Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Desember 2018

Kamu suka minum teh celup? Minuman ini biasanya dinikmati pada pagi hari, sore hari dan juga saat berbuka puasa. Selain rasanya yang nikmat, teh memiliki beberapa kandungan nutrisi yang cukup berguna bagi tubuh kita, seperti polifenol, vitamin A, C dan E. Kandungan nutrisi ini berguna untuk menangkal radikal bebas, memberikan kekebalan dari berbagai macam penyakit, dan menjaga kesehatan kulit.

Kita hanya mengonsumsi air ekstrak dari teh, sedangkan ampas tehnya tentu saja tidak bisa dikonsumsi sehingga biasanya dibuang begitu saja. Padahal, ampas teh celup punya banyak manfaat, loh! Kali ini Bacaterus akan membahas 10 manfaat ampas teh celup yang dapat kita peroleh untuk wajah dan tubuh. Ini dia penjelasannya:

10 Manfaat Ampas Teh Celup Untuk Wajah dan Tubuh

1. Kantung Mata dan Mata Panda

Mata Panda tips agar cantik

Kantung mata biasanya akan muncul karena kurang tidur atau karena terlalu banyak tidur, terlalu lama bekerja di depan komputer, kurang minum air putih, terlalu banyak mengonsumsi makanan asin, dan terlalu sering tidur larut malam atau begadang. Tapi, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kantung mata atau lingkaran mata hitam, karena kamu dapat memanfaatkan ampas teh untuk mengatasinya.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencelupkan ampas teh (baik teh celup atau jenis teh lainnya) ke dalam air es hingga ampas menjadi benar-benar dingin. Atau, kamu juga dapat meletakkan ampas teh celup ini di dalam kulkas hingga dingin.

Setelah itu, kompreskan ampas teh kantong yang telah dingin di area kelopak mata dan diamkan selama beberapa menit. Ulangi langkah tersebut hingga kantung mata kamu berangsur-angsur menghilang dan mata kamu menjadi semakin segar.

2. Lulur Mandi

Ampas Teh Celup

Ampas teh celup bisa digunakan untuk membersihkan, menghaluskan, dan melembabkan kulit tubuh kamu juga, lho. Kamu hanya perlu mengumpulkan ampas teh celup sebanyak 2 sendok makan. Kemudian campurkan ampas teh yang sudah kamu kumpulkan tadi dengan 1 sendok makan lulur mandi dan 1 sendok makan tepung beras (atau beras tumbuk) ke dalam wadah bersih.

Setelah tercampur rata, kamu boleh menambahkan air sampai mendapatkan kekentalan yang kamu inginkan, lalu gunakan campuran bahan tersebut sebagai lulur untuk mandi.

3. Masker Wajah

Masker Wajah

Buat kamu yang memiliki kulit wajah kasar, kering, dan kusam, kamu bisa menggunakan ampas teh celup sebagai masker supaya kulit kamu bisa lebih halus, lembab, dan lebih cerah. Ampas teh celup dapat mengatasi sel-sel kulit mati serta noda bekas jerawat. Sebelum memanfaatkan ampas teh celup, kamu harus mendiamkannya semalaman.

Caranya adalah, keluarkan ampas teh dari kantongnya lalu pindahkan ke dalam wadah yang bersih. Lalu, masukkan satu sendok makan madu dan satu sendok makan tepung beras atau beras tumbuk. Aduk adonan masker sampai merata, kamu boleh tambahkan air jika terlalu kental.

Setelah itu, oleskan masker pada wajah secara merata kemudian gosok dengan lembut sekitar 5-10 menit. Gosok lembut area hidung supaya komedo juga bisa sekalian dibersihkan. Jika sudah, diamkan sampai kering.

Terakhir, bilas masker dengan air hangat sampai bersih, kemudian bilas lagi dengan air dingin atau air es, lalu keringkan wajah menggunakan handuk dengan ditekan-tekan lembut sampai wajah menjadi kering.

4. Kulit Terbakar Matahari

Kulit Terbakar Matahari

Setelah kamu berenang atau melakukan aktivitas di luar ruangan lainnya, mungkin kulit kamu akan terasa terbakar akibat paparan sinar matahari secara terus menerus. Meskipun kamu sudah menggunakan sunblock, bukan berarti kulit kamu akan terhindar dari bahaya sinar matahari seperti kulit terbakar, mengelupas, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasinya, kamu cukup celupkan ampas teh celup ke dalam air es. Kemudian kamu kompreskan ampas teh celup dingin tersebut pada bagian kulit yang terbakar tadi. Maka rasa perih yang ada akibat paparan sinar matahari tadi akan mereda. Lakukan langkah tersebut sampai kulit kamu terasa tidak panas dan perih lagi akibat paparan sinar matahari.

5. Rambut Lebih Berkilau

Apakah rambut kamu kering dan kusam? Sudah mencoba berbagai cara tapi belum dapat hasil yang kamu inginkan? Nggak usah khawatir, ampas teh celup bisa kamu gunakan untuk mengatasinya. Mau tahu bagaimana caranya?

Caranya cukup mudah, lho. Kamu cukup celupkan ampas kantung teh celup ke dalam bilasan terakhir rambut saat kamu keramas supaya terlihat lebih bersinar dan halus. Tapi ampasnya nggak usah dikeluarkan dari kantungnya, ya.

6. Bisul

Kamu pernah bisulan? Atau mungkin sedang bisulan? Sudah diobati tapi belum sembuh? Mungkin kamu harus coba cara yang satu ini. Kamu cukup kompres bisul tersebut menggunakan ampas teh celup selama sekitar 15 menit atau hingga kantung teh celup kering. Lakukan cara ini dengan rutin hingga bisul hilang.

7. Bau Tak Sedap Pada Lemari Es

Bau Tak Sedap Pada Lemari Es

Lemari es atau kulkas biasanya akan bau jika kita menyimpan terlalu banyak makanan yang mengeluarkan bau menyengat, seperti ikan asin, sambal, dan daging. Lemari es juga bisa mengeluarkan bau yang tidak enak karena belum sempat dibersihkan.

Untuk mengatasi bau tersebut, kamu bisa menggunakan beberapa ampas kantung teh yang diletakkan di dalam lemari es. Maka bau tersebut akan terserap ke dalam kantung ampas teh celup, sehingga bau kulkas pun hilang dengan sendirinya.

8. Mengencangkan Kulit

Mengencangkan Kulit

Kulit wajah yang kencang akan membuat kamu tampak awet muda. Perawatan menggunakan produk kecantikan memang tidak dilarang, asalkan cocok dengan jenis kulit kamu, tapi kamu juga bisa menggunakan cara alami dengan menggunakan masker dari ampas teh celup.

Caranya sangat mudah. Pertama, keluarkan ampas teh dari kantung celup, lalu balurkan kes eluruh kulit wajah kamu. Diamkan semalaman agar kandungan yang terdapat di dalam teh dapat meresap ke dalam kulit. Kemudian, pada pagi harinya, bilas masker dengan air hangat sampai bersih.

9. Gatal Gigitan Nyamuk

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Ampas teh yang berada dalam kantung teh mengandung zat serupa antihistamin yang dapat berguna untuk mengatasi kulit kemerahan yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk.  Disaat kamu merasakan gatal karena gigitan nyamuk, kamu dapat menggunakan ampas teh celup yang masih hangat dan usapkan pada daerah yang gatal. Niscaya, gatal pun akan langsung mereda.

10. Ketombe

ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang cukup serius karena dapat mempengaruhi kepercayaan diri kamu. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan ampas teh celup yang sudah dikeluarkan dari kantungnya. Kemudian, campurkan ampas teh dengan air secukupnya, lalu siramkan pada seluruh rambut kamu, jangan lupa untuk memijatnya dengan lembut selama 10 menit.

Setelah itu bilas sampai rambut kamu bersih dari ampas teh, lalu lanjutkan keramas menggunakan shampo seperti biasanya. Lakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu, supaya kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

Ampas teh celup yang biasanya hanya dibuang begitu saja, bisa kamu manfaatkan untuk berbagai hal, bukan? Jadi apa kamu mau mencoba salah satunya? Selamat mencoba, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .