Bacaterus / Anggur / 11 Manfaat Buah Anggur Hijau Untuk Tubuh yang Lebih Sehat

11 Manfaat Buah Anggur Hijau Untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Anggur adalah buah-buahan yang banyak ditemui di supermarket dan pasar-pasar tradisional. Buah ini memiliki berbagai jenis dan warna. Ada anggur hijau, merah, dan ungu juga anggur tanpa biji. Anggur juga diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman, seperti anggur selai, jus anggur, kismis, sultana hingga minuman anggur.

Salah satu jenis anggur yang populer adalah anggur hijau. Anggur ini telah lama dikenal sebagai buah yang mengandung banyak manfaat kesehatan. Anggur bisa dikonsumsi langsung atau dibuat menjadi jus anggur segar. Namun, cara terbaik untuk mengkonsumsi anggur hijau adalah dalam keadaan segar saat belum diolah menjadi produk lain.

Manfaat anggur hijau tidak hanya pada daging buahnya saja, tapi juga pada bijinya. Biji anggur hijau yang dikunyah sangat baik untuk kesehatan karena memiliki banyak nutrisi. Anggur ini dapat dengan mudah didapatkan baik di supermarket atau pasar tradisional. Berikut ini adalah manfaat dari buah anggur hijau untuk kesehatan.

1. Menjaga Fungsi Otak

Meningkatkan Memori

* sumber: bigthink.com

Manfaat buah anggur hijau yang pertama yaitu menjaga otak agar tetap sehat. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam anggur hijau yang tinggi. Antioksidan dapat menjaga tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak. Jadi, mengkonsumsi anggur hijau dapat menjaga otak tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Selain itu, anggur hijau juga bisa mencegah Alzheimer atau kehilangan memori pada orang tua. Alzheimer merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh akumulasi peptida amiloid di otak. Mengkonsumsi jus anggur hijau secara teratur terbukti dapat meningkatkan memori pada mereka yang mengalami gelaja penurunan memori yang kentara.

2. Menjaga Tetap Awet Muda

* sumber: pixabay.com

Mengkonsumsi anggur hijau secara teratur bagus untuk pengobatan anti-penuaan, keriput, dan gejala yang berkaitan dengan usia tua. Dalam kulit anggur biasanya ditemukan senyawa yang disebut resveratrol. Senyawa ini sangat membantu untuk menjaga kondisi kulit tetap dalam kondisi yang lebih muda dan juga memiliki sifat anti-penuaan yang luar biasa.

Anggur hijau kaya akan vitamin dan mineral, seperti antioksidan, magnesium, fitonutrien, kalium, vitamin A, vitamin C, fosfor, seng, dan riboflavin. Jadi, jika ingin tetap awet muda, pastikan untuk mengkonsumsi anggur hijau secara teratur.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

* sumber: www.massagemag.com

Polifenol merupakan unsur alami yang ditemukan dalam buah-buahan seperti anggur hijau. Unsur ini dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Berdasarkan data yang dikumpulkan dari seluruh dunia, polifenol dalam anggur membantu menurunkan LDL, atau kolesterol jahat. Zat ini juga membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga jantung tetap sehat.

4. Mencegah Kanker

Menurunkan Risiko Kanker Payudara

* sumber: www.parents.com

Anggur hijau juga dipercaya dapat membantu mencegah penyakit kanker. Anggur hijau memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk memerangi radikal bebas dalam tubuh sehingga pertumbuhan sel jahat dapat dikendalikan.

Selain itu, anggur juga mengandung senyawa unik yang bernama polifenol dan flavonoid. Keduanya zat itu memiliki manfaat sebagai anti kanker dan anggur hijau memilikinya keduanya dalam jumlah besar. Jadi, pastikan untuk mengkonsumsi anggur hijau secara teratur untuk mendapatkan manfaat luar biasa ini.

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Mencegah Diabetes

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan pada Jurnal BMJ di tahun 2013, disebutkan bahwa orang-orang yang melahap tiga porsi anggur, blueberry, apel, kismis, atau pir per 7 hari memiliki risiko 7 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi makanan tersebut.

6. Antibakteri

* sumber: www.needpix.com

Salah satu manfaat yang menarik dari anggur hijau adalah sifat antibakterinya. Oleh karena itu, anggur hijau sangat cocok untuk dikonsumsi di musim dingin dan ketika seseorang terserang flu. Anggur hijau juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan infeksi jamur.

Pomace, yaitu residu yang tertinggal pada pembuatan wine, adalah kekuatan di balik manfaat ini. Telah terbukti kalau pomace efektif melawan bakteri berbahaya, seperti E. coli dan Staphylococcus. Residu ini juga membunuh candida, jamur yang dapat membawa malapetaka di dalam tubuh.

Memasukan anggur hijau dalam menu harian dapat membantu mencegah bakteri menyerang tubuh dan mencegah infeksi jamur berbahaya. Pastikan untuk memakan seluruh anggur, termasuk kulitnya. Tak perlu memakan bijinya, tapi pastikan untuk mengkonsumsi ½ gelas atau lebih anggur.

7. Baik untuk Kesehatan Mata dan Mencegah Katarak

Menjaga Kesehatan Mata

* sumber: www.health.com

Anggur merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang baik. Zat ini merupakan antioksidan penting yang membantu menjaga kesehatan mata agar tetap dalam keadaan baik.

Baru-baru ini, beberapa studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah anggur setiap hari dapat melindungi mata dari “degenerasi retina” dan “degenerasi makula”.

Para ahli mengatakan bahwa anggur cukup membantu dan bermanfaat dalam hal mencegah penyakit yang berhubungan dengan mata yang terjadi karena stres oksidatif pada manusia. Ingin mata sehat? Jangan lupa untuk mengkonsumsi anggur hijau.

8. Sangat Baik untuk Kesehatan Tulang, Gigi, dan Gusi

Memelihara Kesehatan Tulang

* sumber: jeanhailes.org.au

Anggur adalah pilihan baik yang disarankan untuk dimasukkan ke dalam menu harian untuk mendapatkan  manfaat “kesehatan tulang”. Buah ini mengandung beberapa bahan-bahan sehat yang relevan, seperti vitamin-K, kalsium, kalium, fosfor dan magnesium.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Menstabilkan Tekanan Darah

* sumber: m.merdeka.com

Mereka yang menderita tekanan darah tinggi, mungkin akan direkomendasikan oleh dokter untuk mengkonsumsi makanan tinggi kalium. Alasannya? Kalium membantu tubuh menghilangkan kelebihan natrium, yang meningkatkan tekanan pada dinding arteri dan membuat kondisi hipertensi lebih buruk.

10. Mencegah Aterosklerosis

Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat anggur hijau adalah menurunkan kolesterol jahat. Kolesterol jahat adalah penyebab penumpukan lemak di arteri yang menyebabkan atherosclerosis (menumpuknya lemak, kolesterol, dan zat lain di dalam dan di dinding arteri).

Saat kolesterol jahat berkurang, orang akan terhindar dari penyakit tersebut. Nah, selain mencegah penyakit aterosklerosis, mengkonsumsi anggur secara teratur juga bisa mencegah penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh aterosklerosis.

11. Baik untuk Manajemen Stres

* sumber: pixabay.com

Banyak sekali buah-buahan herbal yang tersedia yang berguna untuk mengatasi stres dan depresi. Anggur adalah adalah salah satunya dan cukup efektif untuk mengaktifkan atau mendorong sel-sel otak dengan sangat efektif.

Anggur adalah buah yang kaya antioksidan penting seperti resveratrol, phytochemical dan catechin yang membantu mengelola masalah yang terkait stres dan kecemasan.

Jadi, cobalah untuk mengkonsumsi beberapa buah anggur secara teratur, dalam hal ini anggur hijau. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari semua jenis stres dan masalah yang berhubungan dengan depresi.

Anggur hijau ternyata tak hanya memiliki rasa yang manis, tapi juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, ada baiknya untuk mulai mengkonsumsi anggur secara teratur.

Bacaterus telah membahas informasi menarik lainnya seputar buah ini, seperti manfaat buah anggur merah serta jenis anggur yang banyak dibudidayakan di dunia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *