Bacaterus / Manfaat Tanaman / 10 Manfaat Air Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Air Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Desember 2018

Daun salam merupakan salah satu rempah yang sering digunakan dalam aneka masakan. Daun salam mengandung minyak atsiri, tannin, dan flavonoid. Ekstrak etanol pada daun salam bisa digunakan sebagai anti jamur, anti bakteri, dan anti cacing.

Dajn salam memang  memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk menambah aroma masakan tapi juga untuk kesehatan. Daun salam biasanya akan direbus untuk diambil sarinya sebagai obat berbagai macam penyakit. Apa saja manfaat rebusan daun salam untuk kesehatan itu? Berikut diantaranya :

1. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

kolesterol tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi akan berdampak buruk pada kesehatan Anda. Anda harus menjaga asupan makanan, sehingga kadar kolesterol Anda bisa terjaga pada angka normal. Batas angka tertinggi kadar kolesterol adalah angka 200-239 mg/DL. Tapi jika diatas angka tersebut, maka Anda harus mengobatinya karena dikhawatirkan akan meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, dan gangguan pada sirkulasi darah.

Selain menggunakan obat-obatan yang tersedia di pasaran, Anda juga bisa menggunakan air rebusan daun salam untuk mengatasi kadar kolesterol yang tinggi.

Cara membuatnya mudah, Anda hanya perlu menyiapkan 10-15 lembar daun salam segar, cuci sampai bersih. Lalu rebus dengan 3 gelas air. Didihkan air dan daun salam sampai ukuran air kira-kira untuk satu gelas. Diamkan air rebusan sampai mencapai suhu hangat, lalu minum sampai habis. Lakukan setiap malam sebelum tidur sampai kadar kolesterol menjadi normal.

2. Menurunkan berat badan

berat badan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan, sebaiknya Anda mulai mengganti pola hidup. Seperti menjaga pola makan dan olahraga rutin. Perbanyaklah buah-buahan dan sayur-sayuran pada menu makan Anda setiap harinya. Dan Anda juga bisa mengkonsumsi air rebusan daun salam sebagai obat alami penurun berat badan.

Ambilah 20-30 lembar daun salam segar yang masih muda, lalu cuci sampai bersih. Rebuslah dengan 4 gelas air bersih. Setelah mendidih dan air tersisa kira-kira untuk 2 gelas, matikan api dan diamkan sampai suhu air rebusan daun salam menjadi hangat.

Minumlah 2 kali sehari pada pagi dan malam hari setiap hari sampai mendapatkan berat badan ideal. Sedangkan untuk menjaga berat badan Anda yang sudah ideal, Anda cukup mengkonsumsinya sehari sekali pada malam hari.

3. Menurunkan kadar gula darah tinggi

kadar gula darah

Diabetes melitus merupakan penyakit akibat tingginya kadar gula darah. Diabetes melitus merupakan penyakit menahun yang tidak bisa disembuhkan. Pengobatan dilakukan untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil untuk mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi. Selain menjaga pola makan, pola hidup sehat, dan obat-obatan, Anda juga bisa mengkonsumsi air rebusan daun salam.

Masukkan 10-15 lembar daun salam segar yang sudah dicuci bersih, kedalam panci yang berisi 3 gelas air. Rebuslah sampai air tersisa untuk 1 gelas. Saring air rebusan dan diamkan sampai suhu menjadi hangat. Minumlah 30 menit sebelum makan. Lakukan sehari dua kali sampai kadar gula darah Anda menjadi normal. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk penggunaan bersama obat khusus diabetes melitus.

4. Menurunkan darah tinggi

darah tinggi

Bagi Anda yang memiliki penyakit darah tinggi atau hipertensi sebaiknya lebih menjaga pola makan, rajin berolahraga, menghentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol, batasi konsumsi garam, dan menjaga berat badan ideal. Biasanya Anda akan diresepkan obat untuk darah tinggi, tapi Anda juga harus mengetahui apa saja efek samping dari mengkonsumsi obat tersebut ya.

Untuk pengobatan secara herbal, Anda bisa menggunakan 7-10 lembar daun salam segar yang direbus dengan 3 gelas air. Setelah air tersisa untuk 1 gelas, matikan api dan diamkan sampai suhu air menjadi hangat. Minumlah air rebusan daun salam tersebut 2 kali sehari sebanyak setengah gelas. Dan untuk tetap menjaga tekanan darah Anda, air rebusan daun salam ini bisa Anda konsumsi setiap hari sekali setengah gelas.

5. Mengobati sakit maag

sakit maag

Sakit maag bisa menyerang kapan saja, tergantung pola makan dan pola hidup Anda. Seperti pada saat Anda sering telat makan, terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan minuman beralkohol, dan juga bisa disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu yang bisa memicu maag seperti batu empedu, radang pankreas, hernia, kanker lambung, dan beberapa penyakit lainnya pada saluran pencernaan Anda.

Untuk mengobatinya Anda bisa menggunakan air rebusan daun salam. Rebuslah 15-20 lembar daun salam dengan 500 ml air selama 15 menit dalam api kecil. Tambahkan gula aren atau madu secukupnya, lalu diamkan sampai suhu air menjadi hangat. Minumlah sebanyak 2-3 kali sehari sampai sakit maag hilang.

6. Mengobati diare

diare

Diare bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya terinfeksi bakteri, masalah psikologis seperti gangguan kecemasan, alergi makanan, efek samping obat, dan masih banyak yang lainnya. Obat diare yang tersedia di pasaran biasanya bisa membantu Anda untuk menghentikan diare. Atau jika diare tambah parah, sebaiknya segera ditangani oleh dokter untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan komplikasi.

Untuk penanganan dirumah, Anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun salam. Rebuslah 15 lembar daun salam dalam 2 gelas air dengan api kecil. Tunggu sampai mendidih dan air tersisa untuk 1 gelas. Saringlah dan masukan sedikit garam. Tunggu sampai suhu air menjadi hangat, kemudian minum sampai habis. Lakukan sehari 2-3 kali selama Anda masih diare. Perbanyak minum air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

7. Mengobati asam urat

asam urat

Asam urat terjadi jika kadar protein pada tubuh melebihi batas normal. Normalnya kadar asam urat laki-laki dewasa adalah 3.4-7.0 mg/dl sedangkan pada wanita dewasa 2.4-6.0 mg/dl, diatas nilai tersebut maka kadar asam urat tinggi. Anda harus menjaga asupan makanan, jangan mengkonsumsi makanan yang berkadar purin tinggi seperti jeroan, hidangan laut dan daging merah.

Jika saat ini kadar asam urat Anda sedang tinggi, cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan daun salam. Cuci bersih 10 lembar daun salam lalu jemur dibawah sinar matahari. Masukkan 10 gelas air kedalam panci, panaskan dengan api sedang sampai mendidih. Lalu masukkan daun salam kering, rebus dengan api kecil sampai  air tersisa kira-kira untuk 7 gelas. Matikan api dan diamkan sampai dingin.

Saring dan simpan kedalam teko atau botol air. Minumlah sehari 1-2 kali setiap hari. Air rebusan ini bisa bertahan 2-3 hari di kulkas. Hangatkan terlebih dahulu sebelum Anda minum ya.

8. Mengatasi ketombe

ketombe

Ketombe pastinya akan sangat mengganggu penampilan serta mengurangi kepercayaan diri Anda, bukan? Shampoo dan conditioner bisa saja menghilangkan ketombe jika digunakan secara teratur. Tetapi Anda juga bisa menggunakan air rebusan daun salam sebagai cara tradisional untuk mengatasi ketombe.

Rebuslah 15-20 lembar daun salam bersama 1 liter air sampai mendidih. Lalu diamkan sampai dingin. Gunakan air rebusan daun salam ini 30 menit sebelum keramas. Siramkan ke rambut dan kulit kepala, pijat perlahan lalu tutup menggunakan handuk. Lalu keramas lah seperti biasa. Lakukan setiap kali Anda keramas sampai ketombe benar-benar hilang.

9. Mencegah kanker

kanker

Penyebab kanker memang beragam. Oleh karena itu kita harus bisa menjaga pola hidup sehat dan menjaga asupan makanan. Mengurangi mengkonsumsi makanan fast food, menerapkan pola hidup sehat, dan lain sebagainya. Dan Anda juga bisa mengkonsumsi ramuan herbal seperti air rebusan daun salam.

Rebuslah 5-10 lembar daun salam muda, bersama 2 gelas air dalam api kecil. Setelah mendidih, matikan api lalu diamkan sampai suhu air menjadi hangat. Saring dan tambahkan sedikit madu. Jadikan air rebusan daun salam ini sebagai pengganti teh yang Anda konsumsi sehari-hari.

Konsultasikan ke dokter jika Anda juga mengkonsumsi obat-obatan dari dokter untuk memastikan efek samping penggunaan air rebusan daun salam dengan obat-obatan tersebut.

10. Meringankan batuk, pilek dan flu

meringankan flu

Pada saat Anda mengalami batuk, pilek atau flu, Anda juga bisa mengkonsumsi air rebusan daun salam. Rebuslah 10-15 lembar daun salam bersama 2 gelas air. Masukkan jahe dengan ukuran 5-10 cm yang sudah dicuci bersih dan digeprek. Rebuslah sampai air mendidih dan tersisa kira-kira untuk 1 gelas. Saring lalu diamkan sampai suhu menjadi hangat.

Anda boleh menambahkan madu secukupnya untuk menambah rasa. Minumlah sehari 2 kali sampai batuk, pilek atau flu Anda sembuh. Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter untuk penggunaan bersamaan dengan obat-obatan resep dokter atau obat yang dijual bebas dipasaran.

Itulah beberapa manfaat air rebusan daun salam untuk tubuh. Selalu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk lebih memastikan efek samping dari mengkonsumsi air rebusan daun salam ini ya. Serta untuk mencegah terjadinya komplikasi jika digunakan bersama dengan obat-obatan resep dokter atau obat-obatan yang dijual bebas dipasaran.

Pilihlah daun salam yang masih segar dan muda supaya khasiatnya lebih maksimal. Cucilah daun salam untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada permukaan daun. Jika Anda memiliki pengalaman dan pendapat berbeda, silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang tersedia. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar