Bacaterus / Apel / 7 Manfaat Penting Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh Manusia

7 Manfaat Penting Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Seperti yang diketahui, buah apel memiliki beragam jenis yang tersebar di berbagai belahan dunia. Buah yang satu ini juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Di Indonesia, apel termasuk buah yang mudah didapatkan dan banyak dikonsumsi masyarakat.

Apel disebut-sebut kaya akan kandungan quercetin, yaitu salah satu flavonoid yang diketahui dapat mencegah proses peroksidasi lemak, sehingga dapat melindungi tubuh dari beberapa penyakit degeneratif. Selain flavonoid, apel juga mengandung sejumlah senyawa lain yang berfungsi sebagai antioksidan, seperti tokoferol, kumarin, turunan asam sinamat, dll.

Kandungan pektin, quercetin dan vitamin C yang tinggi pada apel membuat ahli gizi sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi buah ini secara teratur. Antioksidannya yang sangat tinggi juga dapat digunakan sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit dan disfungsi kesehatan tubuh lainnya. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak beberapa manfaat buah apel di bawah ini.

1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Memperbaiki Pencernaan

* sumber: www.videoblocks.com

Memiliki saluran pencernaan yang sehat sangatlah penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sistem pencernaan berperan bagaimana tubuh menyerap dan memanfaatkan semua nutrisi yang dikonsumsi. Pektin adalah jenis serat unik yang terbukti dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan.

Sifat pektin yang larut dan mengikat kolesterol atau racun dalam tubuh serta meningkatkan pergerakan usus dapat meningkatkan fungsi eksresi. Selain itu, serat dan nutrisi lainnya termasuk vitamin C dan kalium juga menambah poin plus nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Apel juga baik untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti konstipasi atau sembelit dan inflamasi di usus besar. Kandungan pektin juga meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, seperti Eubacterium eligens dan Lachnospira pectinoschiza untuk fungsi usus yang lebih maksimal.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Paparan bakteri, virus, parasit, polusi maupun radiasi matahari akan selalu mengancam tubuh manusia. Karena hal inilah biasanya tubuh dilindungi oleh sistem pertahanan tubuh atau imunitas yang membantu kamu melawan penyakit.

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat membantu kamu pulih dari flu lebih cepat lho. Studi menunjukkan bahwa quercetin membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meminimalkan masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, serat larut ini juga bermanfaat bagi pencernaan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Manfaat tambahan ini mengurangi permintaan pada sistem kekebalan, sehingga mereka fokus pada pertahanan terhadap virus dan bakteri.

3. Mencegah Penyakit Alzheimer

Mencegah Alzheimer

* sumber: getmedurgentcare.com

Minum jus apel diketahui dapat mencegah penurunan neurotransmitter esensial yang dikenal dengan asetilkolin, sehingga dapat meningkatkan daya ingat. Meningkatkan asetilkolin di otak diketahui dapat memperlambat penurunan mental pada penderita Alzheimer.

Neurotransmitter adalah bahan kimia yang dilepaskan sel-sel saraf untuk mengirimkan pesan ke sel saraf lainnya. Hal ini sangat penting bagi daya ingat dan kesehatan otak. Jadi, mengkonsumsi satu atau dua apel sehari dapat membantu melawan efek penuaan pada otak yang mana menjauhkan kamu dari Alzheimer.

Studi dari Neurodegeneration Research University of Massachusetts menunjukkan bahwa tikus yang diberi jus apel yang setara dengan 2 cangkir jus per hari mampu melawan Alzheimer pada binatang tersebut.

Peneliti sekaligus direktur Thomas Shea, PhD, mengemukakan bahwa, “Temuan dari penelitian ini memperlihatkan konsumsi makanan kaya antioksidan seperti apel dan jus apel dapat membantu mengurangi masalah yang berkaitan dengan kehilangan memori.”

4. Mengontrol Diabetes

Mencegah Diabetes

* sumber: theconversation.com

Tahukah kamu kalau serat dalam apel dapat membantu memperlambat penyerapan gula? Itu artinya gula masuk secara perlahan ke dalam aliran darah, sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Apel diketahui mengandung karbohidrat dan gula, namun gula dalam apel adalah fruktosa.

Fruktosa memiliki efek yang sangat kecil pada kadar gula darah ketika ia dikonsumsi dalam buah utuh. Senyawa tanaman lainnya yang ditemukan dalam apel adalah polifenol, yang dapat memperlambat pencernaan karbohidrat sekaligus menurunkan kadar gula darah.

Polifenol dalam apel, terutama pada kulitnya dapat merangsang pankreas untuk melepaskan insulin serta membantu sel-sel mengambil gula. Karena itulah makan apel secara teratur dapat mengurangi resistensi insulin yang mengarah pada kadar gula darah lebih rendah.

Ditemukan dalam sebuah studi bahwa wanita yang mengkonsumsi apel per hari memiliki resiko 28% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsi apel jenis apa pun.

5. Membantu Mencegah Kanker

Mencegah Kanker Payudara

* sumber: www.thehealthy.com

Senyawa penting lainnya dalam apel tentu saja antioksidan. Antioksidan adalah zat yang dapat mencegah beberapa reaksi kimia berbahaya dalam tubuh. Pasti kamu juga sudah tahu kalau antioksidan ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk melindungi tubuh kamu dari berbagai penyakit kronis.

Beberapa antioksidan yang ditemukan dalam apel ialah quercetin, asam klorogenik, dan phlorizin. Selain itu, vitamin C adalah sumber antioksidan terbaik. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang mampu memblokir beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, sehingga meningkatkan efek pencegahan kanker.

Senyawa metabolit sekunder flavonoid juga berperan sebagai antioksidan dengan cara mendonasikan atom hidrogennya atau melalui kemampuannya mengkelat logam. Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa flavonoid berkontribusi dalam aktivitas anti-proliferatif pada sel kanker manusia.

6. Membantu Merawat Kulit

* sumber: pixabay.com

Kandungan vitamin C yang tinggi pada apel membantu membangun kolagen yang membantu elastisitas kulit yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap awet muda. Nutrisi dari buah bekerja secara efektif untuk memberi manfaat bagi kulit dengan menyingkirkan patogen dan minyak berlebih.

Perlu diketahui kalau radikal bebas dapat memecah kolagen dan serat elastik, sehingga menyebabkan berkembangnya garis halus dan kerutan, beserta tanda-tanda penuaan dini lainnya pada kulit. Vitamin dan nutrisi dalam apel inilah yang dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh polusi dan sinar matahari.

Salah satu produk berbahan apel yang sering digunakan untuk kulit adalah cuka apel. Cuka apel sendiri diketahui dapat mengobati jerawat sekaligus mencegahnya datang kembali.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengontrol Berat Badan

* sumber: www.everydayhealth.com

Apel diketahui kaya akan serat dan air. Dalam sebuah penelitian, orang yang memakan irisan apel sebelum makan akan merasa lebih kenyang dan 200 kalori lebih sedikit daripada mereka yang tidak.

Studi juga dilakukan pada tikus yang obesitas. Ditemukan bahwa tikus yang diberi suplemen apel dan konsentrat jus apel kehilangan lebih banyak berat badan serta kadar kolesterol LDL, trigliserida, dan kolesterol total yang lebih rendah.

Adalah pektin, kandungan dalam apel yang digunakan sebagai agen pembentuk gel untuk membuat selai atau jeli. Hasilnya perut kamu dapat menunda pengosongan perut melalui mekanisme yang sama. Hal inilah yang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Studi lainnya yag diterbitkan dalam jurnal Nutrition menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi apel sebelum makan menunjukkan penurunan berat badan yang signifikan.

Apel adalah buah yang manis, renyah, lezat sekaligus dikenal sebagai buah yang super sehat. Buah ini mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk kalori, karbohidrat, serat, vitamin C, kalium, vitamin K, mangan, tembaga, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ingatlah bahwa apel di pagi hari adalah emas, apel di siang hari adalah perak dan apel di malam hari adalah perunggu. Jadi, makanlah sebuah apel sebelum harimu berakhir. Bukan jus apel, saus apel apalagi pie apel ya, tetapi hanya apel utuh yang bagus. Namun, ketahui juga kalau mengkonsumsi apel sepanjang hari tidak bagus karena dapat merusak gigi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *