anggur hitam yang juga dikenal untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara keseluruhan.

6. Terhindar dari Keropos Tulang

Memelihara Kesehatan Tulang

* sumber: jeanhailes.org.au

Bagi kamu yang khawatir dengan kesehatan tulang, kamu bisa mengkonsumsi anggur hitam. Anggur hitam baik untuk tulang dan menghambat pengeroposan tulang dan mencegah osteoporosis. Semua itu karena kandungan resveratrol yang dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Kandungan ini memiliki kekuatan untuk mencegah sindrom metabolik yang dapat menyebabkan serangkaian komplikasi medis, termasuk diabetes, stroke, penyakit kardiovaskular dan peradangan yang dapat mengakibatkan keropos tulang dan osteoporosis.

7. Ramah Terhadap Kulit

* sumber: pixabay.com

Tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, anggur hitam juga memiliki banyak manfaat untuk kulitmu. Anggur hitam memiliki jumlah vitamin dan mineral yang tinggi yang dapat mencegah kulit kamu dari bahaya kulit kasar dan kulit mengelupas.

Selain itu, anggur hitam juga dapat mengatasi kulit kusam. Nutrisi yang ada di dalamnya berperan sebagai penghalang sinar ultraviolet. Kandungan tersebut melawan tanda-tanda penuaan dan mengurangi garis-garis halus dan bintik-bintik penuaan. Buah anggur hitam juga mengandung vitamin C yang menjadikannya ramah terhadap kulit.

Vitamin ini dikenal untuk meningkatkan kesehatan kulit dan melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari dan polusi. Kandungan air yang tinggi dalam buah ini juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga mencegah kulit mengering dan kehilangan elastisitasnya.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Memperbaiki Fungsi Otak

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Anggur hitam memiliki fungsi sebagai agen pelindung otak yang berarti dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan meningkatkan kesehatan otak. Karena kandungan riboflavin-nya, buah ini bermanfaat bagi orang yang menderita migrain.

Selain itu, kandungan resveratrol yang ditemukan dalam anggur hitam juga dapat mengurangi kadar peptida amiloid-beta pada pasien penyakit Alzheimer. Asupan resveratrol juga dapat meningkatkan disfungsi suasana hati dan mencegah hilangnya memori terkait usia.

9. Mencegah Insomnia

insomnia

* sumber: lifehacker.com

Jika kamu selalu mengalami sulit tidur, anggur hitam bisa membantumu mengatasi masalah tersebut. Hal itu karena anggur hitam mengandung senyawa kimia tertentu yang dapat membantu kamu tidur dengan normal.

Selain itu, anggur hitam juga adalah sumber melatonin yang merupakan hormon tidur yang baik. Sebaiknya konsumsi anggur hitam setiap hari sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur.

10. Mencegah Dehidrasi

Mencegah Dehidrasi

* sumber: www.priva.care

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh akan menjadi mudah lelah, hilangnya konsentrasi dan ditandai dengan kulit atau bibir yang mengering. Bagi kamu yang sering mengalami dehidrasi, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi anggur hitam.

Anggur hitam mengandung kadar air yang tinggi, sehingga dapat mencegah tubuh dari dehidrasi. Dengan memiliki tubuh yang terhidrasi, maka kamu akan lebih lancar menjalani kegiatan sepanjang hari.

Anggur hitam adalah salah satu buah yang kaya antioksidan dan kandungan penting lainnya. Karena rasanya yang manis, kamu bisa mencampurkannya ke dalam es krim atau dibuat menjadi smoothie untuk mendapatkan manfaatnya.

Ketahui juga informasi menarik mengenai manfaat anggur merah, anggur hijau, dan jenis anggur yang banyak dibudidayakan di dunia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *