Bacaterus / Olahraga / Inilah Berbagai Manfaat Berenang Bagi Tubuh & Kesehatan

Inilah Berbagai Manfaat Berenang Bagi Tubuh & Kesehatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan. Tidak hanya menyenangkan, sama halnya dengan olahraga lainnya, berenang pun memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita.

Selain olahraga yang menyenangkan, kini berenang pun merupakan salah satu sarana rekreasi bagi keluarga. Dengan fasilitas permainan yang cukup menarik, olahraga ini cukup digemari oleh berbagai kaum.

Para orang tua pun kerap membawa anak-anaknya pergi berenang untuk mengenalkan olahraga tersebut ataupun hanya sekedar untuk berekreasi dengan keluarga dengan adanya fasilitas bermain di kolam renang.

Manfaat berenang sendiri cukup banyak, seperti membuat badan terasa lebih segar dan bugar, badan lebih tinggi, dengan menggunakan teknik tertentu dapat bermanfaat bagi ibu hamil, mengurangi resiko kanker payudara, dan juga menghilangkan stres.

Namun, tetap saja, olahraga ini harus didampingi dengan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat pula untuk menghasilkan manfaatnya yang maksimal. Berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari berenang:

Melatih Pernafasan

manfaat berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga terbaik untuk melatih dan memperkuat pernafasan. Karena untuk melakukan olahraga ini kita harus memiliki pernafasan yang kuat untuk menyelam, terlebih lagi jika dalam waktu yang lama.

Dengan teraturnya kita melakukan olahraga ini, maka dengan sendirinya pernafasan kita akan terlatih menjadi lebih kuat dan panjang saat berenang. Selain itu gerakan disaat berenang mengakibatkan seluruh otot bergerak yang kemudian memompa aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan juga paru-paru menjadi lebih lancar untuk menghasilkan pernafasan yang lebih panjang pula.

Meningkatkan Tinggi Badan

meningkatkan tinggi badan

Bagi anak-anak dan juga remaja yang masih dalam masa pertumbuhan, dengan melakukan olahraga ini akan membantu meningkatkan tinggi badan mereka. Karena pada saat melakukan olahraga berenang ini gerakan-gerakan di dalam renang membantu membangun otot dan membantu pertumbuhan tulang. Jika dilakukan secara rutin maka tinggi badan pun meningkat dibandingkan dengan berat badannya.

Menambah kekuatan otot dan tulang

menambah kekuatan otot

Jika kita rutin melakukan olahraga ini, selain memiliki jantung yang kuat, tapi otot dan tulang juga menjadi semakin kuat dikarenakan seluruh otot tubuh bergerak. Bahkan dengan berenang dapat menyembuhkan otot yang terluka lebih cepat sembuh.

Membakar kalori

Berenang selama setengah jam dapat membakar kalori 200-300 kalori di dalam tubuh Anda. Namun tergantung pula pada intensitas dan gaya yang Anda lakukan. Dengan begitu, renang juga dapat menurunkan atau mempertahankan berat badan ideal Anda.

Mencegah stres dan depresi

Sama halnya dengan yoga, ketika berenang, Anda akan merasakan rileks dan dapat meningkatkan mood pada diri Anda. Dikarenakan terjadi peregangan dan relaksasi pada otot-otot yang disertai dengan teknik pernafasan yang beriringan. Sehingga tak heran, banyak juga yang melakukan olahraga ini untuk menghilangkan kepenatan dan stres.

Minim resiko cedera

Ketika tubuh berada di dalam air, Anda pasti akan merasakan tubuh lebih ringan dari biasanya. Karena berat yang biasanya ditopang oleh tubuh berkurang hingga 50%. Selain itu otot dan persendian mendapatkan tekanan yang lebih sedikit. Berbeda ketika Anda melakukan aktifitas di darat.

Mengurangi Resiko Diabetes

Manfaat berenang yang selanjutnya adalah untuk mengurangi resiko diabetes. Dengan rutin berenang dan hanya dengan 30 menit selama 3 kali dalam seminggu, Anda bisa membakar kalori hingga 900 kalori, sekaligus mengurangi kolesterol baik dan jahat.

Memperbaiki Gejala atau Serangan Asma

Dengan rutin berenang, Anda yang memiliki gejala asma akan terbantu dalam meningkatkan volume paru-paru dengan menggunakan teknik pernafasan yang tepat. Pastikan Anda melakukannya secara rutin agar bisa mendapatkan manfaat berenang ini secara maksimal.

Meningkatkan Fleksibilitas, Postur dan Keseimbangan

meningkatkan fleksibilitas

Berenang dapat mambantu meregangkan serat otot dan juga ligamen membantu untuk mempertahankan ketegangan yang mendukung gerakan tubuh. Biasanya, orang yang rutin berenang memiliki postur tubuh yang lebih tinggi juga keseimbangan yang stabil.

Menguatkan Rahim Wanita yang Hamil

renang wanita hamil

Seorang wanita yang sedang hamil pun bisa melakukan olahraga ini dengan menggunakan teknik-teknik tertentu. Ketika berenang, otot bahu, perut, rahim dan panggul semakin kuat sehingga dapat membantu proses persalinan.

Selain itu, olahraga ini dapat meredakan nyeri sendi dan ketidaknyamanan ketika masa-masa kehamilan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Melpomene Institute of Minneapolis mengatakan jika berenang untuk wanita hamil dapat mengurangi rentannya keguguran jika dilakukan secara teratur.

Namun ada baiknya jika wanita hamil yang ingin berenang menggunakan teknik yang tepat bahkan dipandu oleh instruktur renang. Hal tersebut bertujuan agar Anda bisa mendapatkan manfaat berenang secara maksimal dan menghindari resiko yang tidak diinginkan terhadap kandungan.

Mengurangi Resiko Kanker Payudara

kanker payudara

Wanita rentan sekali terhadap kanker payudara. Pada penelitian Cancer Research Center in Settle, di Amerika Serikat pada tahun 2003 menyebutkan bahwa, wanita yang rutin berenang dapat menurunkan resiko kanker hingga 20 persen, apalagi jika dilakukan pada usia muda.

Kemudian bagi pasien pasca operasi kanker payudara, para ahli medis menyarankan untuk berenang untuk menguatkan kembali otot-otot yang melemah pasca operasi. Tapi, disarankan pula untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum akan berenang.

Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Obesitas

Berenang merupakan olahraga yang bermanfaat untuk mengurangi berat badan dan juga menghilangkan obesitas. Karena pada saat berenang kalori didalam tubuh kita dibakar sangat banyak hingga 800 – 900 kalori hanya dalam satu jam berenang.

Hal itu dikarenakan, ketika berenang hampir seluruh anggota tubuh diikutsertakan untuk bergerak. Jadi tak heran banyak orang yang menyukai olahraga ini demi mendapatkan tubuh yang sehat dan juga tetap ramping.

Dengan melakukan olahraga berenang, banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan. Apalagi jika berenang dilakukan secara rutin dengan gerakan-gerakan yang tepat. Olahraga berenang bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk berolahraga. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus membaca info menarik lainnya hanya di bacaterus.com.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 pemikiran pada “Inilah Berbagai Manfaat Berenang Bagi Tubuh & Kesehatan”

  1. kalau berenang baik untuk melatih pernapasan, apakah berenang baik bila sedang mengalami flu?

    • Penyakit flu itu berhubungan langsung dengan THT, dikhawatirkan flu malah akan bertambah parah jika berenang. Apalagi flu biasanya disertai dengan demam, jadi sebaiknya tidak melakukan olahraga yang satu ini ketika sedang flu.

Tinggalkan komentar