Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / 10 Manfaat Buah Alpukat yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Buah Alpukat yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 November 2018

Alpukat merupakan salah satu buah yang sudah dikenal hampir di seluruh dunia. Buah yang dalam bahasa Inggris memiliki nama Avocado ini memiliki bentuk lonjong yang agak mencorong pada bagian atasnya, berwarna hijau tua pada permukaan kulitnya dan memiliki daging dengan aroma khasnya berwarna hijau muda. Buah alpukat merupakan buah berbiji yang cukup besar berwarna coklat.

Buah ini sering kali menjadi bahan pembuatan jus. Daging alpukat memiliki rasa manis namun kadang juga hambar jika telah matang. Pohonnya relatif tinggi dengan ulat yang khas jika hendak berbuah. Tetapi hal itu tidak menyurutkan minat banyak orang untuk menyukai buah alpukat. Buah alpukat ternyata sangat bermanfaat bagi manusia karena memiliki kandungan gizi yang sangat banyak.

Kira-kira apa saja yang terkandung dalam alpukat? Lalu, berapa banyak manfaat yang bisa dirasakan dari mengonsumsi buah alpukat? Simak pemaparannya di bawah ini.

10 Manfaat Buah Alpukat

1. Menjaga Tekanan Darah

* sumber: medium.com

Buah alpukat kaya akan kandungan gizi di dalamnya, salah satunya yaitu kandungan potasium yang cukup tinggi. Potasium bermanfaat bagi tekanan darah dalam tubuh manusia. Potasium akan mengontrol dan menjaga serta menstabilkan tekanan darah dalam tubuh sehingga sirkulasi dan tekanan darah akan stabil.

Jadi, bagi kamu yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi, cobalah mengonsumsi buah alpukat secara rutin. Kandungan zat potasium dalam alpukat bisa menurunkan tekanan darahmu dan mengontrolnya agar tetap stabil. Akan tetapi, bagi kamu yang memiliki darah rendah, alpukat juga tidak berbahaya untuk dikonsumsi, lho!

2. Menurunkan Kolesterol

* sumber: Merawat%20Kulit%20dan%20Rambut

Penyakit kolesterol sudah marak dan semakin banyak tersebar di Indonesia. Tapi, ketahuilah bahwa buah-buahan di sekitarmu ternyata dapat menyembuhkannya, seperti misalnya buah alpukat. Buah alpukat ternyata dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat atau kolesterol LDL dalam tubuh. Selain itu, buah yang satu ini bisa meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi buah alpukat karena ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari buah yang memiliki ukuran cukup mini ini. Jika kolesterol telah terkontrol, maka berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kolesterol jahat dalam tubuh bisa teratasi.

Cara mengonsumsi buah alpukat guna mengontrol kolesterol dalam tubuh hanya dengan memakannya secara rutin sebanyak satu setengah buah per harinya. Dengan mengonsumsi secara teratur dan rutin, maka khasiat yang didapatkan pun semakin cepat.

3. Merawat Kulit dan Rambut

Alpukat

Selain bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh, ternyata alpukat juga sangat bermanfaat bagi kecantikan. Pasalnya, alpukat berguna untuk melembabkan serta mencerahkan kulit yang kering. Selain kulit, alpukat juga bermanfaat bagi kesehatan rambut karena vitamin E yang terkandung di dalamnya dapat melindungi rambut dari paparan sinar matahari.

Tak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, cukup dengan buah ini kamu bisa mendapatkan perawatan kulit dan rambut dengan mudah dan praktis. Tak heran alpukat juga sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan berbagai macam produk kecantikan seperti body lotion dan minyak alpukat.

4. Menaikan Berat Badan

* sumber: satujam.com

Jika kamu yang ingin menaikan berat badan, kamu tak perlu bingung lagi karena alpukat bisa menjadi solusi yang ampuh untuk itu. Mengapa? Karena buah alpukat memiliki kalori yang cukup banyak yaitu sekitar 160 dalam 100 gramnya. Buah ini juga tinggi akan nutrisi yang baik dalam meningkatkan berat badan.

Konsumsi buah ini secara rutin baik dengan memakannya secara langsung atau dibuat sedemikian rupa terlebih dahulu, seperti misalnya jus, campuran salad, ataupun isian roti. Konsumsi buah alpukat boleh dengan campuran gula dengan kadar yang cukup akan tetapi lebih baik dikonsumsi tanpa campuran apapun.

5. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker

* sumber: belitung.tribunnews.com

Selain dagingnya, biji pada buah alpukat ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pencegah kanker dan mampu menyembuhkan penyakit kanker seperti kanker kulit. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi pada buah alpukat dapat membunuh sel-sel penyebab kanker dan melawan radikal bebas dalam tubuh. Mulai sekarang, yuk konsumsi alpukat secara rutin untuk pencegahan terhadap berbagai macam penyakit yang bisa berakibat fatal bagi kehidupan seperti kanker.

6. Mencegah Peradangan

Pohon alpukat

* sumber: wow.tribunnews.com

Mendengar kata peradangan, tentu saja banyak jenisnya, dimulai dari peradangan jerawat pada kulit, peradangan tenggorokan, hingga peradangan otak. Peradangan merupakan suatu gejala yang harus segera mendapat pengobatan secara serius, salah satunya yaitu dengan cara mengonsumsi buah-buahan yang kaya nutrisi seperti alpukat.

Buah alpukat memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut. Bukan hanya itu, buah alpukat juga ternyata bermanfaat dalam pencegahan dan pengobatan yang tepat untuk peradangan seperti peradangan otak yang dapat berujung pada kematian. Selain untuk mengobati, tak ada salahnya kita mengonsumsi buah ini sebagai pencegahan terhadap gejala peradangan.

7. Mencegah Diabetes

* sumber: theconversation.com

Selain bermanfaat sebagai pencegahan terhadap penyakit kanker, biji pada buah alpukat juga dapat dimanfaatkan menjadi ramuan penyembuh diabetes. Kandungan pada biji alpukat ini dapat mencegah penyebaran penyakit diabetes pada organ-organ tubuh yang lainnya. Selain itu, biji alpukat akan mengatur kadar gula darah dalam tubuh menjadi stabil.

Jadi, tak perlu khawatir lagi akan kadar gula darah yang tinggi karena ramuan biji alpukat bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Biji alpukat bisa meredakan luka yang diakibatkan dari penyebaran penyakit diabetes juga, lho.

8. Melancarkan Menstruasi

Melancarkan Menstruasi

* sumber: ernadiarypull04mey.wordpress.com

Menstruasi merupakan gejala yang dialami setiap perempuan dewasa yaitu meluruhnya dinding rahim yang menjadi gejala rutin setiap bulannya. Akan tetapi, banyak para wanita di luar sana yang mengeluhkan masalah menstruasinya karena tidak lancar atau masalah lain yang serupa. Namun jangan khawatir, karena daun pada buah alpukat bisa mengatasi problem tersebut.

Selain daging dan bijinya yang kaya manfaat, ternyata daun alpukat memiliki manfaat yang sangat baik terhadap siklus haid atau menstruasi pada wanita. Daun alpukat dapat melancarkan proses siklus haid sehingga para wanita akan merasa nyaman dengan itu. Caranya sangatlah mudah, tinggal merebus daun alpukat dengan air, lalu meminumnya secara teratur.

9. Sebagai Masker Wajah

* sumber: caracepatmemutihkanwajah.com

Tak lupa juga alpukat ternyata bermanfaat sebagai bahan kecantikan yang bisa dibuat menjadi masker. Caranya sangat mudah, tinggal haluskan alpukat dan larutkan dengan air agar menjadi krim lalu oleskan pada kulit secara merata. Lakukan perawatan masker alpukat ini secara rutin agar hasil yang didapat bisa maksimal dan cepat.

Manfaat dari menggunakan masker ini sangatlah banyak, di antaranya seperti mencegah penuaan, mengurangi flek hitam di wajah, melembabkan kulit, dan menutrisi kulit agar lebih sehat dan terawat. Ingin tahu membuat masker alami lainnya? Silakan baca artikel 6 Cara Membuat Masker Alami ini.

10. Menyembuhkan Batu Ginjal

* sumber: hellosehat.com

Penyakit batu ginjal adalah suatu penyakit yang sudah banyak kasusnya di Indonesia. Penyakit ini berupa endapan keras yang berada dalam ginjal. Hal ini mengakibatkan rasa sakit yang terasa ketika penderitanya buang air kecil. Siapa sangka bahwa penyakit batu ginjal dapat disembuhkan dengan cara meminum rebusan daun pada buah alpukat.

Hal ini karena daun alpukat memiliki sebuah zat bernama alkoloid yang bisa menyembuhkan batu ginjal dengan cara mengahancurkannya sedikit demi sedikit yang kemudian dikeluarkan dalam air seni. Semakin sering rebusan ini dikonsumsi, maka kesempatan sembuh dari penyakit batu ginjal akan semakin cepat.

Wow, tak disangka buah yang memiliki ukuran yang cukup mini ini memiliki manfaat yang sangat banyak sekali dari mulai pencegahan penyakit, pengobatan, hingga perawatan kecantikan. Selain daging pada buahnya, ternyata hampir semua yang berhubungan dengan alpukat memiliki manfaat seperti misalnya pada biji dan daunnya.

Jangan lupa untuk share artikel ini kepada orang-orang terdekatmu agar mereka juga tahu bahwa manfaat yang bisa kita dapat dari alpukat sangatlah banyak. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dalam menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua ya, readers. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya hanya di Bacaterus.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya adalah seorang pelajar yang masih duduk di bangku SMK Negeri di Cianjur. Cita-cita utama saya adalah ingin membahagiakan orang tua,menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang, serta menjadi manusia yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik. Sementara cita-cita untuk karir saya sangatlah banyak. Bisa dibilang saya ingin menggeluti berbagai macam profesi seperti menjadi pengusaha, photografer, jurnalis, content creator, dan masih banyak lagi karena saya menyukai hal-hal yang baru. Hobi saya adalah travelling dan memotret.

Leave A Comment