Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Apel Hijau yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Apel Hijau yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Agustus 2019

Siapa yang tidak tahu dengan buah apel? Selain enak, buah ini memiliki manfaat bagi kesehatan jika kita mengonsumsinya dengan teratur. Manfaatnya juga sangat banyak, mulai dari mencegah penyakit stroke sampai memelihara berat badan.

Buah apel juga memiliki berbagai jenis dan warna yang beragam, salah satunya adalah apel hijau. Apel jenis ini sering disajikan dalam bentuk salad buah dan jus. Nah, jika Anda rajin mengonsumsi apel hijau maka Anda bisa mendapatkan manfaat-manfaat berikut ini lho!

1. Menjaga Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

* sumber: www.popsugar.com

Kandungan serat yang tinggi dalam apel hijau membantu kalian dalam mengontrol pola makan. Kandungan air yang banyak juga membantu tubuh untuk selalu merasa kenyang. Selain menjaga pola makan, mengonsumsi apel hijau juga melancarkan pencernaan dalam tubuh.

Bagi kalian yang sedang diet dan memiliki masalah dalam menjaga pola makan serta pencernaan, mengonsumsi apel hijau secara rutin bisa menjadi solusi yang bagus. Cocok banget bagi kalian yang sedang menjalani program diet sehat, enak dan mengenyangkan.

2. Mencegah Diabetes

Mencegah Diabetes

* sumber: www.npr.org

Takut gula darah naik saat mengonsumsi buah-buahan? Jangan takut, karena buah apel hijau memiliki kadar gula yang lebih sedikit dan serat yang banyak. Kandungan vitamin B1 di dalam apel hijau dapat mengatasi kadar gula berlebih di dalam tubuh. Jadi, memang apel hijau adalah salah satu makanan wajib untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain mencegah diabetes, buah ini kaya akan mineral sehingga kalian tidak terus-terusan mengonsumsi makanan ataupun minuman manis lainnya.

3. Baik untuk Indera Penglihatan

Hindari Mengucek Mata

Apel hijau memiliki memiliki kandungan vitamin C dan Vitamin A yang sangat penting untuk memelihara kesehatan mata. Selain vitamin C, apel hijau juga memiliki kandungan antioksidan dan fitonutrien yang mampu melawan kerusakan radikal bebas di retina dan menyembuhkan luka di kornea lebih cepat.

Selain itu, kandungan vitamin yang A juga dapat memperkuat dan meningkatkan ketajaman penglihatan. Bagi kalian yang beraktivitas dengan layar komputer terus menerus, apel hijau boleh manjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi.

4. Memelihara Kesuburan Rambut

Membersihkan dan Merapikan Rambut

* sumber: www.qupas.id

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam apel hijau dapat memelihara kulit menjadi sehat dan melembapkan kulit kepala hingga mengurangi ketombe. Kandungan vitamin yang banyak di apel hijau, terbukti mampu untuk menjaga dan memberi nutrisi yang cukup untuk kulit kepala.

Selain itu, protein di dalam apel hijau dapat meningkatkan dan memberikan nutrisi dari dalam tubuh. Jadi, kulit kepala bukan hanya sehat tapi juga bisa menumbuhkan rambut secara alami berkat protein dan vitaminnya. Maka dari itu, bagi kalian yang sedang perawatan rambut, mengonsumsi buah apel hijau juga bagus untuk melengkapi perawatan kulit kalian.

5. Mencegah Asma

Obat Asma

* sumber: www.1health.id

Selain menyuburkan rambut, buah apel hijau juga bisa meningkatkan kesehatan paru-paru loh. Hasil studi para ahli menyebutkan adanya kandungan flavonoid yang cukup banyak di dalam buah apel hijau. Selain mencegah katarak, kandungan flavonoid dapat mencegah serangan jantung juga lho.

Bahkan, Mengonsumsi buah apel hijau juga sangat aman bagi penderita alergi hipersensitif. Kalian bisa mengonsumsi secara langsung atau disantap dengan salad maupun dijus. Usahakan kulit apel tidak dibuang karena memiliki banyak kandungan bagus untuk dikonsumsi.

6. Memperkuat Gigi dan Tulang

Memelihara Kesehatan Gigi

* sumber: healthflex.com

Kandungan vitamin K dalam buah apel hijau dapat memperkuat gigi dan tulang. Cobalah untuk memakan buah apel hijau dengan mengonsumsinya langsung dan tanpa dikupas kulitnya. Tapi, jika kalian lebih suka olahan buah yang dijus maka usahakan untuk jus buah apel hijau tanpa membuang kulitnya, ya.

Pasalnya, kulit serta daging dari buah apel hijau ini penuh dengan kalsium. Seperti yang kita ketahui bahwa kalsium dapat memperkuat tulang dan gigi serta membuat tulang dan gigi menjadi lebih sehat. Dengan begitu, bisa dipastikan juga bahwa mengonsumsi apel hijau dapat mencegah osteoporosis.

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Meningkatkan metabolisme

* sumber: ibudanmama.com

Apel hijau adalah buah yang mengandung banyak mineral, antara lain zat besi, kalium dan mangan. Semua kandungan ini memiliki peran penting dalam memelihara kesehatan tubuh. Salah satu kandungan pada buah apel yaitu zat besi yang dapat membantu penyerapan oksigen dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Apel hijau yang kaya akan vitamin juga dapat melindungi kulit dan tubuh dari bahaya radikal bebas. Apel hijau juga mengandung antioksidan yang membantu kulit meregenerasi sel-sel kulit. Antioksidan dalam apel hijau juga melindungi fungsi hati agar berfungsi dengan baik.

8. Mencegah Pembekuan Darah

apel hijau

Kaya akan vitamin K membuat buah apel hijau menjadi pilihan tepat untuk perbaikan dan penyembuhan luka secara efektif dan sehat. Bagi para kaum wanita, mengonsumsi buah apel hijau saat masa menstruasi bisa membantu mengendalikan pendarahan yang berlebihan.

Pendarahan adalah masalah penyakit yang cukup serius dan harus cepat dalam proses penanganannya. Kandungan vitamin K dalam buah apel hijau sangat bermanfaat untuk mencegah pendarahan secara berlebihan.

9. Baik untuk Kulit

Meningkatkan Kesehatan Kulit

* sumber: gethealthaccess.com

Banyaknya kandungan vitamin di dalam apel hijau dapat membantu kulit untuk mempertahankan kelembapan dan kecerahan kulit. Selain perawatan kulit dari luar, kalian bisa mengonsumsi apel hijau untuk perawatan kulit dari dalam. Apel hijau memastikan kulit mendapatkan nutrisi yang cukup dan melindungi kulit dari berbagai masalah kulit. Hal tersebut juga terbukti dengan banyaknya produk masker wajah yang memiliki kandungan apel hijau.

Selain dapat melembapkan, apel hijau juga dapat menghilangkan keriput serta menghaluskan tekstur kulit. Bagi kalian yang mencari buah-buahan yang bisa meningkatkan kesehatan kulit, buah apel hijau cocok untuk dikonsumsi secara rutin.

10. Sebagai Detoxifier Alami

Sebagai Detoxifier Alami

Apel hijau yang sudah kita tahu memiliki serat alami yang baik. Namun, nyatanya manfaat apel hijau tidak hanya itu saja lho. Pasalnya, apel hijau juga bisa menjaga sistem pencernaan dari racun dan zat yang berbahaya. Nah, serat yang ada dalam kandungan apel hijau bisa mengatasi masalah sembelit. Tidak perlu mengonsumsi obat-obatan secara terus menerus. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan alami, seperti apel hijau ini.

Selain membantu sistem pencernaan, buah apel hijau juga membantu mengurangi kanker usus besar. Buah apel hijau menjadi agen detoksifikasi alami sehingga aman untuk terus dikonsumsi. Bagi kalian yang kesulitan BAB, segera konsumsi buah apel hijau secara rutin.

Demikian penjelasan tentang manfaat buah apel hijau yang diulas Bacaterus. Banyak sekali manfaat dari mengonsumsi buah apel hijau ini, mulai dari menjaga berat badan, memperbaiki sel kulit, dan hingga merawat organ-organ di dalam tubuh. Tahu manfaat lainnya dari mengonsumsi buah apel hijau? Yuk, share pengalaman kalian di kolom komentar!

Oh iya, selain mengulas manfaat apel hijau, kami juga pernah membahas manfaat buah melon lho. Untuk mengetahui manfaatnya, silakan baca artikel 10 Manfaat Melon ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar